• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Ragam Inspirasi Modifikasi Honda Mega Pro

Dilihat 784
Guntur Hanggara
17 Sep 2020, 15:20
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Anda berminat untuk melakukan modifikasi pada Honda Mega Pro milik Anda? Sebelum melakukan modifikasi mari kita mengenal Honda Mega Pro terlebih dahulu. Produk keluaraga PT Astra Motor dengan mengusung gaya sporty entry level ini hadir dengan mesin yang lebih tangguh, berkapasitas 150 cc, SOHC dengan 5 kecepatan. 

Sudah dilengkapi pula dengan teknologi PGM-F1. Dengan mesin baru yang memiliki performa bagus, responsif juga irit BBM. Honda Mega Pro juga telah menerapkan standar emisi EURO 3 yang ramah lingkungan.

Honda Mega Pro memiliki dimensi 2.052 mm panjang, 742 mm lebar serta tinggi 1.079 mm. dengan jarak sumbu roda 1.316 mm. Dengan berat mencapai 135 kg. tangki bahan bakarnya berkapasitas 12,3 liter. Honda MegaPro ini hadir dengan empat pilihan warna. Brave Black, Renegade Red, Active White dan Brace Blue.

Setelah sedikit mengenal Honda Mega Pro, kita akan mulai membahas mengenai modifikasi-modifikasi yang bisa dilakukan pada Honda Mega Pro.

Honda Mega Pro Kombinasi JAP Styler & Tracker

Ternyata peminat modifikasi pada motor tidak melulu hanya para pria. Kaum hawa juga menyukai motor modifikasi. Kali ini Indina Andamari, ingin mewujudkan motor custom sesuai impiannya. Awalnya dia ingin Honda Mega Pro miliknya dimodifikasi dengan gaya Tracker. Tapi setelah Riki, pemilik Kojay Garage Custom Classic menyarankan konsep kombinasi JAP Style dan Tracker. Agar lebih nyaman untuk pengendara.

Komponen pertama yang dicustom adalah pada bodynya. Setelah membongkar habis body luarnya. Riki mengecilkan sedikit rangka Honda Mega Pro agar memberi kenyamanan bagi pengendara. Pengecilan rangka dari area tangki hingga ke belakang sampai ke behel U. tak luput dari perhatian, boks samping juga dimodifikasi. 

Jok yang digunakan dari kulit sapi dengan tipe custom handmade. Ini untuk memastikan hasil yang diberikan cocok dengan rangka barunya. Pada Ban, digunakan Ban Swallow SB 117 110/80 R17untuk ban depannya. Sedangkan Ban Swallow SB 117 130/80 R17 untuk ban belakangnya. Pada Vel diaplikasikan Velg Rossi Hitam 3,50 inchi dengan jari-jari TDR. 

Tetap dipertahankan original dari Honda Mega Pro untuk Shockbreker depan. Tapi Shockbreker belakang digunakan Scarlett 34. Pada Setang dipakai Setang Fatbar Willwood serta Spion classic Retro willwood menemani setang baru tersebut. Tromol original Honda Mega Pro tetap digunakan, karena masih cocok dengan semua modifikasi yang dilakukan. Terakhir, Speedometer Gorilla akan menyempurnakan penampilan baru dari Honda Mega Pro dalam balutan Tracker JAP Style 

Tidak terlalu banyak kesulitan dalam memodifikasi Honda Mega Pro menjadi JAP Style Tracker. Karena untuk memuaskan permintaan dari pemilik Honda Mega Pro yang menekankan pada detail-detail, maka harus beberapa kali gonta-ganti komponen hingga mendapatkan yang sesuai dengan permintaan pemilik. 

Diperlukan biaya sekitar 20 juta untuk memodifikasi Honda Mega Pro sesuai permintaan. Dengan perincian, Rp. 8 juta untuk harga motor dan Rp12 juta untuk modifikasinya. Pengerjaannya juga hanya membutuhkan waktu 40 hari. 

Modifikasi Honda Mega Pro Techno Rider

Kali ini kita akan membahas modifikasi unik dan gila-gilaan dari Honda Mega Pro yang hadir saat Ajang Honda Modif Contest 2016. Dari ajang keren tersebut muncul begitu banyak hasil modifikasi motor yang keren dan memukau. Baik dari sisi mesin, performa hingga yang paling mencuri perhatian tentu saja tampilan luar. 

Hasil modifikasi dari Charles Wawolangi, pencinta modifikasi motor kelahiran Manado berhasil membuat setiap mata menatap Honda Mega Pro modifikasinya. Dia memodifikasi Honda Mega Pro keluaran tahun 2003 menjadi sosok yang tangguh, gahar dan berteknologi tinggi. 

Modifikasi ini tidak dikerjakannya sendiri. Charles Wawolangi dibantu oleh RI Motorsport dalam mengerjakan pemodifikasian. Dengan hasil sempurna ini Honda Mega Pro Tchno Rider hasil modifikasi mereka menyabet gelar FFA. 

Hampir seluruh komponen yang terpasang dibuat secara custom, dapat Anda lihat sendiri bukan dari foto yang kami tampilkan di bawah ini. 

Yang menjadi perhatian utama dan pertama adalah body luar. Tampilan luar yang techno dan tampak seperti motor-motor berteknologi canggih. Mereka membongkar habis body luar dan membangun secara custom satu persatu rangka luar Honda Mega Pro lagi. 

Selama hampir tiga bulan pengerjaan dilakukan. Bodynya dibangun menggunakan bahan fiber. Dicustom agar sesuai dengan desain yang diinginkan oleh Charles Wawolangi. Rangkanya juga harus dikerjakan dengan teliti karena ini adalah bagian awal yang akan menyanggah setiap bagian lainnya. Bisa dikatakan hampir semuanya mereka ganti, bahkan pelek juga mereka custom, hanya mesin dari Honda Mega Pro yang mereka pertahankan.

Keunikan utama dari motor Honda Mega Pro yang mereka modifikasi ini terletak pada cara kerja suspensi motornya. Karena Suspensinya bisa naik-turun, sehingga akan tetap nyaman ketika dibawa di jalan raya. Untuk menggerakkan motor Honda Mega Pro ini pun tidak lagi menggunakan rantai seperti biasanya melainkan belt. Semua agar menghasilkan suara motor yang lebih halus. 

Charles Wawolangi mengatakan alasan perubahan dari rantai ke belt sudah mereka pikirkan dengan baik. Dikarenakan jika menggunakan rantai pasti besar juga menimbulkan suara bising saat dikendarai. 

Biaya yang dikeluarkan untuk melakukan modifikasi Honda Mega Pro hingga menjadi kendaraan unik, gahar dan bergaya keren modern ini mencapai kisaran 50 juta rupiah. Tapi usaha tidak mengkhianati hasil, mereka berhasil menyabet gelar juara pada acara modifikasi.

Modifikasi Honda Mega Pro Superbike

Setelah membahas modifikasi ala tracker JAP Style dan Modifikasi Unik ala Techno Rider. Kali ini kita akan membahas modifikasi Honda Mega Pro ala Super Bike. 

Sentuhan dingin dari tim Bengkel Sinyo Modifikasi di Bandulan, Malang berhasil mengubah tampilan Honda Mega Pro menjadi sebuah Super Bike. Motor ini sebenarnya sudah beberapa kali mendapat mendapat sentuhan modifikasi. 

Dari street naked bike hingga yang terakhir menjadi superbike. Saat melakukan pembuatan desain. Mereka mengacu pada dua motor yaitu Yamaha R1 dan Ducati. Bisa dilihat pada bagian depan diambil dari konsep Yamaha R1. Sedangkan buritan belakang mengadopsi konsep Ducati Panigale. 

Pertama mereka membongkar body bawaan tapi tetap mempertahankan rangka pada Honda Mega Pro. Lalu memasangkan body custom. Untuk body custom diperlukan waktu hampir dua bulan untuk pengerjaannya. Bahan yang dipakai untuk body custom adalah dari bahan fiber glass. Mereka menambahkan aksesoris radiator guna mendapatkan kesan motor sport sejati. 

Windshield dari Yoshimura diaplikasikan guna menahan terpaan angin saat motor dipacu dengan kencang. Meski menggunakan model depan Yamaha R1, tapi headlightnya dipakai dari New Honda Blade. Tangki stander Honda Mega Pro tetap dipertahankan hanya saja ditambahkan cover tangki yang sesuai dengan keseluruhan tema. 

Dengan body ala Superbike, penyesuaian pada posisi footstep harus dilakukan. Untuk itu dilakukan modifikasi agar motor dapat dalam posisi footstep mundur. Untuk bagian depan, diubah menjadi model underbone yang diambil dari variasi Kawasaki Ninja yaitu Driv. Untuk Footstep belakang gunakan milik Yamaha jupiter MX. Swing Arm yang terlihat lebih kekar ini sebenarnya masih standar dari Honda Mega Pro. 

Modifikasi Kaki-kaki dilakukan dengan mengganti Velg dengan Velg VRossi ukuran 3,00 inch di bagian depan dan 4,50 inchi di bagian belakang. Ban Bridgestone Batlax BT21 17/60 untuk belakang dan Ban Corsa 110/70 untuk ban depan. 

Diperlukan waktu pengerjaan selama dua bulan. Serta biaya sekitar 10 jutaan untuk menghasilkan tampilan Honda Mega Pro ala Super Bike. Itu dia tiga modifikasi pada Honda Mega Pro yang dapat Anda jadikan inspirasi. Tertarik mencoba?

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Orang Lain Juga Melihat

      Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya