• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Modifikasi Terrano 4x4 Biar Lebih Siap Diajak Offroad

Dilihat 4597
Arief Yuno
1 Jan 2021, 14:09
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

standar nissan terrano

Otoloka.id - Untuk membuatnya lebih siap diajak offroad, modifikasi Nissan Terrano diperlukan pada sektor sistem penggerak roda. Dari yang semula 4x2 menjadi 4x4. Selebihnya tinggal memikirkan cara untuk mendongkrak tenaganya.

Nissan Terrano sendiri pernah menjadi andalan Nissan untuk segmen SUV (Sport Utility Vehicle) di Indonesia selama beberapa tahun. Generasi pertamanya meluncur pada tahun 1995 dengan menggunakan platform WD 21 yang tak lain adalah platform mobil pick up.

Untuk diketahui, Terrano merupakan salah satu produk global Nissan. Dengan kata lain mobil ini juga dipasarkan di beberapa negara sekaligus walau dengan nama yang berbeda. Ambil contoh untuk pasar Amerika Serikat di mana Terrano dipasarkan dengan nama Pathfinder.

Bahkan keberadaannya sudah ada jauh lebih dulu dibanding di Indonesia. Di negeri Paman Sam, Terrano sudah dipasarkan sejak 1986.

Keunggulan Terrano antara lain bantingannya yang empuk. Di samping itu kabin juga tergolong luas sehingga banyak konsumen yang mengandalkannya sebagai mobil keluarga.

Dari segi desain, sejak generasi awalnya menyuguhkan penampilan yang tangguh. Body-nya terlihat kotak, tapi tidak membosankan. Sebaliknya Nissan Terrano justru kelihatan sangar sekaligus elegan.

Sejarah Nissan Terrano Gen 1 Sampai Gen 3

bahan modif nissan terrano

Dalam perjalanannya di Indonesia setidaknya ada tiga generasi Terrano yang pernah diluncurkan. Generasi pertama meluncur tahun 1995 kemudian disusul generasi kedua yang dipasarkan selama periode 1997 sampai 2003.

Uniknya, walau disebut sebagai generasi kedua sebenarnya Terrano model tersebut masih menggunakan platform dan mesin yang sama generasi sebelumnya. Dapur pacunya mengandalkan mesin 2.400 cc dengan kode Z24 dengan tenaga tertinggi 118 Hp dan torsi 185 Nm yang masih menggunakan karburator.

Tapi pada generasi keduanya Terrano menerima upgrade pada sistem kelistrikan. Dari yang semula menggunakan platina berubah menjadi CDI.

Perubahan lain yang perlu diketahui juga adalah nama dari model-model yang tersedia. Pada generasi pertama ada tiga model yang ditawarkan, meliputi SLX, GLX, dan A/J Limited. Sedangkan pada generasi keduanya, tipe-tipe tersebut berganti nama menjadi Grand Road, Grand Road XT, dan King Road.

Sekali lagi Terrano mendapat penyegaran pada tahun 2003. Perubahan paling nyata ada di bagian eksterior. Tampilannya jadi semakin modern dengan grill dan bumper baru. Pada 2006 akhirnya Nissan memutuskan menghentikan penjualan Terrano yang totalnya diklaim mencapai 17 ribu unit lebih terjual ke tangan konsumen.

Modifikasi Terrano 4x4 untuk Offroad

modif nissan terrano otoloka

Sebagai mobil SUV, Nissan Terrano sudah memiliki sebagian besar modal untuk memikat hati calon konsumen. Utamanya pada aspek kenyamanan dan penampilan. Dari luar tampang Terrano layak masuk jajaran mobil SUV paling ganteng. Kabin lapang ditambah bantingan suspensi yang nyaman pun menjadi nilai tambahnya.

Walau demikian bukan berarti Terrano tanpa kekurangan. Sosok sangar yang dimilikinya sedikit berkurang jika kita melihat sistem penggerak roda yang dimiliki. Di Indonesia Terrano hanya dipasarkan dalam tipe 4x2. Hal ini tentunya mengurangi minat konsumen yang doyan melakukan perjalanan ke medan sulit alias offroad.

Maka itu, modifikasi Terrano khususnya pada sistem penggerak roda bisa dijadikan target utama ketika mendandani mobil ini. Untuk membuat Nissan Terrano menjadi 4x4 tentunya diperlukan tambahan komponen, contohnya yang utama adalah gardan.

Salah satu rekomendasi yang dapat digunakan adalah gardan miliki Cherokee, misalnya tipe Dana 35 atau Dana 30. Bukan tanpa alasan, gardan Cherokee dapat dipilih karena relatif mudah didapat dan ketersediaan barang aftermarket-nya melimpah. Mulai dari pilihan final gear, locker, sampai LSD alias Limited Slip Differential.

Di samping itu, budget yang dibutuhkan untuk mendapatkan gardan ini pun relatif terjangkau bagi mereka yang sudah terlanjur hobi, yaitu berkisar di angka Rp10 jutaan.

Dari pemasangan gardan tersebut tentunya ada beberapa perubahan pada sektor kaki-kaki. Termasuk ikut bergantinya ukuran PCD (Pitch Circle Diameter) untuk velg. Oiya, lebar dari gardan Cherokee itu sendiri akan membuat roda sedikit keluar dari body. Sejujurnya hal tersebut akan membuat tampilan mobil jadi lebih gagah.

Sebagai alternatif lain, ada juga pemilik Terrano yang melakukan modifikasi dengan komponen-komponen 4x4 milik Toyota Land Cruiser VX80.

Modifikasi Terrano Pada Sektor Mesin

modif nissan terrano

Dengan sistem penggerak roda 4x4 dari hasil modifikasi mobil bisa dibilang sudah lebih siap untuk diajak menjelajahi medan offroad. Tapi rasanya ada satu aspek lagi yang juga membutuhkan upgrade, yaitu performa mesin.

Sudah bukan rahasia, mesin Terrano sering dianggap “boyo” alias tarikannya berat. Salah satu jalan keluar yang bisa diambil adalah dengan memasang turbo.

Komponen turbo yang dapat dipakai salah satunya milik Toyota tipe CT16 yang biasa digunakan pada Innova. Sementara itu untuk komponen lainnya, seperut air filter, intercooler, blow-off valve, dan pipa-pipanya bisa menyesuaikan dengan budget.

Dengan penambahan turbo, tenaga mesin kira-kira bisa bertambah hingga 30 persen. Hal penting yang perlu diingat adalah karburator perlu mendapat dimodifikasi agar bisa menerima boost. Tingkat boost-nya pun diusahakan tidak terlalu tinggi agar mesin tetap awet.

Kesimpulan

Nissan Terrano memang bukan mobil yang populer untuk digunakan dalam kegiatan offroad. Alasan utamanya karena spesifikasi mobil ini bukan dirancang untuk ke arah sana. Tapi bukan berarti haram untuk melakukan modifikasi Terrano bergaya offroad yang bisa diwujudkan salah satunya lewat pemasangan sistem penggerak 4x4.

Modifikasi seperti ini pun bukan hanya dilakukan di bengkel-bengkel umum spesialis offroad. Faktanya, pada saat mobil ini masih dipasarkan, dealer resmi Nissan pun menerima modifikasi pemasangan 4x4 untuk Nissan Terrano. Bahkan memberikannya garansi selayaknya pemasangan komponen lain.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
    Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya