• Home>
  • Review>
  • 5 Pilihan Mobil 4WD Perkotaan, Pilih Mana?

5 Pilihan Mobil 4WD Perkotaan, Pilih Mana?

  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins
Ismet
10 Jan 2022, 19:30
  • Suka 0

Otoloka.id- Sistem 4WD atau singkatan dari Four Wheel Drive memang sudah ada sejak lama, tepatnya tahun 1800-an. Sistem ini menawarkan kemudahan dalam menjelajah di berbagai medan yang sulit, seperti untuk menanjak atau melalui medan berbatu.

Untuk menjelajahi medan yang lebih sulit, kendaraan yang digerakkan oleh salah satu posisi roda entah depan atau belakang, akan membutuhkan effort yang sangat besar. Oleh karena itu, roda depan dan belakang perlu bekerja sama dalam melalui medan yang lebih berat, melalui traksi.

Secara layout, mobil penggerak empat roda ini memiliki komponen tambahan berupa transfercase yang memindahkan daya dari sistem transmisi ke drive shaft, dan menyalurkan lagi ke poros roda, yang ada di depan dan belakang.

Kini, teknologi 4WD juga lumrah diterapkan pada mobil perkotaan dengan model Sport Utility Vehicle (SUV). Beberapa brand populer di Indonesia pun sudah memasarkannya di Indonesia, berikut ini 5 mobil 4WD terbaru yang dijual di Indonesia.

1. Mitsubishi Pajero Sport

Jika kita bicara SUV terbaik tahun 2021, rasanya tidak sah jika kita tidak menyebut nama Mitsubishi Pajero Sport. SUV idaman mayoritas masyarakat Indonesia ini mengandalkan mesin diesel.

Memiliki konstruksi sasis ladder frame, Pajero Sport diklaim tangguh dan memiliki kemampuan jelajah yang andal di semua medan jalan.

Pada generasi terbarunya, Pajero sport terlihat memiliki desain yang lebih futuristik. Hal ini berkat adanya bahasa desain Dynamic Shield khas Mitsubishi.

Soal mesinnya, mobil SUV berbodi bongsor ini mengandalkan mesin turbo diesel common-rail berkubikasi 2,4 liter yang juga digunakan pada varian Dakar. Mesin ini diklaim memiliki tenaga terbesar di kelasnya.

Dengan mesin berkapasitas besar tersebut, mesin Pajero Sport bisa menghasilkan tenaga sebesar 180 HP dan torsi mencapai 440 Nm. Mesinnya ini dikawinkan dengan sistem transmisi otomatis 8 percepatan yang disebut responsif.

Untuk harganya sendiri, Mitsubishi Pajero Sport dibanderol dengan harga Rp507 juta hingga Rp738 jutaan.

Baca juga : Keuntungan dan Kekurangan Mobil Penggerak Roda Belakang

2. Toyota Fortuner

Jika tadi kita sudah membahas Mitsubishi Pajero Sport, sekarang kita akan bahas mengenai saingannya, yaitu Toyota Fortuner.

SUV yang satu ini memang selalu dibandingkan dengan Pajero Sport mengingat harga, fitur, maupun dimensinya memang tidak jauh berbeda. Mobil ini pun menggunakan rangka sasis ladder frame, sama seperti kompetitornya tersebut.

Mirip dengan Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner juga mengusung desain yang terkesan maskulin dan agresif, tetapi memadukannya dengan aura elegan khas SUV premium.

Bagi konsumen yang ingin tampil lebih eksklusif, pihak Toyota juga menawarkan tipe TRD Sportivo yang memberikan aura lebih sporty dan agresif. Selain itu, mobil ini juga menawarkan tipe 4WD yang diklaim memiliki kemampuan jelajah lebih andal di segala medan.

Jantung mekanis Toyota Fortuner mengandalkan mesin turbo diesel common-rail berkapasitas 2.4 liter yang menghasilkan tenaga sebesar 150 HP dan torsi sebesar 400 Nm.

Memang tenaganya lebih kecil dibanding Pajero Sport, tetapi banderol harga Fortuner memang lebih murah. Di pasaran, Toyota Fortuner ditawarkan dengan harga Rp484 juta hingga Rp676 jutaan.

3. Suzuki Jimny

Layaknya mobil SUV, sektor kaki-kaki pada Suzuki Jimny juga berperan dalam menopang kelincahan gerak sang idola ini. Kaki-kaki Jimny sudah menggunakan sistem suspensi 3 (tiga) link rigid axle, dipersenjatai coil spring serta disangga struktur ladder frame. Sedangkan bagian karet bundarnya menggunakan velg 15 inci berbalur warna dark metallic grey.

Jimny untuk pasar Indonesia memang langsung diperkuat sistem penggerak 4-wheel drive. Apalagi adanya pilihan sistem penggerak lain, seperti 2H, 4H, dan 4L, yang penyetingannya dapat disesuaikan oleh pengendara profesional.

Bicara jelajah medan mendaki, dan menghindari risiko kendaraan merosot ke bawah, dengan cara menjalankan fungsi rem otomatis penahan mobil selama dua detik, fitur yang ditawarkan pada Jimny mulai dari Hill Hold Control (HHC), dan Hill Descent Control (HDC).

Mobil Jimny generasi ke-4 memiliki mesin berkode K15B dengan kubikasi 1.500 cc. Mesin tersebut diklaim mampu menggelontorkan tenaga sebesar 102 ps atau 100,6 tk pada 6.000 rpm. Sedangkan untuk torsi yang dihasilkan, sebesar 130 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Suzuki Jimny generasi ke-4 dijual dengan harga Rp 395,5 juta – Rp 411 juta, sedangkan harga bekasnya sudah melebihi dari angka Rp 500 jutaan.

4. Toyota Land Cruiser

Mobil ini menggunakan mesin Diesel 1VD-FTV dengan Intercooler berkonfigurasi V8 dan berkapasitas 4,5 liter. Mesin ini memiliki 32 katup DOHC yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 235 PS pada setiap putaran mesin 3.200 rpm dengan torsi maksimal hingga 62,8 pada setiap putaran mesin 1.800 hingga 2.200 rpm.

Karena tenaga yang lebih besar dari Toyota Land Cruiser terletak pada torsi, maka akan menghasilkan ketangguhan akselerasi. Tentunya hal ini sangat berguna untuk keperluan offroad dengan medan berat yang cenderung menanjak. Meski top speed untuk on road juga cukup bisa diandalkan karena mobil ini memiliki tenaga atau horsepower yang sangat besar.

Selain itu, mobil Toyota Land Cruiser ini juga menggunakan sistem suplai bahan bakar yaitu Common rail generasi ketiga dengan Twin Turbo . Hal ini akan memberikan konsumsi bahan bakar yang lebih stabil dan efisien serta membuat performa mobil lebih optimal.

Toyota Land Cruiser memiliki sistem pengereman yang dilengkapi dengan teknologi Multi-terrain ABS yang mampu mendeteksi medan off-road baik dalam kondisi licin, berlumpur maupun berpasir. Hal ini akan menghasilkan fungsi ABS yang tetap optimal yaitu mencegah terjadinya penguncian ban pada saat melakukan pengereman yang keras sehingga akan memberikan keselamatan dan keamanan yang lebih.

Toyota Land Cruiser juga dilengkapi dengan sistem pengereman kelas satu lainnya yaitu BA, VSC, EBD, ATRC, DAC dan HAC yang jelas akan memberikan kemudahan, kenyamanan dan keamanan maksimal saat Anda mengerem untuk menghindari kecelakaan fatal saat mengendarai Toyota Land Cruiser.

Baca juga : Mau Beli Mobil Keluarga? Ini Alasan Kenapa Harus Memilih Daihatsu Xenia

Harga Toyota Land Cruiser di Indonesia tersedia dalam dua tipe yaitu Toyota Land Cruiser 200 Standard Spec A/T solar seharga Rp 1.840.700.000,- dan Toyota Land Cruiser 200 Full Spec A/T solar dengan harga Rp 2.147.483.647.

5. Lexus LX 570

Mobil ini sudah dibekali dengan mesin 5,7 liter Naturally Aspirated V8 32 Valve DOHC with Dual VVT-i. Mesinnya dipadukan dengan sistem transmisi otomatis 8 percepatan AE80F. SUV besar dan mewah sekelas Toyota Land Cruiser.

Sama seperti Land Cruiser, Lexus LX 570 juga memiliki harga yang cukup fantastis. Hal yang membedakan adalah resale value karena LX 570 memiliki fitur keamanan dan kenyamanan yang lebih baik dibanding Land Cruiser. Lexus LX 570 dijual dengan harga Rp 3,36-3,44 milyar.

Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan