logo
googlePlay
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
Masuk
    • whatsapp
    • facebook
    • twitter

    Kelebihan dan Kekurangan Mazda CX-9, Bodi Bongsor Kaya Fitur

    Dilihat 317
    Arief Yuno
    Ikuti

    eksterior mazda cx-9 otoloka

    Otoloka.id - Ingin sebuah paket komplit berupa SUV tetapi bisa memuat hingga 7 penumpang? Inilah keunggulan yang bisa didapatkan di Mazda CX-9. Ia menghadirkan kemewahan bagi seorang family man yang memang kerap memboyong keluarga besarnya ke mana-mana.

    Apalagi, harganya kini mulai ramah di kantong. Untuk sebuah SUV kota dengan tampang mewah berdaya angkut banyak, generasi pertama keluaran tahun 2009-2010 bahkan sudah mulai dilego di harga Rp 150 jutaan. 

    Lumayan jika mengingat ia adalah SUV premium luar-dalam, terlebih lagi jika melihat harga generasi teranyarnya di kisaran Rp 800 juta. Mazda CX-9 sendiri mulai beredar di Indonesia pada akhir tahun 2000. Ia adalah SUV crossover ukuran sedang yang diproduksi di Jepang, tepatnya di pabrik Ujina di Prefektur Hiroshima. Ini menjadi nilai plus jika bicara kualitas.

    Menganut desain bodi SUV 5 pintu, ia bermesin besar 3.000 CC ke atas Bertransmisi 6-percepatan otomatis dan juga berbodi besar. Panjangnya 5,075 mm, lebar 1,935 mm, dan tinggi kisaran 1,730 mm. Sementara itu, bobotnya sekitar 2 ton.

    Dengan bobot seberat itu, generasi pertama CX-9 awalnya dilengkapi mesin 3.5 L Ford V6, tetapi pada 2008 diubah menjadi mesin 3,7 L yang menghasilkan 204 kW (274 hp) dan 366 N⋅m (270 lb⋅ft) pada torsi. 

    Kelebihan Mazda CX-9

    interior mazda cx-9 otoloka

    Kaya Fitur Keselamatan

    Perlengkapan keselamatan standar pabrikan asalnya termasuk pemantauan blind spot atau titik buta, kamera cadangan yang dipasang di kaca spion, penghindar tabrakan, kontrol stabilitas elektronik, kontrol traksi, hingga airbag alias kantong udara sisi depan dan tirai samping.

    Di kisaran tahun 2010, Mazda CX-9 mendapatka perubahan minor facelift fasia depan. Tambahan lainnya berupa penyejuk AC kontrol iklim tiga zona dan perangkat hiburan dengan antarmuka Bluetooth.

    Desain Atraktif

    desain mazda cx-9 otoloka

    Kisaran tahun 2013, CX-9 menerima penyegaran mencakup gril baru, lampu depan baru, dan ventilasi depan. Bicara tampang, Mazda CX-9 generasi pertama adalah perwakilan desain di eranya, termasuk SUV di eranya. Perwajahan bak sedan dengan hidung mancung overhang depan dan makin terasa karena ground clearance depan jauh. Pasalnya, ia menggunakan roda bawaan standar 20 inci.

    Terlebih lagi memang arahan desainnya pipih dengan kaca yang seolah-olah dibikin pendek tetapi memanjang dan sudut-sudut cenderung tajam, sementara bodi gembung berotot baik sisi samping maupun sedikit di area fender-fender roda. Namun sebagai perwakilan SUV era 2000-an, dia memang masih serba simpel dibandingkan yang sekarang.

    Kabin Nyaman

    kabin mazda cx-9 otoloka

    Masuk ke kabin, area kontrol hiburan dan penyejuk udara terkumpul di tengah, didukung pula oleh kontrol di setir. Sementara area dashboard penumpang depan cukup clean. Sebagai sebuah mobi kategori menengah-mewah di Indonesia, jok depannya didesain seakan captain seat. 

    Sebab sandaran tangan untuk penumpang depan dan pengemudi sudah tersedia tetapi tidak direpotkan karena tidak menyatu dengan kursi. Sebab sandaran tangan itu disusun di belakang kompatermen dekat tuas transmisi.

    Untuk duduk, dukungan cerukan memang mendukung kenyamanan sekalipun Mazda CX-9 tidak dibuat sedemikian memeluk sehingga pengemudi dan penumpang masih punya banyak ruang untuk bergerak-gerak.

    Bagaimana dengan posisi duduk di paling belakang. Bagaimanapun di SUV, penumpang paling belakang sering menjadi anak tiri. Misalnya, area kanan kiri sudah kalah oleh ruang roda. Lalu jok cenderung lebih ratah dibanding yang depan. 

    Sekalipun demikian, jangan lupa, ini adalah SUV menengah mewah. Jadi headrest atau sandaran kepala tersedia hingga kursi belakang, yang artinya memberikan kenyamanan. Namun memang, ruang kaki penumpang baris ketiga cenderung sempit. Artinya, dia masih bisa dibilang cukup lega bagi penumpang anak-anak.

    Kekurangan Mazda CX-9

    belakang mazda cx-9 otoloka

    Bodi Mazda CX-9 Besar

    Kekurangannya? Dengan bodi yang besar dan panjang sudah lima meter, maka konsekuensi manuver di gang sempit adalah mesti banyak perhitungan.

    Boros BBM

    tachometer mazda cx-9 otoloka

    Lalu dengan mesin besar, bodi dua ton, tentu saja dia boros. Namun jika pemiliknya paham karena menginginkan mobil yang besar, misalnya disetarakan dengan Kijang Innova, maka persoalan BBM tidak akan terlalu dihiraukan.

    Tidak Ada Spion Elektrik

    Yang kurang lainnya untuk generasi pertama termasuk facelift adalah tidak adanya pengatur spion elektrik. Untuk mobil sebesar ini, tentu pengaturan spion di sisi lainnya butuh dukungan atau ya membua pengemudinya minta tolong, atau terpaksa memiring-miringkan badan untuk menjangkau spion.

    Rentan Rem Bocor

    mazda cx-9 otoloka

    Satu kekurangan lainnya terkait dengan isu rem yang sempat ramai di masa keluarnya Mazda CX-9. Sebab di beberapa negara, mobil ini disebut kena recall karena rem bocor. Walau demikian, jika dia masih survive di tahun-tahun berikutnya, tentu saja penggantian sudah dilakukan.

    Bagikan dengan :
    • whatsapp
    • facebook
    • twitter
    report
    Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya.
    Akses kami lebih nyaman dan mudah!

    Kendaraan Terkait

    Rekomendasi

    Komentar (0)

      pertamina
      shell
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya

            Berita Terpopuler