OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Gambaran
  • Model
  • Review
  • Artikel
  • FAQ
  • Mobil Sejenis
  • Video

Triumph Rocket 3

Triumph Rocket 3
1/14
  • Triumph Rocket 3
  • Triumph Rocket 3
  • Triumph Rocket 3
  • Triumph Rocket 3
  • Triumph Rocket 3
  • Triumph Rocket 3
  • Triumph Rocket 3
  • Triumph Rocket 3
  • Triumph Rocket 3
  • Triumph Rocket 3
  • Triumph Rocket 3
  • Triumph Rocket 3
  • Triumph Rocket 3
  • Triumph Rocket 3
Mulai Dari:18,69 Jt/Bln
Rp 750,00 Jt - 750,00 Jt
Manual
Bensin
2458cc
  • Kelebihan
  • Jok pengendara dan boncenger nyaman
  • Konsep modern dengan desain gaya cruiser-roadster
  • Lampu utama berteknologi Twin LED headlight
  • Diperkuat instrumen digital layar TFT
  • Mesin handal kapasitas 2.500 cc
  • Menggunakan ban Avon Cobra Chrome
  • Kekurangan
  • Harga tinggi, nyaris sama dengan harga mobil SUV premium
  • Opsi warna kurang banyak
  • Kurang cocok untuk dikendarai di wilayah pedesaan

Semua Model

  • GT
    Angsuran: Rp 18,69 Jt/Bln
    Harga: Rp 750,00 Jt
    nullcc
  • R
    Angsuran: Rp 18,69 Jt/Bln
    Harga: Rp 750,00 Jt
    nullcc

Review

  • Overview
  • Desain
  • Fitur
  • Mesin & Performa
  • Konsumsi BBM
  • Kesimpulan

Tampaknya pandangan konservatif terhadap Triumph Rocket 3 perlahan layak dieliminasi. Motor ini tak lagi tawarkan cruiser murni, konsep bergeser menjadi sebuah roadster. Hal ini sepertinya bukan penyegaran semata, melainkan evolusi paling drastis yang dilakukan oleh pabrikan Inggris terhadapnya.

Tahun 2021, Triumph hadirkan Rocket 3R dan Rocket 3GT sebagai produk roda dua berkapasitas mesin terbesar, yang memang belum pernah dibuat oleh pabrikan motor manapun di dunia. Yakni memiliki kapasitas mesin 2.500cc.

PT. Garda Andalan Selaras (GAS Motorcycles) selaku Distributor Triumph Motorcycles di Indonesia mengklaim, dengan kemampuan touring di atas rata-rata, Rocket 3 sebagai penanda lahirnya legenda motor baru di kelas cruiser.

Sedangkan Rocket 3 R tampil sebagai yang terdepan di kelasnya, dengan style roadster terbaru ciri khas Triumph. Melalui bentuk bodi berotot, serta performa tinggi. Membuatnya cocok untuk para pengendara dengan gaya berkendara aktif, dan menjadikan kenyamanan sebagai prioritas.

Mencoba kilas balik 14 tahun ke belakang, Rocket 3 identik kalangan motoris golongan sultan. Mengingat line up Harley-Davidson model cruiser yang dijadikan 'banchmark'. Pasalnya imej tersebut lumayan lama menempel pada jajaran kuda besi asal negara Paman Sam, Amerika Serikat. Perlahan tapi pasti, paradigma tadi menipis, seiring lahirnya Rocket 3 generasi teranyar ini.

Alhasil pihak produsen pun sepakat, untuk tidak menghapus seluruhnya trah Triumph Rocket lawas. Lihat saja salah satu perwujudannya, dual headlamp bulat sebagai identitas Triumph Rocket sejak lahir tetap dipertahankan pada edisi terbaru ini.

Pabrikan Triumph pun sudah menetapkan harga untuk tunggangan Rocket 3, yang tersedia dalam dua varian, yakni Rocket 3 GT dan R, seperti yang telah disebutkan di atas. Dimana harga Triumph Rocket 3 dibanderol Rp 750 Juta. Jika diimbuhi pajak tangan pertama, harga on the road (OTR) wilayah Jakarta diperkirakan menyentuh angka Rp850 Juta. Komentari para pesaing, Rocket 3 memiliki rival antara lain Harley-Davidson Roadster, Moto Guzzi Audace, Harley-Davidson Fat Boy, Harley-Davidson Low Rider, dan Harley-Davidson Fat Bob.

Spesifikasi Triumph Rocket 3

Mesin

Tipe Mesin                                          : DOHC, Inline 3-cylinder, water-cooled

Kapasitas Mesin                                 : 2.458cc

Silinder                                               : 3-Cylinder

Diameter x Langkah                           : 110.2mm x 85.9mm

Rasio Kompresi                                  : 10.8:1

Tenaga Maksimal                               : 167 Ps / 6,000 rpm

Torsi Maksimal                                   : 221Nm / 4,000 rpm

Tipe Transmisi                                                : Manual 6-percepatan

Tipe Starter                                        : Elektrik

Sistem Bahan Bakar                           : Fuel Injection, Ride by Wire

Bahan Bakar                                       : Bensin

 

Dimensi

Lebar                                                   : 886mm

Tinggi                                                  : 1.066mm

Jarak Sumbu Roda                             : 1.677mm

Tinggi Tempat Duduk                         : 750mm

Berat                                                   : 294 Kg

Kapasitas Tangki                                : 18 Liter

 

Rangka

Tipe Rangka                                        : Full Aluminium

Suspensi Depan                                  : Showa 47mm Upside Down

Suspensi Belakang     : Fully Adjustable Showa Piggyback Reservoir RSU with Remote Hydraulic Preload Adjuster

Rem Depan                                         : Dual Disc 320mm, Brembo M4.30 Stylema®

Rem Belakang                                     : Single Disc 300mm, Brembo M4.32

Sistem Pengereman                           : ABS

Ban Depan                                          : Avon Cobra Chrome, 150/80 R17

Ban Belakang                                      : Avon Cobra Chrome, 240/50 R16 

Pertama-tama, alangkah baiknya membahas spesifikasi Triumph Rocket 3 dari sisi desain, atau bodi bagian luar secara menyeluruh. Konsep desain yang diusung Triumph Rocket 3 secara umum menganut aliran Muscle Roadster. 

Aliran tersebut mencoba mengedepankan segi tampilan bodi yang kekar dan terkesan maskulin. Sehingga bisa dikatakan aliran tersebut sesuai buat bikers penyuka gaya berkendara agresif, namun tetap dengan tingkat kenyamanan tinggi.

Kenyamanan tersebut juga tergambarkan dari lingkup dimensi. Dimana Triumph Rocket 3 dirancang dengan bentuk dan ukuran yang disesuaikan atas konsep dasar motor segmen cruiser-roadster yang enak buat dikendarai.

Triumph Rocket 3 mengantongi dimensi tinggi 1.065mm dan lebar 889mm. Untuk jarak wheelbase 1.677mm, bobot 291 Kg dan ketinggian tempat duduk 773mm. Khusus Rocket 3 GT punya ukuran sedikit beda dibandingkan Rocket 3 R. Yakni Rocket 3 memiliki tinggi 1.066mm, lebar 886mm, bobot 294 Kg, dan tinggi tempat duduk 750mm.

Sisi lain, dalam penerapan konsep roda dua bergaya cruiser-roadster ini bisa dilirik dari setiap sudut bodi Triumph Rocket 3. Awali dari sudut perwajahan, terlihat dua lampu utama Full LED Twin Headlight. Yang disematkan teknologi lampu DRL sebagai ciri khas mendasar ala Triumph Series.

Keunggulan dari tampilan tersebut adalah, memiliki perwujudan yang garang dan modern. Serta tentu saja, dengan pemanfaatan teknologi lampu utama seperti yang tersemat pada motor Triumph Rocket 3 tadi, sanggup memberikan pencahayaan lebih optimal, namun tetap efisien dari motor ini. Pendaran serupa turut pula ditularkan pada lampu sein berdesain minimalis.

Melongok sudut handling dalam berkendara, setang kemudi pada tunggangan kekar ini terlihat begitu kentara membopong gaya Stylish Internally-Wired, dengan posisi lebih lebar dan rendah. Diakui pihak PT GAS, gaya berkendara yang ditopang oleh gaya setang tersebut mampu menyajikan rasa nyaman berlebih bagi penggunanya.

Menyikapi ranah bahan bakar, motor ini memliki tangki BBM kapasitas 18 liter. Desain tangki dirancang dengan bentuk Muscular, disertai tutup tangki gaya Monza. Tak lain, semakin membuat imej Triumph Rocket 3 lebih berotot.

Menempel pada tangki, jok Rocket 3 dibuat begitu nyaman, dengan dukungan kursi penumpang yang diatur berundak. Demi menciptakan posisi berkendara yang sesuai ala motor cruiser. Tak lupa, khusus tipe Rocket 3 GT, bagian kursi boncenger dilengkapi sandaran bahan aluminium. Membantu optimalkan kenyamanan pada jok belakang.

Bagian sisi samping kanan spesifikasi Triumph Rocket 3, terlihat membawa knalpot bergaya Triple Exhaust, dengan Exist Silencer. Tak ketinggalan, disertai pelindung panas material Stainless Steel plus penutup. Tujuannya untuk mengoptimalkan keluaran gas buang. Triumph Motorcycles mengejar untuk mendekati sempurna, lewat suara lebih garang, tapi tanpa sebabkan kebisingan.

Jumlah fitur yang tersedia pada Triumph Rocket 3 lumayan membludak. Lihat saja cakupan fitur keselamatannya, mulai dari Pass Switch, ABS, Traction Control, Engine Check Warning, Stability Control, Engine Immobilizer, dan Back Rest. Lalu Hill Hold Control Advanced Safety Features, mode berkendara Road, Sport, Rain, dan Rider, serta Side Reflectors.

Empat mode berkendara tersebut, ketika pengendara mengaktifkan salah satunya, maka otak dari si Triumph Rocket 3 akan menyeting otomatis setelan level TCS, ABS, setelan suspensi, hingga output.

Tersedia fitur penopang sasis, suspensi dan rem, meliputi suspensi depan Showa USD, suspensi belakang Fully Adjustable Showa Piggyback Reservoir RSU, bagian belakang 107mm Suspension Travel, bagian depan 120mm Suspension Travel. Kemudian material rangka bodi Alloy, rem depan cakram ganda, rem belakang cakram, dan Dual Stepped Seat Type.

Sementara untuk mengoptimalkan informasi seputar motor, Triumph Rocket 3 dilengkapi sistem instrumen multifungsi TFT, speedometer digital, dan sejumlah indikator lain. Sebut saja diantaranya tachometer digital, trip meter, indikator bahan bakar, indikator posisi roda gigi, suhu sekitar, jam digital dan indikator layanan.

Belum puas hanya sampai di situ, fitur speedometer pada motor Triumph Rocket 3 sudah terintegrasi sistem kontrol GoPro, navigasi ‘Turn by Turn’, dan koneksi Bluetooth Phone. Tersedia dalam aplikasi My Triumph Connectivity Module, yang ditawarkan di Android dan iOS.

Sedangkan fitur yang juga bisa ditemui di area setang, adalah tombol Cruise Control. Yang dapat diberdayakan ketika motor melaju di atas 50 Km/jam, serta pada kondisi jalan lengang dari lalu lintas. Triumph Rocket 3 juga sudah dibekali sistem kunci Keyless. Tinggal hidupkan tombol yang berperan pula sebagai electric starter dan engine cut off. Penguncian setang juga elektrik. Caranya cukup pijat tombol pada bagian kemudi paling depan.

Triumph juga menyelipkan fitur footrest yang pengoperasiannya fleksibel. Fitur footrest ini sangat membantu dalam menyangga kaki pengemudi, maupun kaki penumpang. Yang kesemuanya dapat diatur sebaik mungkin, sesuai kebutuhan penggunanya.

Seperti dijelaskan pada pendahuluan, bahwa Triumph Rocket 3 tipe GT maupun R mempunyai  rancang bangun serupa. Sama halnya dengan piranti kaki-kaki dan mesin. Mulai dari peredam kejut, baik itu tipe GT maupun R, sama-sama miliki suspensi depan dengan diameter 47mm, berperan sebagai pengawal roda depan.

Oh iya, komponen tadi juga sudah disematkan setelan Compression dan Rebound. Semenetara suspensi yang telah dilengkapi Piggyback Reservoir RSU dengan setingan Pre-Load Hidrolik keluaran Showa, apik bersarang di segmen belakang. Perlengkapan tersebut mendampingi balutan roda depan ukuran 150/80-17 dan belakang ukuran 240/50-16.

Sebagai komponen penahan laju, Triumph Rocket 3 mengoptimalkan kinerja seperangkat rem Brembo kaliper monoblok 4-Piston Radial, menjepit dual cakram 320mm pada roda depan. Adapun untuk roda belakang, juga andalkan kaliper monoblok 4-piston sebagai partner rem cakram 300mm. Paling penting juga, sepasang roda motor besar ini telah menyematkan fitur Cornering ABS. Dan juga telah dipasangi Traction Control (TSC), berperan menghindari terkuncinya roda.

Sambung ke area mesin, Rocket 3 memboyong dapur pacu Inline 3-Cylinder, 4-Stroke, Liquid-Cooled, DOHC. Penambahan kapasitas mesinnya lumayan signifikan dibanding versi Rocket terakhir. Untuk daya diklaim naik 11 persen. Alhasil, torehannya kini mencapai 165 Ps @ 6.000 rpm, dengan torsi 221 Nm @ 4.000 rpm. Performa tadi tersalurkan lewat gardan transmisi 6-percepatan. Sekadar info, Rocket 3 terutama tipe GT punya bobot 294 kg. Terpangkas 40 Kg dari sebelumnya 334 Kg, membuat performanya lebih optimal.

Laiknya motor dengan kapasitas mesin yang relatif besar, membuat Triumph Rocket 3 memiliki konsumsi bahan bakar yang cukup tinggi, namun relatif efisien bila dilihat dari bobot tubuhnya. Dengan kapasitas tangki bahan bakar 18 liter, yang tersambung ke mesin bensin standar Euro 5, konsumsi bahan bakar Triumph rocket 3 mencapai 14,66 Km/L. Motor ini memiliki akselerasi, menempuh jarak 0-100 km hanya dalam waktu 2.79 detik. Lumayan bikin getar nyali ya.

Pada akhirnya dapat dapat dipahami, pantaslah jika menilai Triumph Rocket 3 mengalami perubahan radikal. Selain tersaji dalam bentuk bodi yang benar-benar segar, juga mendapat kelengkapan yang lebih modern.

Bisa dibilang tak lagi sekadar menyasar Cruiser H-D sebagai lawannya. Berkat penyajiannya sekarang, Rocket 3 bahkan perlu bersiap hadapi model sekelas Ducati X-Diavel. Tapi perlu diingat, motor buatan negeri Pizza itu cuma bermodalkan mesin 1.262cc, dengan daya maksimal 152 Ps @ 9.500 rpm dan torsi puncak 126 Nm @ 5.000 rpm.

Dari sisi harga, para pesaing Rocket 3 yang notabene miliki mesin di bawahnya malah dipasarkan bisa melebihi harga tersebut. Triumph Rocket 3 GT tersedia dalam paduan warna Storm Grey dan Silver Ice, Korosi Red Strip. Sementara Rocket 3 R memiliki pilihan kelir Phantom Black Korosi Red.

Artikel Terkait

FAQ

  • 1. Berapa ketinggian dari jok motor Triumph Rocket 3?
    Tinggi jok motor Triumph Rocket 3 adalah setinggi 750mm
  • 2. Sebagai kelas moge, berapa besar tenaga yang dihasilkan Rocket 3?
    Keluaran daya puncak Triumph Rocket 3 165 Ps dan torsi puncak 221 Nm
  • 3. Seberapa besar kapasitas jantung mekanis Triumph Rocket 3?
    Rocket 3 berkapasitas mesin 2.458cc Inline 3-Cylinder, 4-Stroke, Liquid-Cooled, DOHC

Motor Sejenis

Video Terkait

Kendaraan Terbaru

  • Mobil
  • Motor

Berita Terpopuler

kredit
Kalkulator Kredit
*Tipe
Mobil Baru
Mobil Bekas
*Harga Kendaraan
*Jumlah Deposit
*Suku Bunga(%)
*Masa Cicilan
Pilih
  • 1 Tahun
  • 2 Tahun
  • 3 Tahun
  • 4 Tahun
  • 5 Tahun
  • 6 Tahun
Tips:
    Selanjutnya
    kredit
    Kalkulator Asuransi
    *Kode Plat Nomor Kendaraan
    Pilih
    *Jaminan Pokok
    Comprehensive
    Total Loss Only
    *Tahun Kendaraan
    Pilih
      *Nilai Pasar
      Jaminan Perluasan
      • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
      • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
      • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
      • Terorisme dan Sabotase
      • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
      Tips:
        Selanjutnya