• Home>
  • Modifikasi>
  • Tips Modifikasi Avanza Veloz Bergaya Racing untuk Harian
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Tips Modifikasi Avanza Veloz Bergaya Racing untuk Harian

Dilihat 4296
Arief Yuno
10 Jan 2021, 10:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 1

modifikasi avanza

Otoloka.id - Modifikasi Avanza Veloz banyak ditemui di kalangan komunitas atau penggunanya yang tersebar di seluruh Indonesia. Alirannya sendiri sangat beragam, tapi kali ini Otoloka akan mengajak kamu melihat apa saja komponen yang perlu diubah jika gaya racing adalah konsep yang dikejar.

Kenapa gaya ini layak untuk dipilih? Singkat kata untuk mempertegas aura sporty yang awalnya memang sudah dimiliki oleh Veloz. Seperti diketahui, Veloz bisa dibilang adalah versi lebih sporty dari Avanza. Hal ini tercermin dari beberapa perbedaan yang ada di eksterior. Lebih lengkap untuk perbedaan antara Veloz dan Avanza bisa kamu simak informasinya di bawah ini.

Perbedaan Avanza dan Veloz

perbedaan avanza

1. Aksesori Body Berbeda

Kedua mobil memiliki perbedaan mulai dari bagian depan hingga belakang. Bentuk headlamp Avanza dan Veloz boleh jadi serupa. Tapi grille dan bumper-nya terlihat berbeda. Veloz punya desain yang lebih sangar.

Kesan lebih galak juga bisa ditemui di bagian belakang Veloz dengan adanya beberapa komponen tambahan berwarna hitam doff di sekitar plat nomor dan reflektornya. Bentuk spoiler juga sedikit berbeda antara Veloz dan Avanza.

Kemudian kalau dilihat dari samping, Veloz memiliki side skirt sebagai salah satu aksesori yang membuatnya terlihat sporty. Hal ini masih didukung lagi sama velg berukuran 15 inci berbalut kelir dua warna. Sedikit berbeda pada Avanza yang hanya menggunakan satu warna silver.

2. Interior Veloz Serba Hitam

Masuk ke interior, salah satu perbedaan antara kedua mobil bisa ditemui terdapat pada kombinasi warna pembungkus jok. Avanza menggunakan kombinasi warna krem dan hitam. Sementara itu Veloz hanya menggunakan warna hitam.

Untuk door trim juga berbeda. Avanza masih menggunakan material plastik sedangkan Veloz dilengkapi bahan kain. Tak ketinggalan, lingkar kemudi Veloz sudah dilapisi material kulit.

3. Fitur Veloz Lebih Lengkap

Dengan harga yang lebih tinggi, otomatis Veloz memiliki beberapa kelebihan untuk fiturnya. Sebagai contoh adanya tombol start and stop untuk menyalakan dan mematikan mesin kendaraan. Beda halnya dengan Avanza yang masih harus membutuhkan anak kunci.

Fitur lain yang juga menjadi keunggulan Veloz di antaranya layar monitor entertainment untuk penumpang di bangku baris kedua. Serta kamera mundur yang untuk memudahkan saat parkir.

Dari sejumlah perbedaan tersebut kita bisa lihat Veloz hadir sebagai mobil yang memiliki kesan lebih sporty. Jadi tak ada salahnya untuk melakukan modifikasi dengan gaya racing untuk memperkental aura tersebut.

Modifikasi Avanza Veloz Racing Harian

jok modifikasi avanza

Modifikasi dengan gaya racing sah-sah saja untuk diterapkan pada mobil ini. Tapi sebisa mungkin ubahan yang diterapkan tetap memperhatikan faktor kenyamanan agar Veloz tetap bisa diandalkan sebagai mobil keluarga. Perubahan bisa dimulai dari bagian luar kendaraan.

1. Ganti Velg Aftermarket

pelek modifikasi avanza

Hal pertama yang bisa dilakukan dalam modifikasi Avanza Veloz adalah mengganti velg standarnya. Modifikasi ini terbilang sederhana dan mudah penerapannya, tapi hasilnya penampilan mobil akan berubah secara drastis.

Usahakan cari velg pengganti dengan model yang menunjang konsep racing. Salah satu cirinya velg dengan model palang. Bukan jari-jari yang justru lebih lebih menonjolkan kesan elegan. Veloz sendiri menggunakan velg standar berukuran 15 inci dengan PCD 4x114,3.

Inch up atau penggunaan ukuran velg lebih besar bisa dilakukan sampai 17 inci. Tapi mesti disesuaikan dengan profil bannya juga.

2. Bikin Body Mobil Lebih Pendek

Kalau kita perhatikan mobil yang digunakan untuk balapan memiliki body yang rendah ke permukaan aspal. Bukan tanpa alasan, rancangan demikian ada hubungannya dengan aerodinamika dan handling.

Dalam dunia modifikasi hal ini juga bisa diterapkan pada Avanza Veloz. Tapi lakukan sewajarnya saja agar mobil tetap nyaman digunakan sehari-hari sebagai mobil keluarga. Untuk membuat Avanza Veloz ceper ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Mulai dari melakukan pemotongan per, menggunakan lowering kit, pasang coilover, atau air suspension.

Pemotongan per tidak disarankan. Setidaknya gunakan lowering kit yang artinya mengganti per standar dengan yang ukuran lebih pendek dari produk aftermarket.

3. Bumper Custom

bumper modifikasi avanza

Dari penggantian velg dan body mobil yang dibuat lebih pendek sebenarnya mobil sudah akan terlihat lebih sporty. Tapi kalau itu semua belum cukup, kamu bisa menengok penggunaan bumper custom untuk modifikasi Avanza Veloz kesayangan.

Tapi kamu mesti hati-hati dalam memilih model bumper yang digunakan. Usahakan pilih model yang terlihat masih wajar karena kalau berlebihan justru akan mengurangi penampilan. Sebenarnya tak harus custom, kamu juga bisa menggunakan bumper milik mobil lain yang modelnya dirasa pas.

4. Aksesori Modifikasi Sporty

towing strap modifikasi avanza

Untuk menambah kesan sporty di eksterior kamu bisa menambahkan sejumlah aksesori. Misalnya, towing strap di bagian depan kendaraan. Selain itu, kesan sporty pada tampilan mobil juga bisa dipertegas dengan penggunaan decal atau grafis.

Nah, sebagian pemilik mobil kerap mengganti knalpot untuk melengkapi modifikasi dengan tema racing atau sporty. Hal ini sah-sah saja dilakukan asalkan tetap memperhatikan kesesuaiannya dengan settingan mesin dan kenyamanan pengguna jalan lain.

5. Modifikasi Avanza Veloz Bagian Interior

Bukan hanya bagian luar mobil, modifikasi Avanza Veloz dengan gaya racing juga bisa merambah ke sektor interior. Misalnya saja dengan mengganti jok depan menggunakan model semi bucket.

Sementara itu, tak perlu buru-buru mengganti lingkar setir dengan produk aftermarket karena banyak hal yang mesti dipertimbangkan. Terutama terkait faktor keselamatan berkendara. Begitu juga dengan pasangan x-bar jika mobil masih sering digunakan sehari-hari. Hal ini dikarenakan keberadaannya akan sedikit menghalangi akses ke bagasi mobil.

Kesimpulan

Modifikasi Avanza Veloz bergaya racing dapat dijadikan pilihan oleh mereka yang menginginkan tampilan kendaraannya semakin sporty. Tapi di lain sisi mobil juga masih nyaman untuk digunakan sehari-hari.

Perubahan yang bisa dilakukan antara lain penggantian velg, membuat mobil lebih pendek, penggunaan bumper custom, penambahan aksesori, hingga beberapa perubahan di interiornya. Bagi mereka dengan dana terbatas, modifikasi dapat dilakukan secara bertahap sampai mencapai tampilan mobil yang diinginkan.

  • Suka 1
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
    Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya