• Home>
  • Review>
  • 4 Mobil Hybrid Terbaru Toyota yang siap Dipesan di Indonesia
  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

4 Mobil Hybrid Terbaru Toyota yang siap Dipesan di Indonesia

EKO
2022-06-03 08:09:15
EKO
loading...

Otoloka.id- Industri otomotif di pasar global saat ini, sudah beralih menuju kendaraan elektrifikasi. Di Indonesia sendiri, pengenalan mengenai kendaraan ramah lingkungan tersebut sudah mulai dilakukan, melalui kendaraaan berpowertrain hybrid.

Sebelum masyarakat menggunakan kendaraan listrik berbasis baterai dengan keunggulan tidak menghasilkan emisi karbon, powertrain hybrid menjadi solusi paling tepat sebagai peralihan, sembari menunggu fasilitas dan ekosistem pendukung kendaraan listrik penuh tersedia.

Produsen kendaraan asal Jepang Toyota, menjadi salah satu pemain di Indonesia yang mendukung gerakan untuk mengurangi emisi karbon, salah satunya dengan menyediakan produk berpowertrain hybrid.

Saat ini, ada empat mobil hybrid terbaru Toyota yang mengisi dua segmen, yaitu sedan dan sport-utility vehicle (SUV). Keempat mobil hybrid tersebut, dijual oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek, apa saja itu? Mari disimak.

Toyota Corolla Cross

Mewakili mobil hybrid terbaru Toyota, ada Corolla Cross hybrid yang mengisi segmen-C sport-utility crossover (SUV) crossover berdaya tampung 5-penumpang. Mobil tersebut mengadopsi powertrain hybrid murni, di mana daya listrik berasal dari mobil itu sendiri tanpa asupan daya dari luar.

Sumber tenaga yang dikandung Toyota Corolla Cross hybrid terbilang efisien bahan bakar, karena mesin berkode 2ZR-FXE 1.8 liter 4-silinder, mampu memuntahkan tenaga 98 hp dengan torsi mencapai 142 Nm. Tetapi kalau digabung dengan keluaran tenaga dari motor listrik, kombinasinya sebesar 134 hp dengan torsi mencapai 207 Nm.

Mesin hybrid yang dikandung Toyota Corolla Cross, menggendong bodi berplatform Toyota New Global Architecture (TNGA) dengan bahasa desain elegan, sekaligus simpel. Setiap lekukan halus bodi terlihat manis, namun tak meninggalkan kesan tangguh sebagai SUV karena tetap disematkan under body berbahan plastik hitam.

Terdapat pembeda dengan versi mesin konvensional karena di komponen lampu utama varian hybrid, disematkan aksen berwarna biru menemani LED proyektor dan DRL. Sejauh itu, tak ada perbedaan lain, seperti sama-sama menggunakan pelek 18 inci, power backdoor, dan power sunroof sebagai fitur eksteriornya.

Membahas interior mobil hybrid terbaru Toyota ini, trimnya hampir dipenuhi warna gelap yang dilabur aksen chrome sebagai penguat kesan mewah. Aksen kulit juga menyelimuti panel dashboard, panel pintu, serta kursi elektrik yang dapat diatur 6-arah.

Layar head unit 9 inci menjadi perangkat penampil sistem hiburan, penampil kamera parkir, hingga sebagai penerima perintah suara. Beberapa sistem juga dapat diatur melalui tombol yang terdapat di lingkar kemudi.

Meski dibanderol paling murah sebagai mobil hybrid terbaru Toyota, SUV crossover tersebut sudah disematkan sistem keselamatan berupa Emergency Brake Signal, Hill Start Assist dan Vehicle Stability Control, ditambah keselamatan pasif berupa 5 titik airbags di dalam kabinnya.

Toyota Corolla Cross hybrid : Rp 519,2 juta

Toyota Corolla Altis

Jika sebelumnya merupakan mobil hybrid terbaru Toyota di segmen SUV crossover, kali ini Corolla Altis mengisi segmen sedan. Karena memiliki nama depan sama dengan versi SUV, model ini menggunakan platform yang serupa.

Contohnya seperti powertrain hybrid yang dikandung oleh Toyota Corolla Altis dengan penggunaan mesin 1.8 liter 4-silinder berkode 2ZR-FXE. Keluaran tenaganya juga sama, 98 hp dengan torsi 142 Nm. Sumber tenaga ini punya pilihan berkendara menggunakan mode EV, yaitu berjalan dengan tenaga listrik penuh.

Mengenai tampilannya jelas berbeda dengan versi SUV, karena Toyota Corolla Altis hybrid punya bahasa desain tegas dan elegan. Buktinya, banyak ornamen chrome yang menghias grill, bumper depan, list jendela, handle pintu, dan boot lid. Velg 17 inci dual tone juga menambah kesan mewah sedan tersebut.

Jika masuk ke bagian interiornya, tata letak dashboard berikut printilannya punya kemiripan dengan Corolla Cross, seperti penyematan head unit 9 inci dan layar mid 7 inci. Tetapi untuk versi sedan terdapat fitur head up display untuk kemudahan visibilitas, dan wireless charging di konsol tengah untuk mengakomodir segudang aktivitas kaum urban.

Mobil hybrid terbaru Toyota ini juga dibekali sistem keselamatan cukup lengkap, contohnya seperti Anti-lock Brake System, Electronic Brake-force Distribution, Brake Assist, Vehicle Stability Control, dan Hill Start Assist, berikut sistem keselamatan pasif berupa airbags sebanyak 7 titik.

Mengakomodir kebutuhan kendaraan masa kini, Toyota Corolla Altis juga dibekali Toyota Safety Sense sebagai sistem bantuan pengemudi, yang berupa Pre Collision System, Dynamic Radar Cruise Control, Lane Departure Alert, Lane Tracing Assist, dan fitur Lane Centering.

Toyota Corolla Altis hybrid : Rp 521,1 juta

Toyota CH-R

Selain Corolla Cross, Toyota CH-R menjadi mobil hybrid terbaru Toyota yang mengisi segmen SUV crossover. Bedanya, CH-R mengisi segmen subcompact dengan ukuran lebih kecil ketimbang Corolla Cross, karena berdimensi panjang 4.360 mm, lebar 1.795 mm, dan tinggi 1.565 mm.

Powertrain hybrid yang dikandung Toyota CH-R, juga sama seperti saudara tuanya bermesin 1.8 liter 2ZR-FXE. Keluaran tenaga juga serupa, yaitu 98 hp dengan torsi 142 Nm yang apabila digabungkan bersama motor listrik, akan menghasilkan tenaga 134 hp dan torsi 207 Nm. Teknologi hybrid generasi-4 ini memiliki 3 mode, yaitu EV, Sport, dan Eco.

Soal rancang bangun kendaraan alias arsitekturnya, Toyota CH-R menggunakan platform TNGA khas kendaraan Toyota masa kini. Desain eksteriornya lebih agresif, namun sedikit punya kemiripan dengan Corolla Cross, terutama bentuk lampu utamanya. Tetapi garis-garis pada bodi lebih tegas dengan kesan lebih sporty.

Bagian interior mobil hybrid terbaru Toyota ini, cukup memanjakan mata, karena disematkan kelir dua warna pada trimnya, yaitu hitam dan cokelat. Perusahaan mengklaim, bahwa kedua warna tersebut menghadirkan suasana kalem tetapi tetap terlihat keren.

Apalagi, panel-panelnya dilapis material kulit sehingga menambah kemewahan. Desain tata letaknya juga tak kalah keren, karena terdapat lekukan asimetris di dashboard. Pada SUV ini, kesehatan juga dijaga berkat penyematan e-generator ion sebagai pemurni udara di dalam kabin.

Fitur di dalam kabin juga ciamik, karena di konsol tengah ada pengisi daya nirkabel, spion tengah berkemampuan auto-dimming biar tidak silau, dan lingkar kemudi dengan berbagai tombol pengaturan, termasuk untuk mengatur sistem bantuan pengemudi.

Yap, soal sistem bantuan pengemudi, Toyota CH-R dibekali Toyota Safety Sense berupa Pre Collision System, Adaptive  Cruise Control, Lane Departure Alert, Automatic High Beam, Rear Cross Traffic Alert, serta fitur Blind-spot Monitoring. Fitur T-Intouch sebagai penanda kendaraan juga disematkan pada SUV tersebut.

Toyota CH-R hybrid (non premium color) : Rp 582,7 juta

Toyota CH-R hybrid (premium color)        : Rp 584,2 juta

Toyota Camry  

Camry menjadi mobil hybrid terbaru Toyota yang dijual dengan harga paling mahal. Meski begitu, semua juga sudah tau kalau sedan full-size ini dikenal sebagai kendaraannya bos perusahaan maupun pejabat tinggi yang tak diragukan lagi kenyamanannya.

Dengan adanya pilihan model dengan powertrain hybrid disamping mesin konvensional, Toyota Camry menjadi sebuah kendaraan yang cocok bagi petinggi yang mementingkan kemewahan, namun juga berkontribusi terhadap lingkungan hijau.

Sebagai mobil hybrid terbaru Toyota, Camry dibekali powertrain hybrid bermesin 4-silinder 2.5 liter berkode A25A-FXS. Untuk tenaga dari mesin, outputnya sebesar 177 hp dengan torsi 220 Nm. sementara keluaran torsi dari motor listrik sebesar 202 Nm. Powertrain yang digunakan Camry memang dapat digunakan secara terpisah atau digabung, sesuai kebutuhan.

Mengenai eksteriornya, sedan premium ini menampilkan bahasa desain tegas namun futuristik, yang terlihat jelas pada garis-garis tarikan pada kap mesin, bodi samping dan desain grill. Kesan tersebut juga diperkuat melalui penyematan lampu utama LED proyektor dan lampu belakang LED.

Kalau masuk ke dalam kabin mobil hybrid terbaru Toyota ini, sudah pasti yang ada dipikiran adalah kemewahan. Apalagi, di kabin belakang disematkan kursi ekstra nyaman berlapis kulit dengan pengaturan digital. Pemilik dapat memilih suasana interior dalam kabin, entah itu black atau beige.

Penumpang makin nyaman karena disematkan sistem audio besutan JBL untuk melengkapi sistem hiburan, yang bersinergi dengan layar head unit berukuran 9 inci di dashboard sebagai penampil gambar saat parkir. Tak hanya itu, perangkat tersebut juga punya kemampuan near field communication (NFC) yang dapat digunakan untuk mengecek saldo e-money.

Sebagai sedan premium, sudah pasti harus disematkan sistem keselamatan mumpuni. Toyota Camry membekali dirinya dengan keselamatan pasif 7 titik airbags, disamping sistem bantuan pengemudi seperti Pre Collision System, Dynamic Radar Cruise Control, Lane Departure Alert, Lane Tracing Assist, Steering Assist dan fitur Lane Centering.

Toyota Camry hybrid : Rp 813,5 juta

Kesimpulan

Kalau dipikir, memang mobil dengan powertrain hybrid punya harga lebih mahal ketimbang mesin konvensional. Tetapi, jika ditilik lebih dalam, selain punya kelebihan mengurangi emisi karbon, nyatanya fitur-fitur yang ditawarkan oleh keempat mobil hybrid terbaru ini sekelas dengan pesaing-pesaingnya yang masih bermesin konvensional. 

Ikuti media sosial kita:
  • FollowFavorite
  • LIKESuka 0
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

    Komentar

    Kirimkan

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      OTOLOKA Toolkit

      Simulasi KreditSimulasi Asuransi
      *Tipe mobil
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan(Tahun)
      Silahkan pilih masa cicilan
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Hitung
      Reset