• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Serba Serbi Modifikasi Toyota Avanza Untuk Pemula

Dilihat 612
Guntur Hanggara
9 Sep 2020, 20:36
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Predikat mobil sejuta umat sepertinya layak disandang Toyota Avanza. Alasannya sangat sederhana, mudahnya menemukan kendaraan pabrikan Daihatsu ini di jalanan adalah salah satunya. Selain itu, penjualan Avanza memang masih terbaik untuk saat ini. Angka penjualan yang ditorehkan Avanza bahkan belum berhasil dilampaui saudara kembarnya yakni Daihatsu Xenia.

Sekilas Tentang Toyota Avanza

Sejak pertama kali mengaspal di tanah air pada 2003 hingga medio 2020, gelar mobil terlaris berkali-kali diraih MPV 7-seater ini. Tidak heran, selama lebih dari 15 tahun sejak dirilis, tak kurang dua juta unit Avanza sudah terjual di pasar otomotif Indonesia.

Larisnya penjualan unit baru maupun after salesnya, tentu berbanding lurus dengan mudahnya menemukan suku cadang Toyota Avanza. Tidak hanya sparepart asli, dari sisi modifikasi pun akan sangat mudah mencari onderdil tambahan untuk mobil hasil kolaborasi Toyota dan Daihatsu ini.

Mungkin karena statusnya sebagai mobil sejuta umat, Avanza pun sering dijadikan sasaran modifikasi. Selain karena bentuknya yang fleksibel untuk disematkan berbagai macam gaya, sejak pertama kali dirilis hingga saat ini Avanza belum banyak mengalami facelift dari pabrikannya. 

Itulah mengapa banyak pemilik kendaraan ini yang ingin bereksperimen mengubah desain Avanza yang terbilang sederhana.

Akan tetapi bagi sahabat Otoloka yang juga ingin memodifikasi Avanza miliknya, ada baiknya memperhatikan tips dan trik dari berbagai sumber. Hal ini dikarenakan tidak semua orang memiliki selera yang bagus dalam hal modif. Belum lagi pengetahuan tentang kegunaan onderdil atau fitur tambahan tentu sangat dibutuhkan. Jangan sampai hasil modifikasi tidak sesuai dengan yang diinginkan hanya karena kesalahan penambahan onderdil tambahan yang tumpang tindih.

Konsep Modifikasi Toyota Avanza

Pertama, pikirkan konsep dengan matang. Bisa dibilang pemilihan konsep merupakan hal paling mendasar sebelum kita memulai modifikasi. Karena tanpa konsep matang dan jelas, hasil modifikasi yang dilakukan bisa jadi tidak menarik atau bahkan sangat buruk. Pemilik kendaraan harus tahu terlebih dahulu bagian mana yang akan dimodifikasi. 

Apakah akan mengubah eksterior, interior, mesin, atau menambah fitur agar memperkuat fungsi fitur lain yang sudah ada. Semua harus jelas agar tidak terjadi kesalahan pemilihan onderdil.

Contohnya saja jika ingin mengubah Avanza menjadi bernuansa sporty tapi tidak berkonsep maka hasil yang didapat juga tidak memuaskan karena pemilik bahkan tidak tahu seperti apa konsep sporty tersebut. Bisa jadi maksudnya sporty tapi malah mengganti aksesoris dengan nuansa glamor.

Kedua, hitung dan perkirakan budget yang dihabiskan untuk memodifikasi Avanza Anda. Sebenarnya tidak ada patokan pasti berapa budget yang dihabiskan untuk memodifikasi kendaraan. Hal itu dikarenakan setiap modifikasi tergantung dengan selera dan kepuasan pemilik. Apalagi modifikasi sifatnya tak terbatas, setiap selesai mengubah sesuatu, pemilik cenderung ingin mengubah sisi yang lain.

Akan tetapi jika membicarakan sisi biaya modifikasi memang susah dicari tolak ukurnya karena itu semua juga tergantung dengan konsep, komponen dan onderdil yang dipilih. Contohnya saja saat akan mengganti pelek, harga yang ditawarkan untuk satu set pelek tentu berbeda-beda. Tergantung jenis dan modelnya. Harganya pun akan berbeda jika yang dipilih bukan barang original alias replika.

Tapi sobat Otoloka jangan sampai menjadikan budget yang minim menjadi kendala. Karena memodifikasi kendaraan tidak selalu harus langsung jadi, Anda bisa mencicilnya sedikit demi sedikit agar biaya yang dikeluarkan tidak langsung terasa besar.

Banyak juga yang bertanya, biasanya apa sih yang dilakukan pertama kali untuk memodifikasi Avanza? Apalagi jika hanya mempunyai biaya terbatas tapi ingin segera memberi wajah baru pada kendaraannya. Jangan khawatir, di sini kami akan sedikit memberi gambaran tentang apa dan bagaimana melakukan langkah awal untuk memodifikasi unit Avanza Anda.

Memilih Aksesori Modifikasi Toyota Avanza yang Sesuai

Jika sudah menemukan konsep yang diinginkan dan memiliki budget cukup, maka langkah selanjutnya adalah memilih aksesori yang sesuai dengan konsep tersebut. Ada banyak sekali aksesori dan onderdil tambahan yang bisa dipasangkan pada unit Avanza Anda. Ingat, jangan terpaku pada harga karena banyak orang berpendapat, harga mahal sudah pasti bagus dan sesuai. 

Hal ini tidak selamanya benar walau belum tentu juga salah. Lebih tepatnya, pilihlah aksesori yang memang sesuai dengan konsep yang dipilih dan jangan hanya terpaku pada harga mahal. Bisa jadi aksesori dengan harga terjangkau lebih sesuai dengan konsep modifikasi yang Anda inginkan. Itulah mengapa pematangan konsep sangat penting dalam hal ini.

Modifikasi Toyota Avanza dengan Ubah Ground Clearance

Modifikasi awal yang paling sering dilakukan pemilik Avanza adalah memperpendek ground clearance alias menjadikannya ceper. Cara paling mudah dan cepat adalah dengan memotong beberapa ulir per untuk mendapat ketinggian yang diinginkan. Kekurangan metode ini adalah tingkat kenyamanan berkendara akan berkurang. 

Cara kedua dan relatif lebih aman adalah dengan menggunakan lowering kit. Kekurangan metode ini ada di sisi biaya karena harga lowering kit jelas lebih mahal daripada memotong per.

Mengganti Kaki-kaki Toyota Avanza

Sejak pertama kali diproduksi hingga saat ini velg yang digunakan Avanza tetap sama, yaitu velg alloy berukuran 14 inchi yang dikawinkan dengan ban berukuran 185/70 R14 (pada Avanza 1,5 G MT ukurannya 185/65 R 15). Untuk memberi penampilan berbeda, biasanya orang akan mengganti kaki-kaki yang menunjang Avanza dengan velg berukuran lebih besar agar memberi kesan gagah dan kokoh.

Modifikasi Toyota Avanza dengan Ubah Interior

Saat eksterior sudah diubah, aksesoris sudah dipilih, ground clearance sudah diperpendek, biasanya para pemilik Avanza akan merambah interior sebagai sasaran modifikasi selanjutnya. 

Berbeda dengan mengubah tampilan luar mobil, saat mengubah interior kita memerlukan kreatifitas yang dipadukan pengetahuan. Karena interior dan fitur yang diubah jelas akan sangat berpengaruh pada kenyamanan saat berkendara. Jangan sampai ingin terlihat gaya tapi mengabaikan fungsi dari fitur yang ada.

Modifikasi Toyota Avanza dengan Ganti Knalpot

Knalpot juga merupakan onderdil yang tak kalah sering diubah penampilannya. Biasanya knalpot racing menjadi pilihan untuk modifikasi. Selain agar suaranya lebih berisik hingga menimbulkan kesan racing dan sporty, ada kepuasan tersendiri saat menginjak pedal gas dalam-dalam. 

Selain itu, mengganti knalpot juga dapat mendongkrak performa mesin dimana tenaga yang keluar akan lebih besar karena saluran pembuangan udara tidak mengalami sumbatan. Hal inilah yang dinilai menjadi kelemahan knalpot standard

Modifikasi jadi Mobil Premium

Biasanya ini dilakukan untuk mengubah tampilan Avanza dari varian terendah menjadi varian tertinggi. Tidak jarang hal ini juga dilakukan untuk mengubah tampilan Avanza menjadi mobil lain dengan kelas premium semacam Vellfire atau sejenisnya. 

Intinya dalam hal merombak mobil tidak ada pakem khusus yang diterapkan. Karena itu semua tergantung selera pemilik kendaraan. Akan tetapi bagi para newbie dalam urusan facelift mobil, ada baiknya menentukan bagian mana yang jadi prioritas untuk diubah agar sesuai dengan budget yang ada. 

Hal yang paling penting dan utama, jangan dikesampingkan aspek kenyamanan dan keselamatan. Jangan sampai niat memodifikasi tapi malah membuat mobil tidak aman untuk dikendarai.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya