• Gambaran
  • MobilSejenis
  • Model
  • Review
  • Artikel
  • FAQ
  • Evaluasi
  • Video
  • HotBrand

Honda PCX160

Honda PCX160
1/26
  • Honda PCX160
  • Honda PCX160
  • Honda PCX160
  • Honda PCX160
  • Honda PCX160
  • Honda PCX160
  • Honda PCX160
  • Honda PCX160
  • Honda PCX160
  • Honda PCX160
  • Honda PCX160
  • Honda PCX160
  • Honda PCX160
  • Honda PCX160
  • Honda PCX160
  • Honda PCX160
  • Honda PCX160
  • Honda PCX160
  • Honda PCX160
  • Honda PCX160
  • Honda PCX160
  • Honda PCX160
  • Honda PCX160
  • Honda PCX160
  • Honda PCX160
  • Honda PCX160
Angsuran mulai dari:0,81 Jt/Bln
Rp 30,84 Jt - 34,44 Jt
Get Offer
Otomatis
Bensin
156cc
  • Kelebihan
  • Desain lebih dinamis, sporty dan modern
  • Dilengkapi fitur-fitur premium
  • Menggunakan mesin baru yang irit BBM
  • Posisi berkendara nyaman untuk digunakan di perkotaan maupun jarak jauh
  • Kekurangan
  • Harga cukup mahal
  • Belum ada konektivitas melalui smartphone
Otoloka Car Rating
Fungsi & InteriorKenyamanan BerkendaraKonsumsi BBMHarga & PerawatanKonsumsi BBMPerforma Mengemudi------

Ranking Motor Sejenis(Honda PCX160 Tidak ada Ranking)

Review
  • Overview
  • Desain
  • Fitur
  • Mesin & Performa
  • Konsumsi BBM
  • Kesimpulan

PT Astra Honda Motor merilis all new PCX 160 pada 5 Februari 2021 yang memiliki varian bermesin bensin dan e:HEV atau hybrid. Pabrikan motor asal Jepang ini telah melakukan banyak perombakan untuk meningkatkan kenyamanan bagi konsumen.

Generasi pertama Honda PCX telah hadir di dunia sejak 2010 di beberapa negara baik itu di Eropa maupun Asia dengan mengusung mesin berkapasitas 125cc. Sedangkan generasi kedua telah diluncurkan pada 2012 dengan mengusung mesin berkapasitas 150cc.

Sejak kehadiran mesin 150cc dan versi lokal diluncurkan di Indonesia pada 2017, Honda PCX menjadi salah satu skutik yang sangat diminati konsumen. Tak hanya itu saja, skutik gambot ini juga menjadi salah satu pesaing berat Yamaha NMax.

Dengan melihat persaingan pasar yang semakin sengit di segmen skutik 150cc, Honda kembali memberikan penyegaran bagi produk andalannya ini. Setelah melalui berbagai macam proses pengembangan di berbagai sektor, generasi ketiga PCX telah resmi dihadirkan di Tanah Air.

All new Honda PCX kini mengusung mesin berkapasitas 160cc yang diklaim lebih bertenaga dan irit bahan bakar. Adanya varian hybrid menjadi salah satu keistimewaan skutik bongsor ini untuk memikat konsumen.

All new PCX 160 varian CBS dibanderol dengan harga Rp 30.350.000, varian ABS Rp 33.950.000 dan varian e:HEV Rp 43.550.000. Meski memiliki banderol lebih mahal dari Yamaha NMax, skutik gambot ini diklaim mampu memberikan kepuasan tersendiri bagi konsumen Indonesia.

Spesifikasi Honda PCX 160

Mesin

Tipe : 4-Langkah, 4-Valve, eSP+, PGM-FI, Pendingin Cairan

Kapasitas : 156,9cc

Silinder : 1-Cylinder

Diameter x Langkah : 60 mm x 55,5mm

Perbandingan Kompresi : 12 : 1

Tenaga Maksimal : 11,8 Kw @8500 rpm

Torsi Maksimal : 14,7 Nm @6500 rpm

Tipe Transmisi : Automatic, V-Matic

Tipe Starter : Electric Starter

Sistem Bahan Bakar : Fuel Injection

Bahan Bakar : Bensin

Dimensi

P x L x T : 1.936 mm x 742 mm x 1.108 mm

Jarak Sumbu Roda : 1.313 mm

Tinggi Tempat Duduk : 764 mm

Berat : 131 kg (Varian CBS), 132 kg (Varian ABS)

Kapasitas Tangki : 8,1 L

Rangka

Tipe Rangka : Double Cradle

Suspensi Depan : Teleskopik

Suspensi Belakang : Suspensi Belakang Ganda

Rem Depan : Cakram Hidrolik

Rem Belakang : Cakram Hidrolik

Ban Depan : 110/70-14M/C Tubeless

Ban Belakang : 130/70-13M/C Tubeless

Kelistrikan

Tipe Baterai/Aki : MF 12 V – 5Ah

Sistem Pengapian : Full Transisterized

Tipe Busi : NGKLMAR8L-9

Generasi ketiga Honda PCX 160 kini hadir dengan desain yang lebih dinamis, modern dan mewarkan kemewahan tersendiri. Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, skutik bongsor ini memiliki proporsi yang lebih baik.

Pada bagian depan kini tampil lebih menarik dengan adanya 4 panel lampu utama yang memiliki desain mengalir dengan Daytime Running Light (DRL). Lampu sein berada di posisi paling atas dan seluruh sistem penerangan telah menggunakan teknologi LED.

Desain lingkar roda juga tampak lebih unik berkat penggunaan desain baru dan memiliki ukuran lebih besar dari generasi sebelumnya. Desain windshield juga tampak lebih besar dan sporty. 

Jika dilihat dari samping, Honda telah melakukan revisi pada bagian pijakan kaki yang diklaim lebih nyaman. Selain itu pada penutup tangki bahan bakar telah dilengkapi dengan cap holder untuk memudahkan konsumen.

Bagian jok juga mengalami ubahan dengan menggunakan desain baru dengan posisi jok penumpang lebih tinggi dan tetap ramping. Beragam aksen pada bagian body juga memperkuat kesan dinamis pada skutik bongsor ini.

Pada bagian belakang, skutik gambot ini tampak lebih modern berkat penggunaan desain baru pada bagian lampu. Guna mempercantik penampilan, Honda juga menghadirkan beragam pilihan warna pada varian ABS antara lain Royal Matte Blue, Wonderful White, Brilliant Black dan Majestic Matte Red.

Sedangkan untuk varian CBS terdapat opsi warna Marvelous Matte Gray, Majestic Matte Red, Wonderful White dan Glorious Matte Black. Seluruh opsi warna tersebut diklaim akan membuat tampilan Honda PCX 160 ini lebih dinamis, elegan dan mewah. 

Pada bagian dashboard, penggunaan setir berdesain telanjang tetap menjadi ciri khas Honda PCX 160 untuk meningkatkan kenyamanan berkendara. Bahkan posisi kabel pada setir kini tampak lebih rapi jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Dengan mengusung dimensi kompak yakni panjang 1.936 mm, lebar 742 mm dan tinggi 1.108 mm memastikan skutik ini sangat cocok digunakan di perkotaan dengan kondisi lalu lintas padat dan lancar.


All new Honda PCX 160 telah dilengkapi dengan beragam fitur premium yang akan memudahkan konsumen saat berkendara. Skutik ini telah dilengkapi dengan Honda Smart Key System untuk menjamin keamanan kendaraan dari pencuri.

Untuk membuka tangki pengisian bahan bakar dan bagasi kini hanya perlu menekan tombol yang berada di sebelah tombol kunci. Sedangkan bagasinya memiliki kapasitas 30 liter untuk menampung 1 buah helm full-face dan tas.

Kapasitas tangki bahan bakar PCX 160 kini lebih besar yakni 8,1 liter sehingga skutik ini kini dapat menempuh jarak lebih jauh lagi. Guna memenuhi kebutuhan konsumen modern, terdapat soket pengisian daya smarphone dengan model USB yang memiliki output maksimal 5V 2,1A.

Beralih ke panel instrumen, Honda PCX 160 kini telah mengusung meter cluster digital pada semua bagian. Desain panel instrument tersebut juga berbeda dengan generasi sebelumnya di mana terdiri dari 3 bagian.

Bagian paling kiri pada panel instrument terdiri dari indikator lampu jauh, aki, suhu mesin dan sistem injeksi. Sedangkan pada bagian tengah terdapat informasi jam digital, kecepatan, jarak tempuh, kondisi oli, indikator BBM dan konsumsi bahan bakar real-time.

Pada bagian kanan panel instrument terdapat indikator kunci, Honda Selectable Torque Control (HSTC), idling stop dan sistem ABS. Tampilan layer digital telah menggunakan kombinasi warna kontras guna memudahkan konsumen untuk melihat informasi yang dibutuhkan


Untuk sektor jantung pacu, PT Honda Astra Motor membekali skutik andalannya ini dengan mesin baru berkapasitas 160cc 4-valve eSP+ dengan Honda Selectable Torque Control (HSTC). Mesin baru ini diklaim memberikan performa yang jauh lebih baik, akselerasi halus, irit bahan bakar dan ramah lingkungan.

Jika dilihat berdasarkan data pabrikan, mesin ini mampu menyemburkan tenaga 11,8 Kw pada 8.500 rpm dan torsi mencapai 14,7 Nm pada 6.500 rpm. Skutik ini juga dilengkapi dengan trasmisi kopling dry centrifugal dan transmisi V Matic untuk memberikan akselerasi lebih baik.

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Honda PCX 160 ini memiliki karakter yang halus dan tenang. Apalagi mesin tersebut juga didukung dengan HSTC di mana dapat menyeimbangkan kinerja putaran roda untuk meminimalisir terjadinya slip pada ban. 

Selain itu kenyamanan berkendara juga lebih baik berkat penggunaan rangka double cradle sehingga sangat enak untuk bermanuver. Penggunaan suspensi teleskopik pada bagian depan dan suspensi ganda pada bagian belakang juga berhasil meningkatkan handling kendaraan.


Berkat penggunaan mesin baru, konsumsi bahan bakar all new Honda PCX dapat mencapai 54 km/liter. Tentunya untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar dengan cara mengaktifkan fitur idling stop.

Jika konsumen terus menggunakan idling stop, skutik bongsor ini diklaim dapat menempuh jarak lebih dari 350 km. Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, konsumsi bahan bakar PCX 150 diklaim dapat mencapai 50,7 km/liter.

Dengan menggunakan bahan bakar minimal RON 92, skutik ini dipastikan akan memberikan performa lebih baik dan efisien.


Sejak awal kehadirannya, PCX 160 telah menjadi salah satu skutik pilihan yang cocok digunakan di perkotaan. Dengan memiliki dimensi kompak dan beragam fitur canggih menjadi keistimewaan skutik ini.

Generasi ketiga Honda PCX memang memiliki desain yang lebih menarik dari generasi sebelumnya. Tampil lebih dinamis, sporty dan mewah mampu membuat skutik bongsor ini memikat hati banyak kalangan.

Selain itu ditunjang dengan beragam fitur modern mulai dari panel digital, charger smartphone dan smart key.  Seluruh fitur tersebut diyakini dapat memenuhi kaum milenial yang tidak bisa lepas dari smarphone.

Namun yang cukup disayangkan, skutik ini belum dilengkapi dengan konektivitas seperti kompetitornya yakni Yamaha NMax. Memang hal tersebut tidak terlalu fatal, akan tetapi fitur tersebut justru lebih banyak menarik minat konsumen milenial.

Sistem smart key pada semua varian juga menjadi salah satu poin lebih skutik ini di mana dengan menggunakan fitur tersebut keamanan kendaraan jadi lebih terjamin. Dari sisi fungsinalitasnya, skutik ini memang tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya, namun masih dapat memenuhi kebutuhan konsumen saat ini.

Meski secara keseluruhan Honda PCX 160 lebih baik dari generasi sebelumnya, harga yang ditawarkan masih bisa dibilang terlampau tinggi. Jika dibandingkan dengan kompetitornya, Yamaha NMax dibanderol mulai Rp 29,75 juta sedangkan PCX 160 mulai Rp 30,35 juta.


Artikel Terkait
FAQ
  • Berapa harga Honda PCX 160?
    Honda PCX 160 dijual dengan harga mulai dari Rp 30.350.000 on-the-road Jabodetabek
  • Apa saja varian Honda PCX 160?
    Honda PCX 160 memiliki 3 varian yaitu CBS, ABS dan e:HEV atau hybrid
  • Bagaimana mesin dan performa mesin Honda PCX 160?
    Honda PCX 160 menggunakan mesin 160cc, 4-valve, eSP+, Honda Selectable Torque Control (HSTC) dengan tenaga 11,8 Kw pada 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 6.500 rpm

Komentar Pengguna

Posting Ulasan Anda:
Skor:
0/300
Kirimkan
Video Terkait
Hot Brand
Honda
Honda
Yamaha
Yamaha
Suzuki
Suzuki
Kawasaki
Kawasaki
Vespa
Vespa
Benelli
Benelli

Orang Lain Juga Melihat

Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

Kendaraan Terbaru

  • Mobil
  • Motor
Berita Terpopuler
kredit
Kalkulator Kredit
*Tipe
Mobil Baru
Mobil Bekas
*Harga Kendaraan
*Jumlah Deposit
*Suku Bunga(%)
*Masa Cicilan
Pilih
  • 1 Tahun
  • 2 Tahun
  • 3 Tahun
  • 4 Tahun
  • 5 Tahun
  • 6 Tahun
Tips:
    Selanjutnya
    kredit
    Kalkulator Asuransi
    *Kode Plat Nomor Kendaraan
    Pilih
    *Jaminan Pokok
    Comprehensive
    Total Loss Only
    *Tahun Kendaraan
    Pilih
      *Nilai Pasar
      Jaminan Perluasan
      • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
      • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
      • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
      • Terorisme dan Sabotase
      • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
      Tips:
        Selanjutnya