• Gambaran
  • MobilSejenis
  • Model
  • Review
  • Artikel
  • FAQ
  • Evaluasi
  • Video
  • HotBrand

Honda ADV 150

Honda ADV 150
1/19
  • Honda ADV 150
  • Honda ADV 150
  • Honda ADV 150
  • Honda ADV 150
  • Honda ADV 150
  • Honda ADV 150
  • Honda ADV 150
  • Honda ADV 150
  • Honda ADV 150
  • Honda ADV 150
  • Honda ADV 150
  • Honda ADV 150
  • Honda ADV 150
  • Honda ADV 150
  • Honda ADV 150
  • Honda ADV 150
  • Honda ADV 150
  • Honda ADV 150
  • Honda ADV 150
Angsuran mulai dari:0,92 Jt/Bln
Rp 35,19 Jt - 38,25 Jt
Get Offer
Otomatis
Bensin
149cc
  • Kelebihan
  • Menggunakan rem ABS
  • Ukuran jok yang besar
  • Posisi nyaman berkendara
  • Desain Atraktif
  • Kekurangan
  • Ukuran bodi besar
  • Kurang Lincah
  • Harga Mahal
  • Bagian belakang terasa kecil
Otoloka Car Rating
Fungsi & InteriorKenyamanan BerkendaraKonsumsi BBMHarga & PerawatanKonsumsi BBMPerforma Mengemudi------

Ranking Motor Sejenis(Honda ADV 150 Tidak ada Ranking)

    Review
    • Overview
    • Desain
    • Fitur
    • Mesin & Performa
    • Konsumsi BBM
    • Kesimpulan

    Pasar skuter bertransmisi otomatik (skutik) dengan bodi gambot semakin ramai. Para merek sepeda motor pun berebut cari keuntungan di segmen itu. Salah satunya Honda ADV 150. Saat Yamaha N-Max merajai segmen skutik berbodi besar, pabrikan Honda di Indonesia pun tidak mau kalah.

    Dengan desain yang lebih sporty ketimbang Yamaha NMax, Honda ADV 150 lahir untuk menggoda konsumen Indonesia. Bertepatan dengan ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia GIIAS 2019 silam, PT Astra Honda Motor memperkenalkan Honda ADV 150.

    Sontak pasar ini menyambut dengan antusias. Penjualan Honda ADV 150 pun langsung melonjak.  Dengan desain skutik yang lebih berotot, merek sepeda motor Honda menawarkan sesuatu yang beda dari N-Max. Kendati sebelumnya Honda sudah membawa PCX ke pasar sepeda motor untuk melawan N-Max.

    Nyatanya, PCX tidak cukup kuat untuk menghadapi pesona NMax. Sehingga Honda pun harus mengeluarkan senjata berupa Honda ADV 150.  Fitur canggih dan mesin yang sudah jadi andalan sepeda motor Honda disematkan pada Honda ADV 150 ini.

    Sasaran konsumen Honda ADV 150 ini adalah mereka yang suka melakukan petualangan tapi tidak mau repot pakai motor kopling. Jadi dibuatlah Honda ADV 150 seperti motor berjiwa berpetualang padahal sejatinya hanya motor matik yang diberikan aksesoris motor yang seakan tangguh di pelbagai medan jalan. 

    Dan seperti kebiasaan merek Honda di Indonesia, kendati baru setahun diperkenalkan, Honda ADV 150 sudah memiliki tampilan striping dan warna baru.  Pada akhir September 2020, ADV 150 langsung membawa tiga warna baru untuk konsumen Indonesia. 

    Lantas apa sajakah yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari Honda ADV 150 ini. Berikut Otoloka akan memaparkan dalam bentuk deskripsi yang lengkap.

    Spesifikasi Honda ADV 150


    Sejarah Honda ADV 150

    Perihal sejarah Honda ADV 150 ini, menurut sumber pabrikan ada yang special tentang asal muasal motor skutik ini diciptakan. Hal itu adalah tentang desainer pencipta Honda ADV. Ternyata sang desainer adalah orang Indonesia dengan dibantu oleh desainer asal Italia dan Thailand.

    Pondasi awal Honda ADV 150 melalui riset dengan survey di beberapa Negara dekat Indonesia, sebut saja Thailand, Jepang dan Eropa. Memakai basis yang sama dengan PCX, Honda ADV 150 hanya dibuat lebih sporty dan berjiwa petualang saja. Kehadirannya cukup mengejutkan, karena sebelum dirilis, yang muncul duluan justru Honda ADV 750.

    Moge tersebut sudah banyak jadi incaran kalangan bikers, karena performanya yang besar. Tapi berselang beberapa hari kemudian di ajang GIIAS 2019, pihak PT Astra Honda Motor pun meluncurkan Honda ADV 150. Dengan desain sama dengan ADV 750 tapi dengan ukuran yang lebih kecil.

    Kalau berkaca dari sejarah X-ADV yang jadi inspirasi Honda ADV 150, ternyata skutik ini didesain khusus untuk pasar Indonesia. Jika di Eropa ukuran ADV lebih besar, di Tanah Air sendiri ADV dibuat kecil sehingga bisa nyaman untuk kontur tubuh pengendara Indonesia.

    Di Negara lain seperti Taiwan, Korea, Thailand dan Malaysia, Honda ADV dikenal dengan nama ADV tipe lowdown.  Kini selain pilihan untuk motor gede (moge), Honda ADV juga hadir dalam mesin yang kompak 150cc.

    Fitur yang ditanamkan pada Honda ADV 150 akan dibahas di bawah ini. Kemudian mesin dan performa ADV 150 juga sangat baik, khususnya untuk pasar skutik bermesin 150cc di Indonesia.

    Skutik untuk jiwa berpetualang adalah konsep yang diusung Honda ADV 150. Realisasinya terlihat pada bodi dan desain Honda ADV 150 yang ramping dan karakter ban yang menggunakan semi offroad. Tujuannya agar konsumen melihat motor ini lebih tangguh.

    Bentuk lampu depan Honda ADV 150 lebih sipit ketimbang rivalnya Yamaha N-Max. Lampu depan pun sudah pakai teknologi LED untuk mebantu pencahayaan lebih saat berkendara di malam hari. Tidak hanya lampu depan, bagian lampu belakang pun sudah pakai LED.

    Bak motor trail Paris Dakar, Honda ADV 150 juga sudah dilengkapi dengan windscreen. Semakin menawan tambahan aksesoris itu pada atas setang Honda ADV ini. Untuk mengubah ketinggian wind screen pun sangat mudah, ada opsi pilihan pengaturan ketinggian dari aksesori Honda ADV 150 ini.

    Masuk ke bagian tengah motor. Tidak seperti skutik lainnya, Honda ADV 150 tidak memiliki dek tengah. Hal itu disiasati dengan menaruh pijakan kaki pengendara pada sisi kiri kanan skutik ini. Desain ini seperti sudah diadopsi Yamaha Nouvo dan Suzuki Skywave kala itu.

    Jok untuk pembonceng dibuat lebih lebar agar penumpang nyaman saat duduk di belakang Honda ADV 150.  Terus hingga ke bagian belakang atau buritan, ADV sudah pakai knalpot yang terlihat sangat sporty. Seakan pemasangan knalpot tersebut mengikuti alur desain keseluruhan Honda ADV 150.

    Berlanjut ke bagian belakang, terlihat huruf X pada buritan Honda ADV 150. Ini semakin membuat banyak orang tertarik memiliki skutik anyar Honda ini. Tidak hanya modern desainnya, ADV 150 juga canggih dalam hal fitur-fitur yang disematkan. 

    Sebagai contoh, untuk layar LCD dibuat nyaman, dengan latar belakang gelap tapi bagian informasi mengenai indikator motor terang. Hal ini untuk memudahkan sang pengendara saat melihat speedometer di saat terang atau gelap (malam hari).

    Seperti skutik Honda lainnya ada juga fitur pelengkap seperti, Honda Smart Key dan sistem alarm. Untuk menambah faktor kenyamanan, Honda ADV 150 sudah pakai power charger di bagian konsol box depan. Jadi pengendara tidak perlu khawatir kehabisan baterai ponsel saat berkendara.

    Satu fitur yang cukup membedakan dengan skutik lainnya adalah adanya, fitur ESS (Emergency Stop Signal) pada tipe Honda ADV 150 ABS. Fitur ini berfungsi untuk mengaktifkan lampu hazard, ketika Honda ADV 150 melakukan pengereman secara mendadak.

    Dengan adanya fitur tersebut, pengendara motor di belakang ADV 150 bisa cepat dan sigap, sehingga tidak menimbulkan kecelakaan atau tabrakan dari belakang skutik ADV 150 ini. 

    Lalu ada juga teknologi pembakaran dengan sistem injeksi bernama PGM-FI.  Dengan teknologi tersebut, Honda ADV 150 bisa mencatatkan angka efisiensi sebesar 46,6 km hanya dengan 1 liter bensin. Tai itu dengan catatan jika fitur ISS ADV 150 diaktifkan.

    Kemudian, Honda ADV 150 pakai fitur pendukung lainnya yaitu, Two Step Adjustable Windscreen. Seperti dijelaskan diawal fitur ini bisa disesuaikan ketinggiannya oleh sang pengendara. Ada juga indicator digital yang menampilkan beberapa informasi mengenai  indikator pada baterai, suhu eksternal motor,lalu  konsumsi bahan bakar rata-rata pada pemakaian.

    Tidak ketinggalan konsumsi bensin secara aktual, kemudian indikator mengenai kapan penggantian oli mesin harus dilakukan. Seperti indicator pada mobil, pengendara juga bisa set perjalanan satu dengan lainnya.

    Mesin yang diusung Honda ADV 150 adalah mesin berjenis SOHC dengan dilengkapi system eSP dan Idling Stop System. Semua komponen itu dikombinasikan dengan transmisi otomatis ADV 150 berjenis V-Matic. Alhasil, tenaga yang dicapai bisa di angka 10,7 kW (14,5 PS) pada 8.500 rpm,  dan torsi maksimal Honda ADV 150 bisa sebesar 13,8 Nm (1,34 kgf.m) pada putaran mesin  6.500 rpm.  

    Honda ADV 150 seperti namanya sudah dibekali dengan mesin berkapasitas 150cc. Dengan sistem  liquid-cooled, dan juga ada eSP (Enhanced Smart Power). Kombinasi semuanya itu memberikan performa responsif pada Honda ADV 150.  

    Untuk membuat Honda ADV 150 semakin irit, teknologi PGM-FI dengan hitungan rasio kompresi hingga 10,8: 1, semakin membuat skutik ini cukup agresif tapi di lain sisi juga irit bensin. Belum lagi penyematan Starter ACG untuk menambah kemampuan Honda ADV 150 agar tetap mulus, saat mesin pertama kali dihidupkan. 

    Fitur ini ditambah lagi dengan ISS (Idling Stop System) khas motor-motor Honda. Ini berfungsi untuk membuat mesin mati secara otomatis saat ADV 150 dalam kondisi berhenti, dan restart atau kembali hidup hanya dengan memutar tuas gas skutik ini sehingga menjadi lebih irit BBM.

    Honda ADV 150 memang hadir untuk memenuhi permintaan para pecinta skutik adventure. Skutik ini diciptakan bagi mereka yang menyukai kebebasan dalam berkendara. Tapi disisi lain juga ingin mengganggu dominasi Yamaha NMax dan Aerox yang sangat digemari.

    Inovasi Astra Honda Motor ini juga bisa dikatakan sebagai bentuk aktualisasi diri konsumen sepeda motor di jalan raya maupun penyaluran hobi berpetualang dengan motor, khususnya segmen skutik. 

    Lalu apakah Honda ADV 150 pantas dimiliki? Mengingat harganya yang cukup mahal. Konsumen ditawarkan dengan konsep skutik yang berbeda dengan pada umumnya, kendati mesin yang ditawarkan sudah ada pada varian atau model skutik Honda lainnya.

    Artikel Terkait
    FAQ
    • Berapa harga cash Honda ADV 150 di Indonesia?
      Harga Honda ADV 150 dibedakan berdasarkan tipenya. Honda ADV 150 sendiri memiliki 2 tipe. Untuk harganya sebagai berikut:Honda ADV 150 CBS Rp34,077 Juta dan Honda ADV 150 ABS Rp34,077 Juta.
    • Honda ADV 150 ini tersedia dalam pilihan warna apa saja?
      Honda ADV 150 tersedia dalam 5 warna. Pertama pilihan warna Advance Red (ABS Type) (Merah), ada juga Advance White (ABS Type) (Putih), lalu Tough Red (CBS Type) (Merah), tidak ketinggalan Tough Silver (CBS Type) (Silver), terakhir ada juga pilihan Tough Matte Brown (CBS Type) (Coklat).
    • Bagaimana performa mesin dari Honda ADV 150 sebenarnya?
      Performa mesin Honda ADV 150 yang pasti skutik ini dibekali mesin dengan tipe 4 – Langkah, SOHC, eSP, Idling Stop System. Dengan kapasitas mesin sebesar 150 cc, kubikasi ini mampu memberikan tenaga maksimal sebesar 10,7 kW ( 14,5 PS ) pada 8.500 rpm. Lalu dengan torsi maksimal sebesar 13,8 Nm ( 1,34 kgf.m ) pada 6.500 rpm.

    Komentar Pengguna

    Posting Ulasan Anda:
    Skor:
    0/300
    Kirimkan
    Video Terkait
    Hot Brand
    Honda
    Honda
    Yamaha
    Yamaha
    Suzuki
    Suzuki
    Kawasaki
    Kawasaki
    Vespa
    Vespa
    Benelli
    Benelli

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya