• Home>
  • Modifikasi>
  • Tipe-tipe Modifikasi Yamaha Byson, Makin Gahar di Jalanan
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Tipe-tipe Modifikasi Yamaha Byson, Makin Gahar di Jalanan

Dilihat 953
Adit
5 Okt 2020, 15:43
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Yamaha Byson

Otoloka.id - Tahun 2010 menjadi penanda munculnya Yamaha Byson Indonesia. Walaupun masih diimpor dari Thailand kemunculan pertama Byson sudah cukup bisa menarik hati. Tak kalah dari pendahulunya Vixion dan Scorpio, Byson juga diminati karena desainnya yang terlihat gagah dan sangat layak modifikasi.

Byson sendiri bukan produk yang baru untuk Yamaha, karena sudah mulai dipasarkan di India sejak tahun 2008. Tampilannya yang besar juga dilengkapi dengan bekalan mesin 150cc. 

Tak hanya dibekali mesin yang besar, tangki penyimpanan bahan bakar Byson pun cukup besar yaitu 12 liter. Maka dari itu Byson sangat cocok sekali digunakan sebagai motor touring karena tak perlu susah payah mengisi bensin dalam waktu yang singkat. 

Karena permintaan pasar yang cukup besar, pada tahun 2011 Byson memulai produksi di Tanah Air.  Perbedaan generasi kedua Byson hanya terletak pada grafis body saja dan pilihan warna yang lebih banyak. 

Sebelumnya Byson hanya menyediakan warna merah, biru, putih dan abu-abu sekarang pilihan warnanya bertambah Solid Black, Mighty Blue, Brave Red, Modern White Dan Luxury Gold.

Baca Juga: 5 Konsep Modifikasi MX King yang Paling Digandrungi Anak Muda

Pada generasi ketiga, keempat, dan kelima pada 2013, 2014, dan 2015 Byson juga tidak banyak mengalami perubahan dan hanya menambahkan varian warna dan desain grafis body yang berbeda.

Barulah pada generasi keenam di tahun 2015 Byson mulai mengubah sistem pembakaran yang tadinya berbasis karburator menjadi Fuel Injection (FI) yang telah lulus uji emisi Euro3. Basis digital pada speedometer sudah dipasangkan lengkap dengan trip meter dan eco indicator. 

Macam-macam Modifikasi Byson 

Tak puas dengan desain pabrikan standar, para modifikator berlomba-lomba memberikan sentuhan estetis pada Byson milik mereka. Banyak sekali referensi modifikasi yang bisa diaplikasikan pada Yamaha Byson. Berikut adalah beberapa contoh modifikasi yang bisa anda lakukan. 

Modifikasi Touring Yamaha Byson

Modifikasi Yamaha Byson

Gaya modifikasi pertama yang bisa diaplikasikan adalah touring style. Pada gaya modifikasi ini perubahan tidak akan terlalu banyak dan juga bisa dilakukan tanpa memakan banyak biaya. Pengaplikasian ban dengan cengkraman yang kuat cukup untuk membantu menebalkan pada modifikasi Yamaha Byson touring ini.

Gaya ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada Byson karena memang Byson sendiri sudah dilengkapi dengan tenaga dan tangki bensin yang besar untuk diajak touring. Selain itu pemasangan windshield dan dua side box dan satu box utama juga akan melengkapi konsep ini.

Baca Juga: Modifikasi Yamaha Mio GT, Konsep Sederhana Cocok Buat Daily

Pemasangan lampu tambahan untuk mengarungi jalan pad malam hari atau saat penerangan jalan yang kurang juga tak kalah penting. Untuk lebih melengkapi konsep yang satu ini penambahan aksesoris yang fungsional seperti GPS juga bisa dilakukan. Beberapa penambahan aksesoris dan sedikit perubahan tadi lebih dari cukup untuk gaya touring pada Byson. 

Modifikasi Japstyle Yamaha Byson

Modifikasi Japstyle Yamaha Byson

Berbeda dengan sebelumnya, gaya yang satu ini lumayan menghabiskan banyak biaya dalam modifikasinya. Gaya Japstyle yang sedang populer sekarang ini  banyak menghabiskan biaya pada perubahan pelek jari-jari bergaya retro beserta bannya lalu pada bagian lampu, stang dan knalpot. 

Bagian yang tidak banyak berubah adalah bagian rangka motor, karena rangka Byson sendiri memang sudah cukup kokoh dan digadang-gadang paling pas untuk diaplikasikan pada gaya Japstyle.

Modifikasi Street Fighter Yamaha Byson

Modifikasi Street Fighter Yamaha Byson

Selain dari 2 desain di atas, masih banyak gaya modifikasi lainnya yang bisa diaplikasikan pada Byson contohnya, Street Fighter yang mengubah tampilan Byson menjadi terlihat seperti Ducati. 

Gaya street fighter bisa akan semakin terlihat tangguh di jalan. Selain itu ada penambahan full fairing mengubah tampilan Byson menjadi seperti motor balap. Namun pemilihan material full fairing harus benar-benar diperhatikan karena bagian ini adalah bagian yang paling banyak memakan biaya.

Spesifikasi Yamaha Byson

Berikut ini adalah spesifikasi Yamaha Byson yang bisa dijadikan modal sebelum anda memutuskan untuk melakukan modifikasi.

Dimensi

  • P x L x T (mm) : 2.075x780x1.045

  • Jarak Sumbu Roda : 1.334 mm

  • Berat : 137 kg

  • Kapasitas tangki Bensin : 12 Liter

Mesin

  • Tipe Mesin : 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara

  • Volume Silinder : 153cc

  • Perbandingan Kompresi : 9,5:1

  • Daya Maksimum : 13,6 dk/ 7.500 rpm

  • Torsi Maksimum : 13,6 Nm/ 6.000 rpm

  • Tipe Transmisi : Return, 5 Kecepatan (1-N-2-3-4-5)

Rangka

  • Tipe Rangka : Diamond

  • Suspensi Depan : Teleskopik

  • Suspensi Belakang : Lengan Ayun

  • Ban Depan : 100/80-17MC 52P

  • Ban Belakang : 120/70-17MC 58P

  • Rem Depan : Cakram

  • Rem Belakang : Tromol

Spesifikasi Yamaha Byson FI

Dimensi

  • P x L x T : 1.990mm x 780mm x 1.045mm

  • Jarak sumbu roda : 1.340mm

  • Jarak terendah ke tanah : 170mm

  • Tinggi tempat duduk : 790mm

  • Berat isi : 133kg

  • Kapasitas tangki bensin : 12L

Mesin

  • Tipe mesin : 4 langkah berpendingin udara, SOHC

  • Jumlah/posisi silinder : silinder tunggal/tegak

  • Volume Silinder : 149,3 cc

  • Diameter x Langkah : 57,3mm  x  57,9mm

  • Perbandingan kompresi : 9,5 : 1

  • Daya maksimum : 13,06 dk /8.000 rpm

  • Torsi maksimum : 12,98 Nm/6.000 rpm

  • Sistem starter : elektrik starter & kickstarter

  • Sistem pelumasan : basah

  • Kapasitas oli mesin : Total=1,25L ; Berkala=1,00L ; Ganti filter oli=1,10L

  • Sistem bahan bakar : fuel injection

  • Tipe kopling : basah, kopling manual, multiplat

  • Tipe transmisi : constant mesh 5-kecepatan

  • Pola pengoperasian transmisi : 1-N-2-3-4-5

Rangka

  • Tipe rangka : diamond

  • Suspensi depan : teleskopik

  • Suspensi belakang : swing arm

  • Ban depan : 100/80-17M/C (52P)

  • Ban belakang : 130/70-17M/C (62S)

  • Rem depan : single disc brake

  • Rem belakang : drum brake

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya