• Gambaran
  • MobilSejenis
  • Model
  • Review
  • Artikel
  • FAQ
  • Evaluasi
  • Video
  • HotBrand

KTM 390 Adventure

KTM 390 Adventure
1/14
  • KTM 390 Adventure
  • KTM 390 Adventure
  • KTM 390 Adventure
  • KTM 390 Adventure
  • KTM 390 Adventure
  • KTM 390 Adventure
  • KTM 390 Adventure
  • KTM 390 Adventure
  • KTM 390 Adventure
  • KTM 390 Adventure
  • KTM 390 Adventure
  • KTM 390 Adventure
  • KTM 390 Adventure
  • KTM 390 Adventure
Angsuran mulai dari:2,96 Jt/Bln
Rp 119,00 Jt
Get Offer
Manual
Bensin
373cc
  • Kelebihan
  • Memiliki beragam fitur premium
  • Cocok untuk on-road dan off-road
  • Memiliki cita rasa motorcross Eropa
  • Kekurangan
  • Posisi jok terlalu tinggi
  • Harga lebih dari Rp 100 juta
Otoloka Car Rating
Fungsi & InteriorKenyamanan BerkendaraKonsumsi BBMHarga & PerawatanKonsumsi BBMPerforma Mengemudi------

Ranking Motor Sejenis(KTM 390 Adventure Tidak ada Ranking)

Review
  • Overview
  • Desain
  • Fitur
  • Mesin & Performa
  • Konsumsi BBM
  • Kesimpulan

PT Penta Jaya Laju Motor merilis KTM 390 Adventure pada 29 Agustus 2021 untuk memberikan opsi baru bagi konsumen Indonesia. Motor ini dikembangkan dengan menggunakan basis KTM 450 Rally yang telah berhasil menjuarai World Rally Championship Dakar.

Meski memiliki desain khas motorcross, KTM 390 Adventure dipastikan sangat cocok digunakan di lintasan aspal dan tanah. Motor ini berada di segmen dual-purpose dan cocok untuk konsumen yang gemar berpetualang.

Secara desainnya, motor ini tetap tampil modern dan sporty dengan penggunaan lampu LED pada seluruh sistem penerangan. Selain itu penggunaan lingkar roda berdiameter 19-inch pada bagian depan dan 17-inch pada bagian belakang membuat tampilannya semakin gahar.

Sektor mesin dan kaki-kaki menjadi andalan KTM 390 Adventure untuk dapat eksis di pasar Tanah Air. Berbekal mesin berperforma tinggi yang dilengkapi dengan beragam fitur canggih diyakini dapat memuaskan dahaga para petualang.

Untuk dapat memenuhi kebutuhan mobilitas harian, motor ini memiliki kapasitas tangki bahan bakar yang besar. Selain itu terdapat teknologi Quick Shifter+ dan Slipper Clutch semakin memudahkan konsumen ketika melintasi lalu lintas padat.

Dengan beberapa keunggulannya KTM 390 Adventure dibanderol dengan harga Rp 119.000.000 on-the-road Jakarta. Banderol tersebut dirasa terlalu tinggi, mengingat motor ini diposisikan di kelas menengah meski telah dirakit secara lokal di pabrik Gresik, Jawa Timur.

Selain memiliki harga tinggi, KTM 390 Adventure juga hanya hadir dalam 2 pilihan warna yakni orange dan putih. Namun jika untuk konsumen yang hobi berpetualang, motor ini dapat menjadi salah satu pilihan utama.

Spesifikasi Honda PCX 160

Mesin

Tipe : 4-Langkah, 4-Valve, DOHC, Pendingin Cairan

Kapasitas : 373,2cc

Silinder : 1-Cylinder

Diameter x Langkah : 89 mm x 60 mm

Perbandingan Kompresi : 12,6 : 1

Tenaga Maksimal : 32 Kw @9000 rpm

Torsi Maksimal : 37 Nm @7000 rpm

Tipe Transmisi : 6-Percepatan Manual

Tipe Starter : Electric Starter

Sistem Bahan Bakar : Bosch EFI

Bahan Bakar : Bensin

Dimensi

P x L x T : 2.075 mm x 880 mm x 1.230 mm

Jarak Sumbu Roda : 1.420 mm

Tinggi Tempat Duduk : 855 mm

Berat : 158 kg

Kapasitas Tangki : 14,5 L

Rangka

Tipe Rangka : Steel Trellis Frame, Powder-Coated

Suspensi Depan : WP Apex 43mm Upside Down

Suspensi Belakang : WP Apex Monoshock

Rem Depan : Single Piston, Radially mounted Calliper, Brake Disc 320mm

Rem Belakang : Double Piston, Floating Calliper, Brake Disc 230mm

Ban Depan : 100/90-19 Metzeller Tourance

Ban Belakang : 130/80-17 Metzeller Tourance

Kelistrikan

Tipe Baterai/Aki : 12 V – 8Ah

Sistem Pengapian

Tipe Busi : 

Jika dilihat sekilas, KTM 390 Adventure memiliki aura motorcross yang kuat. Namun sesungguhnya motor ini dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan mobilitas harian konsumen.

Memiliki desain yang gagah dan sporty mampu menarik perhatian masyarakat ketika digunakan. Terlebih itu, desainnya juga memiliki ciri khas motor Eropa di mana posisi berkendara tampak ergonomis.

Jika dilihat dari depan, KTM 390 Adventure memiliki desain lampu depan dengan Daytime Running Light (DRL) yang terpisah dari kemudi dan body. Sehingga lampu depan ini tidak akan berubah posisinya ketika kemudi digerakkan ke arah kanan dan kiri.

Selain itu lampu depan motor ini telah menggunakan teknologi LED sehingga meski memiliki dimensi cukup ramping, pencahayaan yang dihasilkan tetap maksimal. Di atas lampu depan terdapat windshield untuk memperkuat kesan motor adventure.

Sedangkan untuk lingkar roda menggunakan diameter 19-inch dengan desain jeruji modern. Lingkar roda tersebut dipadukan dengan ban dual-purpose yang mampu memaksimalkan performa ketika digunakan di aspal dan tanah.

Beralih ke bagian samping, tampilan tangki BBM yang menggunakan bahan plastik ini tampak sangat ramping meski memiliki kapasitas 14,5 liter. Desain jok juga sangat nyaman berkat permukaan halus dan empuk.

Desain jok ini sesungguhnya lebih lebar dari model motorcross untuk memberikan kenyamanan ketika digunakan untuk mobilitas harian. Posisi footstep juga sedikit lebih maju dari posisi jok sehingga posisi lutut tidak terlalu menekuk ketika digunakan.

Beralih ke bagian bawah, KTM telah menyematkan mud guard untuk melindungi mesin dari cipratan lumpur, air dan tanah. Desain knalpot juga tampak sangat sporty berkat adanya lapisan alumunium.

Pada bagian belakang, motor dual-purpose ini tetap mengusung desain lampu belakang khas KTM yang kecil. Guna memudahkan penumpang, 390 Adventure juga telah dilengkapi dengan behel berukuran lumayan besar.

Untuk bagian dashboard, KTM 390 Adventure telah dilengkapi dengan kemudi bermodel telanjang dengan posisi cukup tinggi dan lebar. Terdapat pula handguard untuk memperkuat kesan adventure.

Sedangkan untuk panel instrument telah menggunakan layer TFT berukuran 5-inch yang menyajikan beragam informasi penting kepada konsumen. Sayangnya motor ini masih menggunakan anak kunci konvensional.


Bicara mengenai fitur, produsen motor asal Austria ini bisa dibilang tidak pelit karena beragam fitur canggih telah disematkan dalam diri 390 Adventure. Panel instrument digital pada motor ini tampak sangat modern dan ketika awal motor diyalakan terdapat tagline “Ready To Race”.

Memang desain layar TFT berukuran 5-inch ini sama dengan milik KTM Duke 390 dengan desain setengah lingkaran untuk memberikan informasi kecepatan dan torsi. Selain itu konsumen juga akan mendapatkan informasi mengenai jam digital, posisi gear, jarak tempuh, kondisi bahan bakar, temperatur mesin, status ABS dan MTC.

Pada bagian kanan dan kiri terdapat indikator sein, MIL, ABS, TC, tekanan oli, peringatan dan lampu jauh. Jika melihat mode trip, motor ini akan menyuguhkan informasi mengenai rata-rata kecepatan, rata-rata konsumsi bahan bakar, tanggal, volt meter dan sisa jarak yang dapat ditempuh dengan kondisi bahan bakar saat itu.

Masuk ke dalam menu dengan menekan tombol set, konsumen dapat mengaktifkan dan menonaktifkan fitur Motorcycle Traction Control (MTC) dan Quick Shift+ serta memilih ABS Road atau Off-road. Selain itu, layar TFT juga dapat berubah mode menjadi mode gelap secara otomatis.

Mode gelap tersebut juga dapat diaktifkan secara permanen pada mode pengaturan. Konsumen juga dapat menyambungkan sistem navigasi dari smartphone ke layar digital tersebut.

Selain fitur pada bagian dashboard, KTM 390 Adventure juga telah dilengkapi dengan teknologi ride by wire. Melalui teknologi tersebut mesin dapat menghantarkan tenaga dengan lebih maksimal ke roda penggerak belakang.

Suspensi pada motor ini juga dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen baik itu pada bagian depan dan belakang. Perpaduan fitur Cornering ABS dan Quick Shifter+ juga dipastikan akan memberikan pengalaman berkendara terbaik kepada konsumen


KTM 390 Adventure mengusung mesin bensin berkapasitas 373,4cc yang mampu menyemburkan tenaga maksimal 44 daya kuda pada 9.000 rpm dan torsi 37 Nm pada 7.000 rpm. Mesin tersebut dikombinasikan dengan transmisi 6-percepatan manual dan dilengkapi PASC Slipper Clutch.

Perpaduan tersebut dirasa mampu memberikan performa terbaik ketika digunakan di medan on-road dan off-road. Handle kopling dan rem motor ini juga memiliki 5 tingkat sehingga dapat disesuaikan dengan karakter berkendara konsumen.

Performa buas motor ini juga ditunjang dengan jarak suspensi cukup jauh sehingga memiliki handling yang sangat nyaman. Fitur Cornering ABS juga mampu menjaga stabilitas motor ketika digunakan bermanuver.

Selain Cornering ABS, motor ini juga sangat stabil berkat adanya Motorcycle Traction Control (MTC). Melalui MTC, mesin akan menyemburkan tenaga yang sesuai dengan kondisi jalan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya slip pada roda.

Quick Shifter+ dan Slipper Clutch juga memudahkan konsumen untuk memindahkan posisi gear ketika digunakan. Konsumen tidak perlu lagi menarik tuas kompling untuk memindahkan posisi gear dengan kondisi tertentu.


KTM 390 Adventure diklaim dapat menempuh jarak hingga 400 km dalam sekali pengisian bahan bakar penuh. Motor ini sesungguhnya punya 2 bagian terpisah untuk bahan bakarnya untuk memaksimalkan jarak tempuh.

Tangki bahan bakar motor ini terdiri 14,5 liter dengan 3,5 liter tangki cadangan. Hal tersebut semakin memudahkan konsumen ketika melakukan perjalanan jarak jauh.

Jika menggunakan data tersebut, KTM 390 Adventure ini memiliki konsumsi bahan bakar 27,5 km/liter. Tentunya hal tersebut dapat menjadi salah satu kelebihan motor ini di mana memiliki performa tinggi namun tetap efisien.


KTM 390 Adventure secara khusus dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang suka berpetualang dan bermain tanah. Namun motor ini juga diklaim sangat cocok digunakan untuk mobilitas harian.

Mengusung mesin yang dilengkapi dengan beragam fitur canggih ini mampu memberikan performa tinggi. Konsumen juga akan merasa lebih mudah dan nyaman ketika berkendara berkat fitur-fitur canggih tersebut.

Kompetitor BMW G 310 GS memang memiliki banderol harga lebih murah dan beberapa keunggulan lainnya. Namun jika dilihat dari sisi after sales, konsumen akan mendapatkan beberapa kendala karena jaringan dealer KTM masih sangat terbatas di Indonesia.

Oleh karena itu konsumen KTM 390 Adventure harus  menyiapkan dana lebih jika memutuskan untuk meminang motor dual-purpose bercita rasa Eropa ini


Artikel Terkait
FAQ
  • Berapa harga KTM 390 Adventure?
    KTM 390 Adventure dijual dengan harga Rp 119.000.000 on-the-road Jakarta.
  • Apa saja varian KTM 390 Adventure?
    KTM 390 Adventure hanya memiliki 1 varian dan 2 opsi warna yaitu orange dan putih.
  • Bagaimana mesin dan performa mesin Honda PCX 160?
    KTM 390 Adventure menggunakan mesin bensin berkapasitas 373,4cc dengan tenaga maksimal 44 daya kuda pada 9.000 rpm dan torsi 37 Nm pada 7.000 rpm.

Komentar Pengguna

Posting Ulasan Anda:
Skor:
0/300
Kirimkan
Video Terkait
Hot Brand
Honda
Honda
Yamaha
Yamaha
Suzuki
Suzuki
Kawasaki
Kawasaki
Vespa
Vespa
Benelli
Benelli

Kendaraan Terbaru

  • Mobil
  • Motor
Berita Terpopuler
kredit
Kalkulator Kredit
*Tipe
Mobil Baru
Mobil Bekas
*Harga Kendaraan
*Jumlah Deposit
*Suku Bunga(%)
*Masa Cicilan
Pilih
  • 1 Tahun
  • 2 Tahun
  • 3 Tahun
  • 4 Tahun
  • 5 Tahun
  • 6 Tahun
Tips:
    Selanjutnya
    kredit
    Kalkulator Asuransi
    *Kode Plat Nomor Kendaraan
    Pilih
    *Jaminan Pokok
    Comprehensive
    Total Loss Only
    *Tahun Kendaraan
    Pilih
      *Nilai Pasar
      Jaminan Perluasan
      • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
      • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
      • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
      • Terorisme dan Sabotase
      • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
      Tips:
        Selanjutnya