• Home>
  • Modifikasi>
  • Restorasi dan Modif Mobil Penjelajah Paling Legendaris, Gahar Sob!
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Restorasi dan Modif Mobil Penjelajah Paling Legendaris, Gahar Sob!

Dilihat 4210
Tri Gusti
28 Jan 2021, 18:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id Toyota Land Cruiser BJ40 merupakan salah satu mobil penjelajah paling legendaris di seluruh dunia. Di Indonesia juga begitu, banyak pecinta mobil ini sampai rela mengeluarkan uang ratusan juta rupiah untuk membangun ulang si 'Hardtop' supaya kembali seperti baru.

Begitulah yang terjadi pada Hardtop merah ini, "Kalau lihat waktu masih bahannya ini mobil, gak kebayang kalau bakal jadi seperti sekarang ini," gelak Suriya Aifan, pemilik TLC BJ40 itu. 

Saking 'bahannya' nyaris tak ada yang bisa diselamatkan dari bodi aslinya. Selanjutnya, pria yang akrab disapa Surya ini segera meminta adiknya, Wishnu Ariyanto, untuk melakukan bedah total terhadap jip kesayangannya tersebut.

"Proyek ini dimulai sekitar dua tahun lalu, dan sampai sekarang masih terus berlanjut," ujar Wishnu tergelak.

Baca juga: Toyota Voxy Bergenre JDM, Makin Canggih Tanpa Kalahkan Fungsionalitas

Mengaku sempat bingung harus mulai darimana, untunglah Wishnu kenal dengan Dicky dari Arland Garage di Jaka Mulya, Bekasi, dan Wayan dari WBar Custom di Rempoa, Ciputat, untuk memberikan bimbingan yang tepat untuk membangun BJ40 ini.

"Gue pengin jadinya seperti hasil kerjaan FJ Company di Amerika, jadi gak harus full orisinal tampilannya tapi ada modifikasinya juga," bilang Wishnu yang diamini oleh Surya.

Untuk tampilan orisinal dihandle oleh Dicky, sementara modifikasinya dilakukan oleh Wayan. Kombinasi yang sempurna!

Modifikasi Toyota BJ40, Total Banget!

Untuk bodi asli bawaan pabrik, enggak ada yang bisa diselamatin sebenarnya. "Jadi kebanyakan kita beli bekas yang masih bagus digabung dengan prakarya dari Dicky deh," seru Wishnu.

Bodypart yang diganti antara lain 'bak mandi', semua pintu, fender, dan lainnya. Setelah bebas dari karat, barulah cst granada red disiramkan ke sekujur bodi BJ40 ini luar dalam. 

"Ngecat BJ gini harus mengilap luar dalam. Jadi lumayan banyak ngabisin cat dan vernis juga demi hasil yang maksimal," Wishnu menambahkan.

Sementara atap dan grill depan dicat ulang warna putih, dan bumper depan dicat silver seperti bawaannya.

Untuk modifikasi tahap awal, kaca pintu depan yang aslinya ada kaca segitiga yang terpisah diganti dengan kaca model one piece. Kaca model ini sejatinya adalah untuk TLC versi Australia, "Sekalian ganti spionnya yang ori Murakami versi Australia juga," kata Wishnu.

Supaya tampilannya jadi lebih modern maka headlamp aslinya diganti dengan headlamp lansiran JW Speaker. Sementara sein spakbor dan lampu belakang semua diganti baru dan orisinal bawaan BJ40.

Baca juga: Pakai Bodykit DAMD, Tampilan Suzuki Jimny Makin Sporty dan Elegan

Nah, untuk mesin diesel aslinya yang berkode 3B dianggap sudah tidak memenuhi kebutuhan kaki Surya. Maka opsi engine swap pun jadi jawaban paling ampuh.

"Mesin 1HDT jadi pilihan saya, karena perawatannya termasuk mudah dan partnya banyak," bilang Surya.

Mesin diesel legendaris ini pun dibongkar total agar tidak ada masalah di kemudian hari. Bahkan 1 unit turbocharger baru pun sudah disiapkan untuk menggantikan turbocharger bawaannya. Ngegasnya pun makin enak setelah transmisi diganti dengan transmisi 5 speed dari BJ60.

Untuk gardan, Wishnu sempat bingung karena untuk menghandle tenaga mesin yang besar dibutuhkan gardan yang kuat pula. "Saya pengin ganti gardan yang sudah ada LSD, floating, dan sumbu pendek," jelas Wishnu.

Pencarian pun berakhir di gardan milik BJ60 versi military yang speknya sesuai kemauan Wishnu.

Sekarang giliran tangan dingin Wayan yang bekerja. "Pas banget habis pesan pelek langka ini, dicobain ternyata keren," gelak Wayan. Apa peleknya? Fondmetal Evo Corse Dakkar ukuran 17 inci yang ternyata pas banget dipasang ke Hardtop ini.

Pelek rally ini kemudian dibalut ban BF Goodrich ukuran 285/70R17 yang bikin BJ40 Surya makin gagah dan keren. Untuk suspensinya, seluruh per diganti dengan produk Old Man Emu dan sokbrekernya pakai lansiran Kings. Hasilnya, mobil lebih stabil tapi ayunannya masih terasa mantap.

Ngintip interiornya, jok depan model 2-1 sudah digusur dan diganti dengan jok Recaro LS yang sudah diretrim bahan kulit hitam agar lebih enak didudukinya.

Sementara doortrim dan dasbor orisinalnya diganti baru sampai ke plafonnya. Di belakang, jok BJ44 pun sudah terpasang.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya