• Home>
  • Modifikasi>
  • Modifikasi Suzuki Jimny, SUV Legendaris Sarat Karakter Kuat
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Modifikasi Suzuki Jimny, SUV Legendaris Sarat Karakter Kuat

Dilihat 497
Dian
23 Sep 2020, 18:52
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Suzuki Jimny

Otoloka.id - Bicara soal Jimny, terutama di Indonesia tentu sudah tidak asing lagi untuk para petrolhead. Sebelum membahas cukup jauh soal modifikasi, Suzuki Jimny punya sejarah yang cukup panjang di Tanah Air. Kisah panjangnya menjadi salah satu bagian dari sejarah otomotif yang juga tak mungkin bisa dilupakan. 

Ya, produk pabrikan Suzuki yang satu ini memang sangat menarik untuk diulas kali ini. 

Suzuki Jimny memulai debut pertamanya di Indonesia pada tahun 1979. Generasi pertamanya kemudian dikenal dengan sebutan umum “Jimny Jangkrik”. 

Jimny Jangkrik langsung memikat hati para pecinta otomotif dengan penampilannya yang menyerupai Jip tapi dengan versi yang lebih mungil tapi tetap tak kehilangan sisi sporty-nya. 

Keberhasilannya memikat pasar kala itu membuat Suzuki merilis seri 4x4 pada tahun 1982. 

Sayangnya, pajak untuk kendaraan 4WD saat itu cukup tinggi yang akhirnya mengurangi peminat. 

Di akhir tahun 80an Suzuki merilis generasi kedua dengan nama 'Katana' dengan mesin 1000cc yang sedikit lebih besar dari generasi sebelumnya. 

Tampilan kokoh, tangguh dan keluwesannya untuk bermanuver lebih lincah membuat Katana sukses mengangkat Suzuki ke puncak popularitasnya. Walaupun desainnya berbeda dengan generasi sebelumnya tak membuat Jimny kehilangan pasar di Tanah Air. 

Berbarengan dengan Katana, Jimny juga sukses menghadirkan versi long wheelbase-nya yang dijuluki Jimny Long.

Jimny long cukup diminati di daerah-daerah terpencil dan sulit terjangkau karena Jimny yang satu ini memang lebih dikenal sebagai versi penjelajahnya. 

Ketenaran Katana masih diingat banyak orang, bahkan sampai hari ini banyak kolektor yang juga masih memburu Jimny yang satu ini. 

Tahun 2004 Jimny menghadirkan versi terbarunya yang dinamakan Carribean. Bisa dibilang model ini menjadi model Jimny paling unik yang memiliki extra cab yang menyerupai double cabin. 

Sempat meredup di awal milenium karena banyaknya kehadiran MPV yang merajai pasar penjualan mobil, Jimny hadir kembali di tahun 2017 dengan menghadirkan generasi ketiganya dengan nama Jimny Wide. Versi yang satu ini dinilai lebih unik lagi karena mematahkan pakem dari generasi-generasi sebelumnya yang punya desain ‘bersudut'. 

Jimny Wide didesain tak memiliki sudut dan cenderung membulat tapi tak menghilangkan sisi kejantanan dan ikonik dari Jimny itu sendiri. 

Kekecewaan public cukup besar pada Jimny Wide karena hanya diproduksi eksklusif sebanyak 88 unit dengan harga Rp 285 juta saat itu.

Seakan ingin menebus dosanya, pada tahun 2018 Jimny memamerkan generasi ketiganya dengan versi yang lebih panjang yang juga sukses sebagai penawar rindu bagi pecintanya. Bagaimana tidak rindu, nilai historis dan ikatan antara Jimny dan masyarakat Indonesia sudah terjalin selama lebih dari 40 tahun. 

Demi memuaskan pasar Indonesia, di tahun 2019 Jimny memamerkan generasi keempatnya yang dibanderol dengan harga Rp 315-330 jutaan. 

Walaupun begitu, tak menyurutkan para pecinta dan penggemar setia Jimny. Dibuktikan dengan diraihnya gelar 2019 World Urban Car dan World Car Design of the Year di ajang World Car Awards. 

Kendati generasi keempat hadir dengan desain yang sudah lebih modern bahkan futuristik tetap tak menyurutkan semangat para modifikator untuk mendandani lebih menarik versi yang satu ini. 

Mengingat unit Suzuki Jimny yang masih inden, beberapa referensi modifikasi datang dari luar negeri maupun virtual modification.

Modifikasi Suzuki Jimny Black Bison Edition (Black Knight)

Modifikasi Suzuki Jimny

Di antara beberapa desain yang menarik adalah desain Black Bison Edition atau Black Knight Jimny yang seperti namanya mengubah tampilan warnanya menjadi hitam. 

Sebenarnya sedikit sentuhan saja sudah cukup untuk mendandani Jimny, karena dasarnya sudah sporty dan tangguh serta puna karakter kuat. Tapi dengan mengubah tampilannya menjadi 'All Black' menjadikannya semakin terlihat tangguh, gagah dan maskulin. 

Baca Juga: 5 Modifikasi Suzuki Swift Agar Tampil Lebih Gagah dan Menawan

Tak hanya mengubah warnanya, SUV kompak nan sporty ini semakin gagah dengan dipasangnya pelek dan ban besar khas off road yang membuatnya terlihat seperti monster truck versi mini.

Tambahan lampu LED, fog lamp dan over-fender yang terhubung dengan bumper depan dan belakang semakin menegaskan kegagahan dari Jimny ini. 

Pada pertengahan bulan Januari di Tokyo Auto Salon 2019, Suzuki juga memamerkan versi modifikasi mereka sendiri. Dua desain yang dipamerkan saat itu adalah Jimny Survive yang didesain sesuai dengan namanya untuk kebutuhan survival dan pastinya untuk berpetualang. 

Baca Juga: Modifikasi Suzuki Swift Ini Bikin Jadi Hot Hatch

Jimny offroad yang dirancang untuk menghadapi medan-medan yang ekstrim ini dilengkapi dengan pelindung untuk lampu depan. Bumper depan baja yang dilengkapi dengan winch, rumah roll, jendela belakang dihilangkan, dan pelek aftermarket dengan ban off-road. 

Suzuki Jimny ini siap menempuh medan berat meski mesin pas-pasan hanya menghasilkan tenaga 63 hp.

Modifikasi Suzuki Jimny Pickup

Modifikasi Suzuki Jimny

Desain Suzuki berikutnya berbasis Jimny Sierra yang dibuat menjadi Jimny Sierra pickup style. Gaya pikap retro diusung dengan mengaplikasikan panel kayu di samping untuk mempertegas gaya klasiknya. 

Seperti disinggung sebelumnya, ada beberapa desain digital juga banyak dibuat sebagai referensi modifikasi. Di antara desain digital itu adalah dengan mengubahnya menjadi pikap dengan single cabin tapi tetap dengan gaya keluaran terakhir dari Jimny itu sendiri. 

Modifikasi Suzuki Jimny Cabrio

Yang berikutnya adalah dengan gaya cabrio. Walaupun dinilai tak mungkin tapi secara desain digitalnya cukup menarik dengan tampilan Jimny 2019 yang tanpa atap (soft top). Mungkin setelah ada desain digitalnya di kemudian hari akan ada yang merelakan Jimny-nya untuk diubah menjadi seperti ini. 

Desain modifikasi digital berikutnya mengubah Jimny 2019 menjadi versi lima pintu. Bentuknya yang memanjang memang agak aneh dan malah menghilangkan ciri dari Jimny itu sendiri. Tapi desain yang satu ini membuat Jimny jadi terlihat seperti Hummer H3 dengan mengotak dan memanjangnya. 

Modifikasi Suzuki Jimny Tough Concept

Modifikasi Suzuki Jimny

Desain terakhir yang paling mengejutkan banyak pihak adalah Jimny Tough Concept yang dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2019 di ICE, BSD City, Tangerang.

Desain yang satu ini memang sangat mengagumkan karena membuat penampilan SUV mungil ini menjadi luar biasa gagah dan terlihat seperti monster kecil. Pemilihan warna hijau atau dengan raptor coating melapisi bodi, over fender, rear bumper dan grill semakin menegaskan ketangguhannya. 

Pemasangan fog lamp dan led spotlight pada Jimny ini juga banyak yang menilai semakin menegaskan kesan petualang antara pemilik dan kendaraannya. 

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya