• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Modifikasi L300, Mobil Niaga Juga Bisa Tampil Gaya

Dilihat 1746
Arief Yuno
23 Nov 2020, 17:57
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 1

modifikasi l300

Otoloka.id - Jajaran mobil modifikasi L300 sering kita temui mengisi berbagai event otomotif Tanah Air. Utamanya ajang yang digelar khusus menampilkan kreasi mobil-mobil komersial ringan. Yup, walau mobil ini termasuk kendaraan niaga, namun di tangan yang tepat penampilannya bisa jadi lebih gaya.

Nama L300 sendiri sudah cukup lama ada di Indonesia. Mobil ini mulai dipasarkan tahun 1981 dengan dibekali mesin bensin. Tapi mulai tahun 2000 hanya tersedia dalam pilihan mesin diesel 4D56 Astron yang terus bertahan sampai sekarang.

Modifikasi L300 Pick Up dan Minibus

modifikasi l300 otoloka

Dari segi penampilan sebenarnya Mitsubishi L300 tak ubahnya seperti kendaraan komersial ringan pada umumnya. Desainnya terlihat boxy dengan wajah depan yang rata mulai dari windshield hingga bumper. Tak memiliki moncong hidung, posisi mesin mobil ini berada di bawah kabinnya.

Ada beberapa jenis Mitsubishi L300 yang pernah beredar di Indonesia. Selain hadir dalam bentuk pick up, ada masanya mobil ini juga tersedia dalam wujud minibus. Di sejumlah negara, mobil ini dipasarkan dengan nama Delica L300. Baik jenis pick up ataupun minibus punya potensi untuk dimodifikasi jadi lebih keren.

L300 Modif Full Entertainment

entertainment modifikasi l300

Aliran modifikasi ini seperti cocok bagi Anda yang ingin membuat penampilan L300 jadi lebih mewah terutama di bagian dalam kabin. Bagaimana tidak, desain interior L300 yang sebelumnya tampak biasa-biasa saja pasti jadi semakin istimewa jika ditambah aksesori entertainment.

Anda bisa menaruh sistem audio di pilar pintu hingga memasang head unit. Seberapa jauh modifikasi yang dilakukan tergantung selera dan budget Anda. Tapi yang jelas pastikan sistem kelistrikan juga mendapat perhatian karena modifikasi semacam ini akan membutuhkan banyak ubahan di sektor tersebut.

Mitsubishi L300 Pakai Air Suspension

Pasang air suspension di mobil sedan atau SUV itu sudah biasa. Tapi kalau di mobil pick up itu baru istimewa. Kenapa harus pasang air suspension? Penggunaan komponen ini menjadi alternatif untuk membuat mobil bisa digunakan secara normal sekaligus memiliki stance yang sangat rendah.

Saat mau dipakai jalan maka Anda bisa mengatur ground clearance-nya jadi lebih tinggi. Sedangkan ketika sudah sampai di tempat pameran atau nongkrong tinggal pencet lagi tombolnya biar mobil kembali ambles.

Tapi rasanya Anda mesti hati-hati kalau mau mengangkut barang dengan kondisi mobil sudah menggunakan air suspensi. Sistem suspensi ini menggunakan semacam balon yang bisa pecah jika dikasih tekanan terlalu besar.

Modifikasi L300 Ceper Pakai Pelek Lebar

Aliran modifikasi lainnya yang cukup populer untuk L300 adalah hellaflush atau juga sering disebut stance. Pelek standar 14 inci diganti ukuran yang lebih besar sampai ujung ban menempel dengan bibir pelek.

Untuk mendapatkan stance yang ciamik dibutuhkan skill dalam melakukan kombinasi ukuran diameter pelek, lebarnya, dan setting-an suspensi. Kalau dilakukan dengan tepat hasilnya mobil bisa terlihat mewah dan elegan seperti halnya L300 hitam garapan Laris Understeel, Yogyakarta ini.

Tertarik menerapkan gaya ini? Silakan saja tapi rasanya mustahil mobil masih bisa digunakan mengangkut barang ya.

L300 Modif Air Brush

modifikasi l300 ceper

Bagi sebagian orang body mobil ibarat kanvas kosong yang siap diisi berbagai bentuk kreatifitasnya. Ada beragam cara untuk menuangkannya, salah satu yang populer adalah melalui air brush.

Lewat air brush Anda bisa menuangkan berbagai gambar dan corak ke dalam atas body mobil. Mulai dari gambar-gambar yang abstrak, realis, hingga karakter anime favorit.

Sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk melakukan airbrush L300 kesayangan, sebaiknya yakinkan diri dulu akan keputusan itu termasuk jenis gambar yang akan dibuat. Bukan apa-apa, hal ini penting karena sifat airbrush permanen dan makan biaya yang tak sedikit.

Mitsubishi L300 Bergaya Reli Paris Dakar

modifikasi l300 paris dakkar

Tak disangka Mitsubishi L300 rupanya pernah digunakan untuk balapan reli. Dilihat dari foto yang ada, penampilan mobil mungkin tak jauh berbeda L300 kebanyakan. Tapi yang membuatnya lebih keren adalah livery yang menempel di seliling body mobil.

Ditambah aksesori pendukung dua buah foglamp di depan, mobil ini terlihat sporty dan cukup unik. Penampilan pun semakin lengkap dengan bumper depan yang ikut melindungi headlamp.

Kalau Anda hanya sekedar ingin mengejar tampilan agar L300 terlihat berbeda, rasanya konsep modifikasi reli ini bisa dipertimbangkan.

L300 Modif Off Road Adventure

Konsep modifikasi L300 lainnya yang tak kalah menarik adalah dengan mengusung gaya off road adventure. Konsep ini bisa jadi acuan eksperimen buat Anda yang ingin membuat L300 jadi lebih gagah dan bisa diajak melakukan petualangan.

Penambahan aksesori yang dilakukan antara lain pemasangan bull bar, fog lamp, roof rack, dan pemilihan ban semi off road. Tapi rasanya modifikasi aliran ini hanya bisa diterapkan pada Mitsubishi L300 dengan body minibus.

Mitsubishi L300 Modifikasi Swap Engine

Belum puas dengan performa yang dimiliki mesin standar? Salah satu jalan yang bisa ditempuh adalah dengan melakukan swap engine. Itu artinya Anda mengganti mesin bawaan mobil ini dengan unit yang lebih bertenaga.

Contoh modifikasi seperti ini bisa dilihat pada sebuah Mitsubishi L300 tahun 1994 warna putih yang sudah menggunakan 1JZ-GTE. Mesin 6-silinder dengan kapasitas 2.500 cc itu sejatinya adalah dapur pacu yang digunakan Toyota Supra.

Dari luar penampilan mobil seolah tak ada istimewanya. Tapi tenaga yang bisa dihasilkannya mencapai 400 hp lebih.

Kesimpulan

Modifikasi L300 dapat Anda lakukan untuk membuat penampilan mobil niaga ringan ini menjadi lebih istimewa. Soal aliran jelas tergantung dari selera dan dana yang Anda miliki. Saat ini aliran modifikasi apapun semakin mudah diterapkan mengingat semakin banyaknya bengkel yang bisa membantu Anda dan melimpahnya referensi.

  • Suka 1
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya