• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Ragam Rupa Modifikasi Sedan Agar Tampil Beda

Dilihat 717
Guntur Hanggara
10 Sep 2020, 12:06
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Sebagaimana diketahui, sekarang ini ada banyak kategori mobil yang bisa kita jumpai. Semua dibedakan berdasar karakter dan bentuk mobil itu sendiri. Salah satunya kita mengenal Sedan. Menurut pengertian umum, Sedan merupakan mobil double cabin yang terdiri dari tiga ruang (mesin, kabin penumpang, bagasi) dilengkapi empat atau dua pintu dan mempunyai ruang duduk dua baris.

Sedan sendiri berasal dari kata Italia yaitu sedes/sedere yang berarti kursi. Meski memang pada awal digunakan kata tersebut bukanlah merujuk pada transportasi mesin, melainkan hanya kursi tertutup yang diangkat menyerupai tandu. 

Istilah sedan yang merujuk kendaraan bermesin baru ada pada tahun 1911. Sedan pertama ini dirakit di Ohio, Amerika Serikat dan diberi nama Speedwell. Di Indonesia sendiri, sedan merupakan segmen yang kurang berkembang. Salah satu alasannya karena beban pajak yang tinggi untuk jenis kendaraan ini. Semua bermula dari masa Orde Baru dimana banyak pejabat pemerintah menggunakan jenis sedan mewah untuk kendaraan dinasnya. Sejak itulah Sedan identik dengan barang mewah dan dikenai pajak lebih tinggi ketimbang mobil jenis lain.

Nah, kali ini Otoloka akan sedikit membahas Sedan tapi dari sisi modifikasi. Kami akan menampilkan beberapa macam konfigurasi kendaraan ini setelah melewati dapur make-up mobil. Siapa tahu salah satunya bisa menjadi inspirasi Anda jika ingin melakukan modif.

Modifikasi Sedan Honda Civic Tua Bergaya Kekinian

Mengintip laman XO-Autosport.com kami menemukan Honda Civic EF generasi keempat yang sudah dioplas agar mengikuti perkembangan zaman. Kelir asli kendaraan ini direpaint seluruhnya dengan warna kuning lemon yang terlihat segar. Namun kesan klasik dari mobil ini masih terlihat dari bumper depan dan belakang yang tidak diutak atik sama sekali.

Facelift baru dilakukan pada lampu depan yang dicopot satu supaya bergaya mobil drag race. Bumper belakang juga dipasangi satu muffler berukuran besar dan ditempatkan di tengah bumper. 

Untuk kaki-kaki penopang Honda Civic ini, sedikit diubah merunduk untuk menciptakan kesan sporty. Velg asli ditukar dengan Volk TE37 ukuran 15 inci dan dipadukan ban Toyo R1R ukuran 205/50/15. Caliper berwarna biru muda yang terpasang di velg tentu sangat mencolok dan tak luput dari perhatian.

Modifikasi Sedan Toyota Vios Agar Makin Elegan dan Agresif

Inspirasi modifikasi selanjutnya datang dari Galang Ramadhan yang mendandani Toyota Vios 2013 miliknya dengan konsep elegan.

Langkah awal yang dilakukan Galang adalah mengecat ulang Sedannya dengan warna yang tidak biasa, chameleon. Tak ingin tampil polos, Galang mengubah lips spoiler depan belakang dan bagian side skirt. Ducktail custom di sektor belakang juga tak ketinggalan dipermak ditambah lagi penambahan sunroof model ragtop full plat agar kesan elegan makin terasa.

Bagian penopang diubah Galang dengan menukar kaki-kaki asli dengan velg Koenig Spesial 18 inchi. Tentu saja ukuran velg ini tidak akan masuk ruang fender, maka Galang mengaplikasikan gaya widebody dan permainan camber ban. Agar body makin merunduk, disematkan juga 4 channel Air Suspenssion dari Universal Air.

Melirik bagian interior, kita akan terpana dengan tampilan full audio yang mengesankan studio mewah menghiasi kabin. Agar kesan entertainment makin kuat, diimbuhkan juga 2 buah monitor TFT dan sebuah DJ Player Pioneer Serato pada bagasi belakang. 

Terakhir, Galang menambahkan Turbo td05 yang dikawinkan dengan intercooler Apex’i, open filter HKS, blow off HKS SQ4, serta Dastek Unichip Q+ untuk menggantikan sistem computerized standar Toyota. 

Modifikasi Sedan Nissan Teana Agar Tampil Elegan

Negeri Gajah Putih seolah tak pernah kehabisan ide dalam hal memodifikasi mobil. Salah satunya yang akan kita bahas yaitu Nissan Teana yang sudah berganti rupa. Sedan pabrikan Jepang ini dimake-up agar tampilannya tak terlalu konservatif dan memunculkan kesan baru yang lebih elegan. 

Agar bisa disetting makin ceper, Nissan Teana ini memakai 4 channel Air Suspenssion. Oleh karena itu bagian kaki depan dan belakang mobil diberi sentuhan camber untuk meningkatkan stabilitas kendaraan. Agar tampilan lebih mentereng, velg ditukar dengan merk SSR yang diduetkan ban Goodyear 215/35 R19. Velg berpolish lips warna silver ini terlihat kontras dengan proporsi gelap tengah di area jari-jari. 

Eksterior kendaraan ini memakai bodykit yang clean dan classy. Lip spoiler, tutup bagasi yang dipotong, dan gril tanpa emblem membuatnya jadi terlihat makin bersih. Hasil akhirnya, tampilan mobil ini pun cool dan berkelas.

Modifikasi Sedan Khusus Sultan, Mercy Berbalut Emas

Semua orang mengakui jika Mercedes Benz adalah Sedan premium di dunia. Mobil Eropa ini dibanderol dengan harga 700 juta-an untuk tipe terendah dan 7.5 milyar untuk varian tertinggi.

Seakan ingin makin menegaskan status Mercy sebagai mobil mewah, bengkel modifikasi asal Vietnam, Exclusive Auto Club (EAC), melakukan permak pada sebuah Mercedes-Benz tipe E 300 AMG dengan balutan emas dan taburan berlian. 

Diberitakan sebelumnya oleh News Zing, proyek ini melibatkan setidaknya 30 seniman dan pakar dari Jerman, Inggris, Polandia, Hungaria, Bangladesh, dan Estonia. Sedangkan lama pengerjaannya menghabiskan waktu sekitar setahun. 

Kesan mewah memang sudah terlihat sejak pandangan pertama. Balutan emas asli menempel di bagian grille, list cover foglamp, velg, spion, door handle, pilar-pilar kaca, side skirt, list bagasi belakang, list cover knalpot juga sebuah embos di dekat fender depan. Untuk mempertegas tampilan mewah, sebuah patung miniatur Mercury disematkan pada bagian bonet. Patung itu dihasilkan melalui proses CNC menggunakan emas asli 17,5 karat.

Melirik ruang kabin, kesan mewah makin terasa kuat. Interior Mercy ini banyak menggunakan finishing emas asli dan taburan berlian di area door handle, jam, pedal gas dan rem, hingga ventilator AC.

Mercedes-Benz E 300 yang sudah dimodifikasi tersebut diberi nama Ambassador EX300. Menurut sang pemilik, harga awal saat membeli mobil itu sekitar 1,8 miliar rupiah dan setelah dimodifikasi menjadi super mewah, harganya naik hingga 3,6 miliar. Kendaraan kelas sultan ini juga pernah dipamerkan pada Vietnam Motor Show 2019.

Modifikasi Sedan Mercedes Benz C-Class Bergaya Sporty

Inspirasi modifikasi terakhir datang dari Wald, bengkel modif professional asal Jepang. Kali ini Wald mengubah Mercedes-Benz C-Class generasi W205 menjadi lebih sporty. Gubahan studio modif ini lebih banyak dibagian eksterior dimana bagian grille diubah vertikal sehingga tampak seperti tampilan Mercedes Benz AMG C63. Bumper depan diganti dan dilengkapi spoiler serta diimbuhi lampu LED di sudutnya. Untuk pemanis, bagian sisi mobil disisipi side skirt baru.

Menenok bagian buritan, terdapat diffuser serta double muffler kanan dan kiri yang tak kalah menariknya. Sama halnya dengan sisi depan, bumper bagian belakang pun diberi tambahan lampu LED.

Tidak hanya bodykit, kaki-kaki Mercy ini juga ikut dipermak dengan mengubah tampilannya menjadi ceper berkat penggunaan velg K11-C berdiameter 20 inci. Bagaimana ide-ide modifikasi Sedan yang kami tampilkan? 

Semoga bisa menjadi inspirasi Anda yang ingin melakukan facelift pada kendaraan masing-masing. Semua kembali pada selera tapi tetap ingat kenyaman dan keselamatan berkendara ya!

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya