OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Gambaran
  • Model
  • Review
  • Artikel
  • FAQ
  • Mobil Sejenis
  • Video

Yamaha Nmax

Yamaha Nmax
1/21
  • Yamaha Nmax
  • Yamaha Nmax
  • Yamaha Nmax
  • Yamaha Nmax
  • Yamaha Nmax
  • Yamaha Nmax
  • Yamaha Nmax
  • Yamaha Nmax
  • Yamaha Nmax
  • Yamaha Nmax
  • Yamaha Nmax
  • Yamaha Nmax
  • Yamaha Nmax
  • Yamaha Nmax
  • Yamaha Nmax
  • Yamaha Nmax
  • Yamaha Nmax
  • Yamaha Nmax
  • Yamaha Nmax
  • Yamaha Nmax
  • Yamaha Nmax
Mulai Dari:0,78 Jt/Bln
Rp 29,75 Jt - 32,26 Jt
  • Motor Terlaris
  • 6Motor Matic Terlaris
Otomatis
Bensin
155cc
  • Kelebihan
  • Teknologi seperti motor kelas premium
  • Ada fitur koneksi ke smartphone lewat aplikasi Y-Connect
  • Harga bersaing
  • Kekurangan
  • Daya tampung bagasi belum optimal
  • Kurang berani bermain warna
  • Posisi berkendara masih perlu ditingkatkan

Semua Model

  • Standard
    Angsuran: Rp 0,78 Jt/Bln
    Harga: Rp 29,75 Jt
    nullcc
  • ABS
    Angsuran: Rp 0,84 Jt/Bln
    Harga: Rp 32,26 Jt
    nullcc

Review

  • Overview
  • Desain
  • Fitur
  • Mesin & Performa
  • Konsumsi BBM
  • Kesimpulan

Sulit disanggah, kalau Yamaha NMax menjadi skuter matik paling hits saat ini. Yamaha sukses memperkuat posisinya di segmen skutik gambot 150cc. Terlebih lagi, ketika pabrikan tersebut menyajikan NMax 2021 atau julukan lainnya All New NMax 155 Connected.

Yamaha tanpa ragu membekali skutik NMax 2021 dengan aneka fitur dan teknologi terkini. Ditambah lagi, tampilannya digarap semakin agresif. Siluet tubuh bongsornya terkesan padat, ditopang garis-garis tegas. Desain pun merujuk tampilan lebih sporty, walaupun tetap mempertahankan kesan elegan.

Sedikit flashback, generasi awal Motor Yamaha NMax telah membenamkan mesin 155cc. Gebrakannya melalui mesin berteknologi Variable Valves Actuation (VVA). Berfungsi supaya tenaga dan torsi tetap maksimal pada setiap putaran. Pencahayaan, lampu depan serta belakang sudah dilengkapi LED.

Lini pengereman, NMax telah memiliki (Anti-lock Braking System (ABS) sebagai andalan. Kemudian, Yamaha juga hadirkan pilihan NMax untuk lini pengereman non ABS. Meski spek fitur keselamatan boleh dibilang sedikit dikurangi. Tapi tetap saja skutik laris manis. Apalagi kalau bukan karena harganya jadi lebih rendah.

Memasuki sekitar tahun 2017, Yamaha sempat membekali NMax dengan suspensi belakang bertabung. Plus penampakan panel meter dibuat inverted. Lalu kira-kira akhir 2019, Yamaha beri kejutan, ketika merilis All New NMax 155 Connected. Dengan 2 tipe yang bisa menjadi pilihan konsumen, yaitu versi Connected/ABS dan tipe Standard.

Hadirnya NMax terbaru ini membawa perubahan pada ranah bodi, mesin, dan fitur. Tipe paling mewahnya punya 3 pilihan warna, White, Matte Blue dan Matte Black. Tipe paling murah ada pilihan warna Matte Red, selain 3 warna tadi. Sementara tipe yang tengah-tengah, opsi warna putih diganti warna Prestige Silver.

Omongin desain, All New Yamaha NMax terbaru nyaris kelihatan tak beda dengan generasi sebelumnya. Padahal PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengklaim ubahannya menjamah hampir semua sisi.

Misalnya, kata YIMM, NMax teranyar punya tata letak lampu baru. Kombinasi jumlah LED serupa yaitu dua unit masing-masing. Penempatan lampu sein sedikit ke bawah, katanya sih mirip Tmax DX dan XMax.

Sektor buritan ikut direvisi. Lampu belakang didesain membuat pangling siapapun yang melihatnya. Stoplamp dan sein baru saling padu, diserasikan dengan spatbor sporty. Niatnya sih katanya ingin seperti motor sport. Oiya, disamping sektor desain, motor ini juga memiliki sasis jauh beda dengan generasi lawasnya.

Mesin New NMax 2020 kapasitas 155cc Bluecore 1-silinder. Gelontorkan power 15,1 hp, torsi 13,9 Nm. Diperkuat Smart Motor Generator (SMG), ciptakan suara mesin lembut bak kulit bayi ketika distarter.

Fitur Idling Stop System (ISS) tersedia untuk pengoptimalan bahan bakar. Karena fitur ini otomatis bisa menyala-matikan mesin. Dan sebenarnya masih banyak lagi ulasan fitur yang disampaikan YIMM untuk skutik bongsor ini. Yang bisa diceritakan pada tahap berikutnya.

Kemudian komentari harga, Yamaha membanderol New NMax standar atau non ABS di angka Rp29,85 juta on the road (OTR) Jakarta. Lalu NMax 155 versi Connected dipatok harga Rp31,1 juta OTR Jakarta. Sedangkan tipe teratas NMax 155 versi Connected/ABS dilego Rp33,85 juta OTR Jakarta.

Kalau untuk kompetitornya, berdasarkan sejumlah penilaian, maka pesaing NMax bisa dibilang diantaranya adalah Honda PCX160, ADV150, Vario150, Yamaha Lexi dan Aerox 155VVA.

Spesifikasi Yamaha NMax

 

Mesin

Tipe                                         : Liquid cooled 4-stroke, SOHC

Silinder                                   : Single Cylinder

Kapasitas                                :155 cc

Diameter x Langkah               : 58,0mm x 58,7mm

Perbandingan Kompresi        : 11.6 : 1

Daya Maksimum                    : 15,4 PS (11.3 kW) / 8000 rpm

Torsi Maksimum                    : 13.9 Nm / 6500 rpm

Starter                                     : Electric

Pelumasan                              : Basah

Oli Mesin                                : 0,90 L

Bahan Bakar                           : FI (Fuel Injection)

Tipe Kopling                           : Kering, Centrifugal Automatic

Transmisi                                : V-belt Automatic

 

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi        : 1935mm x 740mm x 1160mm

Wheelbase                             : 1340 mm

Ground Clearance                  : 124 mm

Tinggi Jok                                : 765 mm

Berat isi                                  : 132 kg

Kapasitas tangki bensin         : 7.1 L

 

Rangka

Tipe                                         : Underbone

Suspensi

Depan                                     : Teleskopik

Belakang                                 : Unit Swing

Ban

Depan                                     : 110/70 - 13 M/C 48P

Belakang                                 : 130/70 - 13 M/C 63P

Rem

Depan                                     : Hydraulic Single Disc Brake

Belakang                                 : Hydraulic Single Disc Brake

Desain Yamaha NMax 2021 relatif agresif, elegan dan sporty. Penampakan secara keseluruhan, kelihatan kalau DNA dari NMax generasi pertama masih diusung. Meski tak sedikit orang bilang desain NMax kok condong mirip XMax 250 ya? Yamaha NMax 2021 disebut skutik bongsor karena dimensinya. Panjangnya saja 1935mm, dengan tinggi 1160mm, dan lebar 740mm. Jarak sumbu roda 1.340 mm dan jarak terendah ke tanah 124 mm. Bobotnya sendiri hanya 130 kg dan 132 kg.

Roda dua ini andalkan suspensi depan teleskopik dan model ganda di bagian belakang. Terdapat juga tipe subtank rear suspension atau suspensi bertabung. Velg Yamaha NMax 2021 sama seperti pendahulunya, menggunakan diameter 13 inci. Ban tubeless jenis lebar, dengan ukuran 110/70-13 untuk ban depan, dan ban belakang 130/70-13. 

Mengulas fitur Yamaha NMAX, sebelumnya sudah sedikit dipaparkan terkait fitur Yamaha NMax terbaru 2021. Karena memang salah satu pertimbangan konsumen dalam memilih motor adalah pilihan fiturnya yang segambreng.

Untuk tipe paling atas, fitur konektivitas menjadi poin penting. Berbekal sebuah teknologi Communication Control Unit (CCU), pengendara bisa semakin intim dengan tunggangan kesayangannya itu. Teknologi ini bisa menyampaikan ragam informasi.

Semacam status pemakaian bahan bakar, terakhir parkir lokasinya dimana, pengingat kapan waktu mengganti aki dan pelumas mesin, serta informasi teknis saat NMax alami penyakit malfungsi.

Kerennya, itu semua bisa dipantau lewat smartphone, melalui aplikasi Y-Connect yang perlu didownload lebih dulu oleh sang empunya. Bahkan, software yang terdapat di Y-Connect juga bisa memberi notifikasi email, sms, atau telepon masuk. Indikator yang ada di panel instrumen kemudian akan memberikan informasi itu semua, karena sudah terhubung dengan Y-Connect. Canggih dan praktis memang.

Tidak mau kalah dengan sejumlah rivalnya, malah New NMax sudah dilengkapi soket daya listrik, buat mengecas ponsel, dan berada di dasbor kiri. Kalau dasbor sisi sebelah kanan punya ukuran mungil yang bisa ditutup.

NMax varian Connected/ABS sebagai yang termewah, dan NMax varian tengah, sudah dipasangi Smart Key System, kunci kontak semacam keyless. Cara hidupkan motor, tinggal putar kenob, sebagai pengganti kunci kontak. Bahkan model ini sudah memakai remote, dengan catatan, radius tidak lebih dari dua meter.

Belum selesai sampai situ, di dalamnya juga disematkan fitur answer back system dan immobilizier. Praktis, dan mempermudah pengendara menemukan motornya ketika diparkir di tengah kepadatan parkiran.

Tipe paling murah pun punya nilai tambah, adanya fitur tombol pembuka kursi dan tutup tangki bensin. Serupa dengan Yamaha NMax varian Connected/ABS. Memang untuk tipe terendahnya, masih menggunakan anak kunci konvensional. Rem antilock siap menjaga deselerasi aman, dapat memandu pengereman, tanpa khawatir rem cakram di roda depan juga roda belakang terkunci, ketika tungkai rem dibetot kencang.

Headlamp full LED, sama halnya stoplamp. Persembahkan cahaya terang benderang, sekaligus hemat energi, dan awet. Kendati begitu, masih ada saja yang disayangkan, yakni semua lampu sein masih menggunakan bohlam. Lampu Hazard, sama seperti Yamaha Xmax, sudah tersedia pada New NMax, dalam menghadapi situasi yang sangat darurat.

Handlebar Switch Control, semakin membantu mempermudah pengendaranya, ketika mau seting spidometer dan pilih tampilan informasi. Tuas pengatur berada di posisi handle sebelah kiri. Dapat dengan mudah dioperasikan cukup gunakan jari telunjuk tangan kiri. Pengoperasiannya mirip saat menggunakan lampu dim di naked bike Yamaha MT-15.

Tetap menyematkan rear sub tank suspension, tujuannya untuk lebih mendukung kenyamanan. Karena lebih baik, dibanding shock tanpa tabung, untuk memberi kompresi yang bagus. Juga membuat motor terlihat lebih padat bila ditinjau dari sisi estetika.

Sudah disampaikan sedikit, kalau Yamaha NMax 2021 membenamkan mesin new generation. Walaupun, tipe, kapasitas, serta teknologi Blue Core dan VVA juga. Dikawinkan CVT transmisi otomatis berpendingin cairan. Dimensi piston 58mm dan langkah 58,7mm, sama dengan generasi lawas. Perbandingan kompresi 11,6:1. Tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 11,3 kW/8.000 rpm, torsi maksimum 13,9 Nm/6.500 rpm.

Pabrikan YIMM berupaya tetap menjaga performa All New Yamaha NMax 155, untuk kebutuhan konsumen setianya. Selain bikin motor ini hemat bahan bakar, teknologi mesin juga sanggup menghelat torsi secara merata pada setiap putaran pada mesin.

Bahkan diutarakan sebelumnya, kini NMax sudah punya teknologi SMG dan SSS. Membuat suara makin halus sewaktu pertama kali distarter. Plus mesin mati otomatis kalau motor sedang berhenti, di lampu merah misalnya.

Insinyur-insinyur Yamaha coba meracik ulang jeroan NMax 155 teranyar. Misalnya kepala silinder diperkuat katup intake besar. Piston yang dipakai pun yang permukaannya flat alias rata. Jadi ingat piston kepunyaan Yamaha YZF-R15.

Mencatat sejumlah pengetesan untuk mengetahui konsumsi bahan bakar yang diminum, diketahui kalau Yamaha NMax 155 tahun 2021 sanggup mengkonsumsi bahan bakar 37 km sampai 40 km/liter.

Peluncuran All New Yamaha NMax versi Connected membuat model varian ini kian beragam. Alhasil, kini Yamaha punya tiga pilihan NMax yang ditawarkan untuk bisa dinikmati khalayak. Walaupun bicara harga, NMax Connected sebagai varian tengah terpaut cuma sedikit dengan tipe paling rendah.

Bisa jadi, konsumen akan lebih menjatuhkan pilihan terbaik kepada All New NMax Connected/ABS sekalian. Paling komplit fiturnya, sudah dilengkapi ABS dan Traction Control System TCS pada kedua rodanya.

Keberadaan sistem pengereman bersensor jelas dimaksudkan meminimalisir roda terkunci ketika pengendara mengerem motornya. Sedangkan kontrol traksi, bisa dikatakan otomatis bekerja sesuai putaran roda, cegah gejala slip. Wajar saja, jika konsumen harus merogoh kantong lebih dalam untuk membayar harganya.

Artikel Terkait

FAQ

  • 1. Berat Yamaha NMax berapa?
    - Beratnya 132 kg
  • 2. Kapasitas pelumas mesin NMax?
    - Yamaha NMax memiliki kapasitas pelumas mesin 0,9 L.v
  • 3. Tenaga NMax seberapa besar?
    - Daya maksimum 15.1 hp, torsi maksimum 13,9 Nm.

Motor Sejenis

Video Terkait

Kendaraan Terbaru

  • Mobil
  • Motor

Berita Terpopuler

kredit
Kalkulator Kredit
*Tipe
Mobil Baru
Mobil Bekas
*Harga Kendaraan
*Jumlah Deposit
*Suku Bunga(%)
*Masa Cicilan
Pilih
  • 1 Tahun
  • 2 Tahun
  • 3 Tahun
  • 4 Tahun
  • 5 Tahun
  • 6 Tahun
Tips:
    Selanjutnya
    kredit
    Kalkulator Asuransi
    *Kode Plat Nomor Kendaraan
    Pilih
    *Jaminan Pokok
    Comprehensive
    Total Loss Only
    *Tahun Kendaraan
    Pilih
      *Nilai Pasar
      Jaminan Perluasan
      • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
      • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
      • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
      • Terorisme dan Sabotase
      • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
      Tips:
        Selanjutnya