• twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Motor Triumph Pakai T-Plane Triple Engine, Apa Istimewanya?

EKO
2022-07-29 08:43:06
EKO
loading...

Otoloka.id- Produsen sepedamotor asal Inggris Triumph melalui model terbarunya Triumph Tiger 1200, menyematkan teknologi terkini berupa T-Plane Triple Engine atau mesin 3-silinder dengan poros engkol T-Plane sebagai daya tarik.

Perusahaan yang bermarkas di Hinckley, Leicestershire ini mengklaim, bahwa penyematan konfigurasi tersebut sangat tepat untuk model penjelajah (adventure) mereka. Sebelumnya, teknologi mesin motor Triumph itu diaplikasikan pada model Tiger 900, lalu berlanjut pada model ber-cc lebih besar.

Konfigurasi Mesin T-Plane

Di motor Triumph Tiger 1200 dan 900, mesin 3-silinder segarisnya menempatkan crank pin 1 dalam sudut 180 derajat, crank pin piston 2 di sudut 135 derajat dan crank pin piston 3 di sudut 90 derajat di mana kalau dibedah dari samping akan terlihat bentuk T.

Crank pin berbentuk T tersebut, lalu disetting untuk melakukan pembakaran dalam posisi interval 1-3-2, yaitu di mana ketika piston 1 sudah melakukan putaran di posisi 180 derajat akan terjadi pembakaran, sementara pembakaran piston 2 dan 3 berada di posisi 270 derajat.

Karena posisi sudut crank pin piston 3 setengahnya dari piston 1, maka untuk melakukan pembakaran 4-langkah akan lebih cepat, di mana pada posisi piston 2 memerlukan waktu lebih lama karena sudut derajatnya melintang (cross-plane).

Hasil dari sistem konfigurasi unik motor Triumph tersebut adalah karakter torsi yang lebih baik khas mesin 2-silinder, karena terdapat 1 celah pendek dan 2 celah panjang. Ini lantaran piston 1 dan 3 melakukan pembakaran dalam waktu singkat, lalu menyisakan jeda untuk piston 2 melakukan pembakaran.

Tak hanya torsi lebih besar saja di putaran bawah, namun untuk meraih kecepatan tinggi alias berakselerasi, konfigurasi poros engkol T-Plane tersebut juga cepat lantaran rapatnya rentang putaran mesin dalam menstransfer tenaga, sebagai kelebihan mesin 3-silinder.

Mesin T-Plane Triumph Tiger 1200 series berkubikasi 1.160 cc DOHC. Tenaga puncak yang dihasilkan sebesar 150 PS atau sekitar 147,9 hp pada 9.000 rpm dengan capaian torsi 130 Nm pada 7.000 rpm. Keluaran tenaga tersebut nyatanya menghasilkan torsi lebih besar 8 Nm ketimbang model pendahulunya.

Tak Cuma Tata Letak

Peningkatan tenaga Motor Triumph penjelajah tersebut bukan hanya berdasar di tata letak T-Plane saja. Perusahaan juga merancang desain crank, kepala silinder, girboks berikut kopling, serta drive-shaft baru. Bahkan, ukuran bore dan stroke juga dibuat baru sehingga makin optimal.

Penyematan material baru juga juga membuat komponen mesin tersebut lebih ringan. Merujuk pada klaim perusahaan, Triumph Tiger 1200 terbaru lebih ringan 25 kg ketimbang model pendahulunya, dan lebih ringan 17 kg ketimbang kompetitor berat, yaitu BMW R 1250 GS. 

Ikuti media sosial kita:
  • FollowFavorite
  • LIKESuka 0
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Simulasi KreditSimulasi Asuransi
    *Tipe mobil
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan(Tahun)
    Silahkan pilih masa cicilan
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Hitung
    Reset