• Home>
  • Review>
  • 4 Hal Penting Mengenai Toyota Raize, SUV Terbaru Untuk Indonesia
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

4 Hal Penting Mengenai Toyota Raize, SUV Terbaru Untuk Indonesia

Dilihat 740
Deni Ferlindungan
11 Nov 2020, 01:23
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Toyota Raize, mini SUV yang siap dijajakan di Tanah Air

Otoloka.id - Toyota Indonesia kabarnya bakal menjajakan sport utility vehicle (SUV) teranyar, Toyota Raize di Tanah Air. Kabar ini berhembus kencang sejak awal tahun 2020.

Namun sayang, seiring pandemi virus korona (Covid-19). Nampaknya membuat pabrikan harus menunda momen peluncuran dari kembaran Daihatsu Rocky itu.

Kehadiran adik Toyota Rush tersebut sejatinya cukup menarik bagi pasar Indonesia. Mengingat saat ini segmen SUV di pasar domestik terus mengalami pertumbuhan.

Sementara Toyota Raize diharapkan menjadi pilihan baru bagi masyarakat yang mendambakan sebuah SUV 5-penumpang, dengan desain tangguh dan modern, serta memiliki konsumsi BBM yang efisien.

Untuk urusan fitur, tentunya Toyota Raize sudah disematkan serangkaian peranti keamanan dan keselamatan modern. Mini SUV ini pun diharapkan rilis di tahun 2021 mendatang, guna menstimulus pasar otomotif yang lesu di tahun 2020.

Selain berbekal tampilan modern, fitur berlimpah, serta diklaim punya BBM yang efisien. Harga yang ditawarkan untuk mobil ini pun cenderung terjangkau, Sob!

Baca Juga : Honda Brio vs Toyota Agya, Mana yang Terbaik?

Mengacu pada pasar Negeri Sakura, banderol untuk Daihatsu Rocky mulai dari JPY 1.679.000 atau setara dengan Rp 217 jutaan. Masih cukup terjangkau, dan tentunya bisa bersaing di pasar Nasional.

Berbekal banderol terjangkau, membuat Toyota Raize menjadi salah satu mobil terlaris di Jepang. Penjualannya pun berhasil menembus puluhan ribu unit, pasca diluncurkan.

Berdasarkan data pabrikan, penjualan Toyota Raize selama bulan Januari 2020 saja menembus angka 10.220 unit. Bulan ke bulan penjualan Raize merangkak naik, dari 7.484 unit di bulan November 2019, meningkat jadi 9.117 unit di Desember 2019.

Torehan penjualan tersebut ternyata melampaui target yang dicanangkan oleh Toyota Jepang, yakni sekira 4.000 unit per bulan. Menarik rasanya jika Toyota Raize juga memanaskan pasar otomotif Indonesia.

Pertanyaannya, lalu kira-kira apa saja yang jadi bekal Toyota Raize agar dapat meraih pasar Indonesia? Daripada penasaran, berikut ini Otoloka akan memberikan review lengkap mengenai Raize.

1. Berbekal Eksterior Modern dan Tangguh Jadi Keunggulan Toyota Raize

Toyota Raize akan meluncur di Indonesia

Tingginya penjualan Toyota Raize tak lepas dari desainnya yang begitu menggoda. Tampilannya terlihat kekar dan juga sportif, dan sudah dilengkapi dengan beragam fitur-fitur modern.

Terlihat mobil ini sudah menggunakan gril model trapesium di bagian depan, yang dipadukan dengan lampu utama berjenis LED dan DRL. Bagian depan pun semakin terasa sempurna berkat penyematan fog lamp yang tentunya membantu visibilitas di malam hari.

Kesan SUV semakin diperkuat dengan pelek alloy berdesain sporty berukuran 17 inci. Cukup menarik untuk diteliti, terlihat pilar D bergaya floating dan bumper dengan cladding tebal pada bagian bawah.

Memang urusan desain tak jauh berbeda dengan Toyota RAV4 terbaru yang belum lama dirilis Toyota. Terkait dimensi, Toyota Raize punya panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.620 mm.

Mobil ini pun dibangun dari basis Toyota New Global Architecture (TNGA). Sebuah platform yang diklaim pabrikan memiliki rangka ringan namun kokoh, seperti yang digunakan pada line-up produk teranyar Toyota lainnya.

2. Interior Usung Desain Elegan Dengan Fitur Lengkap

interior toyota raize indonesia

Masuk ke dalam kabin, terlihat lingkar kemudi punya model 3-bilah. Menarik, berkat hadirnya sentuhan aksen alumunium pada setir, pintu dan kover AC. Setidaknya mampu mempermanis tampilan, supaya semakin terasa sporty.

Guna menunjang kenyamanan ketika berkendara, pengemudi dan penumpang kian dimanjakan melalui hadirnya head unit layar sentuh berukuran 8 inci di bagian tengah dasbor. Nuansa modern pun cukup terasa, melalui kehadiran instrument cluster yang sudah model digital.

Raize punya konfigurasi 2 baris bangku, yang mampu mengakomodir kebutuhan 5-penumpang. Setiap kursi sudah dilengkapi dengan head rest untuk menunjang kenyamanan.

Meski dimensinya tak terlalu besar, namun bagasi yang ditawarkan rasanya masih mumpuni mengakomodir kebutuhan. Kalau ingin menghasilkan ruang bagasi lebih lapang, mungkin bisa melipat bangku baris kedua dengan sistem 60:40.

3. Mesin Turbo yang Efisien

mesin Toyota Raize Indonesia

Membahas lebih dalam mengenai Toyota Raize, kurang pas rasanya jika tidak membahas jantung mekanis yang ditawarkan. Bila mengacu pada pasar Jepang, mobil ini ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yakni 1.0 liter turbo dan 1.2 liter.

Berbeda dengan SUV lainnya, yang dijajakan di Indonesia. Nampaknya dengan mesin tersebut, Raize lebih cocok digunakan sebagai SUV perkotaan.

Di atas kertas, mesin 1.0 liter turbocharged 3-silinder tentunya lebih menyasar pada konsumsi bahan bakar yang efisien. Pun begitu untuk urusan tenaga, mobil ini mampu menyemburkan 96 daya kuda dengan torsi puncak 140 Nm.

Tenaga dan torsi mengalir melalui transmisi otomatis D-CVT. Tersedia pula pilihan transmisi 6-percepatan manual, dengan pilihan penggerak 2WD dan 4WD.

Baca Juga: Pilih Mana, All New Toyota Rush atau New Honda BR-V?

Poin penting terkait Toyota Raize adalah konsumsi BBM yang ternyata efisien. Menurut hasil pengujian internal Toyota Jepang, konsumsi BBM untuk sistem penggerak 2Wd menembus 18,6 km/liter. Sementara untuk penggerak 4WD dengan 17,4 km/liter.

Menyoal mesin 1.2 liter, sejatinya bagi Toyota Indonesia bukan perkara sulit untuk mengembangkan mini SUV ini untuk pasar Tanah Air. Mengingat sejatinya Raize mungkin bisa berbagi mesin dengan Toyota Calya.

4. Bedah Fitur Toyota Raize

fitur toyota raize indonesia

Terkait fitur, Toyota Raize tak boleh dipandang sebelah mata. Mengingat mobil ini sudah dibekali dengan beragam fitur-fitur modern.

Bila melihat pasar Jepang, Toyota Raize sudah disematkan serangkaian fitur modern seperti dual front airbags, curtain airbag, blind-spot monitoring, hingga adaptive cruise control.

Fitur lain yang juga tersedia antara lain LED headlamp with adaptive driving beam, smart parking system, cornering lamps, dan pedestrian detection system.

Kuat dugaan sementara bahwa serangkaian fitur-fitur di atas juga akan tersedia pada Toyota Raize untuk pasar Tanah air. Dengan beragam fitur yang dimilikinya, maka tak heran jika Raize diganjar bintang 5 menurut hasil uji keselamatan kendaraan dari JNCAP (Japan New Car Assesment Program).

Gimana sekarang sudah tahukan mengenai Toyota Raize? Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk kalian. Well.. kita tunggu bersama kehadirannya di Nusantara.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Toyota Rush
    Toyota Rush
    Toyota Rush
    Angsuran mulai dari:Rp 5,00 Jt/Bln
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Orang Lain Juga Melihat

      Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya