• Gambaran
  • MobilSejenis
  • Model
  • Review
  • Artikel
  • FAQ
  • Evaluasi
  • Video
  • HotBrand

Kawasaki ZH2

Kawasaki ZH2
1/12
  • Kawasaki ZH2
  • Kawasaki ZH2
  • Kawasaki ZH2
  • Kawasaki ZH2
  • Kawasaki ZH2
  • Kawasaki ZH2
  • Kawasaki ZH2
  • Kawasaki ZH2
  • Kawasaki ZH2
  • Kawasaki ZH2
  • Kawasaki ZH2
  • Kawasaki ZH2
Angsuran mulai dari:TBD
TBD
Get Offer
Manual
Bensin
998cc
Otoloka Car Rating
Fungsi & InteriorKenyamanan BerkendaraKonsumsi BBMHarga & PerawatanKonsumsi BBMPerforma Mengemudi------

Ranking Motor Sejenis(Kawasaki ZH2 Tidak ada Ranking)

    Review
    • Overview
    • Desain
    • Fitur
    • Mesin & Performa
    • Konsumsi BBM
    • Kesimpulan

    Pabrikan Kawasaki terkenal dengan derertan motor sportnya. Di Indonesia merek motor ini banyak digemari dan menguasai segmen motor sport.  Banyak motor sport yang dijual di Indonesia, mulai dari berkapasitas kecil hingga besar. Salah satu yang paling tinggi kastanya adalah Kawasaki Z H2.

    Motor Kawasaki Z H2 ini merupakan jenis motor naked yang memiliki reputasi sebagai motor tercepat di dunia. Mengambil basis dari Kawasaki H2 yang sebelumnya sudah terkenal, membuat Kawasaki Z H2 jadi versi naked yang paling ganas di jalanan.

    Baik Kawasaki H2 dan Kawasaki Z H2, keduanya sudah dibekali dengan teknologi supercharged . Memasuki kelas 1.000cc Kawasaki Z H2 memiliki desain yang berbeda dengan motor sekelasnya. Konsep Sugomi juga diterapkan pada motor super cepat ini.

    Seperti motor Kawasaki pada umumnya. Dengan desain yang tajam dan sporti. Seakan ingin menunjukan agresivitas di jalanan. Motor sport ini memiliki banyak fitur andalan yang jadi keunggulan. Banyaknya fitur tersebut membuat motor ini dibanderol dengan harga yang sangat mahal.

    Bagi anda yang teratrik dengan motor ini, anda harus siapkan uang ratusan juta dan harus bersabar. Karena pemesanan motor bertenaga super ini hanya terbatas dan tiap Negara mendapatkan jatah untuk membeli motor ini.

    Salah satu fitur andalan Kawasaki Z H2 adalah Kawasaki Launch Control Mode (KLCM). Dengan fitur ini pengendara bisa mengendalikan mesin secara optimal sehingga tidak terjadi wheelspin akibat tenaga mesin yang sangat besar.

    Semua fitur tersebut diadopsi agar tingkat performa mesin Kawasaki Z H2 masih bisa dikendalikan secara baik oleh pengendaranya.

    Hal yang istimewa lagi dari motor ini adalah tentu saja sisi mesin. Menggendong mesin berkonfigurasi 4 silinder, 4tak dengan inline DOHC berkatup 16. Motor ini memiliki kapasitas mesin 998cc dan sudah ada system pendingin atau liquid system.  Dan terakhir yang sangat menentukan adalah hadirnya teknologi supercharger.

    Dengan konfigurasi ini membuat tenaga yang dihasilkan Kawasaki Z H2 mencapai  200 PS, ini dapat dihasilkan pada putaran mesin 11.000 rpm. Kemudian, urusan torsi maksimal Kawasaki Z H2 bisa mencapai 137 Nm pada putaran mesin 8.500 rpm.

    Dimensi

    Panjang

    2.085 mm

    Lebar

    810 mm

    Tinggi

    1.130 mm

    Wheelbase

    1.455 mm

    Ground Clearance

    145 mm

    Tinggi Tempat Duduk

    830 mm

    Berat

    239 kg

    Kapasitas Tangki

    19 Liter

    Performa

    Tipe Mesin

    4 Tak, 4 Silinder, DOHC, 16 valves Supercharger

    Kapasitas Mesin

    998 cc

    Tenaga

    147.1 kW (200 PS) / 11,000 rpm

    Torsi

    137 Nm (14 kgf.m) / 8,500 rpm

    Sistem Pembakaran

    Fuel injection

    Transmisi

    6-speed+ Quick Shifter

    Starter

    Electric Starter

    Bore X Stroke

    76 x 55 mm

    Rasio Kompresi

    11.2 : 1

    Tipe Kopling

    Wet multi-disc, manual + Assist & Slipper Clutch

    Handling

    Rangka

    Trellis, high-tensile steel

    Ban Depan

    120/70ZR17M/C (58W) (Tubeless)

    Ban Belakang

    190/55ZR17M/C (75W) (Tubeless)

    Suspensi Depan

    Upside Down Showa SFF-BP (Separete Function Fork Big Piston)

    Suspensi Belakang

    Uni-Trak Swing Arm Sytem + Shock Absorber Showa

    Pengereman

    Rem Depan

    Dual Semi-Floating 290 mm, Brembo Monobloc Brake Calipers 4 Piston

    Rem Belakang

    Single Disc 226 mm, Brembo 2 Piston

    Jika melihat sisi desain atau tampilan, Kawasaki Z H2 punya desain yang unik. Lihat saja bentuk kepalanya yang mirip dengan alien.  Muka depan motor ini begitu, ternyata memiliki tujuan.

    Itu dibuat seperti itu karena ingin mendapatkan tingkat aerodinamis yang maksimal. Selebihnya kesan agresif masih tampak pada Kawasaki jenis ini. Pada bagian depan, headlamp sudah memakai teknologi LED.

    Ada hal yang unik dan berbeda dengan moge Kawasaki lainnya. Itu adalah mengenai lubang intake. Di Kawasaki Z H2 ini hanya tersedia satu lubang intake.  Disematkan pada bagian kiri motor saja. Biasanya moge Kawasaki memiliki dua lubang intake. Tapi untuk Kawasaki Z H2 hanya satu saja.

    Untuk air scoop, motor ini memiliki dua. Terletak di sebelah kanan dan kini depan.  Hal itu berbeda dengan Kawasaki Z series lainnya yang sebelumnya sudah dijual di seluruh dunia.

    Beralih ke bagian tengah motor. Pada Kawasaki Z H2 memiliki tangki yang mampu menampung bahan bakar minyak (BBM) sebanyak 19 liter. Pada sumbu roda, motor ini punya jarak 1.455 mm. Sementara tinggi jok 830 mm.

    Untuk bagian dashboard atau speedometer. Kawasaki Z H2 sudah pakai full digital untuk mengetahui inforasi seputar motor ini. Ada indicator gigi (gear), perpindahan transmisi (shift indicator), ada informasi bensin, perhitungan jarak dan masih banyak lagi.

    Motor dengan harga selangit ini juga bisa diketahui informasinya melalui smartphone. Dengan koneksi Bluetooth, pengendaranya bisa mengetahui segala informasi motornya tanpa harus melihat langsung ke speedometer.

    Pada bagian belakang, cirri khas Kawasaki Z series adalah adanya siluet Z pada bagian tail light. Bagian belakang juga dilengkapi jok untuk boncengan, sehingga motor ini bisa membawa penumpang lainnya. Dari bagian depan hingga belakang, Kawasaki Z H2 ini sangat memikat para peminat motor sport jenis naked bike.

    Seperti disebutkan pada bagian overview, Kawasaki Z H2 ini memiliki banyak fitur yang mendukung performa dan keselamatan dari pengendaranya. Dimulai dengan fitur KLCM lalu ada juga traction control dan Inertial Measurement Unit.

    Untuk traction control, Kawasaki Z H2 ini memiliki 3 jenis pengendaraan. Mulai dari Sport, Touring hingga Power mode. Semuanya bisa disesuaikan dengan jenis pengendaraan yang diinginkan oleh pemiliknya.

    Kendati memiliki tenaga besar, ternyata motor ini juga bisa dikendalikan agar tidak terlalu berbahaya. Dengan fitur Power mode, maka pengedara bisa menyesuaikan tenaga yang dikeluarkan oleh motor ini. Tentu hal ini semakin membuat nyaman pengendara jika pada kondisi berkendara normal atau sedang inigin santai dan tidak ngebut.

    Sementara untuk mode Touring, Kawasaki Z H2 telah dilengkapi dengan fitur cruise control. Membuat pengendaranya bisa melakukan kecepatan yang konstan selama perjalanan jauh atau turing. Tidak ketinggalan ada juga fitur quick shifter seperti moge jenis sport lainnya.

    Ini berfungsi agar perpindah gigi Kawasaki Z H2 semakin cepat tanpa harus menginjakkan kaki pada pedal gigi. Ada juga Assist & Slipper Clutch yang membuat perpindahan gigi motor lebih halus dan jadi lebih ringan.

    Kendati motor sport yang memiliki tenaga besar, tapi motor ini masih sangat nyaman untuk digunakan harian karena ada mode pengendaraan yang bisa dipilih. Pada bagian rem ABS atau KIBS (Kawasaki Intelligent anti-lock Brake System) juga masih tersedia pada semua motor sport Kawasaki.

    Motor Kawasaki Z H2 Beralih ke sektor suspensi, Kawasaki Z H2 dibekali suspensi depan Upside Down dari Showa dengan model SFF-BP (Separete Function Fork Big Piston). Suspensinya memiliki fitur penyetelan redaman, sehingga kita bisa mengatur tingkat kekerasannya sesuai kenyamanan berkendara.   

    Di balik mahalnya harga Kawasaki Z H2, terdapat fitur yang tidak bisa dibandingkan dengan motor naked lainnya. Fitur tersebut adalah mesin berteknologi Supercharger dengan konfigurasi 4 langkah 4 silinder segaris DOHC 16 katup berkapasitas 998cc dan dilengkapi dengan sistem pendingin Liquid Cooled.

    Mesin Kawasaki Z H2 mampu memuntahkan tenaga maksimal sebesar 147,1 kW atau setara 200 PS pada putaran mesin 11.000 rpm. Kemudian torsi maksimal yang dihasilkannya mencapai 137 Nm pada 8.500 rpm. Teknologi supercharger memegang peranan yang sangat penting dalam performa Z H2, maka tidak heran jika motor ini akan menjadi salah satu motor tercepat di dunia.

    Untuk mengimbangi tenaga dan torsi yang sangat besar, tentunya dibutuhkan kaki-kaki yang kokoh dan sistem pengereman yang mumpuni. Nah berbicara soal pengereman, Kawasaki Z H2 dibekali dengan sistem pengereman KIBS (Kawasaki Intelligent anti-lock Brake System) yang memiliki kontrol pengereman lebih presisi dan didesain khusus untuk motor supersport.

    Tak hanya mengandalkan ABS saja, Kawasaki juga mengoptimalkan pengereman Z H2 dengan kaliper Brembo M4.32 Monoblock Radial. Kaliper Brembo 4 Piston dipadukan dengan Dual Semi Floating Disc berdiameter 290 mm yang membuat pengereman lebih presisi dan responsif.

    Untuk bagian belakang, Kawasaki menyediakan Single Disc berdiameter 250mm yang dipadukan dengan 2 kaliper Piston. Mengingat tenaga dan torsi yang dikeluarkan sangat besar, maka wajib motor ini dibekali sistem pengereman yang mumpuni agar dapat menghentikan kendaraan secara maksimal.

    Sebagai motor gede dengan tenaga yang sangat besar, mungkin banyak pemiliknya tidak terlalu memikirikan kondisi penggunaan bahan bakar. Tapi menurut beberapa sumber yang sudah melakukan pengujian Kawasaki Z H2 tercatat angka konsumsi BBM yang baik.

    Dari hasil pengujian terungkap bahwa untuk 1 liter bensin bisa menempuh jarak 18,3 Km, atau dengan kapasitas tangki motor Kawasaki Z H2 sebesar 19 liter bisa menempuh jarak sekitar 290 Km. Angka tersebut bisa saja berubah karena motor ini punya pengendalian tenaga sesuai keinginan pengendaranya.

    Terlepas dari lembar spesifikasi yang menonjol dan kinerja akselerasi yang sama ganasnya, ternyata Kawasaki Z H2 bisa dipakai dengan tenang atau bisa dipakai sehari-hari sesuai kebutuhan Anda. Jadi motor tenaga besar ini masih sangat berguna, walaupun sisi agresif  yang tidak bisa diremehkan.

    Jadi saat pengedara ingin memecahkan rekor kecepatan, bisa dicapai oleh Kawasaki Z H2 ini, Sementara jika ingin berkendara secara tenang juga bisa.

    Meskipun Kawasaki menyebut Z H2 sebagai 'Supercharged Supernaked', kami lebih berpendapat bahwa daya yang dihasilkan sebesar 197bhp, harus masuk kategori yang berbeda. Bahkan untuk pendatang dari BMW (S1000R), Yamaha (MT-10 SP) dan bahkan Triumph's Street Triple RS di trek dan jalan raya. 

    Artikel Terkait
    FAQ
    • Berapa Ukuran Ban Kawasaki Z H2?
      Kawasaki Z H2 menggunakan roda depan 120/70 ZR17 dan roda belakang 200/55 ZR17.
    • Berapakah Output Daya dari Kawasaki Z H2?
      Tenaga maksimum yang dihasilkan Kawasaki Z H2 adalah 197,4 hp dan torsi maksimum 133,5 Nm.
    • Apa saja Dimensi Kawasaki Z H2?
      Dimensi Kawasaki Z H2 adalah sebagai berikut - Jarak Bebas ke Permukaan Tanah: 140 mm, Tinggi: 1130 mm, Panjang: 2085 mm, Lebar: 810 mm

    Komentar Pengguna

    Posting Ulasan Anda:
    Skor:
    0/300
    Kirimkan
    Hot Brand
    Honda
    Honda
    Yamaha
    Yamaha
    Suzuki
    Suzuki
    Kawasaki
    Kawasaki
    Vespa
    Vespa
    Benelli
    Benelli

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya