• Home>
  • Modifikasi>
  • Ragam Pilihan Modifikasi untuk Mobil Sedan, Pilih Mana?

Ragam Pilihan Modifikasi untuk Mobil Sedan, Pilih Mana?

  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins
EKO
13 Jan 2022, 15:54
  • Suka 0

Otoloka.id- Sedan merupakan salah satu jenis mobil yang menawarkan kenyamanan dan aura kemewahan bagi pemiliknya. Namun, masih banyak pemilik sedan yang kurang sreg dengan tampilan standar, lalu ingin modifikasinya biar makin keren. Berikut ragam pilihan modifikasi yang cocok untuk mobil sedan.

Namun sebelum itu, ada baiknya kita memperkaya referensi mengenai sejarah dan produk sedan yang kita miliki terlebih dahulu. Contohnya seperti spesifikasi mobil, varian tipe di negara lain, bahkan penggunaan sedan itu sendiri dalam kegiatan balap.

Jika sudah memiliki banyak referensi, maka kita tinggal pilih aliran mana yang sekiranya cocok dengan personal kita. Tentunya, untuk melakukan modifikasi sedan, diperlukan tempat modifikasi yang mumpuni agar tampilannya tetap keren, namun juga aman dan nyaman ketika digunakan.


VIP

Sesuatu yang elegan memang menjadi bawaan lahir dari mobil berjenis sedan. Namun, banyak yang ingin memaksimalkannya dengan melakukan modifikasi di beberapa sektor eksterior, maupun interior agar lebih mewah lagi dengan gaya Very Important Person (VIP).

Ubahan di sisi eksterior misalnya, berpusat pada kelir berwarna polos namun memanjakan mata. Lalu, sektor kaki-kaki juga diubah agar tmpil lebih ceper, dengan penyematan velg berukuran besar. Untuk menonjolkan kemewahan, velg dibalut dengan aksen chrome.

Lanjut ke bagian interiornya, upholstery diracik ulang dengan material mewah seperti kulit, penyematan kursi mewah, dan sistem hiburan yang lebih mumpuni untuk memanjakan mata serta telinga. Bahkan, ada juga yang menyematkan aksesoris tambahan seperti kulkas untuk menaruh minuman.

Sporty Look

Sudah banyak mobil jenis sedan yang malang melintang dalam dunia balap, yang sampai saat ini menghiasi balapan rally, sirkuit, sampai balap jalanan. oleh karena itu, modifikasi bergaya sporty patut untuk dijadikan bahan pertimbangan.

Namun, untuk melakukan modifikasi bergaya sporty, ada baiknya melihat dahulu kiprah sedan yang kita gunakaan di negara lain. Jika memang tidak ada, bisa juga untuk mengadopsi gaya modifikasi yang kita inginkan supaya tampil beda.

Untuk modifikasi bergaya sporty, ubahannya fokus ke sektor mesin dan juga kaki-kaki yang diupgrade lebih mumpuni untuk dibawa ngebut. Bagian interiornya bisa saja dibiarkan standar, atau malah diganti dengan perangkat penunjang balap, seperti rollbar, jok balap, atau panel-panel indikator.

Restomod

Bagi yang memiliki mobil lawas, memang yang paling tepat untuk dimodifikasi adalah restomod. Aliran modifikasi gabungan dari restorasi dan modern ini secara harafiah mengganti komponen bawaan mobil dengan komponen yang lebih terkini.

Beberapa sektor yang menjadi target modifikasi restomod, seperti bagian sistem pengereman yangmulanya tromol menjadi cakram, mesin yang diupgrade, sampai sistem hiburan yang terbenam pada mobil.

Tak hanya itu, untuk mempermanis tampilan, kaki-kaki juga disetting ulang. Ada juga yang melaburnya dengan kelir baru agar lebih segar. Tapi untuk memodifikasi bergaya restomod, diperlukan beberapa kustomisasi agar komponen yang dipasang bisa berfungsi dengan sedan lawas.

JDM

Japan Domestic Market (JDM) menjadi salah satu aliran modifikasi yang sedang ngetrend saat ini. Lini produk besutan pabrikan Jepang yang dihadirkan ke negara kita, bisa jadi dihadirkan juga di negara asalnya dengan beberapa tampilan yang berbeda.

Modifikasi JDM mengacu dari komponen dan aksesoris yang terbenam pada sedan yang dikeluarkan di Jepang. Untuk memodifikasi dengan gaya ini, pemilik sedan bisa saja mengganti dengan komponen asli dari mobil yang keluar di Jepang, atau hanya tampilannya saja dengan penggunaan suku cadang aftermarket.

Biasanya, bagian mobil yang memiliki perbedaan keluaran Jepang dengan negara lain adalah velg, lampu-lampu, upholstery, bahkan mesin. Selain menggunakan komponen asli bawaan Jepang, biasanya pemilik akan memodifikasi bagian lain agar lebih keren, seperti membuat sedan lebih ceper.

Hellaflush

Gaya modifikasi Hellaflush mudah sekali untuk membedakannya dengan aliran lain, yaitu kaki-kaki mobil yang menonjol keluar. Memang, tujuan utama dari modifikasi ini adalah velg dan ban mobil dibuat sedekat mungkin dengan fender atau sasis.

Untuk menjadikan sedan bergaya hellaflush, memang diperlukan perhitungan offset, lebar, dan diameter velg yang harus tepat. Pasalnya, makin ceper mobil, sudah pasti komponen sekitarnya akan cepat aus, seperti ban atau spatbor mobil itu sendiri.

Meski dianggap agak ekstrim, namun mobil sedan yang dimodifikasi hellaflush bisa kok dipakai untuk harian, tentunya dengan memodifikasi komponen lain, seperti suspensi air lifting yang bisa diatur ketinggiannya.

Kesimpulan

Memodifikasi mobil sedan memang sudah lumrah untuk dilakukan. Selain karena bentuknya yang asik untuk dimodif, sedan juga punya pilihan gaya modifikasi yang beragam. Tentunya, ragam modifikasi di atas dapat dipadu padankan satu sama lain, yang penting tampilan mobil sedan tetap proper.

Untuk itu, pemilik sedan jika ingin memodifikasi sedannya, harus membawanya ke bengkel modifikasi yang sudah gape dalam pekerjaannya. Karena, tujuan utama modifikasi selain untuk mmepermanis tampilan sedan, yang paling penting adalah kenyamanan dan keamanan penumpang di dalamnya. 

Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

    Rekomendasi

    Komentar

    Kirimkan

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      OTOLOKA Toolkit

      Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan