• Home>
  • Review>
  • 7 Pilihan Warna Toyota Avanza, Pilih Mana?
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

7 Pilihan Warna Toyota Avanza, Pilih Mana?

Dilihat 4944
EKO
30 Sep 2021, 12:02
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 1

toyota avanza

Otoloka.id- Siapa yang tak kenal dengan Toyota Avanza? Sejak dikenalkan ke masyarakat Indonesia pada 2003 silam, mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) dinilai memiliki desain menawan, mesin yang tangguh, dan pilihan warna pada Toyota Avanza juga beragam. 

Tak heran, Toyota Avanza kerap jadi pilihan utama dan punya julukan ‘mobil sejuta umat’.

Memang, apa saja sih kelebihan-kelebihan yang membuat Toyota Avanza mendapat predikat mobil sejuta umat? 

Kita kenalan lebih dekat dulu yuk dengan mobil MPV ini.

Mobil MPV dengan Penjualan Tertinggi

Jadi, Toyota Avanza merupakan hasil kerja sama antara Toyota dengan Daihatsu untuk membuat mobil keluarga yang murah, namun dapat diandalkan.

 Oleh karena itu, Toyota Avanza bersaing dengan kembarannya Daihatsu Xenia untuk mengisi pasar di segmen Low MPV. Benar saja, Toyota Avanza memang laku keras.

Berdasarkan data dari Toyota Astra Manufacturing (TAM) dari awal peluncurannya sampai tahun 2019, Toyota Avanza sudah terjual sebanyak 1,7 juta unit di Indonesia. 

Belum lagi, mobil tersebut juga diekspor ke 32 negara yang jumlahnya juga tak sedikit, yaitu sebanyak 393 ribu unit laku dijual.

Tak heran mengapa mobil ini disebut sebagai mobil sejuta umat.

Dengan jumlah penjualan yang fantastis, harus diakui bahwa Toyota Avanza saat itu menjadi tulang punggung penjualan bagi TAM selaku agen pemegang merk.

Makanya, Toyota Avanza terus diproduksi dan dipertahankan keberadaannya. Semenjak lahir, Toyota Avanza sudah punya dua generasi. 

Di tiap generasi terjadi beberapa ubahan tampilan, atau yang biasa kita sebut facelift.

Dengan sederet pencapaian yang Toyota Avanza raih, tak heran pula kalau mobil ini mendapatkan banyak penghargaan. 

Mobil ini meraih predikat dengan penjualan mencapai satu juta unit tercepat oleh Rekor MURI di periode 2004-2013. 

Tak sampai disitu, predikat sebagai mobil dengan penjualan tertinggi pada periode 2006-2012 juga disematkan oleh Rekor MURI pada mobil tersebut.

Selain itu, The Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2019 juga menyematkan Toyota Avanza sebagai The Most Valuable Brand untuk kategori MPV dengan predikat Platinum. 

Di tahun yang sama, Toyota menjadi satu-satunya kendaraan yang mendapat penghargaan dari Youtube yaitu ‘Ads Leadboard’ atau yang paling banyak dilihat dalam ajang Youtube Brandcast.

Baca Juga: Kenali Perbedaan Tipe-tipe Toyota Avanza, Mau Pilih Mana?

Toyota Avanza

7 Warna Pilihan Sesuai dengan Kepribadian

Banyaknya penghargaan yang diraih karena prestasinya, juga membuat Toyota Avanza juga memiliki banyak pilihan warna yang tersedia pada MPV ini. 

Saat ini terdapat tujuh pilihan warna pada Toyota Avanza, yaitu Bronze, Gray Metallic, Silver Metallic, White, Dark Blue, Dark Red Mica Metallic, dan Black Metallic.

Menurut Axalta’s 68th Annual Automotive Color Popularity Report, warna yang paling banyak diminati pelanggan global selama tahun 2020 adalah Putih dengan presentase sebesar 38 persen. 

Lalu menempati urutan kedua warna Hitam sebesar 19 persen, dan abu-abu dengan presentase 15 persen sebagai warna kendaraan populer.

Terkait dengan warna yang terdapat pada Toyota Avanza, putih, hitam, dan silver merupakan bagian dari tujuh warna yang disediakan mobil tersebut. 

Tak heran pula, kalau di jalan kita sering banget menemukan ketiga warna tersebut pada Toyota Avanza.

Sementara menurut ilmu psikologi, pemilihan warna juga menggambarkan kepribadian dari pemilik kendaraan, lho. 

Seperti merah misalnya, yang menggambarkan sifat berani, agresif, dan penuh semangat. Sementara biru cenderung tenang, optimis, dan jujur. Pada warna putih, melambangkan kepribadian anggun, sederhana namun elegan.

Kalau abu-abu cenderung pemalu, cermat, dan pecinta kenyamanan. Sementara untuk berkelas, inovatif, dan mengutamakan kepraktisan merupakan kepribadian dengan warna silver. 

Lain halnya dengan bronze atau kecoklatan, karena warna ini menggambarkan sifat rendah hati, dan cuek dalam penampilan. Dan warna hitam untuk yang memiliki kepribadian dominan, mewah, dan berkarakter kuat.

Baca Juga: Disebut Irit, Berapa Konsumsi BBM Toyota Avanza 2021?

Memiliki Dua varian 

Selain beragamnya pilihan warna pada Toyota Avanza, pilihan tipe mobil keluarga tersebut juga beragam. Mulai dari tipe E,dan G yang kedua tipe tersebut juga menawarkan pilihan transmisi manual dan otomatis.

Tipe E merupakan varian paling yang dasar di keluarga Avanza. Hal itu terbukti dari penyematan list pada grill yang berwarna silver, pengaturan spion manual, dan penggunaan velg besi dengan dop plastik.

Bagian interiornya pun ada perbedaan, seperti setir yang polos tanpa tombol navigasi, dan head unit dengan layar tombol.

Sementara pada tipe G, fitur yang menambah kesan mewah ditambahkan. Seperti pemasangan list chrome, head unit layar sentuh, spion dengan lampu sein yang dapat dibuka dan diatur dengan tombol, serta velg aluminium 15 inci. 

Penyematan sensor parkir, spoiler belakang, dan antenna berbentuk shark fin juga menjadi pembeda tipe E dengan G.

Meski memiliki perbedaan pada kedua tipe tersebut, nyatanya Toyota Avanza memiliki fitur keamanan yang baik, seperti Dual SRS Airbags, sabuk pengaman tiga titik dengan pretensioner dan force limiter, dan peringatan sabuk pengaman. Sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), dan Side Impact Beam juga termasuk dalam standar keamanan Toyota Avanza.

Untuk soal kenyamanan, jangan ditanya. Karena Toyota Avanza sudah mengoptimalkan kesenyapan kabin dengan pengoptimalan pada struktur bodinya. Mobil keluarga ini juga memakai suspensi pegas MacPherson Strut untuk bagian depan, dan four link lateral rod dengan pegas di bagian belakang.

Sederet aksesoris pendukung yang dapat dibeli secara terpisah juga tersedia untuk tiap tipe Toyota Avanza. Mulai dari grafis jendela chrome, list kaca belakang chrome, jaring bagasi belakang, cover jok, dan penjernih udara.

Baca Juga: Avanza Veloz GR Limited Jadi Kado Perpisahan Dari Toyota?

dasbor toyota avanza

Mesin Tangguh dan Minim Perawatan

Pada model Avanza tipe E dan G, dibenamkan mesin DOHC 1.329cc dual VVT-i empat silinder segaris. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin ini sebesar 95 daya kuda, dengan torsi sebesar 120 Nm. 

Dengan mesin tersebut, terbilang konsumsi bahan bakarnya irit karena mampu menjelajah sejauh 13,5 kilometer dengan satu liter bensin saja. Tentunya angka tersebut berasal dari kondisi jalan dan gaya mengemudi kombinasi.

Toyota Avanza juga mengadopsi sistem penggerak roda belakang yang dikenal lebih mampu melibas tanjakan daripada berpenggerak roda depan. 

Dalam Toyota Avanza tipe E dan G pula, tersedia dua tipe transmisi sebagai pilihan, yaitu manual lima percepatan dan otomatis empat percepatan.

Untuk perawatan, toyota Avanza harus rutin diservis ketika jarak mobil tersebut mencapai 10.000, 20.000. 30.000, dan 50.000 kilometer. 

Servis yang dilakukan pada tiap jarak tempuh meliputi penggantian oli mesin, penggantian gasket, dan balancing roda. Mengganti filter oli, busi, minyak rem, dan oli transmisi juga perlu dilakukan ketika mobil tersebut menempuh jarak 40.000 kilometer.

Jika ditotal, dari pertama beli sampai tahun ke-lima pemakaian, biaya servis yang dikeluarkan sekitar 11 juta Rupiah. Yang berarti untuk tiap 10.000 kilometer, biaya yang dihabiskan sebesar Rp 678.000,- saja. 

Murah bukan? Pantas saja mobil ini laku keras.

Kembali ke topik pilihan warna Toyota Avanza, pilihlah dengan bijak sesuai keinginan dan mempertimbangkan potensi dijual kembalinya.

Baca juga : 

Perbedaan Toyota Avanza dan Veloz

Keuntungan dan Kelebihan Mobil dengan Penggerak Belakang

Modifikasi Toyota Avanza Antimainstream

5 Mobil MPV Paling Irit

Kelebihan Toyota Avanza

Perbandingan Honda Mobilo dan Toyota Avanza

  • Suka 1
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya