OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Review>
  • 3 Varian Honda PCX yang Jadi Incaran, Ini Spesifikasi Lengkapnya!
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

3 Varian Honda PCX yang Jadi Incaran, Ini Spesifikasi Lengkapnya!

Dilihat 2258
Dian
6 Ags 2020, 10:56
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Honda PCX merupakan sebuah skutik gambot yang saat ini mewarnai pasar menyaingi Yamaha Nmax. Sejak diluncurkan, Honda PCX berhasil mengambil hati para konsumen. Hal ini terbukti dari penjualan dealer yang tak pernah sepi. Saat ini PCX memiliki 3 varian terbaru dengan kelebihan dan keunggulan berbeda. Varian itu adalah Honda PCX 150, Honda PCX ESP dan Honda PCX 150 Hybrid. 

Honda PCX merupakan skutik maxi yang memang diandalkan oleh Honda. Terutama dalam hal bersaing di ruang pasar skutik bersama Yamaha NMax. Skutik ini juga hadir dengan keunggulan yang andal dan fungsional di Indonesia. Saat ini motor skuter matik besar tampaknya mulai diminati oleh masyarakat. Honda pun tidak ragu untuk kembali meluncurkan beberapa versi terbaru dari PCX. Nah, untuk itu mari kita ulas ketiga jenis varian Honda PCX terbaru 2020 ini.

Spesifikasi Mesin Honda PCX

Spesifikasi mesin milik Honda PCX 150 memiliki kapasitas mesin sebesar 149.3 cc. Mesin ini mampu melepaskan tenaga sebesar 10,8 kW (14,7 PS) dengan putaran sebanyak 8.500 rpm. Motor Honda PCX 150 ini sendiri menggunakan bahan bakar bensin dan termasuk dalam jenis motor Matik. Mesin motor Honda PCX 150 ini juga mengandalkan tipe SOHC 4 langkah yang memiliki sistem pendinginan cairan dan berteknologi eSP. 

Teknologi eSP atau Enhanced Smart Power dikenal sangat berperan dalam menjaga suhu mesin agar selalu stabil dan dingin. Di samping itu, Honda PCX 150 ini juga mengusung tipe transmisi otomatis V-Matic untuk memaksimalkan power yang dihasilkannya. Bahkan, sektor bagian mesin pada spesifikasi Honda PCX 150 juga memiliki teknologi PGM-FI yang siap menekan konsumsi bahan bakar secara lebih efektif dan efisien dengan perbandingan kompresi 10,6 berbanding 1.


Untuk spesifikasi mesin Honda PCX 150 Hybrid sendiri adalah berkapasitas mesin sebesar 149,3 cc dengan kekuatan tenaga sebesar 10.8 kW (14.7 PS) dan putaran sebanyak 8,500 rpm (Engine) serta 1.4 kW per 3000 rpm (Motor). Terdapat sedikit perbedaan dengan pendahulunya, Honda PCX 150 Hybrid ini juga dibekali dengan teknologi GM-FI dan eSP yang dipastikan dapat membuat skutik ini jauh lebih menghemat bahan bakar secara efisien dan tentunya lebih ramah lingkungan.

Sementara itu, Honda PCX ESP dibekali mesin yang berkapasitas sebesar 153cc ini memiliki tenaga sebesar 9,9 kW (13,5 PS) dengan putaran 8.500 rpm (engine). Selain itu untuk torsi maksimum, Honda PCX ESP menghasilkan sekitar 13,7 Nm (1,4 kg.fm) dengan putaran 5.500 rpm. Nah, tenaga andal yang dihasilkan dari mesin pacu tersebut nantinya akan disalurkan melalui sistem transmisi Otomatis berteknologi V-matic.

Dari spesifikasi singkat di atas Anda bisa membedakan dengan cepat mana mesin yang kekuatan Honda PCX yang lebih baik antara Honda PCX ESP, Honda PCX 150 dan Honda PCX 150 Hybrid.

Fitur Honda PCX 

Mari kita lihat fitur apa saja yang disematkan pada spesifikasi Honda PCX 150 dan Honda PCX 150 Hybrid terlebih dahulu. Keduanya sama-sama dibekali dengan rem canggih berteknologi ABS untuk mencegah terjadinya ban selip dan mampu mengurangi resiko kecelakaan saat pengereman mendadak, dan ada pula seri dengan rem CBS. Selain itu, panel indikator digital dengan layar LCD pun juga turut ditampilkan dengan canggih dan sangat informatif. 

Bagian yang sedikit membedakan adalah Honda PCX 150 Hybrid memiliki fitur Honda Smart Key System dan Riding Mode (mode berkendara) yang bisa dipilih oleh pengguna sesuai kebutuhan melalui tombol riding mode. Serta untuk versi hybrid, Honda juga menyematkan emblem khusus berupa Hybrid Emblem guna mempertegas kehandalan dari teknologi Hybrid yang disematkan pada spesifikasi Honda PCX 150 Hybrid.


Kelebihan Honda PCX 150 dan Honda PCX 150 Hybrid adalah sama-sama memiliki kelebihan berupa desain motor matik premium, dibekali fitur canggih dan mumpuni, membuat posisi berkendara nyaman serta memiliki performa mesin tangguh. Untuk kekurangan, keduanya hanya memiliki ABS pada roda depan dan memiliki bodi cukup besar. Sementara itu, pada Honda PCX 150 Hybrid kekurangan motor ini adalah masih perlu pembuktian daya tahan sistem hybrid dan fitur masih sama dengan PCX biasa.

Sementara itu, fitur Honda PCX eSP yaitu fitur ini terdapat headlamp dengan lampu berteknologi LED dengan kapasitas tegangan 12V – 5,4W x 1 (Low) 9,6W x 1 (High) dan fitur lampu senja yang dilengkapi dengan bola lampu yang berkapasitas 12V 5W x 2. Dan untuk sumber api, Honda PCX eSP menggunakan tipe busi NGX CPR7EA-9. 

Pada bagian panel indikator, Honda PCX eSP memiliki instrumen panel indikator berupa kombinasi panel analog dan digital. Panel Honda PCX eSP ini memang tampak lebih modern dan informatif sehingga mudah dipahami oleh pengemudi terkait kondisi motor. Pada panel indikator tersebut, akan muncul info terkait kecepatan, indikator lampu sein (kanan dan kiri), indikator bahan bakar beserta jarak tempuh, dan kondisi oli dari Honda PCX eSP serta lampu tembak. 

Kelebihan Honda PCX ESP sendiri adalah desain modern dan sporty, punya fitur canggih dan berteknologi tinggi serta performa mesin tangguh dan bertenaga besar, tetapi motor ini cukup mahal bagi mereka yang berada di kalangan menengah ke bawah atau sedang.

Desain Honda PCX

Honda PCX ESP memiliki desain yang elegan dan dinamis. Tampilan mempesona yang memukau ini terlihat dari bodi bagian depan yang dilengkapi dengan headlamp berbentuk huruf “V” sehingga membuat Honda PCX eSP ini tampak begitu gagah dan berwibawa. Pada bagian samping tampak lekukan bodi yang terlihat sangat atletis, dan terdapat pula deck bawah yang dibuat lebih luas yang bisa dijadikan sebagai pijakan kaki yang nyaman. 

Sementara itu pada bagian dalam, Honda PCX ESP ini dilengkapi dengan tangki bahan bakar berkapasitas mencapai 8 liter. Pada bagian belakang, ditambah jok berbahan busa tebal dengan konsep aerodinamis. Untuk menambah kesan sporty dan gagah, di bagian paling belakang motor ini diberikan tambahan behel yang dibentuk dengan mengikuti alur bodi serta stop lamp yang berukuran besar.


Tak berbeda jauh dengan seri ESP, Honda PCX 150 ini membawa visor besar beserta desain headlamp modern yang membentuk huruf “U” dan sudah mengandalkan teknologi LED.Skutik ini tampil lebih mewah dengan pencahayaan menjadi lebih terang dan maksimal. Model terbaru PCX ini juga telah dilengkapi dengan DC socket untuk power charger yang disematkan di konsol box pada bagian sisi depan.

Di samping itu, model terbaru dari skutik premium Honda ini juga sudah dilengkapi seat stopper yang berfungsi untuk menahan posisi jok dari Honda PCX 150 supaya tidak tertutup saat sedang atau mengeluarkan barang dari bagasi. Untuk bagian belakang terdapat konsep Dual Tail Light with Separate Winker dengan lampu ganda yang tampak lebih stylish beserta lampu sein yang terpasang secara terpisah. Honda PCX 150 memiliki 5 warna, yakni biru, hitam, merah, cokelat dan putih

Beralih ke varian Honda PCX Hybrid yang bagian eksteriornya tak memiliki banyak perbedaan dengan versi terdahulu. Sebagai pembeda, ada sedikit penyematan pada sisi headlamp maupun stoplamp. Hal itu terlihat dari sisi depan tampak desain lampu utama berteknologi LED yang bergaya futuristik modern yang mampu menampilkan kesan yang lebih sporty dan elegan. 

Honda PCX Hybrid sendiri memiliki lampu sein di bagian ujung dari sudut headlamp dengan konsep desain yang sangat seimbang. Ada pula penambahan pelindung yang terpasang pada bagian depan. Honda PCX Hybrid ini hanya tersedia dalam 3 warna, yakni putih, silver dan biru.

Harga Honda PCX
- Harga Honda PCX ESP            Rp 40.050.000,-
- Harga Honda PCX 150 Hybrid  Rp 42.800.000

Harga Honda PCX 150
- Harga Honda PCX 150 ABS : Rp 32.511.000
- Harga Honda PCX 150 CBS : Rp 29.509.000

Namun, harga di atas berdasarkan informasi dari OTR di Jakarta dan tidak bisa menjadi patokan sebab kemungkinan akan sedikit berbeda pada setiap daerah dan dealer (bisa lebih mahal atau lebih murah). Harga yang lebih akurat bisa Anda ketahui dari dealer terdekat di kota Anda. 

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Honda PCX
    Honda PCX
    Honda PCX
    Angsuran mulai dari:Rp 0,81 Jt/Bln
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya