• Home>
  • Modifikasi>
  • Porsche 356 dikonversi jadi Mobil Listrik, Pakai Transmisi Manual

Porsche 356 dikonversi jadi Mobil Listrik, Pakai Transmisi Manual

  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins
EKO
10 Jan 2022, 22:36
  • Suka 0

Otoloka.id- Bagi pemilik kendaraan bermesin pembakaran internal yang berlokasi di daerah Inggris, saat ini merupakan akhir dari masa pakai kendaraan mereka. Pasalnya, pemerintah setempat memiliki peraturan yang sangat ketat mengenai emisi gas buang yang mencemari lingkungan.

Untuk mengatasi hal tersebut, Electrogenic punya cara jitu untuk tetap menjadikan mobil bermesin pembakaran internal dapat dikendarai di jalanan Inggris. Caranya dengan mengkoversinya menjadi mobil listrik.

Dikutip dari autocar.co.uk, salah satu proyek yang belum lama perusahaan asal Oxfordshire ini kerjakan adalah mengkonversi Porsche 356 menjadi bertenaga listrik. Hal tersebut sekaligus menjadi Porsche 356 satu-satunya yang bertenaga listrik di Inggris, atau mungkin di dunia.

Merujuk dari pemilik mobil tersebut, mesin berkubikasi 1.6 liter empat silinder bawaan Porsche 356 tetap disimpan, jika suatu saat ingin dipasang kembali. Dan identitas asli mobil memang diperlukan ketika memodifikasi mobil agar tidak termasuk dalam mobil berpelat Q atau statusnya diragukan.

Nah, untuk mengkonversi mobil lawas tersebut, Electrogenic memasangkan baterai berdaya 36 kWh berikut inverternya. Sementara motor listrik berdaya 120 daya kuda dipasangkan di roda belakang yang dibekali dengan sistem transmisi empat percepatan.

Pengerjaan Electrogenic dilakukan secara rapi, sehingga tampilan 356 tetap seperti aslinya. Port pengisian daya tersembunyi di balik penutup tangki bahan bakar, roda standar, ban, tinggi kendara, berfungsi. Kalau dihitung, berat mobil yang dikonversi tersebut hanya naik sebanyak 35 kilogram saja.

Di dalamnya, segala indikator seperti pengukur bahan bakar telah menjadi pengukur pengisian baterai. Komponen lain seperti kursi, dan setir dipertahankan, hanya di rekondisi saja agar lebih segar. Sementara tuas transmisi awal juga tetap sama menjadi tuas transmisi girbox mobil listrik empat percepatan.

Untuk daya jelajahnya, mobil tersebut mampu menjelajah sejauh 193 kilometer saja. Ya, karena memang mobil tersebut dikonversi untuk mengenang perjlanan saja, bukan untuk keperluan mobilitas. Pemiliknya pun hanya menggunakan Porsche 356 listrik miliknya di sirkuit saja.

Satu yang jadi tantangan bagi Electrogenic adalah mengawinkan girboks transmisi dengan motor listrik, yang harus dipasang dengan hati-hati. Makanya perusahaan tersebut harus menyeting perpindahan daya yang sesuai dengan ketika mobil tersebut masih memiliki mesin internal.

Untuk mengkonversi Porsche 356 menjadi bertenaga listrik, biaya yang dihabiskan sekitar 1 miliar Rupiah. Selain itu, Electrogenic juga menyediakan paket konversi mobil lain dengan harga mulai dari sekitar 736 juta Rupiah, tetapi menurut Steve Drummond selaku pemilik perusahaan tersebut, orang-orang mampu menghabiskan hingga kisaran miliaran Rupiah. 

Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan