• Home>
  • Modifikasi>
  • Modifikasi Kijang Super, Mobil Andalan Keluarga Di Jamannya
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Modifikasi Kijang Super, Mobil Andalan Keluarga Di Jamannya

Dilihat 12408
Eza Fadil
8 Okt 2021, 21:40
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 11

Modifikasi Kijang Super

Otoloka.id - Kijang Super sangat terkenal pada jamannya. Saat ini Toyota Kijang Super sering kali dimodifikasi oleh para pemiliknya dengan berbagai gaya dan bentuk. Sebelum membahas mengenai modifikasi Kijang Super, kita akan melihat dulu sedikit perjalanan dari Mobil keluaran generasi ketiga dari Toyota kijang di Indonesia. 

Toyota Kijang Super bahkan menjadi mobil andalan keluarga. Bisa dikatakan, kalau punya mobil ini, sudah paling keren. 

Kijang super sudah hadir sejak tahun 1986. Jadi bisa dikatakan mobil-mobil Kijang Super sudah beredar di jalanan hampir 34 tahun lamanya. 

Tapi nyatanya mobil Kijang Super masih saja diminati oleh para pengoleksi mobil. Melalui beberapa informasi yang dikumpulkan, harga untuk Kijang Super saat ini dikisaran 25 – 40 juta (bekas), tergantung dari tahun produksi dan kondisi mobil tersebut. 

Terdapat dua varian pada sasis Toyota Kijang Super. Untuk yang sasis pendek, diberi kode bodi KF 40 dan KF50 untuk yang sasis panjang. Hanya terdapat perbedaan sekitar 20 cm pada kedua tipe ini. 

Toyota Kijang Super dirakit dengan teknologi Full Pressed Body. Jadi, pembuatan panel bodi menggunakan proses stamping-mesin pres-dan penggunaan dempul sangat minim. 

Hanya 2,5 kg per mobil. Pada seri-seri yang diproduksi tahun 1992, Kijang Super tidak lagi memakai sistem Full Pressed Body, melainkan TOB (Toyota Original Body). 

Baca Juga: Vios Modifikasi Bisa Tampil Keren, Hanya dengan 15 Jutaan

Pada awalnya Toyota menempatkan mesin 5K 1.486 cc untuk Toyota Kijang Super generasi pertama pada tahun 1986. 

Meski begitu mesin ini sudah dilengkapi dengan teknologi Advance Super Response Engine (ARSE) guna memastikan sistem pasokan bahan bakar bekerja dengan maksimal. Dengan adanya teknologi ini output mesin mencapai 63 dk. 

Pada tahun 1992 Toyota Kijang Super mendapatkan perubahan yang cukup besar, tak terkecuali mesin 5K ini. Pemakaian karburator baru, pipa exhaust yang lebih besar, memacu tenaga mesin pada Toyota Kijang TOB (Toyota Original Body) meningkat menjadi 72 dk dengan torsi 120 Nm, meningkat 10 Nm dari pendahulunya.

Sudah cukup mengkilas balik mengenai Toyota Kijang Super. Mari kita bahas mengenai modifikasi-modifikasi yang dilakukan pada Kijang Super ini.

Kijang Super Kuning Dengan Interior Keren

Pada ajang modifikasi interior MBteach yang digelar oleh MBtech Auto Live Battle Bandung 2018 pada April 2018, 

Toyota Kijang Super dengan warna terang ini berhasil mencuri perhatian, bahkan menjadi Top Three. Roby, si pemilik Kijang Super keluaran tahun 1992 ini mengatakan kalau dia memodifikasi Kijang Super miliknya sebagai wujud rasa cintanya terhadap mobil yang memiliki banyak kenangan serta sangat berjasa bagi kehidupannya. 

Dengan nilai sejarah yang kental, Kijang Super milik Roby, pengusaha kuliner Batagor dari kota Bandung ini menitik beratkan pada sektor interior, terutama pada audio. 

Modifikasi Kijang Super

Roby memodifikasi Kijang Supernya dengan melakukan pengecatan ulang. Warna asli dari Kijang Super miliknya adalah silver. Pengecatan ulang dengan warna kuning ‘ngejreng’ dipilih agar Kijang Supernya semakin bersinar. 

Penggantian pelek dengan pelek original 18 inci dan terutama memasang ICE (In Car Entertainment). Tidak tanggung-tanggung, ICE pada Kijang Super milik Roby saat melakukan demo audio, menjadikannya bintang saat ajang tersebut. 

Baca Juga: 4 Konsep Modifikasi Toyota Corolla Altis yang Sempat Heboh

Selain ICE yang membuat Kijang Super Kuning Cerah ini mendapatkan posisi Top Three adalah pada  interior Joknya.

 Bertarung dalam laga MBtech Award, Kijang Super yang bergabung dalam komunitas Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI) Bandung ini cukup yakin dengan penampilan interiornya. Mengusung tema satu warna, Black (MB 8801) dari MBtech New Superior untuk keseluruhan interiornya, tidak menjadikannya monoton. Malah tampak elegan. 

Bagian Jok, doortrim, plafon bahkan hingga boks speaker dilapisi dengan bahan pelapis MBtech. Senjata rahasia Roby untuk dapat menyabet gelar juara ke tiga dalam MBtech Award 2018 adalah pada motif unik di permukaan jok depan. Pola jahitan zig zag namun memiliki desain menarik ini berhasil menaklukan para juri. 

Selain ajang MBtech Award 2018, ternyata mobil ini juga berhasil memenangkan berbagai tropi dari ajang-ajang bergengsi lainnya. 

Salah satunya pada IAM MBtech Bandung 2019, mobil ini berhasil menyabet trofi The IAM Rep serta Knockout Install. Kali ini sektor audionya yang mendapat perhatian dan menjadikan Kijang Super ini menang. 

Kijang Super Kuning ini seisi ruangan kabin sudah padat terjejal dengan perangkat audio. Powernya menggunakan soundstream SE64 21 watt. Tak hanya memasang subwoofer, 

Roby juga menambahkan mini bar di bagian depan. Juga terdapat monitor LCD 12 inci pada setiap pintu, TV LED 42 inch di bagian tengah, tak lupa sebuah PS3 serta penambahan pada audio. 

Tentunya tampilan Kijang Super milik Roby yang telah dimodifikasi habis-habisan dari sisi interiornya menjadikan mobil ini semakin istimewa baginya.

Kijang Super Grand Extra Berkonsep Limosin Pernikahan

Tidak, Anda tidak salah melihat dan membaca. Dan mobil Kijang Super Grand Extra yang terlihat di atas, bukan hasil rekayasa gambar digital ataupun sejenisnya. 

Mobil Kijang Super milik dari gs wedding car rent ini memang sengaja dibentuk dan dimodifikasi dengan tema limosin. Tidak hanya itu untuk interiornya mereka juga tidak main-main. Interiornya benar-benar memberikan kenyamanan untuk penggunanya. 

Untuk modifikasi Kijang Super Limosin ini tentunya perhatian pertama ada pada bagian interiornya. 

Dengan mengubah pada rangka, sehingga body Kijang Super Grand Extra ini semakin panjang, menyerupai tampilan limosin. Untuk bagian depan, masih dipertahankan tampilan asli dari Kijang Super. 

Selain itu, penggantian pelek, menjadi pelek yang besar dengan warna putih, menyesuaikan dengan interior dalamnya menyempurnakan tampilan Kijang Super Limosin Wedding Car ini. Tak hanya itu, Kijang Super ini juga diubah menjadi lebih ceper. 

Modifikasi Kijang Super Wedding

Kijang Super Limosin ini dicat dengan warna merah cerah, sehingga terlihat semakin mewah dan menarik. Tak hanya interior yang mendapatkan sentuhan modifikasi. Bagian interior juga sangat diperhatikan. 

Guna mencapai aura limosin ala wedding car, maka jok berwarna putih dengan bahan kulit halus serta motif yang serupa sofa mepuk dan mewah. Sedangkan pada lantainya, dipasangkan karpet bulu. 

Dilengkapi pula dengan televisi dan berbagai fasilitas entertainment yang dapat memanjakan penumpang di dalamnya. 

Tidak hanya itu, modifikasi juga dilakukan pada roof-nya. Dipasang Sunroof pada atapnya. Jadi benar-benar sekelas limosin mewah bukan.

Kabar baiknya lagi nih, kalau Anda tertarik mencoba Kijang Super Limosin ini, Anda bisa menyewanya. 

Kijang Super Grand Extra Limosin ini memang disewakan untuk Wedding Car. Dan sudah sering lho dipakai untuk acara pernikahan. 

Jadi bila Anda akan menikah dan ingin tampil unik dengan mobil pengantin yang berbeda, Kijang Super Grand Extra Limosin ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Anda dapat menghubungi akun instagram @gs_weddingcar_rent.

Nah itu dia dua modifikasi yang dilakukan pada Kijang Super. Dua-duanya sangat unik dan menarik. Kira-kira modifikasi seperti apa yang ingin Anda lakukan pada Kijang Super milikmu?

Baca juga : 

Review & Harga Toyota Avanza

Review & Harga Toyota Kijang Innova

10 Mobil MPV Paling Populer di Indonesia

  • Suka 11
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya