• Home>
  • Review>
  • Ada 12 Varian Tipe Daihatsu Ayla, Pilih Mana?
  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Ada 12 Varian Tipe Daihatsu Ayla, Pilih Mana?

EKO
30 Nov 2021, 10:51
  • Dilihat 6671
  • Suka 2

Otoloka.id- Pemerintah indonesia pernah memberikan regulasi mengenai mobil dengan biaya produksi murah, dan ramah lingkungan pada Mei 2013 silam. Untuk menjawab tantangan pemerintah, Daihatsu Astra Motor selaku agen pemegang merek mengeluarkan Daihatsu Ayla.

Mobil tersebut dibuat sesuai dengan peraturan pemerintah, dimana Daihatsu Ayla dibuat di pabrik Indonesia, dengan harga jual murah, dan tentunya ramah lingkungan. Kubikasi mesin juga dibatasi tak boleh lebih dari 1.200 cc yang berpengaruh pada dihilangkannya pajak kendaraan tersebut.

Sebagai mobil Low Cost Green Car (LCGC), Daihatsu Ayla memiliki berbagai macam varian tipe. Saat ini tercatat ada sebanyak 12 varian tipe yang disediakan oleh Daihatsu untuk model Ayla. Apa saja itu? Simak terus artikel ini.

Varian Daihatsu Ayla

Saat ini, Daihatsu Ayla menawarkan 12 varian tipe. Dari 12 tipe tersebut, secara garis besar dibedakan menurut mesin dan sistem transmisinya.

Untuk mesinnya, Daihatsu menyiapkan dua pilihan mesin, yaitu 1.0 liter dan 1.2 liter. Untuk mesin pertama berkubikasi berkode 1KR-DE 889 cc, dengan tenaga puncak 65 PS dan torsi 86 Nm. Dan mesin 1.2 liter Daihatsu Ayla berkode 3NR-VE 1.197 cc, tenaga puncaknya mencapai 88 PS dengan torsi 108 Nm.

Sementara untuk sistem transmisi yang tersedia, Daihatsu Ayla menyediakan transmisi manual lima percepatan dan transmisi otomatis empat percepatan.

1. Daihatsu Ayla 1.0 D

Sebagai varian paling buncit, Daihatsu Ayla 1.0 D mengadopsi mesin 1.0 liter berkubikasi 998 cc. Tenaga mesin tersebut disalurkan dengan sistem transmisi manual lima percepatan.

Fitur yang dibenamkan pada tipe ini juga terbatas, tidak ada pendingin udara dan juga head unit sebagai hiburan. Bagian keselamatannya hanya dipersenjatai dengan sabuk pengaman, side impact beam, dan tabung APAR. Airbag juga harus absen dari fitur keselamatan di Ayla tipe ini.

Baca juga: Rekomendasi City Car Terbaik di Tahun 2022

Aksesoris penunjuangnya pun seadanya, karena hanya mengadopsi velg kaleng 13 inci tanpa dop. Namun, bumper, spion, dan handle pintu dikelir dengan warna senada bodi.

2. Daihatsu Ayla 1.0 D+

Karena varian D terlalu terbatas, Daihatsu memberikan fitur tambahan pada Daihatsu Ayla 1.0 D+ yang lebih manusiawi. Contohnya seperti disematkan pendingin udara, head unit satu din, pengaturan jendela elektrik, dan setir yang sudah power steering.

Karena hanya menambah fitur di dalamnya, varian D+ masih menggunakan mesin yang sama dengan varian D, yaitu 1.0 liter, dengan transmisi manual lima percepatan.

Termasuk dalam standar keselamatannya yang juga sama dengan varian D, yaitu sabuk pengaman di setiap kursi, side impact beam, dan tabung APAR berbentuk bubuk.

Namun, pada bagian eksteriornya mengalami peningkatan, yaitu berupa disematkannya dop velg yang menutupi velg kaleng bawaan mobil.

3. Daihatsu Ayla 1.0 X

Tipe X merupakan varian dari Daihatsu Ayla yang lebih tinggi dari tipe D+. Fitur yang ada pada tipe D+, ditingkatkan lagi dengan penambahan alarm, sensor belakang, steering assist, serta stabilizer bagian depan.

Soal hiburannya, Tipe X sudah menyematkan head unit dua din dengan empat speaker. Di bagian dashboard terdapat tachometer, dan eco indikator yang dibalut ornamen chrome yang mengesankan mobil ini lebih mewah. 

Untuk kaki-kakinya makin mewah, karena sudah dibenamkan velg 14 inci berbahan aluminium. Lampu kabut dan spion retractable juga menjadi fitur unggulan dari Daihatsu Ayla tipe X, yang tersedia dalam dua pilihan transmisi, yaitu manual dan otomatis.

Baca juga: Berikut Deretan Mobil Baru yang Muncul di GIIAS 2021

Daihatsu Ayla 1.0 X Deluxe

Sebagai varian yang paling tertinggi di kelas 1.0 liter, Daihatsu Ayla 1.0 X Deluxe sudah menyematkan aero kit di bagian depan dan belakang mobil. Selain itu, pelindung samping juga terbenam di varian ini, serta dipasangkan juga aksesoris berupa pipa knalpot chrome.

Bagian interiornya juga diberi aksen berwarna hitam, dengan beberapa tempat untuk menaruh barang. Fitur yang disematkan pada tipe ini juga sama dengan varian X standar, namun karena edisi mewah, karpet pijakannya juga diberi aksen Deluxe.

5. Daihatsu Ayla 1.2 X

Sebagai varian terendah di kelas 1.2 liter, Daihatsu Ayla 1.2 X memiliki fitur yang setara dengan varian X di kelas 1.0 liter. Namun, ada beberapa peningkatan dibanding varian yang sama, yaitu penyematan assist grip di bagian depan dan belakang mobil.

Terdapat sun visor bagi pengemudi dan penumpang depan untuk menghalau sinar matahari. Di bagian dashboard, pengaturan pendingin udaranya pun sudah menggunakan sistem digital.

Untuk keamanan mobil, selain fitur power lock, dan alarm, kunci mobilnya juga model immobilizer. Selain itu, dual SRS airbags dan tabung APAR juga tersedia di Daihatsu Ayla 1.2 X.

Lampu depan pada varian yang tersedia dalam sistem transmisi manual dan otomatis tersebut, sudah dibekali dengan LED dan proyektor. Velg yang dipakai pada varian ini, sudah aluminium alloy 14 inci dengan warna gunmetal.

6. Daihatsu Ayla 1.2 R

Tipe R di kelas 1.2 liter Daihatsu Ayla merupakan varian menengah, yang sudah mengadopsi desain bumper depan dan belakang yang lebih sporty.

Di bagian lampu kabutnya juga diberikan ornamen chrome, yang diikuti juga di penutup knalpot. Velg aluminium alloy berukuran 14 inci pada tipe ini sudah mengadopsi dua warna, yaitu hitam dan polished.

Baca juga: Tertarik Beli Daihatsu Ayla? Ini Simulasi Kreditnya

Head unit dua din dengan layar sentuh menjadi fitur hiburan yang mumpuni di tipe R, layar tersebut juga berfungsi sebagai layar untuk melihat belakang ketika parkir. Sementara untuk bagian setirnya sudah dilengkapi tombol pengatur audio.

Daihatsu Ayla 1.2 R tersedia dalam dua pilihan transmisi, yaitu manual dan otomatis. Yang unik adalah untuk varian transmisi otomatis, terdapat penambahan fitur keselamatan berupa sistem pengereman ABS dan EBD.

7. Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe

Perbedaan antara varian Daihatsu Ayla 1.2 R dengan 1.2 R Deluxe sebenarnya hampir tidak ada yang mencolok. Kecuali, penambahan beberapa aksen berupa emblem di grill depan dan sticker di dekat spion.

Lampu LED dengan proyektor, aero kit depan dan belakang, spoiler belakang, wiper belakang, dan velg 14 inci alloy polished juga tersedia pada tipe tersebut. Pun dengan bagian interiornya, sama seperti yang ditemukan pada tipe R. Ada audio steering switch, dan head unit dengan layar sentuh yang terintegrasi dengan kamera parkir.

Sistem keselamatan tambahan berupa pengereman ABS dan EBD, juga hanya tersedia pada varian dengan sistem transmisi otomatis empat percepatan saja. Tipe transmisi manualnya harus absen dari fitur tersebut.

Baca juga : Toyota Agya Menggoda dengan 7 Pilihan Warna, Apa Warna Favoritmu?

Berikut harga yang ditawarkan oleh Daihatsu Ayla

1. Daihatsu Ayla 1.0 D M/T: Rp 103,3 juta

2. Daihatsu Ayla 1.0 D+ M/T: Rp 115,5 juta

3. Daihatsu Ayla 1.0 X M/T: Rp 126,3 juta

4. Daihatsu Ayla 1.0 X A/T: Rp 135,35 juta

5. Daihatsu Ayla 1.0 X Deluxe M/T: Rp 133,65 juta

6. Daihatsu Ayla 1.0 X Deluxe A/T: Rp 142,7 juta

7. Daihatsu Ayla 1.2 X M/T: Rp 137,6 juta

8. Daihatsu Ayla 1.2 X A/T: Rp 147,6 juta.

9. Daihatsu Ayla 1.2 R M/T: Rp144,55 juta

10. Daihatsu Ayla 1.2 R A/T: Rp157,05 juta

11. Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe M/T: Rp 148,55 juta

12. Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe A/T: Rp 161,05 juta

Spesifikasi Teknis Daihatsu Ayla

KETERANGAN

DAIHATSU AYLA 1.0L

DAIHATSU AYLA 1.2L

Mesin

1KR-DE 3 silinder 12 katup DOHC

3NR-VE 4 silinder 16 katup DOHC Dual VVT-i

Kapasitas

1.0 L (998 cc)

1.2 L (1.197 cc)

Transmisi

Manual 5 Percepatan / Otomatis 4 Percepatan

Manual 5 Percepatan / Otomatis CVT

Tenaga

65 HP @ 6.000 rpm

86 HP @ 6.000 rpm

Torsi

86 Nm @ 3.600 rpm

108 Nm @ 4.200 rpm

Sistem Penggerak

Front Wheel Drive (FWD)

Front Wheel Drive (FWD)

Konsumsi BBM Dalam Kota

18 km/liter

15 km/liter

Konsumsi BBM Luar Kota

20 km/liter

18 km/liter

Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan