• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Tengok Macam-macam Konsep Modifikasi Baleno Sedan

Dilihat 4456
Arief Yuno
8 Jan 2021, 09:50
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

asli modifikasi baleno

Otoloka.id - Jauh sebelum hadir dalam wujud hatchback seperti sekarang, Suzuki Baleno tak lain adalah sedan sub kompak yang menjadi idola banyak anak muda. Maka itu, tak aneh kalau mobil ini juga sering kena sentuhan modifikasi.

Ada banyak hasil garapan modifikasi Baleno sedan yang bisa kita lihat sekarangi. Tapi sebelum menyimaknya lebih langkap, kita tengok dulu kilasan perjalanan mobil ini di Indonesia.

Sejarah Suzuki Baleno Sedan

bahan modifikasi baleno

Nama Suzuki Baleno sendiri pertama kali dikenal konsumen Tanah Air pada tahun 1995. Saat itu mobil ini hadir sebagai penerus Suzuki Esteem. Wujud generasi pertama Baleno bisa dibilang mirip mobil-mobil sekelasnya, seperti Honda Civic Ferio atau Toyota Great Corolla.

Mesinnya menggunakan dapur pacu 4-silinder dengan kapasitas 1.600 cc. Perseneling manual 5-kecepatan menjadi satu-satunya pilihan transmisi yang tersedia. Transmisi matic baru tersedia pada versi facelift yang meluncur tahun 1999.

Hadir menjelang tahun 2000, versi ini diberi nama Baleno Millenium. Desain eksteriornya sedikit berubah dengan mengadopsi banyak bentuk oval. Mesin yang dipakai juga berubah dengan kapasitas lebih kecil, yaitu 1.500 cc. Hanya saja untuk tenaga dan torsinya naik. Konsumsi bahan bakar juga diklaim lebih irit.

Kemudian, generasi kedua mobil ini atau yang disebut Baleno Next-G hadir pada 2003. Menggunakan platform Suzuki Aerio, tampilannya sedikit janggal untuk sebuah sedan karena body-nya terlihat jangkung. Pada generasi ini Baleno menggendong mesin 1.500 cc M15A identik dengan yang menempel pada Suzuki SX4 S-Cross.

Di tahun 20017 Suzuki Baleno kembali hadir dalam wujud baru. Kali ini menggunakan platform mobil crossover Suzuki SX4. Sayangnya, hasil akhir dari produk tersebut bukanlah selera semua orang. Lagi-lagi karena eksterior mobil ini terlihat janggal.

Padahal bisa dibilang Suzuki SX4 itu sendiri sudah cukup sukses sebagai pionir mobil crossover di Indonesia. Tapi, bentuknya sudah pas jadi nampak aneh ketika ditambah bagasi sedan. Akhirnya produk yang diberi nama Baleno Neo ini hanya bertahan dua tahun.

Baleno sempat stop produksi dalam waktu yang cukup lama. Tapi akhirnya kembali muncul dalam wujud hatchback. Publik dunia pertama kali melihatnya dalam ajang Frankfurt Motor Show 2015. Produk global itu pun turut dijual sampai sekarang di Indonesia berbekal mesin K14B serupa milik MPV Suzuki Ertiga.

Modifikasi Suzuki Baleno Sedan

Kali ini kita khusus melihat modifikasi Baleno sedan yang kebetulan semuanya datang dari tipe Millenium. Mengapa? Karena sosoknya cukup ikonis sebagai mobil dari era 2000-an. Dengan sentuhan modifikasi yang apik, tampilan mobil ini juga masih enak dilihat.

1. Pakai Body Kit Ala Rocket Bunny

modifikasi baleno rocket bunny

Suzuki Baleno secara garis besar punya tampilan yang terkesan elegan. Tapi banyak juga pemilik yang memilih aliran street racing dalam memodifikasinya yang otomatis membuat tampilan kendaraan berubah jadi sporty. Baleno Millenium berwarna hitam ini menjadi salah satu contohnya.

Mengadopsi wide body kit ala Rocket Bunny, tampilan mobil seolah-olah kena steroid alias jadi makin berotot. Body kit bagian depan terlihat sangat agresif dan aerodinamis. Kemudian di bagian samping kesan sangar tercermin dari adanya fender flare dan ban yang dipasang agak menjorok keluar.

2. Pinjam Wajah BMW Seri M

modifikasi baleno bmw

Mobil ini menjadi contoh lain modifikasi Baleno dengan tema sporty. Penggunaan body kit masih menjadi andalan untuk mengubah tampilan mobil. Kalau dilihat sekilas body kit yang digunakannya mengingatkan kita pada mobil-mobil BMW Seri M. Cukup keren!

Selain itu, penggunaan velg palang yang identik dengan Volk Racing TE37 juga sangat mendukung tampilan kendaraan. Terlihat jarak body mobil ke permukaan aspal masih cukup ideal. Membuat mobil ini semestinya juga masih nyaman untuk digunakan sebagai kendaraan harian.

3. Modifikasi Baleno Tampil Elegan

modifikasi baleno elegan

Selain didandani dengan gaya sporty, tentunya kamu juga bisa memilih tema elegan dalam modifikasi Suzuki Baleno. Kuncinya ada pada pemilihan aksesoris yang menempel untuk eksterior. Contohnya bisa dilihat pada Baleno Millenium dengan kelir kuning cerah ini.

Bumper depannya nampak masih sama dengan model standar. Tapi mendapat tambahan diffuser yang otomatis membuat body mobil lebih dekat ke permukaan aspal. Biar selaras, bagian samping kendaraan ikut dihiasi side skirt. Kesan elegan atau mewah itu pun dipertegas lewat pemasangan sunroof.

4. Modifikasi Ekstrem Suzuki Baleno

modifikasi baleno ekstrem

Sebagian orang ingin tampil jauh berbeda dibanding yang lainnya. Karakter tersebut bisa dilihat dari modifikasi Baleno yang satu ini. Modifikasi di beberapa bagiannya bisa dibilang cukup ekstrem. Misal, perubahan engsel pintu depan menjadi model gunting. Kemudian untuk kap mesin nampak sudah menggunakan hidrolik untuk membukanya.

Dari depan terlihat mobil masih menggunakan bumper standar, namun mendapat tambahan body kit yang membuat tampilannya jadi lebih berisi. Modifikasi yang ada cukup menarik perhatian terlebih dengan body yang dibalut warna emas terang.

5. Modifikasi Baleno Racing JDM

modifikasi baleno JDM

Gaya modifikasi JDM juga menjadi favorit buat sebagian pemilik kendaraan roda empat. Perubahannya mengacu pada mobil-mobil balap jalanan yang ada di Jepang. Pada Suzuki Baleno ini hal tersebut ditampilkan lewat grafis bergaya balap dengan nama-nama brand aftermarket asal Negeri Sakura.

Dari bentuk body kit bagian depan, sepertinya pemilik mobil mendapat inspirasi dari Nissan GTR R34. Untuk modifikasi menempel wajah mobil lain, apalagi dengan porsi cukup besar perlu dilakukan sangat hati-hati. Karena jika tidak pas, tampilan mobil malah jadi kurang sedap dipandang. 

Nah, dari semua referensi modifikasi Baleno yang sudah kita lihat, mana yang jadi favoritmu?

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
    Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya