• Home>
  • Review>
  • 10 Mobil Sedan Paling Irit BBM, Kala Elegansi Bertemu Kompromi
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

10 Mobil Sedan Paling Irit BBM, Kala Elegansi Bertemu Kompromi

Dilihat 6546
Amanda
24 Okt 2021, 17:54
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 1

Otoloka.id - Mobil sedan bisa dibilang cukup jauh dari mobil berpredikat irit BBM. Tetapi jangan salah, ternyata ada beberapa model mobil sedan yang diketahui memiliki efisiensi bahan bakar yang tinggi meskipun tidak termasuk dalam golongan Low Cost Green Car (LCGC).

Kali ini, kita akan membahas tentang 10 merek mobil sedan yang irit BBM ini.

Bagi konsumen yang mengincar mobil sedan dengan tingkat konsumsi BBM yang irit, maka beberapa mobil yang ada dalam daftar ini bisa jadi pilihan yang tepat.

Daripada penasaran, langsung saja kita lihat 10 merek mobil sedan yang diketahui irit BBM berikut ini!

Toyota Camry

Di daftar mobil sedan paling irit BBM pertama ada Toyota Camry. Mobil ini merupakan sedan yang sudah ada di Indonesia sejak tahun 1998 dan saat ini ditawarkan dengan kisaran harga Rp649,25 jutaan hingga Rp682,55 jutaan.

Toyota Camry mengandalkan mesin 4 silinder segaris dengan kapasitas mesin 2,5 liter (2.494 cc) sebagai jantung mekanisnya. Mesin ini diketahui bisa menghasilkan tenaga sebesar 180 hp dan torsi mencapai 239 Nm.

Soal konsumsi bahan bakarnya sendiri, pada penggunaan di dalam kota, Toyota Camry memiliki tingkat konsumsi 9,8 km/liter. Sedangkan pada penggunaan di luar kota, sedan pabrikan Toyota ini memiliki tingkat konsumsi 12 km/liter.

Toyota New Corolla Altis

Siapa yang tidak kenal dengan Toyota Corolla Altis? Mobil sedan yang satu ini merupakan salah satu model andalan Toyota yang sudah ada sejak tahun 1996.

Di Indonesia, saat ini Toyota Corolla Altis hanya ditawarkan dalam dua varian, dan keduanya hanya tersedia dalam pilihan transmisi otomatis CVT. 

Toyota Corolla Altis dipasarkan dengan harga mulai Rp495,95 jutaan hingga Rp517,55 jutaan.

Baca juga: Berikut Mobil Sedan Yang Dihadirkan Toyota Indonesia, Pilih Mana?

Mesinnya sendiri menggunakan mesin 4 silinder dengan DOHC dan Dual VVT-i berkubikasi 1,8 liter (1.798 cc). Di atas kertas, mesinnya ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 138 HP dan torsi 171 Nm.

Dalam penggunaan di dalam kota, tingkat konsumsi bahan bakar Corolla Altis bisa mencapai 14 km/liter. Sedangkan untuk rute luar kota, mobil ini memiliki tingkat konsumsi 19,6 km/liter.

All New Toyota Vios

Selanjutnya di daftar mobil sedan paling irit BBM adalah Toyota Vios. Sedan yang satu ini sudah berkiprah di Indonesia sejak tahun 2003 dan mendapatkan beberapa kali facelift sejak diluncurkannya.

Mobil ini ditawarkan dalam tiga varian berbeda dan dibanderol dengan kisaran harga Rp254,1 jutaan hingga Rp283,3 jutaan. Mobil ini diketahui menawarkan varian transmisi manual dan CVT.

Baca juga: Biaya Servis Kaki-kaki Toyota Vios, Catat Biar Tak Terlewat!

Bicara soal mesinnya, mobil ini mengandalkan mesin 4 silinder dengan DOHC dan Dual VVT-i berkapasitas 1,5 liter (1.496 cc). Mesin yang digendong Vios ini bisa menghasilkan tenaga dan torsi masing-masing 105 HP dan 140 Nm.

Kemudian untuk konsumsi bahan bakarnya, Vios memiliki tingkat konsumsi 12 km/liter untuk rute dalam kota. Sementara itu, untuk rute di luar kota tingkat konsumsi bahan bakarnya adalah sekitar 16 km/liter.

All New Honda City

Model lainnya yang juga masuk ke dalam daftar mobil sedan paling irit BBM adalah Honda City

All New Honda City ditawarkan hanya dalam satu varian saja dan dibanderol dengan harga Rp352,6 jutaan.

All New Honda City mengandalkan mesin 4 silinder berkubikasi 1,5 liter (1.497 cc) sebagai dapur pacunya. Mesin mobil ini diketahui bisa menghasilkan tenaga sebesar 118 HP dan torsi mencapai 145 Nm.

Untuk konsumsi bahan bakarnya, mobil ini bisa mencapai 13,6 km/liter untuk penggunaan di dalam kota. Sementara itu, pada penggunaan di luar kota, konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 18,3 km/liter.

Honda Civic

Sama seperti Honda City, Honda Civic juga mobil sedan yang hanya ditawarkan dalam satu varian saat ini di Indonesia. Mobil ini dibanderol dengan harga Rp533 jutaan, dan karena itu disebut sebagai salah satu model sedan premium dari Honda.

Baca juga: Deretan Mobil LCGC Terbaik yang Hadir di Indonesia

Mesinnya sendiri menggunakan mesin 4 silinder segaris berkapasitas 1,5 liter (1.496 cc) dengan VTEC Turbo DOHC dan DBW. Keluaran tenaga dan torsi yang dihasilkan mesin mobil ini masing-masing adalah 170 HP dan 220 Nm.

Honda Civic memiliki tingkat konsumsi bahan bakar 13 km/liter pada penggunaan dalam kota dan 20 km/liter pada penggunaan di luar kota. Tidak heran jika mobil ini masuk ke dalam daftar mobil sedan paling irit BBM.

Honda Accord

Satu lagi model mobil Honda yang masuk ke dalam daftar mobil sedan paling irit BBM adalah Honda Accord. Di Indonesia, mobil sedan premium ini hanya ditawarkan dalam satu varian dan dibanderol dengan harga Rp749 jutaan.

Bicara soal mesinnya, mobil ini mengandalkan mesin 4 silinder segaris berkapasitas 1,5 liter (1.498 cc) dengan teknologi VTEC Turbo dan Drive By Wire. Mesin ini diketahui bisa menghasilkan tenaga dan torsi masing-masing 187 HP dan 260 Nm.

Soal konsumsi bahan bakarnya, mobil ini memiliki tingkat konsumsi 9,9 km/liter untuk penggunaan di dalam kota. Sedangkan untuk penggunaan di luar kota, tingkat konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 16,5 km/liter.

Mazda 3 Sedan

Mazda 3 merupakan model mobil pabrikan Jepang yang menggantikan model legendaris Mazda 323. Di pasar Jepang, mobil yang satu ini disebut dengan nama Axela.

Di Indonesia, hanya ada satu varian yang ditawarkan untuk sedan ini, dan dipasarkan dengan kisaran harga Rp561,1 jutaan. Mesinnya sendiri mengandalkan mesin SKYACTIV-G 4 Silinder Segaris DOHC 16 katup berkapasitas 1.998 cc atau setara 2.0 L. 

Mesinnya ini dikawinkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan. Di atas kertas mobil ini bisa menghasilkan tenaga 153 HP dan torsi 200 Nm.

Bicara soal konsumsi bahan bakarnya, Mazda 3 memiliki tingkat konsumsi 11,7 km/liter untuk penggunaan di dalam kota. Sedangkan di luar kota, tingkat konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 16,5 km/liter.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Toyota Yaris, Sulit Ditolak Anak Muda

BMW 3 Series 320i M Sport

Banyak yang mengira kalau mobil pabrikan Jerman yang satu ini lumayan banyak minum BBM karena performa mesinnya yang cukup tinggi.

BMW 3 Series 320i M Sport dipasarkan dengan kisaran harga Rp899 jutaan (OTR DKI Jakarta) di Indonesia. Harga yang fantastis, tetapi bukan tanpa alasan.

Mobil ini mengandalkan mesin TwinPower Turbo 4 silinder berkapasitas 2.0L, Valvetronic, Double VANOS, dan High Precision Injection, yang kemudian dikawinkan dengan transmisi otomatis Steptronic Sport 8 percepatan. Hasilnya, mesin ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 184 HP dan torsi 300 Nm.

Kendati memiliki performa yang mengesankan, mobil ini ternyata memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang cukup efisien. Dari klaim data di situs web BMW Indonesia, BMW 3 Series 320i M Sport memiliki angka konsumsi BBM rata-rata 15,9 km/liter (pemakaian kombinasi).

BMW 5 Series Sedan 520i M Sport

Satu lagi model mobil BMW yang masuk ke dalam daftar mobil sedan paling irit BBM, yakni BMW 5 Series Sedan 520i M Sport. Sedan yang satu ini dipasarkan di Indonesia dengan kisaran harga Rp1,109 miliaran. 

Urusan mesinnya, mobil ini juga dibekali dengan mesin yang andal dan memiliki performa tinggi. Sebagai jantung mekanisnya, mobil ini mengandalkan mesin 4 silinder segaris berkapasitas 1.998 cc dan dilengkapi dengan TwinPower Turbo khas BMW. 

Transmisinya sendiri menggunakan transmisi yang sama dengan model BMW 320i M Sport. Soal tenaganya, mesin mobil ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 168 HP dan torsi 250 Nm. 

Kemudian, bicara soal konsumsi bahan bakarnya, mobil sedan mewah ini memiliki tingkat konsumsi 12,5 km/liter pada penggunaan di dalam kota. Sedangkan untuk penggunaan di luar kota, mobil ini memiliki tingkat konsumsi 17,5 km/liter.

Baca juga: Simak Beberapa Kelebihan Mobil Listrik yang Patut Dipertimbangkan

Mercedes-Benz A200 Sedan

Terakhir di daftar mobil sedan paling irit BBM ada Mercedes-Benz A200 Sedan. Mobil sedan yang satu ini dipasarkan dengan kisaran harga Rp751 jutaan hingga Rp820 jutaan.

Sedan mewah pabrikan Mercedes-Benz ini mengandalkan mesin 4 silinder berkode M282 yang memiliki kapasitas mesin 1.332 cc. Mesin ini kemudian dipadukan dengan transmisi otomatis 7G DCT.

Konfigurasi mesinnya ini memungkinkan mobil ini menghasilkan tenaga sebesar 163 HP. Sedangkan torsinya sendiri bisa mencapa 250 Nm.

Nah, yang mengejutkan memang adalah tingkat konsumsi bahan bakarnya yang luar biasa irit. 

Pada penggunaan di dalam kota, Mercedes-Benz A200 Sedan memiliki tingkat konsumsi 18,5 km/liter, sementara pada penggunaan di luar kota tingkat konsumsinya bisa mencapai 20,4 km/liter.

  • Suka 1
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya