OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Review>
  • 5 Alasan Mengapa All New Suzuki Ertiga Patut Jadi Pertimbangan
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

5 Alasan Mengapa All New Suzuki Ertiga Patut Jadi Pertimbangan

Dilihat 5427
Deni Ferlindungan
24 Mar 2021, 09:09
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id – Suzuki Ertiga merupakan salah satu multi purpose vehicle (MPV) yang bisa jadi pilihan banyak masyarakat di Indonesia. Mobil ini menawarkan beragam keunggulan, mulai dari desain modern, konsumsi bahan bakar yang efisien, hingga harga yang cenderung terjangkau.

Urusan teknologi, MPV berlogo ‘S’ ini juga semakin lengkap. Tak hanya itu, penggunaan mesin baru juga mempengaruhi performa yang semakin baik yang dipadukan dengan bahan bakar yang irit, lho!

Buat kalian yang tertarik meminang Suzuki Ertiga, kali ini Otoloka akan membedahnya secara mendalam. Mulai dari sisi mesin, performa, teknologi, bahkan basis yang diusung.

Dari hasil pengujian kami, setidaknya ada lima faktor yang bisa mendorong kalian bisa memilih Suzuki Ertiga. Jika dibandingkan kompetitor seperti Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza, bahkan hingga Honda Mobilio.

Ingin tahu apa saja keunggulan Suzuki Ertiga? Kebetulan sebagai perbandingan kami akan berpatokan kepada Ertiga Sport yang merupakan varian teratas. Daripada penasaran, kalian bisa simak ulasan lengkapnya berikut ini

1. Suzuki Ertiga Ditawarkan Dalam Varian yang Beragam

Jika mengacu pada sejumlah rival-rivalnya, Suzuki Ertiga unggul dari sisi varian yang terbilang beragam. Yuph, konsumen bisa menyesuaikan bujet dan juga kebetuhan.

Seperti diketahui All New Suzuki Ertiga tersedia dalam varian GA, GL, GX dan yang terbaru All New Suzuki Ertiga Sport yang menjadi varian teratas dari produk yang satu ini.

Khusus untuk produk termahal itu, juga dikenal dengan sebutan Suzuki Ertiga Sport. Penamaan sport yang berada di belakang nama Ertiga itu bukanlah tanpa alasan.

Pembeda Suzuki Ertiga Sport dengan varian lainnya terletak pada perangkat penunjang penampilan, hasil rancangan divisi khusus aksesori Suzuki Indonesia. Kehadiran produk ini pun sekaligus menandai tersedianya komponen Suzuki Sport yang menjadi opsi tambahan bagi konsumen.

Dari sisi tampilan Suzuki Ertiga Sport dihiasi dengan body kit Suzuki Sport yang meliputi front under spoiler, side under spoiler, rear under spoiler dan rear upper spoiler. Kesan sporty juga semakin terasa pada varian ini.

Baca juga: Mau Beli Mobil Baru? Ikuti Tips Dari Suzuki Ini

Guna membedakan Ertiga Sport dengan varian lainnya, pabrikan turut membedakan sejumlah bagian seperti gril yang punya desain lebih menarik. Lalu dibekali dengan DRL di sudut rumah fog lamp yang dapat diatur nyala atau mati sesuai kebutuhan.

Kalau kalian ingin memiliki sebuah mobil keluarga bergaya racing, Suzuki Ertiga nampaknya bisa memuaskan dahaga dari sisi tampilan. Menariknya, kalian tak perlu lagi untuk merogoh kocek yang besar untuk urusan modifikasi.

Nah, kalau mengacu pada sejumlah kompetitor, masih minim yang menjajakan varian sport. Rival terdekatnya hanya Honda Mobilio yang tersedia dalam varian RS (Road Sailing).
Sedangkan rival lain seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia belum tersedia dalam varian Sport. Bicara harga, mobil ini pun ternyata cukup kompetitif, lho!

Daftar Harga Suzuki Ertiga

 All New Suzuki Ertiga GA M/T 
Rp 199.500.000
  All New Suzuki Ertiga GL M/TRp 219.000.000
  All New Suzuki Ertiga GL A/T  Rp 228.500.000
 All New Suzuki Ertiga GX M/T Rp 232.000.000
 All New Suzuki Ertiga GX A/T Rp 241.500.000
 All New Suzuki Ertiga Sport M/T    Rp 243.500.000
 All New Suzuki Ertiga Sport A/T Rp 253.000.000


2. Menawarkan Interior Berkelas

Keunggulan lainnya yang ditawarkan Suzuki Ertiga ialah pada sisi interior yang suguhkan nuansa elegan dan sporty. Apalagi pada varian Ertiga Sport yang sempat diuji Otoloka beberapa waktu lalu.

Sebut saja, penyematan panel motif kayu di sejumlah bagian. Tentunya hal ini membuat nuansa kabin jadi semakin terasa elegan. Pembeda dengan varian GX, meski sama-sama mengusung panel motif kayu di Ertiga Sport berkelir beige. Sementara di varian sport, padanannya interior berwarna hitam.

Nuansa gelap yang ditawarkan di varian Sport tentu dapat meningkatkan kesan sporty, dan yang pasti jadi tak khawatir cepat kotor. Sejak pertama kali diluncurkan, baru kali ini Suzuki berani untuk menyajikan nuansa hitam di kabin Ertiga.

Melengkapi kabin, Suzuki Ertiga telah disematkan beragam fitur modern. Pada varian GX dan Sport sudah dilengkapi dengan head unit layar sentuh dan pengaturan AC digital.

Penyematan AC digital juga sudah dibekali dengan auto climate lengkap dengan heater. Sebuah peningkatan yang diinginkan konsumen, akhirnya dikabulkan.

Sementara untuk head unit layar sentuh sudah terintegrasi dengan Bluetooth, Aux, Radio, dan mirroring via WebLink yang tentunya menjadi nilai jual bagi konsumen. Tersedia juga ventilasi AC di cupholder depan, untuk mendinginkan minuman.

Tak hanya itu saja, pada varian GX dan Sport, Suzuki Ertiga sudah dilengkapi dengan tombol start/stop engine. Guna fitur ini untuk memudahkan pengendara dalam mengaktifkan mesin. Fitur tersebut juga diklaim bisa mencegah maling.

3. Fitur Keselamatan Patut Diacungi Jempol

Penting untuk diketahui calon konsumen yang ingin membeli Suzuki Ertiga, mobil ini punya fitur keselamatan yang semakin lengkap. Di mana mobil ini dibekali dengan teknologi Electronic Stability Programme (ESP) yang sudah tersedia dari varian GX.

Fitur ini penting untuk menghindari selip dan melintir. Gejala yang biasanya berefek pada kecelakaan fatal saat kecepatan tinggi. Tak hanya itu, ada juga Hill Hold Control (HHC) yang berguna ketika menahan posisi mobil di tanjakan saat beranjak jalan. Saat injakan kaki berpindah dari rem ke pedal gas, posisi mobil tidak melorot turun.

Baca juga: Kisah 8 Tahun Pengguna Suzuki Ertiga, Pas Buat Kebutuhan Keluarga

Sistem ESP dan HHC melengkapi fitur keselamatan standar seperti lainnya seperti dual SRS airbag dan ABS+EBD. Sementara peranti keamanan mobil sudah dilengkapi alarm dan immobilizer.

4. Menawarkan Ruang Kabin yang Lapang

Syarat utama untuk dapat bersaing di segmen mobil keluarga tentu wajib memiliki kabin yang lapang. Hal ini juga menjadi kelebihan Suzuki Ertiga untuk dapat bersaing di pasar Indonesia.

Menurut hasil pengujian kami, kabin Suzuki Ertiga sangat mumpuni untuk menampung 7-penumpang. Bahkan bila sedang tidak diisi penumpang, bisa menampung barang bawaan lebih.

Di mana pada bangku baris kedua dan ketiga Suzuki Ertiga dapat dilipat hingga rata dengan lantai. Tentunya hal ini dapat memberi ruang yang luas untuk diisi dengan barang.

Bagasi Suzuki Ertiga bisa diisi dengan sepeda lipat, tanpa harus melipat bangku baris ketiga. Menurut pengalaman kami, membawa dua sepeda pun dirasa mumpuni. Namun harus melipat bangku baris kedua.

Kelebihan bangku yang dapat dilipat rata dengan lantai tersebut belum dipunya oleh Toyota Avanza dan Honda Mobilio. Kompetitor masih mengadopsi sistem konvensional yang menghadirkan pembatas bila kursi baris ketiga dilipat.

5. Platform Heartect dan Mesin Baru Jadi Kelebihan Suzuki Ertiga

Keunggulan yang ditawarkan All New Suzuki Ertiga selanjutnya terletak pada basis dan juga mesin baru yang ditawarkan. Dampaknya tentu pada sisi kenyamanan yang meningkat.

Ertiga mengusung platform baru Heartect, yang begitu berdampak positif pada kenyamanan dan kestabilan ketika berkendara. Platform terbaru itu mampu menghasilkan rigid lebih baik dengan bobot yang lebih ringan.Hal ini berdampak bukan hanya pada sisi pengendaliannya saja. Namun turut memengaruhi konsumsi bahan bakar yang ternyata lebih efisien.

Dari hasil pengujian kami, konsumsi BBM Suzuki Ertiga di jalur kombinasi perkotaan, membukukan 17 km/liter. Torehan itu cukup efisien, mengingat kondisi di jalan kala kami melakukan pengujian di dominasi dengan lalu lintas yang cukup padat.

Proses uji konsumsi BBM Suzuki Ertiga tersebut mengambil rute Pulo Gadung, BSD City hingga ke Jatiwarna Bekasi.

Jarak tempuh yang kami catat sekitar 68 kilometer. Hasil tersebut terungkap pada layar MID (Multi Information Display) di panel dasbor Suzuki Ertiga.

Ketika proses pengujian konsumsi BBM dilakukan di jalur bebas hambatan, konsumsi bahan bakarnya ternyata jauh lebih irit. Pada jalur bebas hambatan, di hari berikutnya kami melakukan pengujian, mencatatkan konsumsi BBM sebesar 24,7 km/liter.

Pengujian ini dilakukan melalui perjalanan Jatiwarna-Ciawi-Jatiwarna sekitar 53 kilometer. Dengan kecepatan konstan di 80 kpj. Pengujian ini dilakukan pada Suzuki Ertiga Sport bertransmisi otomatis.

Di atas kertas, Suzuki Ertiga dibekali mesin K15B yang memberi tarikan lebih kencang dibanding K14B. Mesin berkapasitas 1.5 liter itu menghasilkan tenaga 104,7 PS dan 138 Nm.

Tenaga yang dihasilkan mengalir melalui transmisi 5-percepatan manual dan 4-percepatan otomatis konvensional. Sudah cukup mumpuni untuk mengakomodir kebutuhan.

Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa simak ulasan video di bawah ini:

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya