OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Gambaran
  • Model
  • Review
  • Artikel
  • FAQ
  • Mobil Sejenis
  • Video

Yamaha Jupiter Z1

Yamaha Jupiter Z1
1/9
  • Yamaha Jupiter Z1
  • Yamaha Jupiter Z1
  • Yamaha Jupiter Z1
  • Yamaha Jupiter Z1
  • Yamaha Jupiter Z1
  • Yamaha Jupiter Z1
  • Yamaha Jupiter Z1
  • Yamaha Jupiter Z1
  • Yamaha Jupiter Z1
Angsuran mulai dari:0,47 Jt/Bln
Rp 18,11 Jt
Get Offer
  • 6Motor Moped Terbaik
Manual
Bensin
113cc
  • Kelebihan
  • Bentuk body aerodinamis dan desain lebih sporty
  • Kendati kapasitas mesin lebih kecil dibanding pesaing, tapi performanya lebih unggul
  • Sudah mengadopsi teknologi Fuel Injection
  • Gunakan velg racing dengan desain sporty
  • Dilengkapi Dual Headlamp untuk penerangan lebih maksimal di malam hari
  • Body ringan dan nyaman dikendarai
  • Harga cukup terjangkau
  • Kekurangan
  • Rem belakang masih tromol
  • Belum menggunakan lampu berteknologi LED
  • Sedikit pilihan varian
  • Masih menggunakan kapasitas mesin 113cc

Semua Model

  • Standard
    Angsuran: Rp 0,47 Jt/Bln
    Harga: Rp 18,11 Jt
    nullcc

Review

  • Overview
  • Desain
  • Fitur
  • Mesin & Performa
  • Konsumsi BBM
  • Kesimpulan

Market otomotif roda dua tanah air saat ini cenderung didominasi skuter matik (skutik), baik kelas standar maupun premium. Juga oleh motor dualpurposed, berbasis offroad dan onroad. Kehadiran keduanya rasanya terus menggerus posisi tipe motor bebek atau cub. Ditopang kemudahan perawatan pada skutik, selain banderol harga yang kian bersaing, membuat transisi pengguna dari motor bebek ke skutik atau motor adventure seolah makin mulus.

Meski demikian, tren ini tak serta merta bikin PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) melupakan jasa besar produk bebek, yang mampu melambungkan nama Yamaha. Masih mengusung semangat yang sama, malah YIMM kembali merilis Yamaha Jupiter Z1 lansiran tahun 2020.

"Kami rilis warna dan striping baru Jupiter Z1. Irit, tangguh, juga handal, ditopang teknologi terkini, kiranya bisa menjadi pilihan terbaik bagi aktivitas harian para penggemar motor bebek," ungkap Yordan Satriadi, General Manager Marketing YIMM.

Kehadiran sang petarung Jupiter Z1 memang memutar roda keberuntungan bagi pabrikan motor Yamaha di Indonesia. Sedikit kilas balik ke belakang, tepatnya tahun 2015, kendaraan ini juga telah melakukan penyegaran serta sejumlah restorasi pada lini mesin. Model baru Yamaha Jupiter Z1 dianggap YIMM sebagai ‘perbaikan’ dari generasi sebelumnya.

Perkenalan Yamaha Jupiter Z1 sebenarnya ditekankan pada desain yang lebih stylish dan spesifikasi yang lebih mumpuni. Dikala tipe motor bebek atau cub tersebut juga mengusung teknologi YMJET-FI (Fuel Injection System Hallmark Yamaha Product). Membuatnya tinggi dalam penghematan bahan bakar dan kemampuan tenaganya.

YIMM mengklaim, teknologi YMJET-FI mampu menghasilkan performa tinggi dan konsumsi bahan bakar lebih ekonomis. Adapun generasi baru Yamaha Jupiter Z1 memboyong pesan bahasa tubuh yang segar, desain stiker terbaru, dengan warna kontras yang cerdas.

Yamaha Jupiter Z1 menyematkan mesin yang mirip dengan mesin yang dimiliki Yamaha Vega Force. Karena itu, Jupiter Z1 head to head pula dengan Honda Revo. Memang, bila dilihat dari segi kepraktisan, Vega Force masih lebih di atas angin. Namun ditinjau dari segi desain, Yamaha Jupiter Z1 lebih unggul, dengan bentuk lebih aerodinamis dan modern.

Tiga pilihan warna telah disediakan Yamaha untuk Jupiter Z1. Yakni Red Champion, Blue Racing Hero, dan Black Winner. Ketiganya relatif menarik dan saling berpadu pada bodi masing-masing. Karena memang Jupiter Z1 dikatakan Yamaha Motor Indonesia tak cuma kedepankan nilai kepraktisan, tapi juga menjadi tunggangan yang sedap dipandang mata.

Sebagai sebuah produk, tentunya Jupiter Z1 punya sejumlah pesaing. Dimana kelompok pesaingnya antara lain Honda Supra X 125 FI, Yamaha Vega Force, Honda Blade 125 dan Benelli Seta 125. Di samping tentunya motor-motor lain dengan kapasitas mesin yang berdekatan seperti 110cc dan 125cc.

Mengenai harga terbaru yang ditawarkan, motor yang hanya menyediakan satu varian, yakni varian Standar ini dibanderol Rp18,11 juta on the road (OTR) Februari 2021. Cukup bersaing dengan Supra X 125 FI yang belakangan dipasarkan harga OTR Rp18,17 juta. Tetapi DNA Yamaha pada Jupiter Z1, yang identik dengan aroma balap, dan dukungan tarikan yang responsif, sepertinya bisa menjadi nilai plus dari semua rivalnya.

Spesifikasi Yamaha Jupiter Z1

Mesin

Tipe                                         : Air cooled 4-stroke, SOHC

Kapasitas                                : 113 cc

Daya Maksimum                    : 7,4 kW / 7750 rpm

Torsi Maksimum                    : 9,8 Nm / 6750 rpm

Bore × Stroke                          : 50,0 x 57,9 mm

Rasio Kompresi                      : 9,3 : 1

Sistem Bahan Bakar               : Fuel Injection

Tipe Starter                            : Elektric & Kick Starter

Tipe Kopling                           : Basah, Multiplat, Centrifugal automatic

Tipe Transmsi                         : Constant mesh, 4-kecepatan

 

Desain & Dimensi

 

Dimensi                                   : 1935mm X 680mm X 1065mm

Berat                                       : 102 kg

Ground Clearance                  : 150 mm

Kapasitas Bagasi                     : 4.1 Liter

Tinggi Tempat Duduk             : 765 mm

Jarak Sumbu Roda                 : 1240 mm

 

Rangka & Kaki-Kaki

 

Rangka                                                : 150mm

Suspensi depan                      : Teleskopik

Suspensi belakang                 : Lengan Ayun dengan Shockbreaker Ganda

Ukuran Ban Depan                 : 70/90-17 M/C (38P)

Ukuran Ban Belakang             : 80/90-17 M/C (44P)

Rem Depan                             : Single disc brake

Rem Belakang                         : Drum brake

Jupiter Z1 membawa tampilan unik ketika melintas di jalan raya, berkat gaya desain yang tergolong trendy dan kekinian. Lihat saja, mulai dari perwajahan, tersedia panel sporty. Termasuk indikator bagian samping, serta lampu depan terpasang pada stang, menghadirkan sorotan cahaya yang cukup terang di malam hari, menerangi sinaran cahaya rembulan.

Garis desain depan condong menajam dan berkesan agresif. Melirik tampilan samping dari kendaraan ini, kendati tampak sporty, namun tetap manis dilihat. Single step seat sangat selaras dengan velg alloy lima palang. Bagian buritan didesain simpel dan halus, serta didekorasi oleh penguatan stiker.

Bukanlah Yamaha, bilamana mereka tak berhasil menyuntikkan karakter sporty dan agresif pada produk roda dua mereka. Lihat saja, terbukti pabrikan berlogo garpu tala ini sukses menemukan paduan konfigurasi ideal, dalam menyematkan ala racing dan kesan sporty pada Jupiter Z1. Ditambah lagi lewat pengaplikasian striping unik dan desain bodi tajam.

Untuk desain Jupiter Z1 terbaru, juga sangat mengutamakan aliran sirkulasi udara masuk ke dalam mesin. Supaya membantu mesin agar terhindar dari panas. Pantau bagian belakang, pabrikan motor yang mengedepankan semangat tagline ‘Yamaha Semakin di Depan’ ini menganut nuansa futuristik arrow tail shaped light. O iya, penambahan Headlamp ganda juga mampu memberikannya iluminasi optimal pada setiap kondisi.

Desain Jupiter Z1 memang sporty dan tak kalah keren dari motor cub pabrikan tetangga sebelah. Sayangnya, masih membenamkan mesin 113cc. Kecil memang, walaupun tenaga dan torsi relatif besar, bisa dilihat nanti diulasan mesin dan performa. Alhasil akselerasi Jupiter Z1 tak perlu diragukan buat diajak berlari di jalan raya.

Motor ini seringkali digunakan beraksi di ajang balap sekelas road race. Karena dianggap sebagian orang memiliki performa balap di atas rata-rata motor sekelasnya. Pasalnya, mereka mengganggap Jupiter Z1 terlihat sporty, oleh lekukan sistem Air Flow pada fairingnya. Bahkan digadang-gadang, konsep fairing ini terinspirasi dari desain fairing motor yang berlaga di ajang MotoGP.

Bagian depan lampu utama yang futuristik juga telah memanfaatkan bohlam ganda AHO. Keseluruhan bodi memiliki ukuran (P x L x T) yaitu 1.935mm x 680mm x 1.065mm. Dengan ground clearance 150mm. Jarak sumbu roda, antara roda depan hingga belakang sejauh 1.240mm dan jarak terendah ke tanahnya mencapai 150 mm.

Tinggi jok Yamaha Jupiter Z1 yaitu 765mm, membuatnya kian nyaman ketika dikendarai. Terlebih ditunjang bobot body yang hanya 102 Kg, membuat pengendaranya mudah dan ringan dalam mengendalikannya, ketika melakukan manuver di jalan raya. 

Mengenal lebih jauh Yamaha Jupiter Z1, alangkah baiknya mengintip daftar fitur yang ada pada motor tipe bebek ini. Mungkin yang pertama perlu dilihat adalah fitur keselamatan. Dimana di dalamnya mencakup Reflektor samping opsional, Shutter Lock, Pass Switch, Central Locking opsional dan Street Riding Modes.

Lebih lanjut, mengenali fitur pendukung sasis, suspensi dan rem pada Jupiter Z1, meliputi material rangka baja pada body, suspensi depan Telescopic Fork, suspensi belakang Swing Arm, Dual-Straight Seat Type, Side Wings, tipe rangka body Backbone, rem depan cakram dan rem belakang tromol.

Untuk fitur yang melengkapi area pada panel depan, meliputi Odometer analog, Speedometer analog, dan Analog Fuel Gauge. Kembali, untuk meningkatkan daya cengkeram motor ini, agar pengendara lebih nyaman untuk mengendarainya dan mudah dalam pengendalian, Jupiter Z1 dilengkapi ban depan 70/90-17M/C 44P dan belakang 80/90-17M/C 44P. 

Ranah jantung mekanis Yamaha Jupiter Z1 diperkokoh oleh mesin 4-Tak SOHC Fuel Injection 113.7cc satu silinder berpendingin udara. Menyiramkan tenaga maksimal 7.4 kW/7.750 rpm dan torsi maksimal 9.8 Nm/6.750 rpm. Berbekal power dan torsi gede, tentu akselerasi Jupiter Z1 sangatlah baik. Performa mesin 113cc milik Jupiter Z1 ini diakui YIMM mampu menandingi mesin 125cc punya Honda Supra X 125 maupun Honda Blade 125.

Sistem pengoperan gigi-nya, Yamaha Jupiter Z1 masih memakai tipe transmisi konstan mesh 4-kecepatan. Guna menjaga daya hemat bahan bakar, Yamaha menambahkan sistem injeksi bahan bakar ditambah teknologi Forged Piston. Berkapasitas mesin lebih kecil, jelas konsumsi bahan bakar Jupiter Z1 lebih irit pula. Selain itu, sistem Air Cooled dan mesin SOHC nya menghadirkan rasio kompresi 9.3 banding 1.

Seperti dijelaskan, dengan kapasitas mesin yang ada pada Yamaha Jupiter Z1, sanggup membuatnya digeber hingga batas kecepatan tertinggi 100 km/jam. Mencapai angka 60 km/jam dari posisi diam, dalam putaran waktu 8-10 detik. Dengan kata lain, motor ini juga dapat mempersembahkan keekonomisan bahan bakar sekitar 45-50 Km/L, dengan tangki bensin berkapasitas 4,1 Liter.

Yamaha berpendapat, popularitas motor bebek memang menurun, namun hal tersebut tak mengurangi minat konsumen untuk membeli Yamaha Jupiter Z1. Performa mesin yang lebih baik dari Jupiter Z1 membuatnya lebih unggul dibanding pesaingnya, meski kapasitas mesin lebih kecil. Desain Jupiter Z1 yang tampak lebih sporty, sebuah kewajaran mengklaim lebih unggul, walaupun semua kembali lagi soal selera pengguna dan uji durabilitas.

Harga Rp18,11 juta dianggap masih layak untuk sebuah motor cub dengan performa cepat dan akselerasi responsif. Desain menarik dan diklaim mudah dimodifikasi dengan berbagai konsep aliran.

Tunggangan ini mudah dikendarai, baik di jalan bergelombang, terlebih trek datar. Karena adanya kekuatan suspensi garpu teleskopik di bagian depan, dan suspensi lengan ayun di  bagian buritan. Keduanya bekerja brilian meredam guncangan, membuat pengendara dan boncenger akan merasakan perjalanan halus dan nyaman. Rem cakram hidrolik di roda depan dan tromol di roda belakang dapat bekerja optimal. Bahkan bila pengemudi harus melakukan pengereman mendadak, usai dipacu pada kecepatan tinggi.

Alhasil bisa dibilang, Yamaha Jupiter Z1 merupakan paket lumayan lengkap dari performa, irit bahan bakar, gaya, dan kemudahan dalam pemeliharaan. Apalagi didukung teknologi terbaru, plus kelengkapan futuristik, menjanjikan perjalanan menyenangkan sekaligus lincah bagi penggunanya.

Artikel Terkait

FAQ

  • 1. Berapa kapasitas mesin Yamaha Jupiter Z1?
    Motor bebek Yamaha ini memiliki kapasitas mesin 113cc
  • 2. Apakah harga Yamaha Jupiter Z1 bersaing dengan para rivalnya?
    Untuk harga, Jupiter Z1 dibanderol Rp18,11 juta OTR DKI Jakarta
  • 3. Ada berapa macam pilihan warna yang dimiliki Yamaha Jupiter Z1?
    Tiga pilihan warna, yakni Red Champion, Blue Racing Hero, dan Black Winner

Motor Sejenis

Kendaraan Terbaru

  • Mobil
  • Motor

Berita Terpopuler

kredit
Kalkulator Kredit
*Tipe
Mobil Baru
Mobil Bekas
*Harga Kendaraan
*Jumlah Deposit
*Suku Bunga(%)
*Masa Cicilan
Pilih
  • 1 Tahun
  • 2 Tahun
  • 3 Tahun
  • 4 Tahun
  • 5 Tahun
  • 6 Tahun
Tips:
    Selanjutnya
    kredit
    Kalkulator Asuransi
    *Kode Plat Nomor Kendaraan
    Pilih
    *Jaminan Pokok
    Comprehensive
    Total Loss Only
    *Tahun Kendaraan
    Pilih
      *Nilai Pasar
      Jaminan Perluasan
      • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
      • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
      • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
      • Terorisme dan Sabotase
      • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
      Tips:
        Selanjutnya