• Home>
  • Modifikasi>
  • Modifikasi Yamaha Scorpio: Aliran Klasik Mulai dari Cafe Racer hingga JapStyle!
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Modifikasi Yamaha Scorpio: Aliran Klasik Mulai dari Cafe Racer hingga JapStyle!

Dilihat 1358
Yogi Pratama
10 Des 2020, 19:20
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 1


Otoloka.id - Yamaha Scorpio merupakan motor yang terkenal tangguh dan populer di kalangan pemodifikasi Tanah Air, terlebih untuk para pecinta modifikasi aliran motor klasik. Motor yang satu ini banyak dijadikan bahan modifikasi untuk aliran klasik karena bagian rangka motornya sangat proporsional untuk aliran modifikasi jenis ini. 

Tidak hanya memiliki struktur rangka motor yang dinilai sangat mumpuni untuk melakukan modifikasi aliran klasik, Yamaha Scorpio juga dibekali dengan mesin yang bertenaga. Motor ini mengandalkan mesin dengan silinder tunggal berkapasitas 223 yang memiliki angka kompresi mesin 9.5:1.

Baca Juga : Harley-Davidson Road Glide 2005 : Tato Bang Jabrix!

Mesin ini diklaim sanggup menyemburkan tenaga maksimal hingga 13.4 kW pada putaran 8.000 rpm. Di samping memiliki tenaga yang cukup besar, mesin motor ini juga bisa menghasilkan torsi yang cukup baik, yaitu sebesar 13.4 Nm pada putaran 6.500 rpm.

Performa mesin yang bertenaga dari Yamaha Scorpio ini membuat motor ini sangat cocok untuk dimodifikasi. Tidak hanya aliran klasik, banyak pula yang memodifikasi Yamaha Scorpio menjadi motor dengan aliran Japstyle, Cafe Racer, Bobber, Bratstyle, Chopper, Enduro dan lain-lain.

Biasanya, para pecinta modifikasi akan menggunakan motor Yamaha Scorpio bekas untuk melakukan modifikasinya. Banyak yang memilih motor ini juga karena harga bekasnya yang bisa dibilang sudah cukup terjangkau. Yamaha Scorpio bekas saat ini dibanderol dengan kisaran harga Rp 15 jutaan untuk motor keluaran tahun 2002. 

Tetapi bagi anda yang ingin memodifikasi Yamaha Scorpio, ada hal yang perlu diingat. Walaupun harga Yamaha Scorpio di pasar mobil bekas bisa dibilang cukup terjangkau, kita tetap harus menyiapkan dana lebih yang cukup besar. Pasalnya, memodifikasi Yamaha Scorpio dengan aliran klasik diketahui akan menghabiskan dana yang cukup besar, bahkan bisa melebihi harga motornya itu sendiri. 

Selain itu, kita juga harus jeli dalam memilih Yamaha Scorpio bekas yang akan dimodifikasi. Motor tersebut haruslah berada dalam keadaan yang baik sehingga tidak akan bermasalah ketika dimodifikasi. 

Baca Juga : Modifikasi Yamaha R25, Sanggup Menyalahi Kodrat Motor Racing

Nah, bagi anda yang ingin memodifikasi Yamaha Scorpio, wajib baca informasi yang berikut ini, karena kali ini kita akan membahas tentang beberapa referensi gaya untuk memodifikasi Yamaha Scorpio dengan aliran klasik.

Modifikasi Yamaha Scorpio Cafe Racer

Yang pertama akan kita bahas adalah modifikasi Yamaha Scorpio dengan aliran Cafe Racer. Aliran Café Racer ini sendiri merupakan aliran modifikasi dimana tampilan motor akan berubah sepenuhnya. 

Modifikasi Yamaha Scorpio Cafe Racer

Hal ini tentu tidak mengherankan, mengingat pada pengaplikasiannya, modifikasi Café Racer ini akan merombak sekitar 60% bagian motor dan menggantikannya dengan desain khas modifikasi Café Racer. Modifikasi jenis ini juga disebut sebagai aliran modifikasi paling mahal karena biaya yang dibutuhkan untuk memodifikasi bisa melebihi harga motornya sendiri.

Pada aliran modifikasi yang satu ini, Yamaha Scorpio biasanya akan diubah pada beberapa komponennya. Biasanya komponen yang diubah ialah suspensi, stang, velg, tangki motor, jok, bagian belakang, headlamp, stoplamp, dan masih banyak lagi. Banyaknya perubahan yang harus dilakukan pada modifikasi jenis ini membuatnya perlu dilakukan oleh lebih dari satu orang teknisi yang sudah ahli agar hasilnya lebih maksimal. 

Modifikasi Yamaha Scorpio Scrambler

Modifikasi Yamaha Scorpio dengan aliran Scrambler sebenarnya hampir sama dengan aliran Cafe Racer. Modifikasi dengan aliran Scrambler ini juga mengharuskan Yamaha Scorpio kesayangan kita dirombak secara total, terlebih pada bagian penampilannya. Bedanya, pada aliran ini desain motornya akan dibuat semirip mungkin dengan motor bergaya retro ala scrambler.

Modifikasi Yamaha Scorpio Scrambler

Bagi yang ingin melakukan modifikasi ini, tidak perlu khawatir, karena sekarang sudah banyak dijual komponen-komponen pendukung gaya modifikasi yang satu ini. Sama seperti pada modifikasi aliran Café Racer, aliran Scrambler ini juga menghabiskan cukup banyak biaya dibandingkan dengan modifikasi standar. Oleh karena itu, ada baiknya jika kita menyiapkan biayanya terlebih dahulu sebelum melakukan modifikasi.

Baca Juga: Modifikasi Yamaha RX- King, Sang Raja Lugas dan Ringkas

Kendati menghabiskan biaya yang cukup besar, perubahan yang terlihat pada modifikasi Scrambler ini memang dapat dipastikan membuat Yamaha Scorpio kita kelihatan lebih gagah dan atraktif. Biasanya, selain menggunakan Yamaha Scorpio, banyak juga orang yang melakukan modifikasi dengan aliran ini menggunakan motor Honda Tiger. 

Modifikasi Yamaha Scorpio Bobber

Jika sebelumnya kita sudah bahas mengenai aliran Café Racer dan Scrambler, sekarang kita akan bahas tentang modifikasi Yamaha Scorpio dengan gaya Bobber. Sudah pernah dengar istilah Bobber? Menurut para pecinta modifikasi sendiri, aliran modifikasi Bobber ini bisa diartikan sebagai modifikasi yang menggunakan ban besar seperti Moge.

Modifikasi Yamaha Scorpio Bobber

Tidak hanya bagian ban nya saja, biasanya pada modifikasi Bobber ini, akan dilakukan juga penggantian pada bagian suspensi, stang, jok, spion, dan beberapa komponen lainnya. Aliran modifikasi Bobber ini sendiri ditujukan untuk mengatur kembali posisi berkendara hingga mirip dengan dengan motor-motor Bobber yang khas dari Amerika Serikat. 

Bukan hanya memiliki ciri khas pada bagian bannya yang besar, modifikasi aliran Bobber ini juga biasanya memiliki stang yang tinggi dan jok yang lebih rendah dari motor biasa. Selain memiliki bodi yang besar, Yamaha Scorpio ini juga sangat cocok dimodifikasi dengan aliran ini karena memiliki desain yang ciamik. Posisi berkendara motor yang satu ini juga cukup nyaman dibawa berkendara dengan jarak yang jauh, sehingga cocok digunakan ketika touring. 

Modifikasi Yamaha Scorpio Adventure

Bagi anda yang hobi untuk berpetualang melibas medan offroad dengan sepeda motor pasti sudah tidak asing dengan aliran modifikasi yang satu ini. Aliran modifikasi Adventure, merupakan aliran modifikasi yang terkenal tangguh. Ciri khasnya terletak pada bodi yang besar.

Modifikasi Yamaha Scorpio AdventureBiasanya, motor dengan jenis modifikasi yang satu ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Hal ini karena pemilik motor harus melakukan modifikasi yang cukup banyak agar bisa mendapatkan motor yang menyerupai motor Adventure. 

Yamaha Scorpio sendiri sudah memiliki bodi yang besar, sehingga sangat cocok untuk mengadopsi gaya modifikasi yang satu ini. Rangka, performa mesin dan komponen lainnya yang dimiliki oleh Yamaha Scorpio ini sangat mumpuni untuk dimodifikasi dengan aliran Adventure.

Baca Juga: Modifikasi Vixion Terbaru dan Paling Tren

Tidak hanya memiliki bodi yang besar, ciri khas lain dari modifikasi aliran Adventure ini antara lain dimensinya yang tinggi serta roda yang bergerigi. Selain itu, pada modifikasi aliran ini juga digunakan spakboard bagian depan yang besar.

Modifikasi Yamaha Scorpio JapStyle

Aliran modifikasi klasik terakhir yang juga tidak kalah populer dan banyak dilakukan pada Yamaha Scorpio adalah aliran JapStyle. Aliran yang satu ini merupakan aliran yang sedang paling banyak digandrungi oleh para pecinta modifikasi.

Modifikasi Yamaha Scorpio JapStyle

Aliran modifikasi JapStyle ini hampir sama dengan aliran modifikasi Café Racer. Bedanya, pada aliran JapStyle ini modifikasi tidak menggunakan stang jepit, tetapi menggunakan stang yang cukup tinggi. Selain itu, jok motornya pun diubah menjadi lebih panjang, berbeda dengan aliran Café Racer yang biasanya menggunakan jok single seater. 

Jika berminat untuk melakukan modifikasi dengan aliran ini pada motor Yamaha Scorpio, sebaiknya siap-siap untuk merogoh kocek cukup dalam, karena ubahan yang harus dilakukan cukup banyak dan biaya yang diperlukan akan menjadi cukup besar. Tidak heran, karena perubahan yang dilakukan pada aliran ini bisa mencapai 80%. Tetapi, tentu saja hasilnya tidak akan mengecewakan. 

  • Suka 1
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
    Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya