• Home>
  • Modifikasi>
  • VW Dakota Tahun 1954 Ini Restorasinya Sempurna, Seperti Baru!
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

VW Dakota Tahun 1954 Ini Restorasinya Sempurna, Seperti Baru!

Dilihat 3377
Iman Firman
22 Mar 2021, 17:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Populasi Volkwagen (VW) Barndoor di Indonesia memang langka, sangat sedikit jumlahnya. Oleh karena itu, pria yang satu ini sangat beruntung bisa memiliki VW lansiran tahun 1954 itu.

“Saya dapat di Semarang beberapa tahun lalu dalam kondisi amburadul, karat di mana-mana, lampu enggak ada, mesin enggak ada, interior juga enggak lengkap. Tapi ya karena ini VW Barndoor yang langka saya tebus juga,” ujar Agus Ari Seno, sang empunya VW Barndoor.

Setibanya di bengkel milik pribadinya di kawasan Jakarta Pusat, proses body repair langsung dilakukan. Setelah mendapat gambar-gambar detailnya melalui internet. 

“Spakbor, dek, pintu, pokoknya semua karat. Pengerjaannya harus benar-benar total nih,’ ujar Agus, sapaan akrabnya.

Modifikasi VW Barndoor Tua-Tua Keladi

Beruntung mekanik Agus semua sudah pengalaman soal body repair VW. Semua yang sudah habis dimakan karat dan yang juga berpotensi akan timbul karat langsung dipotong dan diganti plat galvanis baru. 

“Bentuk lekukan plat barunya dibuat semirip mungkin dengan aslinya berbekal foto yang saya dapat dari internet itu,” jelas Agus. Memakan waktu lebih dari enam bulan untuk urusan bodi saja.

Sembari menunggu proses body repair selesai, Agus hunting parts yang diperlukan untuk Barndoor ini. “Saya hunting via internet sampai ke Amerika dan Jerman, karena di kedua negara inilah yang masih ada parts yang saya perlukan untuk Barndoor,” bisik pria paruh baya ini. 

Mengingat waktu pencarian dan pengiriman yang juga terbilang lama maka ia pun mempercepat proses hunting ini juga dengan menitip ke teman-temannya yang juga kerap berpergian ke luar negeri.

Akhirnya pelan-pelan semua dilengkapi, “Mulai dari mesin, setir, spidometer, jok, doortrim, pelek, dop saya dapat juga,” ucap Agus dengan nada lega. Bukan perkara mudah lho! 

Baca juga: Kembaran Mitsubishi Galant Hiu Versi Estate Ini Modifikasinya Kece Maksimal

“Setir dan spidometer berikut rumah spidometernya juga doortrim saya dapat dari Amerika, kalau pelek dan dop saya beli dari Jerman. Bannya aja ukuran 3,5 inci ini saya dapat seken yang kondisinya masih lumayan, susah soalnya,” tutur Agus.

Semua kaca-kaca, lampu-lampu, karet pintu, sampai airscoop yang ada diatas atap didapat Agus dalam kondisi New Old Stock alias NOS. “Kalau sudah begini berapa pun harganya ya harus ditebus, daripada nyarinya susah lagi,’ kekehnya. 

Kembali ke urusan bodi, untuk mengentalkan nuansa klasik Barndoor berkelir cat biru kombinasi putih di beberapa bagian seperti atap, logo VW, bumper, juga pelek langsung dilaburkan.

Hasilnya luar biasa, VW generasi awal dari keluarga Type 2 ini tampil beda begitu cat dan urusan pernik eksterior terpasang semua. Seperti mobil baru keluar dari pabriknya! 

VW yang juga kerap disebut ‘Splittie’, karena kaca depannya model belah atau split ini langsung menarik perhatian para pecinta VW di Indonesia.

Tentu saja karena kondisinya yang mulus dan juga terbilang lengkap serta juga layak jalan lho! Bahkan sein semaphorenya saja masih berfungsi.

Tak terasa proses merestorasi mobil ini memakan waktu hingga 1,5 tahun. “Yang juga membuat mobil ini semakin istimewa adalah double door dan panel van, jarang ada,” bangga Agus. 

Baca juga: VW Dakota Tahun 1957 Ini Laris Buat Shooting Sinetron dan Video Klip

Apalagi mesin asli 4 silinder yang ‘cuma’ berkapasitas 1.100 cc ini masih terdengar halus, “Mesinnya biasa disebut mesin kopi karena ukurannya kecil seperti mesin pembuat kopi,” jelas pemukim di daerah Jakarta Pusat ini.

Sebagai aksesori pelengkap, Agus menambahkan kipas angin kecil di kabin depan, “Jadi kalau saya lagi jalan-jalan naik si Barndoor ini enggak terlalu kepanasan didalamnya hehehe,” kekehnya. 

“Lagipula kipas angin ini juga aksesoris lawas, modelnya seperti kipas angin antik,” tuturnya.

Sejarah VW type 2

Generasi pertama VW Type 2 dengan kaca depan split atau belah biasa disebut Microbus, Splitscreen, atau Splittie oleh para fansnya, Type 2 ini diproduksi sejak 8 Maret 1950 sampai tahun 1967. 

Dari tahun 1950 hingga tahun 1956, the T1 (pada waktu itu bukan disebut T1) dibuat di Wolfsburg, Jerman. Namun mulai tahun 1956 dirakit di pabrik baru Transporter di Hanover.

Seperti juga VW Beetle atau Kodok, Transporter pertama menggunakan mesin Volkswagen air-cooled engine yang berkapasitas 1.131 cc yang menghasilkan tenaga 24 Hp. 

Mesin boxer 4 silinder berpendingin udara ini diletakkan di belakang. Kemudian mesin ini ditingkatkan kapasitasnya menjadi 1.192 cc yang memiliki power 30 Hp di tahun 1953.

Di tahun 1955 kompresi mesin VW ini pun ditingkatkan lagi di produksi Transporter tahun 1955. Kemudian di tahun 1959 mesin yang powernya lebih besar mencapai 41 Hp diperkenalkan di Type 2 tahun produksi 1959. 

Namun belakangan Volkswagen menarik semua Transporter 1959, karena mesin ini bermasalah dan menggantinya dengan mesin yang lebih update.

Produksi awal T1 sampai tahun produksi 1955 juga akrab disebut "Barndoor" (sebutannya T1 sejak tahun 90-an). Kenapa Barndoor, lihat ke bagian belakang pintu kap mesinnya, ukurannya yang besar inilah yang membuatnya disebut Barndoor. 

Namun versi berikutnya ukurannya diperkecil dan juga ruang mesinnya menjadi lebih kecil serta diameter pelek menjadi 15 inci dari 16 inci.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya