• Home>
  • Modifikasi>
  • Pilihan Ide Konsep Modifikasi Honda Brio, Lebih Keren Mana?
  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Pilihan Ide Konsep Modifikasi Honda Brio, Lebih Keren Mana?

Ismet
16 Jan 2022, 10:00

Otoloka.id- Honda Brio menjadi city car yang cukup populer saat ini di Indonesia. Dengan harga yang relatif terjangkau bagi generasi muda, Brio juga memenjadi mobil idaman untuk menemani keseharian dalam bekerja atau bepergian bersama keluarga kecilnya.

Di segmen city car, baik untuk tipe Satya maupun RS, Honda Brio menjadi city car paling digemari saat ini. Itu terbukti dari hasil penjualan Honda di arena GIIAS 2021 beberapa waktu lalu yang didominasi oleh Honda Brio.

PT Honda Prospect Motor (HPM) mencatatkan angka penjualan mobil sebanyak 1.511 unit selama pameran GIIAS 2021. 

Honda Brio pun menjadi model terlaris dengan 461 unit atau 31 persen dari total penjualan mobil Honda. Penjualan Honda Brio terbagi menjadi 245 unit untuk Honda Brio Satya dan 216 unit untuk Brio RS.

Laris manis sebagai mobil hatchback mungil dengan harga cukup terjangkau, Honda Brio juga menjadi salah satu objek kreatifitas bagi penggemar modifikasi. Honda Brio banyak digemari para penggemar mobil dari kalangan anak muda karena bentuknya yang simple namun juga cukup bergaya.

Buat mereka yang ingin memodifikasi Honda Brio, biasanya akan dihadapkan dengan beberapa pilihan konsep, mulai dari style rally look, street racing ataupun stance.

Coba simak ulasan modifikasi Honda Brio dengan street racing, rally look, dan stance berikut ini.

Modifikasi Honda Brio Street Racing

Bagi kalian yang suka dengan konsep modifikasi Street Racing, setidaknya ada 5 sektor yang wajib diketahui. Utamanya mulai dari hal pertama seperti sisi eksterior, interior, mesin, kaki-kaki hingga audionya.

Kelima sektor ini harus match agar konsep modifikasi yang dikejar hasilnya optimal. Untuk mendukung penampilan Street Racing, biasanya pada eksterioe terdapat ubahan dengan menggunakan stiker, body kit hingga serat karbon fiber.

Namun ada juga yang menggabungkan aliran street racing dengan modifikasi stance. Ubahan ini biasanya dikombinasikan dengan ubahan kaki-kaki dengan konsep meaty fitment yang membuat mobil lebih ceper alias mendekati tanah. 

Bagian mesin juga biasanya di upgrade untuk menaikkan performanya agar sedikit lebih kencang dari kondisi mesin standar. Modifikasinya lebih ke teknis dengan mengaplikasikan aksesoris mesin tambahan ataupun langsung naik dengan aplikasi turbo.

Konsep Street Racing juga harus menyelinap ke bagian kabin. Minimal dilakukan pemasangan indikator gauge tambahan, mulai dari oil temperature dan takometer sehingga aura racing semakin terasa. 

Lalu, pendukung lainnya dengan modifikasi audio telinga pengemudi dan penumpangnya lebih dimanjakan saat berada di dalam mobil.

Modifikasi Honda Brio Rally Look

Konsep modifikasi rally look terlihat lebih sederhana karena cukup hanya dengan mengganti pelek, aura rally look bisa langsung terlihat. Namun yang pasti biasanya ada dua yang dijadikan acuan, yaitu tarmac dan gravel. 

Tarmac merupakan balap rally yang digelar di lintasan aspal sedangkan gravel melewati jalan offroad. Dua konsep balap tersebut menggunakan pelek serta ban yang berbeda.

Spesifikasi rally tarmac lebih condong dengan penggunaan pelek ring 15 inci, 16 inci, atau 17 inci. Sementara rally di gravel lebih kecil sebab biasanya memakai velg ring 14 inci atau 15 inci. 

Begitu juga pada bannya, rally look tarmac menggunakan ban biasa dan menyesuaikan ukuran pelek, namun rally look gravel menggunakan ban lebih kasar atau semi offroad.

Sebagai pembeda, keduanya juga memiliki karakter yang berbeda. Konsep Rally tarmac ground clearance mobilnya lebih rendah, sementara rally gravel dibuat lebih tinggi. Tak hanya itu, pelek jenis tarmac dan gravel perbedaannya berada pada bagian palangnya, yakni tarmac lebih panjang, rongga lebih besar dan bobot velgnya lebih ringan sehingga berfungsi untuk mendinginkan rem lebih optimal.

Sementara pada pelek rally gravel, bagian palangnya pendek, bobotnya lebih berat dan berfungsi meredam guncangan di jalan tidak rata.

Aksesoris tambahan pemanis gaya rally juga mudah didapatkan karena banyak tersedia aftermarket-nya. Jadi, tinggal  menyesuaikan dengan budget, Honda Brio dengan tampilan ala rally pun bisa dicapai. 

Untuk memperkuat konsepnya, bagian interior juga harus dimodifikasi. Mulai dari jok dengan model bucket seat hingga printilan lainnya. Di pasaran, berbagai merek jok aftermarket ini bisa dipilih. Mulai dari Recaro, Momo, atau Sparco.

Modifikasi Honda Brio Stance

Terakhir, modifikasi stance bisa dijadikan pilihan konsep modifikasi juga. Tapi harus ada yang dikorbankan, terutama soal kenyamanan. Pasalnya, modifikasi mobil aliran stance fokus pada modifikasi jarak antara pelek dan ban ke fender jadi tipis alias ceper. 

Setingan jarak antara roda dan fender beserta ukuran ban dan peleknya juga harus diperhatikan, istilahnya dinamakan fitment. Jadi, fitment ini yang sebenarnya dasar dari modifikasi aliran stance.

Biasanya para penganut modifikasi aliran stance menggunakan beberapa model pelek, yaitu step lips, concave dan deep lip. Tipe step lips menambah kesan artistik pada mobil dengan lips bertingkat untuk mengakomodasi diameter face yang kecil.

Lalu, ada model pelek concave juga banyak dipilih lantaran bentuk palangnya yang tertarik ke bagian dalam fender. Terakhir model deep lips wheels yang biasanya memiliki offset negatif alias celong dan lebar.

Pemilihan ukuran pelek ini sangat penting untuk diperhatikan apalagi jika diterapkan pada Honda Brio yang memiliki ruang fender bawaan tidak terlalu besar. Pastikan pemilihan pelek punya lebar yang paling benar dengan perbedaan besaran ruang fender belakang dan depan.

Untuk mendukung konsep stance, saat melakukan fitment sebaiknya juga dilengkapi dengan lowering kit. Pengaplikasian lowering kit ini akan membuat mobil jadi lebih pendek dengan cara plug & play sehingga lebih mudah dan tak terlalu repot saat bongkar pasangnya.

Tak hanya lowering kit, untuk aliran static ada coilover yang merupakan suspensi untuk mengatur keras lembut hingga tinggi rendahnya mobil. 

Tak salah juga rasanya jika anda punya budget lebih, modifikasi stance lebih nyaman menggunakan air suspension karena bisa membuat mobil lebih sedap dipandang mata saat terparkir.

Sekarang jadi lebih tahu kan konsep modifikasi apa saja? Lalu, mau pilih aliran mana?

Ikuti media sosial kita:
  • Dilihat 5039
  • Suka 1
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Simulasi KreditSimulasi Asuransi
    *Tipe mobil
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan(Tahun)
    Silahkan pilih masa cicilan
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Hitung
    Reset
    Dapetin info terbaru otomotif dalam 1 langkah, pastiin push notif aktif ya!