• Home>
  • Modifikasi>
  • Modifikasi Suzuki Skywave Bikin Tampangnya Bergaya Eropa
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Modifikasi Suzuki Skywave Bikin Tampangnya Bergaya Eropa

Dilihat 1444
Arief Yuno
4 Des 2020, 11:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

suzuki skywave otoloka

Otoloka.id - Dari sekian banyak skutik atau skuter matik yang pernah beredar di Indonesia, Suzuki Skywave 125 adalah salah satu produk yang menarik perhatian. Dan kita akan bahas gaya modifikasi Suzuki Skywave yang mungkin saja bisa jadi referensi bagi para owner-nya di luar sana.

Kenapa dibilang menarik perhatian? Singkat kata karena Skywave memiliki wujud yang berbeda dibanding skutik kebanyakan di eranya. Ia hadir dengan dilengkapi dua shockbreaker belakang, menggunakan stop light LED, bagasi helm in, dan desainnya terlihat gagah.

Di atas kertas, fitur dan spesifikasinya terlihat cukup menjanjikan. Walau ternyata kondisi di pasar tidak sepenuhnya sesuai harapan.

Sejarah Suzuki Skywave

suzuki skywave otoloka 2

Pertama kali meluncur tahun 2007, Suzuki Skywave memiliki dek yang tidak rata. Rupanya desain seperti ini bukanlah selera kebanyakan konsumen Indonesia. Salah satu alasannya karena tidak bisa membawa banyak barang.

Situasi yang berbeda bisa kita lihat sekarang. Desain seperti ini diadopsi produk-produk yang terbilang laris di pasaran, mulai dari Yamaha NMax, Honda PCX, atau Honda ADV150.

Kurang mendapat sambutan positif, akhirnya Suzuki Skywave pun berhenti dipasarkan pada 2011. Usianya terbilang singkat untuk sebuah kendaraan roda dua di Indonesia. 

Di luar itu semua, mungkin saja ada di antara kita yang memiliki skutik ini dan merasa ingin membuat tampilnnya berbeda. Untuk itu jalan satu-satunya adalah dengan melakukan modifikasi. Pertanyaannya, gaya modifikasi apa yang sesuai?

Modifikasi Suzuki Skywave, Coba Gaya Skutik Eropa

modif suzuki skywave otoloka

Setiap negara memiliki karakter produknya masing-masing. Khusus di negara-negara Eropa, kita akan disuguhkan skuter matik yang punya ciri khas tampilan elegan dan terlihat mewah. Nah, hal ini bisa jadi salah satu acuan dalam melakukan modifikasi Suzuki Skywave.

Dari hasil penelusuran, memang belum diketahui apakah Suzuki Skywave 125 juga ikut dipasarkan di Eropa selama masa produksinya. Tapi terlepas dari hal itu rasanya sah-sah saja untuk mengaplikasikan gaya modifikasi ini pada Skywave yang dijual di Indonesia.

Di antara kalian mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa harus gaya Eropa? Jawabannya bisa kita lihat dengan menengok lagi desain asli skutik ini. Sekilas Suzuki Skywave memiliki bentuk yang elegan dengan dimensi body terlihat memanjang. Tampangnya mirip-mirip maxi skuter.

Modifikasi skutik dengan gaya Eropa juga relatif mudah diaplikasikan. Tak banyak komponen yang harus diganti. Tapi hasilnya cukup menawan di mata orang yang paham. Di samping, tentunya motor tetap bisa digunakan dengan nyaman untuk harian.

Lalu, bagian apa saja yang perlu diubah?

1. Modifikasi Suzuki Skywave Menggunakan Warna Elegan

putih suzuki skywave otoloka

Saat ini usia Suzuki Skywave bisa dibilang sudah tak muda lagi. Ada kemungkinan kondisi cat yang dimilikinya pun butuh peremajaan. Hal ini menjadi kesempatan kita untuk melaburnya dengan warna baru.

Karena mengejar tampilan ala skutik Eropa maka kita bisa memilih warna-warna yang tidak terlalu mencolok. Misalnya silver, hitam, biru tua, putih, atau bronze. Tinggal sesuaikan dengan selera.

Untuk melakukan repaint full body tentunya ada biaya yang harus kita siapkan. Harga di setiap daerah dan bengkel bisa jadi berbeda-beda. Tapi biar aman coba saja siapkan sekitar Rp2 juta.

2. Pasang Rak Biar Kayak Skutik Eropa

rak suzuki skywave otoloka

Ciri lain yang biasanya ditemui pada skutik Eropa adalah penggunaan rak atau bracket belakang. Karena itu aksesori ini juga wajib menempel pada Suzuki Skywave kesayangan.

Satu hal yang menjadi masalah adalah tak begitu banyak pilihan bracket belakang untuk Suzuki Skywave di lapak aksesori. Jika pun ada rancangannya benar-benar untuk digunakan bersama box. Tanpa box menempel, bentuk tidak begitu sedap dipandang mata.

Sebagai alternatif adalah bracket milik Suzuki Address yang memang tersedia versi Eropa-nya. Tapi untuk itu tentunya kita mesti bikin dudukan baru.

3. Menggunakan Jok Custom

jok suzuki skywave otoloka

Komponen lain yang dijamin bisa membuat tampilan Skywave jadi lebih keren adalah penggunaan jok custom. Bentuknya lagi-lagi kita bisa mengacu pada desain yang elegan biar selaras dengan konsep yang diusung.

Saat ini jenis kulit yang banyak dipakai oleh modifikator adalah produk keluaran MBtech. Biaya modifikasi busa dan kulit baru biasanya akan memakan budget antara Rp350 ribu sampai Rp500 ribuan tergantung dari tingkat kesulitan.

Menggunakan jok custom, kita juga mesti tahu ada kemungkinan jok tidak tahan air. Dengan kata lain air hujan bisa menembus masuk membasahi busa lewat lubang-lubang jahitan.

4. Ganti Wajah dengan Versi Vietnam

modifikasi suzuki skywave otoloka

Suzuki Skywave bukan hanya dipasarkan di Indonesia. Skutik ini juga bisa ditemui di negara lain, seperti halnya Vietnam. Tentu ada perbedaan antara kedua versi Skywave ini.

Perbedaan paling mencolok adalah di bagian head light. Suzuki Skywave Vietnam menggunakan lampu depan satu bohlam. Beda halnya dengan miliki Skywave versi Indonesia yang desainnya seolah-olah dibagi dua.

Konversi lampu depan ini bisa dilakukan oleh kita yang ingin tampilan Suzuki Skywave-nya jadi lebih minimalis.

5. Pasang Reflektor

reflektor suzuki skywave otoloka

Regulasi yang berlaku di Eropa menuntut lebih banyak perlengkapan keselamatan yang menempel pada sepeda motor. Salah satunya adalah reflektor berwarna kuning yang biasanya terdapat di spakbor belakang dan tabung shockbreaker depan.

Dari yang awalnya hanya tuntutan peraturan, rupanya “mata kucing” ini menjadi ciri khas motor-motor bergaya Eropa. Pemasangan reflektor ini tentunya juga bisa dilakukan dalam melakukan modifikasi Suzuki Skywave.

“Mata kucing” universal bisa kita temui di toko-toko aksesori dengan harga sekitar Rp50 ribuan sepasang.

Kesimpulan

suzuki skywave 125 otoloka

Modifikasi Suzuki Skywave dengan konsep seperti ini hanya salah satu dari sekian banyak gaya yang bisa kita terapkan. Pilihannya dikembalikan pada selera masing-masing owner atau mereka yang berniat memiliki Suzuki Skywave.

Harga Suzuki Skywave di pasar motor bekas sendiri relatif terjangkau. Kita bisa menemuinya dijual dengan harga mulai Rp4 jutaan untuk model-model keluaran awal. Sedangkan untuk model dari tahun yang mendekati akhir masa produksi harganya bisa menyentuh Rp8 jutaan.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
    Rekomendasi
      Komentar
      Kirimkan

        Kendaraan Terbaru

        • Mobil
        • Motor
        Berita Terpopuler
        kredit
        Kalkulator Kredit
        *Tipe
        Mobil Baru
        Mobil Bekas
        *Harga Kendaraan
        *Jumlah Deposit
        *Suku Bunga(%)
        *Masa Cicilan
        Pilih
        • 1 Tahun
        • 2 Tahun
        • 3 Tahun
        • 4 Tahun
        • 5 Tahun
        • 6 Tahun
        Tips:
          Selanjutnya
          kredit
          Kalkulator Asuransi
          *Kode Plat Nomor Kendaraan
          Pilih
          *Jaminan Pokok
          Comprehensive
          Total Loss Only
          *Tahun Kendaraan
          Pilih
            *Nilai Pasar
            Jaminan Perluasan
            • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
            • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
            • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
            • Terorisme dan Sabotase
            • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
            Tips:
              Selanjutnya