OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Gambaran
  • Model
  • Review
  • Artikel
  • FAQ
  • Mobil Sejenis
  • Video

Kymco GP 125

Kymco GP 125
1/13
  • Kymco GP 125
  • Kymco GP 125
  • Kymco GP 125
  • Kymco GP 125
  • Kymco GP 125
  • Kymco GP 125
  • Kymco GP 125
  • Kymco GP 125
  • Kymco GP 125
  • Kymco GP 125
  • Kymco GP 125
  • Kymco GP 125
  • Kymco GP 125
Mulai Dari:0,56 Jt/Bln
Rp 21,50 Jt
Otomatis
Bensin
124cc
  • Kelebihan
  • Desain unik dan kompak penunjang fleksibilitas tinggi
  • Panel instrumen modern kombinasi digital-analog
  • Mesin ramah lingkungan didukung teknologi injeksi
  • Sudah dilengkapi USB Port
  • Kekurangan
  • Lampu belum LED
  • Kapasitas bagasi tidak terlalu besar
  • Belum tersedia fitur rem ABS
  • Hanya tersedia 1 varian

Semua Model

  • Standard
    Angsuran: Rp 0,56 Jt/Bln
    Harga: Rp 21,50 Jt
    nullcc

Review

  • Overview
  • Desain
  • Fitur
  • Mesin & Performa
  • Konsumsi BBM
  • Kesimpulan

Skuter matik (skutik) Kymco merupakan salah satu merek kendaraan asal Taiwan. Sejak lama Kymco berkiprah di ranah otomotif tanah air. Produk ini cukup menggeliat, kendati hadir di tengah-tengah dominasi pabrikan roda dua asal Jepang. 

Sedikit demi sedikit, Kymco mencoba mencari celah untuk melakukan dobrakan pasar. Memang Kymco sempat terkesan vakum selama beberapa tahun di Indonesia, walaupun kini kehadirannya kembali dirasakan para pengguna setianya.

Beberapa line up produk dari produk Kymco Series satu persatu mulai bermunculan kembali, diperkenalkan di Indonesia dengan sejumlah pembaruan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Produk-produk tadi mulai dari line up skutik, skuter Maxi hingga ATV.

Tahun lalu, tepatnya pada pertengahan 2020, pabrikan Kymco dikabarkan telah meluncurkan skutik terbaru mereka di Indonesia. Walaupun prosesi peluncurannya tak seheboh pabrikan Jepang dalam meluncurkan ragam produknya. Di samping tahun 2020 merupakan tahun pandemi Covid-19, dimana segala aktivitas banyak yang membeku.

Model yang diluncurkan pada pertengahan tahun lalu, sekitar tanggal 11 Juli 2020, adalah Kymco GP 125. Model ini diklaim sebagai skutik pemula, mengusung konsep desain ‘jadul’, karena membawa ciri khas desain Kymco Series era 2000 an. Tak main-main, digadang-gadang Kymco GP 125 diklaim untuk dipersiapkan menjadi penantang Yamaha Lexi yang lebih dulu hadir di pasar otomotif nasional.

Kymco GP 125 diperkuat mesin lumayan bukan kaleng-kaleng. Tipe SOHC dengan kapasitas 125cc, yang mampu menyemburkan tenaga cukup bersaing di kalangan rival-rivalnya. Fitur relatif beragam, mulai dari panel instrumen yang informatif dengan kombinasi digital-analog. Serta USB Port yang dapat dimanfaatkan untuk pengisian daya gawai. 

Setelah resmi diperkenalkan di Indonesia, akhirnya terlihat kalau harga Kymco GP 125 terbilang begitu terjangkau. Yakni berada dikisaran Rp21.5 juta on the road (OTR) wilayah DKI Jakarta. Hingga sejauh ini, Kymco GP 125 sudah tersedia di sejumlah dealer resmi Kymco di seluruh Nusantara.

Artinya, kembali dengan melihat nominal harga yang ditetapkan tadi, memang tampaknya skutik ini cocok masuk kategori sebagai kendaraan kelas pemula. Dalam menunjang beragam aktivitas luar ruang para pengguna skutik mania.

Untuk variannya, Kymco GP 125 hanya tersedia dalam 1 tipe GP 125 Standard. Mengenai warna, skutik ini 2 varian warna, yaitu Golden Brown Metallic dan Pearl White. Bicara pesaingnya, Kymco GP 125 mempunyai pesaing Yamaha Lexi, Honda Scoopy, Benelli Seta 125, SYM Attila Venus 125i, Honda Vario 125, dan Yamaha Soul GT AKS.

Spesifikasi Kymco GP 125

Mesin

Tipe : SOHC, FI, berpendingin udara

Kapasitas : 125cc

Silinder : 1-Cylinder

Diameter x Langkah : 52,4 x 57,8 mm

Perbandingan Kompresi : 9.5 : 1

Tenaga Maksimal : 8.7 Hp / 8.500 rpm

Torsi Maksimal : 9,1 Nm / 6.500 rpm

Tipe Transmisi : V-belt automatic

Tipe Starter : Electric & Kick Starter

Sistem Bahan Bakar : Fuel Injection

Bahan Bakar : Bensin

Kapasitas Oli Mesin : 0,8 liter

Kapasitas Oli Transmisi / Tipe : 110 ml / #90

Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 4.5 L

Dimensi & Kelistrikan

P x L x T : 1.790mm x 690mm x 1.100mm

Jarak Sumbu Roda : 1.225mm

Jarak ke Tanah : 105mm

Berat Bersih : 106 Kg

Pengapian : ECU

Baterai : YTX9 12V 9AH

Rangka & Kaki-kaki

Tipe Rangka : Underbone, Steel

Ban Depan : Tubeless 3.50-10

Ban Belakang : Tubeless 3.50-10

Material Ban : Nilon

Rem Depan : Single Disc Brake

Rem Belakang : Drum Brake

Suspensi depan : Telescopic Fork

Suspensi belakang : Swing Arm

Hakikatnya, secara konsep desain, skutik terbaru merek Kymco ini datang membawa ciri khas unik ala-ala Kymco di generasi tahun 2000-an. Gayanya sedikit berbeda, dibandingkan dengan skutik kebanyakan hasil garapan pabrikan asal Negeri Sakura.

Ukuran dimensi Kymco GP 125 dirancang (P x L x T) adalah 1.790mm x 690mm x 1.100mm. Memiliki jarak ke tanah dengan tinggi 105mm, membuat Kymco GP 125 terasa lebih fleksibel unisex. Dapat dikendarai oleh kaum pria ataupun wanita.

Pada perwajahan depan, terlihat desain lumayan sporty, dengan dukungan sudut-sudut lancip menghadirkan karakter tangguh dan sporty. Lampu utama varian ini sengaja diposisikan secara standar dalam lindungan sebuah batok. Mengusung tampilan yang menciptakan sudut semacam alis mata pada fender anjungan.

Jok dibuat konsep Dual Straight. Sehingga posisi duduk bagi pengemudi dan penumpang Kymco GP 125 akan lebih nyaman. Bagian bodi samping Kymco GP 125 mempunyai siluet samping mirip kurva. Lebih tebal di ranah dek dengan ukuran cukup luas untuk pijakan kaki. 

Tak cukup sampai di situ, panel samping dan buritan sengaja dibuat terkesan gemuk, berhiaskan stoplamp ukuran besar pada sektor belakang. Demi mengoptimalkan lini penerangan pada lampu bagian buritan.

Bahwa pada Kymco GP 125 ini pun telah dibekali spek panel instrumen berbalut bingkai plastik warna perak. Di dalamnya coba menampilkan aneka informasi, melalui presentasi yang ditampilkan pada panel layar digital dan analog.


Seperti diketahui, Kymco GP 125 juga memiliki ragam fitur menarik yang tergolong kekinian. Membuatnya menjadi skutik yang layak dipertimbangkan. Salah satunya adalah kombinasi digital dan analog pada konsol panelmeternya. Pada layar digital tertera informasi indikator kecepatan, odometer, penunjuk waktu, konsumsi bensin dan informasi trip. Sedangkan pada layar analognya, pengguna bisa memperoleh informasi tachometer, mengesankan tampilan Kymco GP 125 yang lebih sporty

Lampu depan skutik GP 125 juga memiliki desain agresif dan bisa dikatakan anti mainstream. Khususnya buat mereka yang ingin tampil beda saat berkendara di jalan raya. Terkait bagasinya, memang bagasi Kymco GP 125 tak sanggup menampung helm half face, tetapi cukup buat menampung sejumlah barang bawaan berkendara. Tangki bahan bakar Kymco GP 125 bisa menjadi wadah 4.5 L bensin. Membuat penggunanya tak perlu risau dan khawatir, apabila ingin melakukan perjalanan jauh.

Kymco GP 125 juga menyediakan bagasi depan. Dimana pada komponen tersebut, pengendaranya bisa meletakkan botol minum kecil, gawai, sarung tangan, atau barang bawaan lain yang berukuran kecil, namun dapat segera diambil bila sewaktu-waktu diperluka. Jadi tak perlu meletakkannya di dalam bagasi motor.

Seperti skutik dan motor-motor jaman sekarang, Kymco GP 125 juga menyediakan fasilitas USB Charger. Jadi apabila baterai gawai atau gadget low bat di tengah perjalanan saat berkendara, bisa langsung sambilan dicas. Langsung colok, tanpa memerlukan konverter lagi. 

Cuma harus diingat, fitur ini hendaknya digunakan secara bijaksana. Gunakan hanya sekadar untuk mengecas. Jadi ketika sedang mengecas gawai atau ponsel, jangan lantas menggunakan ponsel sambil berkendara. Karena berisiko membahayakan diri sendiri dan pengendara lain di sekitar.

Lampu belakang bagian dari Kymco Series ini juga telah memiliki desain sporty, dengan penerangan Full LED yang lumayan terang. Menambah nilai visibilitas saat mengendarainya. Terutama bagi kendaraan lain di sekitar, atau kendaraan yang tepat berada di posisi belakangnya.

Lini pengereman yang mumpuni sangatlah dibutuhkan bagi sebuah kendaraan. Demi menjaga keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Rem depan Kymco GP 125 menggunakan kaliper dengan dua piston. Kondisi rem yang pakem, membuat pengendara lebih percaya diri (pede) kala berkendara, dan bila terpaksa harus melakukan pengereman mendadak. 

Suspensi belakang Kymco GP 125 ditopang peranti Swing Arm yang diklaim empuk dan cenderung ajeg untuk menjaga kestabilan. Lumayan bikin pede saat ingin melakukan cornering di jalan raya.

Detail daftar fitur keselamatan Kymco GP 125 meliputi Street Riding Modes, Pass Switch, Engine Check Warning, Shutter Lock dan Side Reflectors. Pendukung suspensi, sasis dan rem meliputi suspensi depan Telescopic Fork, suspensi belakang Shock Absorber, rem depan cakram, rem belakang tromol, dan Dual Straight Seat Type.

Kymco GP 125 ditenagai mesin 124.6cc 1-silinder berpendingin udara.  Memuntahkan  daya maksimal 8.7 Hp dan torsi maksimal 9.1 Nm. Ketinggian kursi Kymco GP 125 adalah 74 mm. Ukuran ban depan 100/90 R10 dan ban belakang 100/90 R10.

Sedikit gambaran, mesin yang dibawa Kymco GP 125 kabarnya mengadopsi mesin dari Kymco Scooter Trend 125 yang lebih dahulu dirilis. Sedangkan diameter silinder didesain sedikit overstroke, yaitu 52,4mm x 57,8mm, agar lebih relevan dengan situasi stop and go. Membuat Kymco GP 125 kian dinamis, khususnya diajak bermanuver di medan perkotaan.

Karakter desain bodi yang unik pada spek Kymco GP 125 tentu tak lepas dari sokongan rangka dan sektor kaki-kaki, yang berperan sebagai penopang. Terkait itu, produsen Kymco asal Taiwan ini menyematkan rangka jenis Underbone, dengan memboyong konsep Backbone, demi menambah kokoh dan kuat ketika diperlukan dalam membawa beban.

Di sisi kaki-kaki, model ini sudah dibekali kaki-kaki yang lumayan mumpuni, untuk mengoptimalkan kemampuan dan keseimbangan. Dimana Kymco GP 125 mengandalkan kaki bagian depan dengan suspensi tipe Telescopic Fork, dan kaki bagian belakang suspensi Swing Arm. Mampu mencegah getaran, ketika melibas jalan berlubang atau tak rata, yang membuat pengendara terasa lebih nyaman.

Masih seputar peranti keselamatan, pada struktur kaki-kaki Kymco GP 125 diperkuat Single Disc Brake, atau rem cakram tunggal di area depan, dan rem tromol atau Drum Brake di sektor kaki belakang. Memang belum dilengkapi sistem pengereman ABS, namun komponen pengereman pada Kymco GP 125 diklaim terbilang lumayan buat mengendalikan laju motor ketika dikendarai.

Performa Kymco GP 125 diklaim menyenangkan buat dipakai harian. Lumayan responsif, cuma saja karakter saat gas dibuka, Kymco GP 125 akan terdengar menggerung cukup keras. Begitupula, ketika jalan berada di kisaran 5.000 rpm.

Memang karakter responsif dari GP 125 membuat motor ini lumayan enak dipakai berkendara stop and go, seperti kebanyakan berkendara di lalu-lintas perkotaan. Perwujudan mesin repsonsifnya juga kelihatan dari catatan akselerasi pengetesan pakai Racelogic. Dari 0 hingga 60 km/jam, sanggup ditempuh hanya dalam waktu 7,1 detik.

Tetapi ketika mesin diremas kencang untuk meraih catatan top speed, GP 125 mulai terasa gejala megap-megap kehabisan nafas, tepatnya di atas 7.000 rpm. Top speed yang diperoleh lewat alat ukur Racelogic cuma 90,8 km/jam, sementara di speedometer tertoreh 109 km/jam. Lantas bagaimana konsumsi bahan bakarnya? Rata-rata Kymco GP 125 menelan konsumsi bensin sebanyak 36,7 km/liter.


Kesimpulan apa yang diperoleh setelah memperhatikan panjang lebar seputar Kymco GP 125? Ternyata bisa dikatakan GP 125 lumayan mengesankan untuk dipakai di rute dalam kota. Enjoy diajak membelah ruas-ruas kemacetan lalu lintas perkotaan, khususnya Jakarta.

Ragam fiturnya juga cukup menemani kehadiran berkendara. Oiya, ada bagian dari desain yang sedikit luput, yakni spionnya. Kaca spion Kymco GP 125 memiliki model lumayan unik dan menarik. Tetapi cukup mengakomodir, membuat mata lapang melihat zona berkendara di belakang Kymco GP 125 yang kita kendarai. Ditambah lagi, harga Kymco GP 125 yang cukup bersaing. Tergolong paling murah dibanding skutik Kymco Series lainnya yang ada di Indonesia.


Artikel Terkait

FAQ

  • Berapa ketinggian jok Kymco GP 125?
    Terukur, ketinggian jok Kymco GP 125 mencapai 745mm
  • Berapa besar kapasitas oli mesin Kymco GP 125?
    Oli mesin Kymco GP 125 berkapasitas 0.8 L
  • Seberapa besar tenaga yang dimiliki Kymco GP 125?
    Gelontoran daya maksimum Kymco GP 125 8.7 Hp, dan torsi maksimum 9.1 Nm

Motor Sejenis

Video Terkait

Kendaraan Terbaru

  • Mobil
  • Motor

Berita Terpopuler

kredit
Kalkulator Kredit
*Tipe
Mobil Baru
Mobil Bekas
*Harga Kendaraan
*Jumlah Deposit
*Suku Bunga(%)
*Masa Cicilan
Pilih
  • 1 Tahun
  • 2 Tahun
  • 3 Tahun
  • 4 Tahun
  • 5 Tahun
  • 6 Tahun
Tips:
    Selanjutnya
    kredit
    Kalkulator Asuransi
    *Kode Plat Nomor Kendaraan
    Pilih
    *Jaminan Pokok
    Comprehensive
    Total Loss Only
    *Tahun Kendaraan
    Pilih
      *Nilai Pasar
      Jaminan Perluasan
      • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
      • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
      • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
      • Terorisme dan Sabotase
      • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
      Tips:
        Selanjutnya