
Triumph Tiger 900
- OVERVIEW
- Harga
- Review
- Artikel
- FAQ
- Evaluasi

Jenis Motor | Off Road |
Jenis Transmisi | Manual |
Bahan Bakar | Segera menyusul/ Bensin |
Mesin | 888cc |
- Kelebihan Triumph Tiger 900
- Tidak membuat bokong kesemutan berkendara jarak jauh
- Tidak membuat telapak tangan getar
- Bodi ramping dan enak untuk diajak melintas segala medan
- Bobot lebih ringan untuk diajak bermanuver
- Kekurangan Triumph Tiger 900
- Terasa denyutan keluar dari setang
- Hanya tersedia dua varian
- Terlalu jangkung untuk ukuran orang Asia
Harga Triumph Tiger 900 terbaru
- Tersedia
- Variant
- Transmission
- Fuel
- Mesin
- Tempat Duduk
- Triumph Tiger 900 RallyHarga:Rp 498,00 JtHarga menyusul: 12,41 Jt/BlnManualBensin888ccTriumph Tiger 900 Rally
- Triumph Tiger 900 GT ProHarga:Rp 545,00 JtHarga menyusul: 13,58 Jt/BlnManualBensin888ccTriumph Tiger 900 GT Pro
- Triumph Tiger 900 Rally ProHarga:TBDHarga menyusul: TBDManualSegera menyusulTriumph Tiger 900 Rally Pro
Review Triumph Tiger 900
- Overview
- Desain
- Fitur
- Mesin & Performa
- Konsumsi BBM
- Kesimpulan
Sedikit mengubah pandangan para penggemar superbike dengan
model sport fairing ke motor tipe adventure menjadi sebuah pencapaian manis untuk
Triumph Tiger 900. Kepiawaiannya melesat cepat dan kebut laiknya ‘Big Bike’, dipadukan
kapabilitas off road, membuatnya menjadi superbike ‘serba bisa’,buat sekadar dibawa
touring ataupun melintas alam.
Generasi anyar Triumph Tiger 900 meluncur, membangun rasa
percaya diri dan hasrat siap jelajah buat para fanatisme off road. Triumph
Tiger 900 siap mengubah siapapun pengendaranya seakan-akan menjadi penakluk
alam. Luar Biasa!
Di India, Tiger 900 dibungkus kemasan dan tersaji
dalam paket harga yang sangat terjangkau! Dirilis dengan banderol mulai dari Rs
1,55 juta atau sekitar Rp 304 juta. Di
Indonesia varian Triumph Tiger 900 Rally dipatok harga Rp 498 juta, dan Tiger
900 GT Pro dibanderol Rp 545 juta. Harga demikian, tentu bikin auman sang Harimau
bertambah keras.
Ada ciri khas unik dari motor Triumph, yakni suara
siul yang terdengar keluar dari mesin 3-silindernya sebagai sebuah penanda.
Siulan tersebut gampang dikenali semua pengendara. Dan kenyataannya, siulan
tadi memang bikin Triumph digemari.
Tapi seiring waktu berjalan, hadirnya kruk as baru, ditambah
firing order, plus auman perlahan mesin baru membuat siulan sirna. Berganti
suara mekanikal nan gurih ala-ala mesin legendaris V-Twin.
Mesin halus Triumph Tiger 900, bagi yang pernah
menjajal rute jarak jauh, bahkan usai 300 km bertengger di atas jok, tak terasa
kesemutan. Tak ada panas di bokong, maupun telapak tangan bergetar. Namun
demikian, mesin baru Tiger 900 masih terasa berdenyut keluar dari rangkaian stangnya.
Walaupun hal itu termasuk dalam batas toleransi sebuah motor petualang.
Rasanya seakan sudah dapat diperkirakan, mengagumkan.
Tiger 900 sepertinya paham betul bagaimana tampil sebagai kendaraan petualang
yang siap diboyong melintasi medan off road. Sekilas melihat tampangnya, jauh
dari kesan intimidatif atau menyeramkan untuk ditunggangi. Pertama kali
bertatapan dengannya, calon pengendaranya akan menyadari kalau Tiger 900 sudah banyak
melakukan diet pada bobotnya.
Mulai merasakan naik ke atas joknya, dan biarkan paha
menjepit tangkinya, jangan kaget. Bentuk ramping dari motor baru Tiger 900 ini teramat
mengejutkan. Pijakkan telapak kaki, yang malah lebih mundur lagi sedikit pada Triumph
Tiger GT, membuat pengendaranya akan mudah berdiri di atas footstep, serta mengendalikan
motor sepenuhnya.
Begitu mulai mengendarainya, langsung semua
kekhawatiran hilang, dan berganti gairah percaya diri yang bertambah mantap. Lebih
jauh, melihat ubahan pada sasis, membuat pengendaranya yakin untuk mempercayakan
bagian depan Tiger 900 bisa meloncat dari pasir, atau ceruk bekas pijakan ban
motor lain yang dalam membekas, yang kerapkali timbul di jalur off road.
Memperlakukan Tiger 900 layaknya motorcross, jelas merupakan
sebuah sensasi tersendiri. Cornering di tikungan, kemudian sedikit menggeser
bokong untuk duduk di tepi paling luar bagian jok, lanjut kaki dalam membuka
lebar, tarik gas dan siap membuat tarian indah penuh debu di belakang rute yang
kita lalui.
Karet bundar bermerek Pirelli Scorpion Rally
benar-benar mampu mencengkram dalam lumpur, sajikan rasa percaya diri. Selain
itu, balancing sempurna, dan rasa enteng yang menjadi bawaan Tiger 900, merupakan
sebuah keunggulan yang tak usah dipungkiri.
Suspensi Triumph Tiger 900 boleh diajak menghajar
batu, melibas parit, menerobos tanjakkan curam. Terasa betul canggihnya kemampuan
shock Showa, terasa berbeda bahkan dengan Tiger 800 XC sekalipun. Meski miliki
kemampuan lebih, dibanding model sebelumnya.
Mesin layak mendapat aplaus, menggelontorkan tenaga
padat pada rotasi rendah, membuat tetap punya tenaga cadangan di gigi tinggi. Tuas
gas dipelintir, tanpa bejek pedal kiri tenaga langsung menyambut. Quickshifter bikin
semua pekerjaan lebih gampang, ketika harus pindah gigi baik ketika mengendarai
berdiri ataupun duduk.
Pilihan mode off road dari Triumph Tiger 900 yang
memiliki 2 varian; GT Pro dan Rally ini juga sanggup mendongkrak respon gas, supaya
lebih gampang menggali untuk keluar dari jebakan pasir.
Sebagai info tambahan, pesaing Triumph Tiger 900
antara lain BMW F 850 GS, BMW F 750 GS, Ducati Hypermotard, dan Triumph Tiger
800. Untuk pilihan warna Tiger 900 tersedia dalam 3 pilihan, yaitu Pure White,
Red, dan Sapphire Black
Spesifikasi
Triumph Tiger 900
Mesin
Tipe Mesin :
4-Stroke, berpendingin cairan, 3 silinder
Kapasitas Mesin :
888cc
Silinder :
3-Cylinder
Diameter x Langkah :
78 mm x 61.9 mm
Rasio Kompresi :
11.27:1
Tenaga Maksimal :
94 Ps
Torsi Maksimal :
87 Nm
Tipe Transmisi :
Manual
Tipe Starter :
Electric
Sistem Bahan Bakar :
Injeksi
Bahan Bakar :
Bensin
Dimensi
Lebar :
930mm
Tinggi :
1.410mm
Jarak Sumbu Roda :
1.556mm
Tinggi Tempat Duduk :
810mm
Berat Kosong :
198 Kg
Kapasitas Tangki :
20 L
Rangka
Tipe Rangka :
Tabung, Baja
Suspensi Depan :
Marzocchi USD
Suspensi Belakang : Marzocchi RSU
Rem Depan :
Disc Brake
Rem Belakang :
Disc Brake
Ban Depan :
Radial, Tubeless 90/90 R21
Ban Belakang :
Radial, tubeless 150/70 R17
Bicara rancang bangun desain Triumph Tiger 900, sedikit
ubahan pada DNA Tiger membuat sedikit timbul pertanyaan, bukankah mendongkrak
rake angle sekitar 1 derajat, dan poros roda sedikit lebih panjang yakni
bertambah 6mm, condong malah akan membuat Tiger 900 lebih lelet dan tambah bobot
di stang?
Tahapan lain adalah merendahkan pusat titik gravitasi
yang diperoleh dengan menurunkan posisi mesin 42mm, dan miringkan ke depan
sejauh 6,8 derajat. Kenyataan menarik, ini ternyata demi menciptakan ruang buat
radiator mesin yang saat ini mulai dipecah dua.
Bonusnya, tawarkan visual menarik bagi Tiger 900. Tak hanya
itu, dapur pacu terlihat lebih pendek dibanding sebelumnya, karena bak oli dibikin
ringkes. Alhasil, ground clearance tak terganggu, walaupun posisi mesin berhasil
jauh diturunkan.
Desain ubahan juga menyentuh sub rangka alumunium belakang
model bolt on, serta pedal pada Tiger 900 yang relatif gampang dibongkar
pasang. Ini sanggup mereduksi ragam bobot, sekaligus mempermudah proses serta
ongkos reparasi, jika ada piranti yang harus diganti.
Velg jari-jari Tiger 900 yang memiliki penerangan
lampu LED ini berbalut ban tubeless, mampu menaikkan kekuatan serta kapabilitas
untuk bisa diajak kemana-mana. Versi Tiger 900 Rally Pro malah memiliki spek
istimewa untuk menambah tingkat kenyamanan dalam berkendara.
Yakni disematkan suspensi Showa yang mendongkrak travel
suspensi sampai 20mm di suspensi depan dan 15mm di suspensi belakang. Tinggi
jok pada akhirnya juga meningkat, dari 840mm ke 850mm.
Menariknya, ketinggian jok dapat pula disetel pada model
ini, yaitu sebanyak 20mm. Dimungkinkan berkat rangka dan tangki bahan bakar
yang lebih singset dibanding generasi sebelumnya. Yang seperti dikatakan di
awal pembahasan, untuk membuat Triumph Tiger 900 lebih gampang dikendalikan.
Memiliki kendaraan, baik roda dua maupun roda empat
tentu tak lepas dari fitur pendukungnya. Ragam fitur Triumph Tiger 900 terdiri
dari fitur keselamatan, dimana daftar pada Tiger 900 mencakup antara lain fitur
Pass Switch, ABS, Race, Rain, Road, Off Road, Side reflectors, Riding Modes, Engine
Check Warning dan Traction Control.
Kemudian seperti kebanyakan lainnya, tersedianya fitur
pendukung sasis, suspensi & rem. Dimana meliputi suspensi depan Marzocchi USD,
suspensi belakang Marzocchi RSU, rangka bodi tipe Tubular, tipe jok Dual
Stepped, rangka bodi material baja, Side Wings, rem depan dan belakang cakram.
Lalu melongok ranah panel instrumen. Fitur pada konsol
instrumen meliputi indikator bahan bakar digital, Odometer digital, Speedometer
digital, Tripmeter, Tachometer, dan layar display.
Banyak yang tentunya ingin mengetahui kapasitas dari mesin
motor Triumph Tiger 900. Ternyata superbike petualang ini ditenagai mesin 888cc,
4-Stroke, berpendingin cairan, 3-Cylinder. Menghasilkan daya maksimum 94 Hp @
8750 rpm, serta torsi 87 Nm @ 7250 rpm. Diameter x langkah Tiger 900 adalah
78mm x 61.9mm. Dengan Rasio kompresi 11.27:1. Tiger 900 punya ketinggian jok
810mm.
Bisa dibilang, kondisi mesin tersebut merupakan jantung
yang sangat tepat berada pada tempatnya. Karena untuk mengganti karakter penghasil
tenaga, mesin 3-silindernya didesain menggunakan firing order ganjil, yaitu 1-3-2.
Sebelumnya, Tiger 900 memiliki karakter tenaga seperti motor sport. Artinya harus
dipelintir hingga rpm tinggi, supaya mendapatkan akselerasi.
Mengasyikkan memang kalau diperuntukkan melesat dalam rute
jarak jauh. Tapi kurang bermain di putaran rendah, sehingga pengendara harus
banyak mengolah gigi ketika melibas trek off road, atau dikala perlu menyalip
kendaraan lain. Nah, mesin anyarnya mempersembahkan torsi 8 Nm lebih banyak, plus
putaran 300 rpm lebih rendah. Ini yang paling penting. Dimana pengendaranya
dapat torsi dan power lebih sedikit, tapi semua bisa diraih dengan jauh lebih mudah.
Sistem elektronik pada Tiger 900 versi Rally Pro diperkuat
mode Off road Pro. Pada dasarnya sekadar mematikan kendali ABS dan traksi. Alhasil,
dalam mode ini, semua tongkat kendali ada pada pengemudinya.
Tersedia pula mode off road yang tidak terlalu galak
atau agresif. Yaitu dengan ABS tetap hidup pada roda depan, serta dengan kendali
traksi yang tidak sensitif sekali. Terhubung pula lewat mapping ECU. Dan,
pilihan mode kedua ini tersedia pada Tiger 900 GT Pro.
Disampaikan mesin Triumph Tiger 900 memiliki tenaga
maksimal 94 Hp @ 8.750 rpm. Justru letak perubahan signifikan berada di area
torsi. Yang sanggup memuntahkan kemampuan puncak mencapai 87 Nm @ 7.250 rpm.
Adapun perubahan skema teknis pada Tiger 900 justru turut
mengikis emisi gas buang. Karena mesin motor adventure ini telah lolos regulasi
Euro 5, catatan keluaran karbon yang dihasilkan 119g/Km. Klaim dari Tiger 900
ini untuk konsumsi bahan bakarnya tercatat jarak 19 Km/L.
Pada hakikatnya,
performa jantung pacu serta perwujudan baru tak selalu menjadi inti
penyempurnaan. Karena ada variabel lain, mulai dari suspensi, kerangka, hingga
piranti elektronik ikut menyumbang di dalamnya. Jadi Tiger 900 bukan cuma
membenamkan jantung lebih besar dibanding Tiger seri 800. Adanya operasi
backbone plus suplai fitur elektronik kekinian juga kian membuatnya nyaris
sempurna.
Warna Triumph Tiger 900
Gambar Triumph Tiger 900
- Eksterior
Berita Triumph Tiger 900
- Tiger Rally Pro 900 jadi Motor ke Satu Juta Unit Triumph
Tiger Rally Pro 900 jadi Motor ke Satu Juta Unit Triumph
Des 2, 2021 - Triumph Speed Triple 1200 RR Merupakan Tipe RS yang Pakai Fairing
Triumph Speed Triple 1200 RR Merupakan Tipe RS yang Pakai Fairing
Sep 23, 2021 - Triumph merilis Tiger 900 Edisi James Bond yang Dijual Terbatas
Triumph merilis Tiger 900 Edisi James Bond yang Dijual Terbatas
Sep 21, 2021
FAQ Triumph Tiger 900
- 1. Seberapa tinggi jok dari motor Triumph Tiger 900?Bisa dikatakan tinggi jok Triumph Tiger 900 adalah 810mm
- 2. Berapa kekuatan tenaga dari Tiger 900?Keluaran daya puncak Triumph Tiger 900 adalah 94 Hp, dan torsi puncak 87 Nm
- 3. Seberapa besar kapasitas jantung pacu Triumph Tiger 900?Tiger 900 berkapasitas mesin 888cc 3-Cylinder, 4-Stroke, 12-Valve, Liquid-cooled DOHC
Review Pengguna Triumph Tiger 900

Rating Triumph Tiger 900
Rekomendasi Terkait
Berita Terpopuler
- Alasan Daihatsu Xenia Cocok jadi Mobil Keluarga, Simak juga Daftar HarganyaAlasan Daihatsu Xenia Cocok jadi Mobil Keluarga, Simak juga Daftar Harganya4 hari yang lalu
- 4 Kerusakan Ban Mobil yang Harus Segera Diganti4 Kerusakan Ban Mobil yang Harus Segera Diganti5 hari yang lalu
- 2 Pakar Keselamatan Berlalu lintas, Berikan Tips Menghindari Tabrakan Beruntun2 Pakar Keselamatan Berlalu lintas, Berikan Tips Menghindari Tabrakan Beruntun5 hari yang lalu
- New Nissan Kicks e-Power akan Meluncur di ThailandNew Nissan Kicks e-Power akan Meluncur di Thailand3 hari yang lalu
- Mercedes-Benz Vision EQXX Sekali Isi Baterai Bisa Lintas NegaraMercedes-Benz Vision EQXX Sekali Isi Baterai Bisa Lintas Negara5 hari yang lalu
- New Triumph Tiger 1200 Membawa Banyak Keunggulan untuk PengendaraNew Triumph Tiger 1200 Membawa Banyak Keunggulan untuk Pengendara3 hari yang lalu
- Honda Wiltop Jambi, Perkuat Layanan Service dan Spare Parts di Kabupaten BungoHonda Wiltop Jambi, Perkuat Layanan Service dan Spare Parts di Kabupaten Bungo6 hari yang lalu
- Penasaran, Inilah Plus Minus Mobil Mesin 3-SilinderPenasaran, Inilah Plus Minus Mobil Mesin 3-Silinder2 hari yang lalu
- Toyota Urban Cruiser Hyryder, Kembaran All-new Suzuki Brezza Juga MeluncurToyota Urban Cruiser Hyryder, Kembaran All-new Suzuki Brezza Juga Meluncur1 hari yang lalu
- 6 Cara Mudah Membersihkan Jok Bahan Fabric6 Cara Mudah Membersihkan Jok Bahan Fabric3 hari yang lalu
Orang Lain Juga Melihat
- Triumph Tiger 900
- Triumph Bonneville Bobber
- Gambar Triumph Bonneville Bobber
- Harga Triumph Bonneville Bobber
- Triumph Bonneville T100
- Gambar Triumph Bonneville T100
- Harga Triumph Bonneville T100
- Triumph Bonneville T120
- Gambar Triumph Bonneville T120
- Harga Triumph Bonneville T120
- Triumph Scrambler 1200
- Gambar Triumph Scrambler 1200
- Harga Triumph Scrambler 1200
- Triumph Speed Twin
- Gambar Triumph Speed Twin
- Harga Triumph Speed Twin
- Triumph Street Triple
- Gambar Triumph Street Triple
- Harga Triumph Street Triple
- Triumph Street Twin
- Gambar Triumph Street Twin
- Harga Triumph Street Twin
- Triumph Thruxton
- Gambar Triumph Thruxton
- Harga Triumph Thruxton
- Triumph Tiger 800
- Gambar Triumph Tiger 800
- Harga Triumph Tiger 800
- Triumph Tiger Explorer
- Gambar Triumph Tiger Explorer
- Harga Triumph Tiger Explorer
- Triumph Rocket 3
- Gambar Triumph Rocket 3
- Harga Triumph Rocket 3
- Triumph Bonneville Speedmaster
- Gambar Triumph Bonneville Speedmaster
- Harga Triumph Bonneville Speedmaster
- Triumph Speed Triple 1200 RS
- Gambar Triumph Speed Triple 1200 RS
- Harga Triumph Speed Triple 1200 RS
- Triumph Street Scrambler
- Gambar Triumph Street Scrambler
- Harga Triumph Street Scrambler
- Triumph Trident 660
- Gambar Triumph Trident 660
- Harga Triumph Trident 660
- Triumph Tiger 900
- Gambar Triumph Tiger 900
- Harga Triumph Tiger 900
- ECGO 2
Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.