OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Gambaran
  • Model
  • Review
  • Artikel
  • FAQ
  • Mobil Sejenis
  • Video

Honda PCX eHEV

Honda PCX eHEV
1/17
  • Honda PCX eHEV
  • Honda PCX eHEV
  • Honda PCX eHEV
  • Honda PCX eHEV
  • Honda PCX eHEV
  • Honda PCX eHEV
  • Honda PCX eHEV
  • Honda PCX eHEV
  • Honda PCX eHEV
  • Honda PCX eHEV
  • Honda PCX eHEV
  • Honda PCX eHEV
  • Honda PCX eHEV
  • Honda PCX eHEV
  • Honda PCX eHEV
  • Honda PCX eHEV
  • Honda PCX eHEV
Angsuran mulai dari:1,14 Jt/Bln
Rp 43,55 Jt
Get Offer
Otomatis
Bensin
149cc
  • Kelebihan
  • Untuk ukuran skutik, ground clearance termasuk cukup mumpuni
  • Mesin barunya dengan kapasitas 160cc lebih bertenaga
  • Desain elegan khas skutik Honda
  • Skutik hybrid yang dilengkapi sejumlah teknologi terkini
  • Kekurangan
  • Sistem hybrid tidak didesain untuk menghemat BBM, melainkan untuk performa
  • Kemampuan daya tahan teknologi hybrid-nya perlu pembuktian
  • Minim pembeda antara PCX biasa dan hybrid

Semua Model

  • Standard
    Angsuran: Rp 1,14 Jt/Bln
    Harga: Rp 43,55 Jt
    nullcc

Review

  • Overview
  • Desain
  • Fitur
  • Mesin & Performa
  • Konsumsi BBM
  • Kesimpulan

PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan PCX e:HEV dengan perubahan menyeluruh pada mesin, rangka, desain dan fitur yang semakin canggih. Sebagai informasi, sebelumnya skutik ini bernama PCX hybrid. Namun, untuk generasi terbarunya ini, PCX hybrid berganti nama menjadi e:HEV. Tampilannya pun ikut mengalami perubahan mengikuti All New PCX.

Secara garis besar, ubahannya sama seperti All New PCX alias PCX 160. Skutik ini dibekali dengan mesin baru eSP+ dengan output power yang ditingkatkan.

Mengadopsi mesin yang lebih bertenaga dengan kapasitas 160cc 4 katup enhanced Smart Power plus (eSP+), serta memiliki teknologi minim gesekan dan performa yang meningkat, membuat skutik premium ini mampu memberikan kesempurnaan puncak saat dikendarai harian maupun turing.

Tampilan baru dengan desain yang mewah dan dinamis memberikan ekspresi berkelas tinggi dan semakin mendukung gaya pengendaranya. Ditunjang fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC) pada tipe ABS dan e:HEV, skutik ini memberikan rasa aman bagi pengendara saat melintasi jalan yang licin.

Honda PCX e:HEV dijual dengan banderol Rp 43.550.000 (OTR Jakarta). Itu berarti lebih mahal dibanding PCX 160 yang dijual hanya mencapai Rp 30.350.000 (OTR Jakarta). 

 

Spesifikasi Honda PCX e:HEV

Mesin

Tipe Mesin

4 Langkah, 4 Valve, eSP+

Tipe Pendinginan

Pendingin Cairan

Sistem Suplai Bahan Bakar

PGM-FI (Programmed Fuel Injection)

Volume Langkah

156,9 cc

Diameter x Langkah

60 x 55,5 mm

Perbandingan Kompresi

12 : 1

Daya Maksimum (mesin)

11,8 kW (16 PS) / 8.500 rpm

Daya Maksimum (motor)

1,4 kW / 3.000 rpm

Torsi Maksimum (mesin)

14,7 Nm (1,5 kgf.m) / 6.500 rpm

Torsi Maksimum (motor)

4,3 Nm / 3.000 rpm

Tipe Transmisi

Otomatis, V – Matic

Tipe Starter

Elektrik

Tipe Kopling

Otomatis, Sentrlfugal, Tipe Kering

Rangka & Kaki-kaki

Tipe Rangka

Double Cradle

Ukuran Ban Depan

110/70 - 14 M/C Tubeless

Ukuran Ban Belakang

130/70 - 13 M/C Tubeless

Tipe Rem Depan

Cakram Hidrolik

Tipe Rem Belakang

Cakram Hidrolik

Sistem Pengereman

Anti-Lock Breaking System (ABS)

Tipe Suspensi Depan

Teleskopik

Tipe Suspensi Belakang

Ganda

Dimensi & Berat

Panjang X Lebar X Tinggi

1.936 x 742 x 1.108 mm

Jarak Sumbu Roda

1.313 mm

Jarak Terendah Ke Tanah

135 mm

Tinggi Tempat Duduk

764 mm

Berat Kosong (Curb Weight)

135 Kg

Kapasitas

Kapasitas Tangki Bahan Bakar8,1 LiterKapasitas Minyak Pelumas0,8 Liter (penggantian periodik)

Kelistrikan

Sistem Pengapian

Full transisterized

Tipe Baterai Atau Aki

12 V - 3 Ah, tipe MF 50,4 V- 4Ah, Tipe Lithium- Ion

Tipe Busi

NGK LMAR8L-9

Power Charge

5 V, 2,1 A

Honda berupaya menghadirkan kenyamanan dan berkendara kelas tinggi dengan konsep dasar PCX “Personal Comfort Saloon,” desain terbaru dari skutik premium ini merupakan kombinasi dari kemewahan dengan sentuhan garis yang memberikan ekspresi dinamis. Untuk menambah kesan elegan, perubahan pun terdapat pada logo. Sementara itu, versi Hybrid mengalami perubahan nama menjadi e:HEV sebagai simbol elektrifikasi efisiensi teknologi Honda pada Hybrid Electric Vehicle, sehingga mudah dikenali sebagai kendaraan hybrid Honda.

Perubahan pada desain lampu pun semakin mendukung kesan mewah pada skutik premium ini. Desain lampu depan yang bersudut dengan posisi yang lebih horizontal dan melebar, serasi dengan desain keseluruhan All New Honda PCX. Kesan cahaya efek tiga dimensi dihadirkan pada desain lampu belakang skutik premium ini. Dengan mempertahankan lampu LED pada semua sistem tata cahaya, semakin mendukung kemewahan dan kecanggihan All New Honda PCX.

Tapi, jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yaitu PCX Hybrid, sekarang Honda tak lagi menggunakan warna hitam. All New PCX e:HEV ini dibalut dengan warna putih dengan aksen biru di beberapa bagian. Aksen biru bukan hanya pada bodi saja, tapi juga terlihat pada sistem pencahayaannya.

Mengomentari struktur rangka maupun dimensinya, PCX e:HEV menggunakan jenis rangka Double Cradle. Diklaim Honda lebih ringan, lebih kokoh dan lebih stabil. Membuat berkendara jadi lebih kondusif. Stang berkonsep lebih lebar, dapat membuat posisi berkendara jadi lebih aman dan nyaman.

Honda membangun PCX e:HEV dengan dimensi(P x L x T) yakni 1.936 x 742 x 1.108 mm, dilengkapi wheelbase sepanjang 1.313mm. Membuat motor garapan Honda ini punya bodi bongsor, tapi tetap mudah dikendalikan.

Bagi Anda yang gemar dengan touring juga akan sangat nyaman dengan kapasitas tangki bensin PCX e:HEV ini yang bisa menampung hingga 8,1 L. Tapi tak berpengaruh pada bobotnya yang mencapai berat 135 Kg. Sisi lain, tinggi tempat duduk sudah disesuaikan dengan postur orang Indonesia kebanyakan. Dimana motor pemilik jarak terendah ke tanah 135mm ini telah mengadopsi tempat duduk setinggi 764mm.

Kapasitas boks bagasi juga telah ditingkatkan dari 23 L menjadi 24 L. Namun, tetap memertahankan kemasan yang pas dengan ukuran bodi PCX.

Tampilan baru pada LCD panelmeter yang lebih lebar memberikan informasi yang semakin lengkap. Fitur informasi terbaru pada LCD panel meter ini antara lain indikator baterai, perawatan v-belt, dan indokator fitur HSTC pada tipe ABS dan e:HEV. Untuk mendukung gaya hidup pengendara saat ini, All New Honda PCX menjadi pionir di kelasnya dengan menghadirkan USB charger type A, di mana sudah tersedia socket untuk melakukan pengisian daya. Skutik premium ini juga telah didukung dengan Honda Smart Key yang dilengkapi alarm dan answer back system pada semua tipe yang dapat memberikan kebanggaan serta tampilan berkelas.

 

Penggunaan rangka baru, semakin memberikan kenyamanan dan mendukung performa tinggi dari All New Honda PCX. Dengan struktur yang lebih simple tanpa mengubah bentuk desain bodi, memberikan peningkatan kapasitas bagasi untuk tipe CBS dan ABS menjadi 30 liter serta untuk tipe e:HEV menjadi 24 liter. Kapasitas tangki bahan bakar pun semakin besar, menjadi 8,1 liter. Perubahan juga terdapat pada ruang area kaki pengendara, yang kini lebih panjang 3 cm, sehingga membuat posisi berkendara semakin nyaman dalam menempuh area perkotaan maupun jarak jauh.

 

Skutik premium ini didukung ban tubeless yang lebih lebar dengan ukuran ban depan 110/70-14 dan belakang 130/70-13 melalui sentuhan desain velg baru Y shaped 5 spoke. Selain itu, juga terdapat perubahan pada bagian suspensi belakang dengan poros yang semakin panjang hingga 1 cm untuk mendukung kenyamanan saat melintasi jalanan yang kasar. Fitur keselamatan seperti Anti-Lock Braking System (ABS) juga disematkan pada PCX e-HEV.

Honda PCX e:HEV yang tentunya skutik ini berteknologi hybrid, jantung mekanis untuk menggerakkan motor berbeda. Selain mesin eSP+ berkubikasi 156,9 dan berkonfigurasi SOHC 4-katup, juga dicangkokkan dengan baterai lithium-ion 50,4 volt 4 ampere.

Daya pada baterai tersebut dibutuhkan untuk memutar ACG starter, yang berfungsi sebagai motor assist dan menambah tenaga maupun momen puntir ketika berakselerasi.

Ingat, teknologi hybrid pada PCX e:HEV hanya berorientasi penambahan daya ketika berakselerasi dengan memutar gas secara spontan.

Memiliki Power Drive Unit (PDU)

Apa itu PDU? Sederhananya sebagai otak teknologi hibrida pada motor. PDU mengatur bukaan gas, putaran motor assist pada ACG starter yang terhubung dengan roda penggerak berputar lebih cepat.

Sehingga saat ngegas, pengendaranya akan merasa tambahan dorongan sebesar 1,7 dk dan torsi 4,3 Nm ketika berada di 3.000 rpm.

Pada saat yang sama, energi pada baterai akan terserap menuju ACG starter, sehingga dayanya berkurang. Namun ketika dilepas gasnya atau deselerasi, PDU memerintahkan sistem charging control mengubah putaran ACG starter untuk mengisi daya baterai.

Honda PCX e:HEV Punya mode berkendara

Nah mode berkendara pada Honda e:HEV ini digunakan guna memaksimalkan gaya berkendara sesuai pemiliknya.

Ada mode D yang menawarkan pengendaraan normal tapi tetap bisa merasakan performa yang lebih bertenaga berkat motor assist ACG starter. Mudahnya untuk mengejar kecepatan tinggi tidak mengkonsumsi bahan bakar yang banyak.

Selanjutnya ada mode S, yang membuat akselerasinya lebih responsif. ACG starter bakal berputar lebih cepat lagi sehingga tambahan tenaga dan torsi maksimalnya bisa terasa.

Semua mode tersebut bisa digunakan baik kondisi Idling Stop System pada motor hidup atau mati.

Dari hasil pengujian yang dilakukan AHM, skutik yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2018 ini memiliki tenaga yang lebih baik saat berakselerasi karena dibantu dengan motor assist. Meski demikian, AHM mengklaim penggunaan bahan bakar lebih irit 2-3 persen dibandingkan Honda PCX 150 mesin bensin.

Pada mesin Honda PCX e:HEV ini dibantu oleh motor assist yang digerakkan dengan baterai lithium berkekuatan 50,4 V- 4 Ah. teknologi hybrid ini akan menghasilkan akselerasi yang lebih resonsif saat gas diputar secara spontan. Ketika motor deselerasi, baterai akan terisi ulang atau terjadi pengecasan.

PCX e:HEV dalam pengoperasiannya memiliki tiga mode berkendara yaitu, Mode Drive yang memberikan performa mesin mendapat tenaga bantuan baterai untuk performa bertenaga namun hemat bahan bakar, Mode Sport berkendara lebih menyenangkan dengan akselerasi yang lebih responsif dan performa lebih bertenaga dibandingkan mode drive. Mode Idling yaitu berkendara tanpa mengaktifkan fitur Idling Stop dengan performa sama seperti Drive Mode.

Motor ini mengadopsi sumber tambahan dari baterai lithium yang bisa terisi ulang dari sistem AGC. Motor listrik tambahan ini memberikan tenaga tambahan tenaga 1,4 kW pada 3.000 rpm dan torsi 4,3 Nm pada rpm yang sama.

Motor assist memberikan tambahan torsi hingga 20 persen. Sehingga model hybrid memberikan kesenangan performa responsif satu tingkat lebih tinggi dibandingkan mesin bensin.

Kehadiran Honda PCX Hybrid yang sudah berganti nama menjadi PCX e:HEV ini memang memberikan nuansa baru untuk segmen skutik Tanah Air.

Dengan berbagai teknologi terkini yang menjadi nilai plus skutik ini otomatis menjadi daya pikat yang tak dimiliki kompetitor. Sebut saja seperti Teknologi motor assist milik Honda PCX e:HEV ini yang sangat menyenangkan untuk dipakai berakselarasi.

Dorongan tenaga dan torsi tambahan bisa didapat dengan instan dan bisa dirasakan berkali-kali. Hal itulah yang memberikan sensasi pengalaman seru yang hanya dimiliki PCX e:HEV.

Meski begitu, ada harga yang cukup tinggi untuk sekelas skutik yang harus ditebus demi memiliki skutik canggih ini. Bagi Anda penggemar skutik, harus diakui juga bahwa Honda PCX e:HEV menjadi skutik tercanggih saat ini yang dijual di Indonesia.

Artikel Terkait

FAQ

  • 1. Berapa harga Honda PCX e:HEV?
    Hanya punya 1 (satu) tipe, harga Honda PCX e:HEV dibanderol Rp 43.550.000
  • 2. Warna apa saja yang tersedia pada Honda PCX e:HEV?
    Honda PCX e:HEV hanya tersedia dalam satu pilihan warna, yakni Horizon White
  • 3. Bagaimana mesin dan performa mesin Honda PCX e:HEV?
    Honda PCX e:HEV yang tentunya skutik ini berteknologi hybrid, jantung mekanis untuk menggerakkan motor berbeda. Selain mesin eSP+ berkubikasi 156,9 dan berkonfigurasi SOHC 4-katup, juga dicangkokkan dengan baterai lithium-ion 50,4 volt 4 ampere.

Motor Sejenis

Kendaraan Terbaru

  • Mobil
  • Motor

Berita Terpopuler

kredit
Kalkulator Kredit
*Tipe
Mobil Baru
Mobil Bekas
*Harga Kendaraan
*Jumlah Deposit
*Suku Bunga(%)
*Masa Cicilan
Pilih
  • 1 Tahun
  • 2 Tahun
  • 3 Tahun
  • 4 Tahun
  • 5 Tahun
  • 6 Tahun
Tips:
    Selanjutnya
    kredit
    Kalkulator Asuransi
    *Kode Plat Nomor Kendaraan
    Pilih
    *Jaminan Pokok
    Comprehensive
    Total Loss Only
    *Tahun Kendaraan
    Pilih
      *Nilai Pasar
      Jaminan Perluasan
      • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
      • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
      • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
      • Terorisme dan Sabotase
      • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
      Tips:
        Selanjutnya