OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Gambaran
  • Model
  • Review
  • Artikel
  • FAQ
  • Mobil Sejenis
  • Video

Kymco X-Town 250i

Kymco X-Town 250i
1/12
  • Kymco X-Town 250i
  • Kymco X-Town 250i
  • Kymco X-Town 250i
  • Kymco X-Town 250i
  • Kymco X-Town 250i
  • Kymco X-Town 250i
  • Kymco X-Town 250i
  • Kymco X-Town 250i
  • Kymco X-Town 250i
  • Kymco X-Town 250i
  • Kymco X-Town 250i
  • Kymco X-Town 250i
Mulai Dari:1,56 Jt/Bln
Rp 62,50 Jt
Otomatis
Bensin
249cc
  • Kelebihan
  • Desainnya agresif dan juga sporty
  • Teknologi Modern
  • Tenaga Mumpuni
  • Asyik digunakan saat touring maupun perjalanan jauh
  • Kekurangan
  • Bodi cenderung besar, kurang nyaman untuk perkotaan
  • Imej masih kurang baik di mata masyarakat
  • Ketersediaan suku cadang dan purna jual masih cenderung minim

Semua Model

  • Standard
    Angsuran: Rp 1,56 Jt/Bln
    Harga: Rp 62,50 Jt
    nullcc

Review

  • Overview
  • Desain
  • Fitur
  • Mesin & Performa
  • Konsumsi BBM
  • Kesimpulan

PT Smart Motor Indonesia (SMI) selaku agen pemegang merek (APM) sepeda motor Kymco di Indonesia turut menawarkan skuter matik (skutik) bongsor mereka, yakni Kymco X-Town 250i untuk pasar Indonesia. Produk ini melengkapi line-up produk skutik Kymco yang semakin diminati di Indonesia.

Menariknya, kalau dibandingkan dengan saudaranya, Kymco Downtown 250i. Skutik ini cenderung lebih menarik, pasalnya sudah dibekali dengan peranti pengereman Anti-lock Braking System (ABS). Bahkan pendahulunya, yakni Downtown 250i justru belum dilengkapi dengan ABS.

Kalau secara segmentasi dan pasar, Kymco X-Town 250i diposisikan di bawah Dowtown 250i. Namun urusan fitur, bisa dibilang 'Sang Kakak' Downtown 250i justru di bawah X-Town 250i karena fitur justru 'adiknya' lebih lengkap.

Bicara harga, Kymco Indonesia memasarkan X-Town 250i dengan harga Rp 64,5 juta, sedangkan Downtown 250i Rp 68 juta on the road Jakarta. Alasan harga lebih terjangkau untuk X-Town 250i lantaran menggunakan karakter mesin yang berbeda jadi bisa ditekan dari sisi harga. Klaim pabrikan bisa masuk ke market yang berbeda di antara keduanya.

Di atas kertas, X-Town 250i dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 249.1 cc, SOHC, FI dengan sistem berpendingin cair. Mesin itu mampu menghasilkan tenaga sebesar 20,7 daya kuda dan torsi sebesar 21,5 Nm.

Berbeda dengan Kymco Downtown 250i yang punya mesin berkapasitas 246,3 cc SOHC, satu silinder, bertenaga 22,5 hp pada 7.750 rpm dan torsi puncak 23,14 Nm pada 6.000 rpm. Kendati kedua skutik

asal Taiwan itu punya fitur dan karakter mesin berbeda, namun sejatinya kedua produk itu memiliki kelebihan masing-masing.

Khususnya dari sisi fitur dan cita rasa berkendara. Jadi konsumen bisa memilih sesuai dengan yang diinginkan.

Spesifikasi Kymco X-Town 250i

Mesin

Tipe : Single Cylinder, 4-Langkah, SOHC, 2 Katup dengan sistem berpendingin cair

Kapasitas : 249.1 cc

Silinder : 1-Cylinder

Diameter x Langkah : 72,7 mm x 60 mm

Tenaga Maksimal : 20,1 Hp

Torsi Maksimal : 21,5 Nm

Tipe Transmisi : Full Automatic

Tipe Starter : Electric Starter

Sistem Bahan Bakar : Fuel Injection

Bahan Bakar : Bensin

Dimensi

P x L x T : 2.235 mm x 780mm x 1.370mm

Jarak Sumbu Roda : 1.260 mm

Jarak Bodi ke Tanah : 135 mm

Berat : 195 kg

Kapasitas Tangki : 12,5 L

Rangka

Tipe Rangka : Underbone

Suspensi Depan : Teleskopik

Suspensi Belakang : Double Swing Arm

Rem Depan : Disc Brake 3 Piston (ABS)

Rem Belakang : disc brake 2 piston [ABS]

Ban Depan : tubeless 120/80-14

Ban Belakang : tubeless 150/70-13

Menyoal desain Kymco X-Town 250i rasanya patut untuk dibahas dengan mendalam. Pasalnya Yamaha X-Max dan juga Honda Forza itu wajib menawarkan sesuatu yang berbeda agar dapat memikat konsumen.

Jika dilihat dengan seksama, Kymco X-Town 250i menawarkan desain yang bongsor. Kymco X-Town memiliki dimensi panjang 2.235 mm, lebar 780 dan tinggi 1.370 mm. Jadi, skuter bongsor asal Taiwan ini lebih panjang 50 mm dari Yamaha X-Max yang memiliki dimensi 2185mm X 775mm X 1465.

Meski memiliki ukuran yang lebih panjang dan bobot kosong mencapai 190 kg. Namun, saat dikendarai, motor ini cenderung nyaman digunakan dan terasa enteng untuk dikendalikan saat bermanuver.

X-Town 250i memiliki desain jok yang bisa dikatakan sangat memberikan kenyamanan pada pengendara, terdapat undakan yang membagi jarak antar pengendara dan juga penumpang. Sehingga dapat menopang pinggang dan memberikan rasa nyaman meski berkendara jarak jauh.

Membahas dari sisi desain, skutik ini nampaknya berusaha untuk menggaet hati para pecinta maxi scooter di Indonesia dengan menawarkan sesuatu yang berbeda. Contohnya saja desain bodi, mulai dari bagian depan hingga belakang penuh dengan lekukan-lekukan yang membuatnya terasa agresif dan sporty. Kymco mengklaim desain seperti itu sangat disukai oleh konsumen di Indonesia.

Tak sampai di situ, guna menyempurnakan tampilan. Skutik ini menawarkan Stylish Dual Headlight dengan bohlam H7 dapat menerangi jalan saat riding di malam hari. Lampu senja atau DRL yang terpasang dekat lampu utama semakin menguatkan aroma sporty dari Kymco X-Town 250i.

Fitur ini diklaim sangat cocok bagi mereka yang ingin terlihat beda dan unik di jalanan. Kymco X-Town 250i mempunyai lampu belakang yang khas, “A’maxi Feature Taillight”.

Menariknya lagi, pabrikan mengklaim bahwa lampu belakang sudah menggunakan LED dan dirancang membentuk huruf X sehingga terlihat unik. Penyematan lampu LED tidak hanya lebih hemat energi dan terang, tapi juga meningkatkan visibilitas pengguna jalan lain terutama pada saat berkendara di malam hari.


Sedangkan membahas mengenai fitur Kymco X-Town 250i, skutik ini dijejali dengan beragam fitur-fitur modern. Seperti penggunaan lampu baik di depan maupun belakang. 

Kemudian spidometer model analog, dengan layar LCD di tengah, yang menampilkan beragam informasi seperti odometer dan trip meter.

Sistem pengereman Kymco X-Town 250i sudah pakai cakram di kedua rodanya, serta juga sudah dilengkapi rem ABS (Anti-lock Braking System) yang menjadi daya tariknya.

Fitur itu disempurnakan melalui hadirnya kaliper depan pakai 3 piston dan belakang pakai kaliper 2 piston. Sistem pengereman dijamin maksimal.

Tak ketinggalan kapasitas tangki yang lumayan besar, sampai 12,5 liter. Pas bangetkan buat riding antar kota.


Bicara soal dapur pacu Kymco X-Town 250i, memiliki mesin berkapasitas 249,1 cc SOHC pendingin cairan. Posisi radiator sendiri ada di balik roda depan. Mesinnya mengandalkan piston ukuran 72,7 mm dan langkah piston 60 mm. 

Dampaknya ternyata mampu menghasilkan tenaga mencapai 20,6 dk pada 6.500 rpm dan torsi 21,5 Nm di rentang 6.500 rpm. Dengan output tenaga dan torsi tersebut, rasanya sudah lebih dari cukup untuk riding jarak jauh tuh.

Sebagai gambaran, skutik satu ini kalau digunakan membelah jalur perkotaan seperti Ibu Kota. Nampaknya masih cenderung mumpuni dan nyaman.

Menariknya, tentu ketika di ajak touring. Mengingat bodinya yang bongsor dengan paduan mesin yang mumpuni tentunya menyuguhkan rasa berkendara yang menyenangkan.

Ketika pedal gas dihentak lebih dalam, skuter bongsor ini tidak lemot pada saat rpm bawah. Tenaga dari motor ini cukup responsif, jika pengendara menekan gas dalam-dalam skuter ini sejak awal.

Di samping menawarkan tenaga yang mumpuni, yang dipadukan dengan desain yang sporty. X-Town 250i juga mementingkan faktor kenyamanan bagi pengendaranya guna menyuguhkan rasa berkendara yang lebih baik.

Sepeda motor matik ini sengaja dihadirkan bagi para penggemar touring. Jok yang lebar dengan model berundak bisa dimanfaatkan oleh pengendara sebagai sandaran.

Semakin nyaman berkendara dengan handling yang mumpuni. Kymco X-Town 250i mempunyai sudut cornering hingga 37 derajat, lebih baik ketimbang pendahulunya Kymco Downtown 250i. Kymco juga meningkatkan ruang bagasi yang dapat memuat dua helm full face.


Menarik untuk dibahas, tentu menyoal konsumsi bahan bakar Kymco X-Town 250i. Pasalnya konsumsi BBM menjadi pertimbangan banyak konsumen yang ingin membeli sebuah sepeda motor.

Mengacu pada pengujian sejumlah awak media di Indonesia. Konsumsi BBM Kymco X-Town 250i cukup beragam, namun masih cenderung efisien.

Rata-rata konsumsi BBM untuk penggunaan perkotaan di rentang 36 km/liter. Ada juga yang melakukan pengujian yang mampu menghasilkan konsumsi BBM hingga 38 hingga 42 km/liter.

Sejatinya konsumsi BBM dapat berbeda-beda, tergantung cara berkendara dan juga jenis bahan bakar yang digunakan. Menariknya lagi, catatan konsumsi BBM di atas tentunya cenderung efisien dan patut jadi pertimbangan.


Mengacu pada sejumlah keunggulan yang ditawarkan, tentunya Kymco X-Town 250i bisa jadi pertimbangan bagi kalian yang ingin mencari sebuah skutik bongsor.

Pasalnya motor ini menawaran beragam kelebihan yang bisa memanjakan konsumen. Belum lagi, harganya yang cenderung bisa jadi pertimbangan kalian yang mencari sebuah skutik berkapasitas 250cc.

Jika kalian mencari pilihan lain diluar Yamaha X-Max ataupun Honda Forza. Mungkin Kymco X-Town 250i bisa jadi pertimbangan. Well.. pilihan kami kembalikan ke Anda!


FAQ

  • Berapakah kira-kira tinggi Kymco X-Town 250i?
    785 mm
  • Berapa kapasitas mesin X-Town 250i?
    249,1 cc
  • Apakah sudah pakai ban tubless?
    Mengandalkan ban tubless depan-belakang

Motor Sejenis

Video Terkait

Kendaraan Terbaru

  • Mobil
  • Motor

Berita Terpopuler

kredit
Kalkulator Kredit
*Tipe
Mobil Baru
Mobil Bekas
*Harga Kendaraan
*Jumlah Deposit
*Suku Bunga(%)
*Masa Cicilan
Pilih
  • 1 Tahun
  • 2 Tahun
  • 3 Tahun
  • 4 Tahun
  • 5 Tahun
  • 6 Tahun
Tips:
    Selanjutnya
    kredit
    Kalkulator Asuransi
    *Kode Plat Nomor Kendaraan
    Pilih
    *Jaminan Pokok
    Comprehensive
    Total Loss Only
    *Tahun Kendaraan
    Pilih
      *Nilai Pasar
      Jaminan Perluasan
      • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
      • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
      • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
      • Terorisme dan Sabotase
      • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
      Tips:
        Selanjutnya