OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Gambaran
  • Model
  • Review
  • Artikel
  • FAQ
  • Mobil Sejenis
  • Video

Yamaha Lexi

Yamaha Lexi
1/76
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
  • Yamaha Lexi
Mulai Dari:0,56 Jt/Bln
Rp 21,36 Jt - 26,96 Jt
Manual
Bensin
124cc
  • Kelebihan
  • Lampu depannya didesain besar dan sudah LED
  • Pijakan kaki dek luas & lega
  • Mesin sudah berteknologi Blue Core
  • Dilengkapi dengan Stop Start System (SSS)
  • Shock belakang menggunakan sub-tangki bersuspensi
  • Ada soket charger smartphone
  • Bobot tidak terlalu berat
  • Kunci kontak sudah keyless dan answer back system
  • Kekurangan
  • Performa mesin rata-rata
  • Bodi terlihat agak kurang kekar
  • Ukuran jok tinggi
  • Bagasi bensin kecil

Semua Model

  • Standard
    Angsuran: Rp 0,56 Jt/Bln
    Harga: Rp 21,36 Jt
    nullcc
  • S
    Angsuran: Rp 0,64 Jt/Bln
    Harga: Rp 24,34 Jt
    nullcc
  • S ABS
    Angsuran: Rp 0,70 Jt/Bln
    Harga: Rp 26,96 Jt
    nullcc

Review

  • Overview
  • Desain
  • Fitur
  • Mesin & Performa
  • Konsumsi BBM
  • Kesimpulan

Yamaha Lexi 125 VVA bisa dibilang sebagai paket mini Yamaha Nmax. Produsen dari garputala ini memang dipatok harga lebih murah, sekitar Rp 20 jutaan. Namun Lexi memiliki banyak kelebihan seperti sang kakak. Dengan desain bodi besar, stang lebar dan tinggi serta pijakan kaki yang agak menonjol menjadikan membuat posisi riding menjadi rileks dan nyaman.

Dari segi fitur memang Lexi 125 VVA lebih unggul dari Nmax. Fitur yang disematkan pada Lexi 125 cukup melimpah: sistem stop & start (SSS), hazard, panel instrumen digital, lampu depan LED, pengisi daya, suspensi belakang tanpa kunci dan tipe tabung. Dua fitur terakhir hanya ada di varian S atau yang tertinggi. Deknya juga datar, jadi Anda bisa menaruh barang bawaan lebih banyak.

Untuk performa mesin, kapasitas skutik ini memang lebih kecil dibanding dengan NMax. Jantung mekanisnya hanya 125 cc. Meski begitu, teknologi yang dibenamkan di dalamnya sama dengan Nmax, yakni dilengkapi variable valve actuation (VVA). Mesin Lexi ini mampu menyemburkan tenaga dengan torsi puncak 11,3 Nm pada 7.000 rpm dan tenaga maksimal 11,89 PS pada 8.000 rpm. Performa ini berhasil mengalahkan kemampuan dari tenaga kompetitornya, Honda Vario 125.

Sebenarnya platform dari Lexi 125 VVA inni engine nya sama dengan Aerox 125. Jok nya yang tinggi memaksa pemilik postur tubuh 170 cm itu berjingkat-jingkat saat mengendarainya. Pada bagian bagasi Kapasitas hanya 12,8 liter. Sayangnya tangki bensinnya kecil, hanya mampu memuat 4,2 liter, sama dengan tangki dari motor Mio, Fino, X-Ride dan motor Yamaha 125 cc lainnya.

Yamaha Lexi yang saat ini resmi yang dipasarkan terdapat dua varian yaitu Standard dan Lexi S. 

Spesifikasi Yamaha Lexi 125


Bodi Lexi yang bongsor ini memiliki dimensi dengan (1.970 mm x 720 mm x 1.135 mm) dan jarak sumbu roda 1.350 mm. Ground clearance Lexi juga cukup tinggi, 133 mm, sehingga bodi bagian bawah tidak mudah nyangkut ketika melewati polisi tidur atau berbagai medan jalan. Pada bagian kakinya juga besar dan kekar, dengan ukuran 90/90-14 inci di depan dan 100 / 90-14 inci di belakang. Kedua ban tersebut juga sudah tubeless 

Kekurangannya lainnya ketinggian jok hanya mencapai 785 mm. Lebih tinggi dari skutik Yamaha lainnya yang diklaim nyaman untuk wanita: Mio S (750 mm), (Fino (745 mm). Oh ya, jok Lexi ini juga lebih tinggi dari Nmax 765 mm. Sehingga, kaki pengendara dengan postur badan kurang dari 170 cm harus berjinjit ketika mencoba mengendarainya.

Skutik Lexi 125 ini hadir dalam enam pilihan warna yang terbagi dua varian (VVA & S). Pada varian standar Lexi 125 VVA:  white, red,  dan matte grey. Lalu pada Varian S: matte grey, bronze, dan matte blue. Semua pilihan warna ini memiliki tema yang elegan seperti produk Yamaha Maxi lainnya.

Salah satu keunggulan Lexi 125 VVA ini memiliki fiturnya yang cukup lengkap. Yamaha menyuguhkan segudang fitur yang bahkan lebih dari Nmax. Apa saja fiturnya? fiturnya mulai dari stop & start system (SSS), hazard, lampu depan LED, panel instrumen digital, power charger, keyless dan suspensi belakang tipe tube. Hanya ada perbedaan pada pada dua fitur terakhir yang khusus hanya terdapat pada jenis varian S.

Sebagai skutik berbadan besar, Lexi juga memiliki kekurangan. Ternyata bagasi di bawah jok hanya bisa memuat kapasitas 12,8 liter. Kemampuan tersebut bahkan tak kalah dengan skutik Yamaha lain dengan bodi lebih kecil, Soul GT. Kompartemen depan juga sempit, hanya mampu memuat ukuran botol minum ukuran mini.

Fitur Yamaha Lexi dengan start stop system (SSS) akan membuat konsumsi bahan bakar motor kesayangan anda semakin irit. Pada bagian penerangan motor ini sudah LED yang akan menjadikan semakin nyaman saat berkendara di kegelapan malam ataupun di saat hujan lebat berkabut. Dilihat dari mesinnya, skutik ini dibekali mesin berkapasitas 125cc dengan sistem injeksi bahan bakar injeksi. Mesin Yamaha Lexi terasa lebih responsif. Karakter mesinnya lebih terasa seperti Nmax dengan kapasitas lebih besar. Namun, untuk mendapatkan tenaga maksimal, Yamaha Lexi membutuhkan waktu yang lebih lama.

Dalam hal mesin, Yamaha Lexi mampu menghasilkan tenaga torsi puncak 11,3 Nm pada 7.000 rpm dan tenaga maksimum 11,89 PS pada 8.000 rpm. Berdasarkan hasil uji coba mampu mengalahkan kemampuan tenaga mesin Honda Vario 125 sebagai kompetitornya

Disamping itu juga yamaha mengklaim, kemampuan akselerasi Lexi lebih baik dibandingkan dengan Nmax yang bermesin 155 cc. Ini karena faktor dari bobot motor Lexi yang lebih ringan. Hanya saja Lexi memiliki fitur stop & start system (SSS) yang dapat menonaktifkan mesin secara otomatis ketika motor berhenti dalam hitungan lebih dari lima detik.

Basis mesin antara Yamaha Lexi dan Nmax tampaknya dibuat dari crankcase yang identik. Maka tidak heran, jika karakter keduanya juga sedikit mirip. Salah satu perbedaan besar terletak pada diameter piston. Yamaha Lexi ukuran pistonnya lebih kecil sehingga menghasilkan konfigurasi overstroke. Konsekuensinya tentu saja membuat akselerasinya tidak secepat Nmax. Meski begitu, performa Yamaha Lexi terbantu dengan perpindahan tenaga yang cukup mulus dari transmisi matik.

Yamaha Lexi yang dibekali dengan mesin 125cc, berdasarkan hasil uji coba dari team Otoloka konsumsi BBM motor ini lebih irit dibanding kakaknya yaitu Yamaha Nmax. Sepeda motor Lexi mampu mencatat jarak lebih dari 40 km/ liter bensin. Pemakaian konsumsi bahan bakar akan semakin irit jika karakter berkendara dipertahankan dalam mode Eco.

Saat berjalan di kemacetan lalu lintas, fitur SSS dapat diaktifkan untuk menjaga efisiensi konsumsi bensin. Namun jika dibandingkan dengan skutik Yamaha 125cc lainnya misalnya Mio M3, konsumsi bahan bakarnya masih lebih boros. Pasalnya, dengan kapasitas yang sama, skutik ini memiliki mesin dan bobot yang berbeda dengan skutik tipe standar.

Dengan rentang harga mulai dari Rp. 21 juta hingga Rp. 27 jutaan, Yamaha Lexi dengan menyematkan beragam fitur menarik yang pastinya tidak dimiliki skutik 125 cc lainnya. Karena lebih mengedepankan sisi fungsional, Yamaha Lexi 125 masih tetap mengusung karakter yang dominan skutik mainstream, seperti tangki bensin dan bagasi di yang terletak bawah jok. Lexi merupakan alternatif yang bagus selain Honda Vario 150, tapi tentunya harga Lexi yang lebih mahal karena sasaran pasar yang berbeda.

Artikel Terkait

FAQ

  • Berapakah ukuran tinggi jok Yamaha Lexi?
    Tinggi jok Lexi adalah 785 mm.
  • Berapakah kapasitas oli mesin Lexi?
    Kapasitas oli mesin Yamaha Lexi menggunakan 1.0 L.
  • Berapa besar dapur pacu tenaga Lexi?
    Dapur pacu Yamaha Lexi yaitu maksimum 11.7 hp dan torsi maksimum adalah 11.3 Nm.

Motor Sejenis

Video Terkait

Kendaraan Terbaru

  • Mobil
  • Motor

Berita Terpopuler

kredit
Kalkulator Kredit
*Tipe
Mobil Baru
Mobil Bekas
*Harga Kendaraan
*Jumlah Deposit
*Suku Bunga(%)
*Masa Cicilan
Pilih
  • 1 Tahun
  • 2 Tahun
  • 3 Tahun
  • 4 Tahun
  • 5 Tahun
  • 6 Tahun
Tips:
    Selanjutnya
    kredit
    Kalkulator Asuransi
    *Kode Plat Nomor Kendaraan
    Pilih
    *Jaminan Pokok
    Comprehensive
    Total Loss Only
    *Tahun Kendaraan
    Pilih
      *Nilai Pasar
      Jaminan Perluasan
      • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
      • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
      • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
      • Terorisme dan Sabotase
      • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
      Tips:
        Selanjutnya