• Home>
  • Modifikasi>
  • Pilihan Modifikasi Daihatsu Taft Gen 2 agar Keren Maksimal

Pilihan Modifikasi Daihatsu Taft Gen 2 agar Keren Maksimal

  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins
EKO
13 Jan 2022, 18:46
  • Suka 0

Otoloka.id- Daihatsu Taft merupakan mobil berjenis off-road yang cukup melegenda di Indonesia. Tak heran, saat ini harganya beragam walaupun sudah dalam kondisi bekas. Selain punya kapabilitas menjelajahi medan off-road, Daihatsu Taft juga asik untuk dimodifikasi supaya tampilannya makin keren.

Hadir di Indonesia pada tahun 1974 silam dengan nama julukan Taft Badak, mobil tersebut beroperasi selama 10 tahun, dan diganti dengan generasi penerusnya pada 1986 yang biasa dikenal sebagai Taft GT. Uniknya kedua generasi ini memiliki perbedaan yang kentara dari segi tampilan.

Dari segi tampilannya, Taft generasi pertama terlihat sangat klasik, dengan model yang hampir terlihat sama dengan Suzuki Jimny, atau Jeep CJ yang antara fender depan dengan engine bay yang terpisah. Namun, generasi kedua tampilannya lebih boxy.

Daihatsu Taft generasi dua yang juga sudah diplot menjadi mobil tangguh, memang paling pas untuk dilakukan modifikasi agar lebih keren dan mumpuni. Berikut beberapa ide modifikasi Daihatsu Taft agar tampil lebih keren.

Restorasi

Hadir di Indonesia melalui produksi lokal di pabrik Sunter pada 1986, membuat Daihatsu Taft generasi dua memiliki usia yang terbilang tua. Oleh karena itu, salah satu ubahan yang tepat dilakukan adalah mengembalikan kondisinya seperti semula, alias direstorasi.

Memang, Taft generasi kedua juga memiliki nama yang berbeda di tiap negara. Contohnya di Jepang yang hadir dengan nama Daihatsu Rugger, atau Fourtrak ketika masuk Inggris. Tetapi, yang tak berubah adalah kode bodi yang disematkan, yaitu F70.

Untuk melakukan restorasi, memang perlu banyak referensi. Apalagi di Indonesia Daihatsu Taft punya beberapa varian, mulai dari short wheel base, long wheel base, sampai pick up yang tentunya membutuhkan padu padanan yang ciamik.

Untungnya di saat ini bisa browsing mengenai tampilan atau suku cadang yang tak lagi sesuai dengan bawaan standar yang dulu dipakai. Contohnya seperti penggunaan velg yang kerap kali berbeda dengan bawaan aslinya.

Selain merestorasi dengan tampilan seperti aslinya, mengubah tampilan dengan produk yang dijual di negara lain pun bukan ide yang buruk, seperti mengganti warna bodi, memasang decals, dan tentu saja aksesoris penunjangnya.

Salah satu aksesoris yang bikin Daihatsu Taft makin keren adalah penggunaan bumper depan Toyota Blizzard, yang sudah memiliki winch. Atau spion bawaan Daihatsu Rugger yang bentuknya lebih klasik.

Off-road

Karena sejatinya Daihatsu Taft untuk keperluan melibas medan berat, jadi tidak ada salahnya untuk maksimalkan kemampuan mobil tersebut menjelajah. Modifikasi off-road memang yang paling sering dilakukan untuk mobil-mobil yang memiliki penggerak empat roda.

Untuk menunjang keperluan offroad, biasanya dimulai dari mengupgrade kaki-kaki dengan komponen aftermarket, dan posisinya ditinggikan alias suspension lifting. Setelah suspensi ditinggikan, tak lupa untuk menggunakan ban khusus off-road, entah itu berjenis all terrain atau mud terrain.

Untung melindungi bagian bawah mobil seperti transfercase berikut drive train, pasang perangkat underbody protection yang biasanya berbahan plat besi, dan memiliki beberapa lubang untuk ventilasi udara maupun jalur pembuangan air.

Selanjutnya, gunakan bumper depan dan belakang aftermarket. Selain melindungi kedua sisi mobil, penggunaan bumper untuk keperluan off-road biasanya mengakomodir sudut keberangkatan ketika melalui medan off-road.

Bumper khusus off-road juga lebih mudah untuk diperbaiki apabila mengalami kerusakan. Ini karena desainnya yang simpel entah itu hanya terbuat dari sambungan pipa besi atau terbuat dari sambungan plat besi.

Untuk memaksimalkan kemampuan off-road, diperlukan juga aksesoris pendukung lain, seperti winch dan tow hook. Pemasangan lampu-lampu tambahan juga berguna sebagai penerangan ketika melakukan off-road di malam hari.

Selain modifikasi tampilannya, mesin Daihatsu Taft juga asik untuk diganti dengan yang lebih muda atau yang lebih bertenaga. Aslinya, Taft generasi ke-dua menggunakan tiga jenis mesin diesel dengan kode DG, DL41, dan DL42, yang dapat diganti dengan mesin turunan lain, yaitu DL50, DL51, dan DL62.

Ketiga mesin tersebut sudah menggunakan turbocharger, yang pastinya membuat performa dari Daihatsu Taft lebih mumpuni. Kelebihan lainnya, mesin tersebut dapat langsung dipasang tanpa memerlukan banyak ubahan dan penyesuaian.

Overland

Modifikasi bergaya overland memang menjadi salah satu alternatif bagi pemilik mobil penggerak empat roda. overland yang berarti perjalanan darat, merupakan gaya modifikasi yang mengakomodir pemilik mobil dalam berpetualang.

Mengenai tampilannya, mobil bergaya overland memang sepintas sama dengan bergaya off-road, namun tak dibuat terlalu ekstrim. Suspensi dibuat tak terlalu tinggi, hanya dinaikkan 2 sampai 4 inci saja. Pelindung bodi juga tak perlu dipasang.

Aliran overland justru lebih banyak menggunakan aksesoris pendukung lain, seperti penggunaan roof rack untuk menampung bawaan lebih, atau rooftent juga dapat dipasang ketika pemilik mobil memang doyan camping.

Bumper untuk mobil bergaya overland pun menggunakan model bullbar, dilanjut dengan penyematan footstep tambahan, dan beberapa aksesoris lain yang dapat digunakan untuk menaruh barang bawaan tambahan, seperti jerigen. 

Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan