• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Tiga Modifikasi Honda Genio Ala Pabrikan

Dilihat 1418
Guntur Hanggara
24 Sep 2020, 16:15
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 1

Otoloka.id - Pada bulan Juni 2019, PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan Honda Genio, skuter matik (skutik) casual dan fashionable. Desainnya yang casual tapi bergaya ini memang cocok jika ditujukan untuk pangsa generasi muda. Selain itu Honda Genio juga di klaim irit dalam penggunaan bahan bakarnya. 

Selain desain yang casual dan bodinya yang compact, Honda Genio juga juga dibekali mesin generasi terbaru eSP 110cc yang hemat bahan bakar, didukung penggunaan rangka baru eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Konstruksi baru ini, belum diterapkan pada skutik Honda lain, dan berpengaruh pada pemangkasan bobot. Oleh karena itu, tipe CBS hanya memiliki bobot 89 kg sedangkan CBS-ISS sebesar 90 kg. Semua itu membuat Honda Genio diklaim lebih mudah dikendalikan kala bermanuver di jalur sempit. Membuat motor Honda Genio lebih ringan, lincah, dan nyaman dikendarai.

Walau berbekal basis mesin 110cc eSP yang mirip dengan Honda Beat, diameter silinder dan langkah berbeda Honda Genio maupun Honda Beat berbeda. Dalam catatan angka Honda Genio, (bore x stroke) berukuran 47x63,1mm. Ini menghasilkan output yang lebih impresif, dan gapaian tenaga 8,8HP/ 7.500rpm dengan torsi 9,3Nm/ 5.500rpm. konsumsi bahan bakar pabrikan pun diklaim menoreh jarak 59,1km setiap satu liter bensinnya. Karena itu Honda Genio dinilai sangat cocok untuk operasional harian di area padat.

Selain meluncurkan Honda Genio, Astra Honda Motor ( AHM) juga menghadirkan sepeda motor versi modifikasi Honda Genio. Modifikasi Honda Genio yang ditampilkan PT Astra Honda Motor (AHM) mengusung konsep yang unik dan juga sangat menarik. Bagi Astra Honda Motor, dengan kemunculan motor modifikasi diharapkan bisa jadi nilai tambah terhadap produk yang baru diluncurkan. 

Selain itu diharapkan juga bisa menjadi rujukan konsumen jika ingin memodifikasi motornya. Saat peluncuran Honda Genio terdapat tiga motor modifikasi yang bisa jadi rujukan para modifikator. Ketiganya hadir dengan tiga tema berbeda, mulai dari Cafe Racer, Urban, hingga Street Sk8 untuk anak muda atraktif.

Modifikasi Honda Genio Cafe Racer

Keunikan gayanya membuat tema cafe racer masih cukup menarik perhatian. Kembali bangkit sejak beberapa tahun silam di Indonesia, cafe racer kembali populer berkat kustom dan sub kultur Rockers yang "hype" sejalan merebaknya Modifikasi di Tanah Air. Bekerja sama dengan R - Autoworks, Astra Honda Motor memodifikasi Honda Genio dengan tema ini. Tidak ingin skutik yang baru meluncur itu jadi terkesan dipaksakan dan malah jadi aneh, maka R -Autoworks tidak mengikuti semua pakem cafe racer dan hanya mengambil patokannya saja.

Modifikasi Honda Genio dengan tema Cafe Racer ini dirasa tidak terlalu sulit bagi R – Autoworks. Bengkel modifikasi ini tidak mengubah bentuk bodi sama sekali, tapi hanya memasangkan bodi modifikasi yang baru. Itu semua karena bodi modifikasi Cafe Racer ini memiliki sistem Plug and Play (PnP). Walaupun dari depan Honda Genio modifikasi versi Cafe Racer ini terlihat sederhana, tetapi semakin bergerak ke belakang, kesan modifikasinya semakin terasa kuat. 

Kesan itu terasa semakin kuat ketika bengkel modifikasi R – Autoworks mengganti drop head, cover seat dan hornet khas cafe racer yang terbuat dari fiber komposit. Jok dual Seater bawaan asli dari Honda Genio diganti menjadi jok single seater. Ditambah lagi dengan ujung hornet alias buntut tawon yang menjadi ciri motor balap jaman dahulu yang dibuat dari fiber komposit. 

Selain itu, modifikasi Honda Genio Cafe Racer ini juga diberikan desain striping baru untuk menegaskan kesan sporty, tapi tetap simpel. Hal ini akhirnya membuat spakbor asli milik Honda Genio harus dilepas agar selaras dengan konsep Cafe Racer. Kemudian detail seperti pemakaian grip CNC dan juga spion model bar end juga ikut menghiasi modifikasi Honda Genio versi Cafe Racer ini. 

Selain itu, velg asli Honda Genio yang sebelumnya berukuran ring 14, harus diganti velg baru dengan ukuran ring 12 dan dibalut dengan ban yang lebih besar daripada bawaan asli Honda Genio. Selain lebih besar, ban yang baru ini juga lebih lebar, dengan ukuran ban depan 100/90-12 dan ukuran ban belakang 110/90-12 milik FDR City Go. 

Velg ini merupakan velg bawaan Scoopy, tapi sudah memiliki sistem Plug and play, tapi juga tetap mengganti segitiga depan scoopy karena velgnya yang juga lebar. Sedangkan untuk knalpotnya, silinder milik Leo Vince Black disematkan pada modifikasi Honda Genio Cafe Racer ini. Bahkan disc brakenya pun diganti dengan model Wavy (bergelombang).

Semua part custom modifikasi Honda Genio Cafe Racer tersebut sudah di jual untuk umum. Dimana Hornet seharga 3 juta, cover seat Rp 1,5 juta dan drop head Rp 500 ribu.

Modifikasi Honda Genio Urban/Fun Stylish

Untuk modifikasi tema urban atau fun stylish, Honda Genio ditonjolkan dengan skema grafis yang mencolok. Warna-warna yang ceria, terutama grafis yang kekinian menjadi perhatian utamanya. Walau terlihat sederhana, konsep ini tetap terlihat unik dan juga menarik. Tidak banyak modifikasi dari Honda Genio versi Urban ini, hanya pergantian beberapa komponen aftermarket seperti spion, tuas gas, piringan cakram hingga knalpot.

Tema modifikasi Honda Genio ini merupakan kolaborasi antara Astra Honda Motor, R – Autoworks dengan visual artis Never to Lavish yang selama ini dikenal sebagai pelaku kustom untuk sneakers. Dengan ide kreatif dari Never to Lavish, Honda Genio dengan warna dasar putih itu menjadi meriah lewat grafis abstrak yang modern. 

Tema urban juga semakin kental dengan jok berbahan denim yang memang lekat dengan dunia anak muda. Detail pemanis ditambahkan pada modifikasi Genio Urban dengan memakai ban gendut FDR Sport XR Evo ukuran 100/80-14 di ban depan dan ukuran 110/80-14 untuk ban belakang. Selain itu, knalpot dari Honda Genio diganti dengan knalpot ProSpeed Carbon serta shock depan, spion dan handle grip dari CNC. Bukan itu saja, Never Too Lavish juga secara khusus membuat apparel pendukung seperti sneakers, jaket denim dan helm. 

Modifikasi Honda Genio Street Sk8

Modifikasi Honda Genio versi Street Sk8 ini merupakan kolaborasi R-Autoworks dengan FreeFlow Kustom Paint. Ciri khas yang ditonjolkan pada modifikasi Honda Genio versi ini adalah bagian setang dan juga aksesori guard. mencoba mendekatkan diri dengan sub kultur anak muda yang gemar bermain papan seluncur modifikasi Honda Genio dengan tema Street Sk8 ini hadir.

Modifikasi yang dilakukan juga menyesuaikan dan mendukung skateboarder yang lebih atraktif. Modifikasinya masih di seputar eksterior dengan menggunakan teknik pinstripe yang colorful dan atraktif dengan motif tribal dan api (flame) yang codong ke aura hot rod untuk memperkaya desain bodi Honda Genio. 

Untuk mendukung sisi fungsionalitasnya yang dititik beratkan pada anak muda yang bermain papan seluncur, terlihat dari adanya side carrier yang berfungsi untuk membawa skateboard. menegaskan kesan simpel ala skateboarder, R-Autoworks juga memakai stang telanjang yang cukup lebar (fat bar) serta speedometer BeAT Street untuk menyesuaikan model setang ala fat bar dai modifikasi ini. 

Selebihnya item dengan pengerjaan CNC juga teraplikasi pada area spion, handle grip dan fork. Kaki-kaki dari modifikasi Honda Genio versi Street SK8 menggunakan ban Corsa Cross S semi off-road ukuran 100/80-14 di ban depan dan 110/80-14 di ban belakang dengan tapak kasar. Knalpot bawaan asli juga diganti knalpot keluaran Leo Vince Black. Selain itu, untuk detail lain digunakan part dari Honda Genuine Accecories Parts khusus untuk Honda Genio seperti pelek jari-jari, suspensi tabung, spion, jok custom, pijakan kaki, setang dan speedometer milik BeAt Street.

  • Suka 1
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya