• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Modifikasi RX King Simple Tetapi Eye Catching

Dilihat 3183
Eza Fadil
27 Ags 2020, 11:45
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - RX King merupakan salah satu motor yang masih menjadi buruan para biker di Indonesia.  Walau memiliki stigma yang kurang baik, yaitu sebagai motor jambret atau motor maling, tetapi peminatnya masih sangat banyak. Terutama di kalangan kolektor motor tua. Motor yang saat ini sudah mengalami discontinue pada produksinya ini tercatat sebagai salah satu motor 2 tak terbaik dalam sejarah otomotif Indonesia. 

Jadi, walau sudah tidak lagi diproduksi, motor ini masih sangat banyak peminatnya. Hal ini terjadi karena selain kesan jadulnya, modifikasi RX King ini dirasa sangat mudah dan tidak akan membuat kantong Anda meronta. Sebagai pemilik, Anda tentu ingin melakukan modifikasi RX King agar tampilannya terlihat lebih garang dan gagah, kan?  

C:\Users\Perindu Surga\Downloads\WhatsApp-Image-2019-04-25-at-09.53.00.jpeg

Setiap motor dikeluarkan dengan standar khusus yang sudah diatur demi kenyamanan dan keselamatan pengendara. Hal ini sudah tertera dalam peraturan pengendara dan proses pembuatan motor itu sendiri. Namun, sebagai pemilik, pasti ingin tampilan kuda besi  Anda terlihat lebih menarik. Salah satunya dengan melakukan modifikasi. Salah satu konsep modifikasi simple ini adalah berfokus pada bodi, mesin, dan kaki. Agar tidak menyesal, Anda wajib membaca artikel ini hingga baris terakhir.

Modifikasi Bodi

Tidak ada aturan yang mengikat ketika ingin melakukan modifikasi pada RX King Anda, terutama pada bagian bodi. Modifikasi RX King pada bagian bodi bisa dilakukan di tiga titik, yaitu pada tangki, jok, dan bagian samping motor. Sederhana saja, misalnya pada bagian tangki. Anda bisa mengubah warna cat sesuai selera atau dengan memasang stiker motif gambar. 

Opsi lain, Anda bisa mengubah cat pada tangki dengan teknik airbrush. Sebelum melakukannya, pastikan terlebih dahulu kombinasi warna yang cocok untuk RX King kesayangan Anda. Sedangkan pada bagian jok, Anda bisa mengganti sarung jok dengan tetap mempertahankan bentuk aslinya. 

Jika ingin melakukan modifikasi ekstrim, Anda bisa melepaskan dop bagian samping dan mengganti tangki bawaan dengan yang lebih trendi. Setelah melakukan perubahan pada bagian bodi, ada baiknya Anda melakukan pengecatan ulang agar tampilannya terlihat lebih apik.

Modifikasi Mesin

Sebenarnya, performa motor RX King ini sudah sangat baik. Anda tidak perlu terlalu banyak melakukan perubahan pada bagian ini. Namun, lihat lagi kebutuhan Anda. Apa fungsi utama yang ingin Anda peroleh dari motor kesayangan, untuk penggunaan sehari-hari atau untuk keperluan turun ke lintasan balap.

Untuk keperluan sehari-hari, rasanya performa mesin standarnya sudah sangat cukup. Namun, jika ingin menggunakannya untuk balapan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan.

Baca Juga: Modifikasi Vario 150 yang “Gue Banget”, 5 Ide ini Patut dicoba!

Anda perlu memperbesar ukuran diameter pistonnya, melakukan modifikasi pada sistem pengapian bahan bakar dengan menggunakan part aftermarket atau part khusus keperluan balap, perbesar ruang bakar, dan lakukan modifikasi pada rasio gigi. 

Agar power-nya lebih gahar, Anda bisa melakukan modifikasi ekstrim. Ubah ukuran pada sektor pengabutan dan  ganti bagian pengapian dengan pengapian khusus balap.

Namun, ada kelemahan dari modifikasi RX King pada bagian mesin ini. Motor kesayangan Anda ini akan lebih boros bahan bakar. Anda bisa mengakalinya dengan memasang alat pengubah kualitas bahan bakar yang bisa membantu penghematan penggunaannya. Selain boros, modifikasi RX King pada bagian mesin ini juga memakan biaya yang lumayan menguras kantong.

Modifikasi Kaki dan Suspensi 

Rx King Modifikasi Jogja Terbaru - Seputar Modif

Bisa banyak mengeksplorasi bagian ini untuk modifikasi RX King kesayangan. Ada beberapa bagian yang bisa dipercantik, yaitu pada bagian velg, ban, shockbreaker, arm, dan juga standar kaki. 

Pada bagian ban dan velg, Anda bisa mengubahnya dengan velg jeruji 17 ukuran 140 serta ban ukuran 250 atau 80/90 di ban belakang. Mengganti ban dengan yang lebih lebar, artinya Anda harus juga mengganti swing arm RX King dengan bahan alumunium. Pilihlah yang bermerek V-Rossi karena sudah terkenal kuat dan ringan.

Baca Juga: Masih Bingung Bagaimana Modifikasi CB150R? Coba 5 Cara ini!

Pada tromol, Anda bisa memasang tromol milik Kawasaki Ninja-SS CUSTOM DRAG di bagian depan setelah menyesuaikan tapak kaliper rem cakramnya. Perpaduan tromol depan dan belakang ini akan membuat RX King kesayangan Anda terlihat lebih gagah dan memiliki keseimbangan pada bagian depan dan belakang.

Untuk shock breaker, Anda bisa menggunakan produk YSS atau merek Kayaba. Kedua merek ini adalah yang paling banyak direkomendasikan. Pada bagian arm, Anda bisa menggunakan arm custom yang bentuknya mirip dengan arm milik NINJA-150 KRR. Jika ingin memberikan kesan rapi dan bersih, Anda bisa memberikan sentuhan krom pada arm, tabung shock breaker, dan dudukan tapak sepatu. 

Setelah mengetahui bagian dan komponen apa saja yang dibutuhkan dalam modifikasi RX KING, Anda bisa mengubahnya sesuai dengan selera. Tetap perhatikan unsur penting dalam sebuah kendaraan, yaitu kenyamanan dan keselamatan. Memiliki motor dengan tampilan gahar dan gagah memang menjadi kebanggaan. Namun, kalau malah membahayakan, untuk apa?

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Orang Lain Juga Melihat

      Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya