• Home>
  • Review>
  • Adu Irit Biaya Hyundai Kona Listrik VS Hyundai Kona Bensin, Mana Yang Lebih Hemat?
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Adu Irit Biaya Hyundai Kona Listrik VS Hyundai Kona Bensin, Mana Yang Lebih Hemat?

Dilihat 6022
Amanda
17 Nov 2021, 15:16
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 4

Otoloka.id - Biaya Hyundai Kona Listrik dan Hyundai Kona Bensin memang seringkali diperbandingkan. Keberadaan mobil listrik yang masih jarang di Indonesia ini membuat banyak konsumen mempertanyakan efisiensi biaya dari kedua jenis mobil ini.

Hyundai Kona sendiri sebenarnya merupakan mobil SUV yang diluncurkan Hyundai pada akhir tahun 2017 lalu. Mobil yang satu ini sempat digadang-gadang sebagai pesaing Nissan Juke ketika pertama kali diluncurkannya.

Kemudian pada tahun 2020, Hyundai Kona Electric diluncurkan bersamaan dengan peluncuran IONIQ. Mobil ini pun diklaim pabrikannya sebagai satu-satunya model SUV dengan power train full elektrik yang resmi dijual di Indonesia.

Perbedaan bahan bakar membuat banyak konsumen ingin tahu tentang biaya listrik Hyundai Kona dibandingkan dengan model bensinnya. Nah, untuk itu, kali ini kita akan membahas tentang biaya Hyundai Kona listrik VS Hyundai Kona bensin.

Tentang Hyundai Kona Bensin

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Hyundai Kona bensin pertama kali diluncurkan pada tahun 2017 lalu. Mobil yang mengisi segmen SUV ini mengusung desain mobil yang elegan dan modern.

Hyundai Kona bensin yang sudah berhenti produksi ini hanya ditawarkan dalam dua varian, yaitu single tone dan two tone. Tetapi kedua varian mobil ini masih dipasarkan dengan kisaran harga Rp389 jutaan hingga Rp393 jutaan.

Hyundai Kona memiliki dimensi panjang 4.165 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.565 mm. Sedangkan ukuran wheelbase atau jarak sumbu rodanya adalah 2.600 mm.

Baca juga: Deretan Mobil yang Mendapat Kelonggaran PPnBM DTP di Gelaran GIIAS 2021

Dengan dimensinya yang kompak ini, Hyundai Kona masih bisa menawarkan ruang kabin yang cukup luas bagi para penumpangnya. Tidak hanya itu, kenyamanan penumpang dan kestabilan berkendara pun didukung dengan adanya sistem suspensi yang mumpuni.

Untuk suspensi depannya, mobil ini mengandalkan suspensi MacPherson Strut Gas Type. Sedangkan untuk suspensi belakangnya, Hyundai menyematkan suspensi Couple Torsion Beam Axle.

Bicara soal mesinnya, semua varian Hyundai Kona mengandalkan mesin NU 4 Silinder MPI Atkinson dengan kapasitas mesin 1.999 cc atau 2.0 liter. Mesinnya ini dipadukan dengan sistem transmisi otomatis Shiftronic 6 percepatan.

Soal tenaganya sendiri, mobil ini diketahui bisa menghasilkan tenaga sebesar 147 HP pada putaran mesin 6.200 rpm. Sedangkan torsinya bisa mencapai 179 Nm pada putaran 4.500 rpm.

Tentang Hyundai Kona Elektrik

Sekarang kita beralih ke Hyundai Kona listrik. Diluncurkan dengan nama Hyundai Kona Electric, mobil SUV yang satu ini merupakan salah satu model mobil listrik yang cukup populer karena sempat mencatatkan angka penjualan yang cukup tinggi.

Di Indonesia, Hyundai Kona Electric ini hanya ditawarkan dalam satu varian. Banderol harganya sendiri sekitar dua kali lipat lebih mahal dibanding model bensinnya, yakni Rp697 jutaan.

Soal dimensinya, Hyundai Kona Electric memiliki ukuran panjang 4.810 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.555 mm. Sementara itu, ukuran wheelbasenya masih sama dengan Kona bensin, yaitu 2.600 mm.

Baca juga: Makin Ramah Lingkungan, Berikut Deretan Mobil Listrik yang Dipamerkan di GIIAS 2021

Dari segi kenyamanan dan kestabilan berkendara, Hyundai Kona Electric juga masih menawarkan kenyamanan dan kestabilan yang baik. Hal ini tidak lepas dari adanya sistem suspensi yang berkualitas pada mobil ini.

Sebagai suspensi depannya, Kona Electric mengandalkan suspensi MacPherson Strut. Sedangkan untuk suspensi belakangnya, mobil ini mengandalkan suspensi Multi-link.

Kenyamanan dan kestabilan berkendara ini dibarengi dengan adanya powertrain yang bisa dibilang cukup bertenaga. Hyundai Kona Electric mengandalkan powertrain berupa permanent-magnet synchronous motor (PMSM) yang dipadukan dengan single speed reduction gear sebagai sistem transmisinya.

Bicara soal tenaganya sendiri, mesin Kona Listrik ini diketahui bisa menghasilkan tenaga sebesar 100 kW atau setara 134 HP. Sementara itu, torsi puncaknya berada di angka 395 Nm.

Raihan tenaganya memang tidak jauh berbeda dengan model bermesin bensinnya. Tetapi jika kita bandingkan raihan torsinya, Hyundai Kona dengan mesin listrik ini tentu jauh lebih unggul.

Biaya Hyundai Kona Listrik VS Hyundai Kona Bensin

Sekarang kita masuk ke pembahasan yang utama, yaitu biaya Hyundai Kona Listrik VS Hyundai Kona Bensin. Pertama, mari kita lihat konsumsi bahan bakar maupun energi listrik dari kedua mobil ini.

Hyundai Kona dengan mesin bensin mencatatkan angka konsumsi 13,3 km/liter untuk penggunaan di dalam kota. Sedangkan tingkat konsumsi untuk penggunaan di luar kotanya berada di angka 18,1 km/liter.

Sementara itu, Hyundai Kona dengan mesin listrik mencatatkan tingkat konsumsi 10,7 km/kWh ketika menempuh rute dalam kota. Pada rute luar kotanya, mobil ini memiliki tingkat konsumsi 7,8 km/kWh.

Baca juga: Mobil Listrik GSEV dari Wuling Tebar Pesona di GIIAS 2021, Meluncur Tahun Depan

Nah, untuk membandingkan biaya yang dibutuhkan oleh kedua mobil ini mari kita lihat harga BBM yang dikonversi ke harga listrik terlebih dahulu. Satu liter BBM oktan 92 dihargai kurang lebih Rp9.000 per liter, sementara biaya listrik rumahan 2.200 watt biasanya dihargai Rp1.560 per kWH.

Hal ini berarti, pada penggunaan di dalam kota, Hyundai Kona bensin membutuhkan biaya Rp676,69 untuk setiap kilometer yang ditempuh (Rp9.000 dibagi 13,3 km/liter). Sedangkan Hyundai Kona listrik hanya membutuhkan biaya Rp145,79 per kilometernya (Rp1.560 dibagi 10,7 km).

Cara yang sama juga bisa kita gunakan untuk menghitung biaya penggunaan di luar kotanya. Hasilnya, Hyundai Kona bensin membutuhkan biaya sekitar Rp497,23 per kilometer, sementara Kona listrik hanya membutuhkan Rp200 per kilometernya.

Dari perhitungan ini saja, bisa kita simpulkan bahwa biaya listrik Hyundai Kona jauh lebih hemat dibandingkan dengan BBM. Selain hemat, tentu mobil listrik ini juga akan lebih ramah lingkungan.

Spesifikasi Hyundai Kona Bensin

Mesin

NU 2.0 MPI Atkinson 4 silinder segaris

Kapasitas

1.998 cc

Tenaga

146,9 hp / 6.200 rpm

Torsi

176 Nm / 4.500 rpm

Transmisi

Otomatis 6-percepatan Shiftronic

Sistem penggerak

Front wheel drive

P x L x T (mm)

4.165 mm x 1.800 mm x 1.565 mm

Suspensi Depan/Belakang

MacPherson Strut / Couple Torsion Beam Axle

Rem Depan/Belakang

Ventilated Disc 15”/ Solid Disc

  • Suka 4
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya