• twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Yuk, Kenali Komponen Kopling Mobil Bersistem Hidrolis

EKO
2022-07-26 08:35:40
EKO
loading...

Otoloka.id- Meski masih menjadi perdebatan sampai saat ini, namun mobil bertransmisi manual tetap punya konsumennya. Produsen otomotif pun, sampai saat ini menyediakan varian bertransmisi manual di samping transmisi otomatis. Karena masih banyak penggemarnya, kita perlu, lho mengenal komponen kopling mobil bertransmisi manual. Apalagi bagi yang ingin membeli mobil bertransmisi manual dalam waktu dekat ini. 

Hal ini bertujuan, apabila terjadi kerusakan di kemudian hari, kita dapat segera mencari sumber kerusakan dan cepat dilakukan penanganan. Nah, tanpa berlama-lama, mari kita kulik mengenai komponen kopling mobil bertransmisi manual.

Pedal Kopling

Pedal kopling adalah komponen yang kita injak-injak, dan menjadi bagian yang berperan dalam pengendalian transmisi manual kendaraan. Komponen kopling mobil ini juga dapat diatur tinggi rendahnya untuk menyesuaikan dengan kenyamanan kaki pengemudi.

Master Silinder Kopling Atas

Ketika pedal rem diinjak, maka komponen berupa push roda akan membuat master silinder atas bekerja dengan memberikan tekanan. Komponen kopling mobil bersistem hidrolik tersebut akan terhubung melalui pipa atau selang kepada master silinder kopling bawah.

Hydraulic Clutch Pipe

Hydraulic clutch pipe adalah selang atau pipa yang terhubung dari master silinder kopling atas menuju master silinder kopling bawah. Komponen kopling mobil ini terbuat dari material lentur yang mampu menahan cairan bertekanan. Meski selang hidrolis kopling terbilang lentur, namun bagian ujungnya tersemat material keras seperti besi.

Master Silinder Kopling Bawah

Nah, master silinder kopling bawah merupakan komponen yang bertugas menerima tekanan hidrolis yang diberikan oleh master silinder kopling atas. Ketika menerima tekanan, maka gaya tersebut akan diteruskan lagi ke komponen lain bernama release fork.

Silinder Aktuator

Di antara master silinder kopling, biasanya terdapat silinder aktuator. Komponen tersebut bertugas untuk mengubah gaya hidrolis menjadi mekanis. Karena memiliki dua model, maka silinder aktuator penempatannya disesuaikan.

Di mobil berpenggerak roda depan seperti Toyota Calya, biasanya silinder aktuator berada di rumah kopling dan ciri khasnya, ketinggian pedal tidak dapat diatur. Sementara untuk silinder aktuator yang berada di luar rumah kopling, terdapat pengaturan ketinggian kopling, seperti di Mitsubishi Triton.

Garpu Pembebas

Silinder aktuator yang berada di luar rumah kopling, akan membutuhkan komponen lain untuk mengubah tenaga hidrolis menjadi mekanis, yaitu dengan bantuan garpu pembebas (release fork). Komponen kopling mobil ini prinsip kerjanya seperti pedal untuk mengungkit release bearing, bukan mengungkit masa lalu lho ya!

Release Bearing

Release bearing yang diungkit oleh release fork, bertugas

 menyalurkan tekanan kepada pegas diafragma. Bentuknya yang tebal, mengakomodir daya jangkau dari pegas diafragma ke garpu pembebas alias release fork.

Tutup Kopling

Tutup kopling atau rumah kopling bertugas untuk menaungi pegas diafragma dan plat penekan, di mana komponen tersebut terhubung juga dengan kampas kopling dan flywheel atau biasa disebut roda gila. Ketika flywheel berputar, maka tutup kopling ikut berputar.

Pelat Penekan

Sebagai bagian dari komponen kopling mobil, pelat penekan bertugas untuk menekan pelat kopling, lalu meneruskan tekanan itu kepada plat gesek (friction plate) menuju kampas kopling. Ketika pelat penekan tertekan oleh roda gila, komponen tersebut akan berputar mengikuti putaran gigi primer kopling.

Pelat Kopling

Komponen kopling mobil terakhir adalah pelat kopling yang tugasnya menerima putaran mesin agar dapat diteruskan ke sistem transmisi. Ketika pedal kopling diinjak, maka komponen ini akan ikut terhimpit lalu perpindahan gigi dapat dilakukan. 

Ikuti media sosial kita:
  • FollowFavorite
  • LIKESuka 0
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Simulasi KreditSimulasi Asuransi
    *Tipe mobil
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan(Tahun)
    Silahkan pilih masa cicilan
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Hitung
    Reset