• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Modifikasi Panther Bergaya ALTO, Simak Tips Berikut

Dilihat 2254
Arief Yuno
9 Des 2020, 15:05
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Nama Isuzu Panther bisa dibilang sudah cukup akrab di telinga orang Indonesia. Slogannya yang berbunyi “Rajanya Diesel” pun terasa masih begitu melekat. Ya, mobil ini memang menjadi salah satu legenda.

Bukan tanpa alasan. Sejak pertama kali hadir ke Indonesia, Panther menawarkan keunggulan-keunggulan yang seolah menjawab kebutuhan konsumen Tanah Air. Pertama dalam hal performa. Mesin Isuzu Panther terkenal bandel dan irit bahan bakar. 

Selanjutnya adalah kapasitas bangku yang dimilikinya. Mobil ini masuk dalam kategori MPV yang bisa mengangkut hingga 7 penumpang.

Keunggulan lainnya yang juga ditawarkan Panther adalah faktor kenyamanan. Hal ini tak lepas dari penggunaan rangka model ladder chassis seperti yang juga digunakan Toyota Innova. Kebetulan, kedua mobil ini pun sama-sama bersaing sejak tahun 1990-an saat wakil dari Toyota itu masih menggunakan nama Kijang.

Sejarah Isuzu Panther

Menengok sejarahnya, Panther pertama kali diluncurkan di Indonesia tahun 1991. Generasi pertama Panther ini tak lain adalah pick up yang body-nya diubah menjadi kendaraan penumpang oleh perusahaan karoseri.

Panther dengan body asli dari Isuzu baru keluar pada 1993. Dalam hal ini, Isuzu rasanya juga tak mau kalah dengan Toyota yang juga meluncurkan Kijang dengan body langsung dari Toyota. Pada generasi ini body Isuzu Panther diklaim lebih baik karena tidak menggunakan dempul.

Kemudian pada 1996 Isuzu memperkenalkan Panther baru yang mesinnya punya kapasitas 2.500 cc Direct Injection. Disusul kemunculan Panther “Kapsul” yang lahir pada 2005 di mana konsumen bisa memilih dua jenis mesin, antara lain 2.500 cc Direct Injection dan 2.500 cc Direct Injection Turbo. Di tahun 2005 tipe ini sempat mengalami facelift dan bertahan sampai sekarang.

Mau Modifikasi Panther? Coba Gaya ALTO

Walau masuk kategori mobil MPV, Isuzu Panther punya tampilan yang gagah. Body-nya terlihat besar dengan dimensi 4.535 mm P x 1.770 mm L x 1.920 mm T. Dari segi desain, eksterior Panther sebenarnya terlihat sederhana. Hal ini ada baiknya karena mobil akan terlihat timeless alias tak mudah dimakan waktu. 

Tapi mungkin sebagian pemilik justru merasa kurang puas dengan wujudnya. Di titik ini akhirnya banyak pemilik yang melakukan modifikasi Panther. Berbagai aliran gaya modif bisa diterapkan. Salah satunya adalah gaya modifikasi ALTO atau all terrain off road.

Mengapa demikian? Alasan utamanya karena Panther sudah memiliki desain body yang gagah. Jadi modifikasi ALTO yang ubahannya mengacu pada mobil-mobil offroad akan terlihat sejalan dan relatif mudah untuk menerapkannya.

Modifikasi ALTO sendiri ibaratnya adalah salah satu dari sekian banyak ubahan dalam aliran offroad. Selama ini kita mengenal beberapa modifikasi offroad. Misalnya offroad show and shine yang mana mobil dimodif dengan gaya offroad, namun hanya untuk pameran atau pajangan. Kemudian ada pula offroad rock crawling ataupun offroad racing.

Khusus modifikasi bergaya ALTO ubahan ditujukan untuk penggunaan offroad ringan. Keuntungan dari modifikasi ini adalah mobil semakin bisa diandalkan untuk melintasi medan jalan rusak, seperti yang biasa ditemui di pedesaan maupun pegunungan. Tapi di lain sisi mobil masih tetap nyaman digunakan di dalam kota.

Menarik bukan? Lantas apa saja ubahan yang diperlukan untuk modifikasi Panther bergaya ALTO?

Body Mobil Dibuat Lebih Tinggi

Modifikasi Panther bergaya ALTO idealnya mengadopsi kaki-kaki yang jenjang. Dengan kata lain body mobil dibuat lebih tinggi. Untuk hal ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama dengan metode suspension lift di mana perlu dilakukan penggantian per dan shock absorber.

Kedua adalah dengan menggunakan body lift, yaitu mengganjal body mobil agar posisinya di atas sasis menjadi lebih tinggi. Untuk diketahui, cara ini hanya bisa digunakan pada mobil-mobil dengan rangka tipe ladder chassis di mana Panther adalah salah satunya.

Keuntungan dari body lift adalah tak perlu melakukan ubahan pada suspensi. Amannya tinggi mobil bisa bertambah antara 5 cm sampai 6 cm.

Ganti Velg dan Ban Offroad

Velg dan ban juga menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam modifikasi Panther bergaya ALTO. Untuk diketahui pada kondisi standar Isuzu Panther menggunakan pelek 14 inci atau 15 inci tergantung tipenya. Sedangkan untuk PCD yang dimilikinya adalah 6x139. Penggunaan velg dengan diameter lebih besar bisa saja asalkan masih dalam batas aman.

Selanjutnya adalah pemilihan ban. Pada tahap ini ada dua jenis ban yang dapat digunakan, meliputi ban A/T (All Terrain) atau M/T (Mud Terrain). Bedanya, ban A/T bisa digunakan untuk jalanan mulus ataupun yang sedikit rusak dengan perbandingan sama-sama 50%. Sedangkan untuk ban M/T lebih condong ke penggunaan di jalan rusak dengan perbandingannya sekitar 75% offroad dan 25% onroad.

Pasang Aksesori Offroad

Dengan dua ubahan di atas saja sebenarnya sudah bisa membuat Isuzu Panther tampil dengan gaya modifikasi ALTO. Tapi rasanya bakal kurang lengkap tanpa tambahan aksesori-aksesori offroad. Adapun aksesori yang biasanya digunakan meliputi snorkel, over fender, roof rack, hingga bumper custom.

Beberapa pemilik pun ada yang menambahkan winch atau fog lamp sehingga tampilan mobil juga memiliki aura rally. Penambahan aksesori ini sifatnya opsional tergantung sejauh apa gaya ALTO yang ingin dikejar. 

Kesimpulan

Modifikasi Panther dengan gaya ALTO dijamin bisa menambah kesan macho dari MPV legendaris ini. Mobil pun jadi semakin bisa diandalkan untuk melintasi medan jalan offroad. Tapi bukan berarti mobil bisa diajak kebut-kebutan.

Sebaliknya, dengan bertambahnya tinggi kendaraan maka semakin besar kemungkinan mobil mengalami limbung. Karenanya kecepatan mengemudi harus diperhatikan. Hal ini pula yang mesti dipertimbangkan oleh pemilik sebelum benar-benar memutuskan untuk melakukan modifikasi dengan gaya ALTO.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya