• Home>
  • Review>
  • Antara Suzuki Ertiga dan Toyota Calya, Pilih Mana?
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Antara Suzuki Ertiga dan Toyota Calya, Pilih Mana?

Dilihat 3324
Arief Yuno
29 Jan 2021, 20:12
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

suzuki ertiga otoloka

Otoloka.id – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) cukup lama berbangga diri dengan kehadiran mobil Suzuki Ertiga. Dimana kendaraan penumpang tersebut mulai masuk ke ranah persaingan Multi Purpose Vehicle (MPV) kompak, yang umumnya mengusung konfigurasi 7-seater.

Model Ertiga hadir di awal - awal sebagai mobil konsep. Dipamerkan pada pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010, dengan memboyong sebuah nama yakni R-III. Kemudian Ertiga debut perdana di mancanegara pada perhelatan Auto Expo New Delhi, Januari 2012 oleh Maruti Suzuki, dengan nama sah Suzuki Ertiga. Sejak tahun 2012 itulah Suzuki Ertiga mulai secara resmi diproduksi.

Semenjak dibuat dan meluncur pada tahun 2012, Ertiga dipasarkan oleh prinsipalnya, yaitu SMC (Suzuki Motor Corporation) Jepang secara global. Selain Jepang, Proton Malaysia juga sempat menjajakan Suzuki Ertiga generasi pertama di Negeri Jiran. Tepatnya pada 24 November 2016, dengan nama Proton Ertiga.

Generasi kedua Suzuki Ertiga dirilis di IIMS 2018, mengedepankan platform 'Heartect’. Heartect merupakan sebuah platform ringan yang digunakan pula untuk produksi mobil-mobil segmen hatchback dari Suzuki Baleno, Swift dan Ignis. Sayangnya, di Tanah Air, Suzuki Ertiga generasi kedua itu hanya tersedia pada model mesin bensin.

Sementara, generasi ketiga Suzuki Ertiga sendiri mulai diperkenalkan kepada publik pada bulan Mei 2018. Di India, mobil itu dilaunching pada 21 November 2018, dalam ketersediaan dua pilihan tipe mesin; diesel dan bensin. Kedua tipe tersebut menyematkan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Ketika mobil ini mulai dilempar ke pasaran pada medio bulan Mei 2018, tak berapa lama, kurang lebih satu bulan setelah dirilis, Suzuki Ertiga sudah mencapai angka penjualan tak kurang 6.772 unit. Seiring waktu berjalan, kemudian Ertiga mengalami proses peningkatan kedua, melenggang ke tengah-tengah konsumen, pada tanggal 15 Januari 2020.

Sebenarnya tak sedikit orang yang beranggapan kalau Suzuki Ertiga merupakan perpaduan antara segmen MPV dan Sedan. Bahkan ada yang menilai kalau Ertiga membawa platform model Suzuki Swift generasi ketiga. Sejauh ini model kendaraan Ertiga diperkenalkan oleh PT SIS sebagai MPV Segmen C. PT SIS memang khusus merakit Ertiga di Indonesia. Tepatnya perakitan dilakukan di pabrik Suzuki, yang berlokasi di kawasan Cikarang, Jawa Barat.

Adapun Toyota Calya hadir pada tahun 2016. Jauh lebih muda 4 (empat) tahun dibandingkan Ertiga yang lahir pada tahun 2012. Sementara Toyota Calya telah dikembangkan PT Toyota Astra Motor (TAM) bareng Daihatsu Sigra, sebagai mobil yang masuk ke dalam segmen LCGC di Indonesia. Hal itu yang menyebabkan harga Calya sangatlah terjangkau, namun tetap saja menawarkan ruang kabin yang luas.

toyota calya

Toyota Calya dan saudaranya, Daihatsu Sigra, telah lahir berkat inisiasi PT TAM dengan PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Dimana keduanya mencoba untuk menghadirkan pilihan kendaraan dengan harga lebih terjangkau, mengadopsi kepopuleran dari sebuah MPV 7-seater seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Mirip seperti saudara kembarnya, debut MPV kompak Toyota Calya diawali pada tahun 2016. Lalu Calya mendapat sedikit penyegaran pada 16 September 2019. Meski facelift, tapi ubahan yang diperoleh Calya lumayan banyak. Khususnya bagian eksterior, ditambah dukungan aneka fitur yang kini terlihat semakin lengkap. Mungkin menarik diketahui, walaupun produk Toyota, tetapi mobil MPV kelompok A ini dibuat di pabrik Daihatsu Cikarang, Jawa Barat.

Eksterior Suzuki Ertiga dan Toyota Calya

eksterior calya

Toyota Calya diperkuat campuran grille ukuran besar serupa Veloz, dan rumahan Foglight yang menyerupai Toyota Agya. Calya masih menyematkan logo atau emblem khas LCGC yang sama dengan Agya, berupa lambang burung garuda. Untuk Toyota Calya sama sekali tak memberi aksen chrome pada tipe-tipenya.

eksterior calya belakang

Velg Calya model two-one colour Polished Alloy. Roda Calya juga sudah dipasangi ban Bridgestone berkualitas, yakni Ecopia EP150 175/65 R14. Pada Cayla, reflektor T tersedia pada semua tipenya. Bagian buntut mobil ini menyajikan desain yang sekilas dilihat-lihat, menyerupai desain Datsun Go. Bila diperhatikan detail, terlihat ujung knalpot sengaja dibuat telanjang, tanpa adanya muffler.

roda eksterior calya

Lantas, apabila melihat eksterior Suzuki Ertiga, dijelaskan pada bagian depan mempunyai grille atas dan bawah yang mengalami penyesuaian, dengan kisi-kisi yang tersusun lebih rapat. Hadir pula Daytime Running Light (DRL), dipertegas tampilan list chrome untuk grille depan, dan garnish belakang. Jelas berbeda dengan Ertiga versi konsep, yang dominan disapu warna hitam.

eksterior ertiga

Sisi samping Ertiga dipermanis Side Under Spoiler. Tujuannya menghadirkan kesan sporty. Sementara bagian belakang, Suzuki menyertakan penyematan emblem Suzuki Sport, Rear Upper Spoiler, dan Rear Under Spoiler yang ikutan memperkuat tampilan sporty dari mobil Low MPV Suzuki ini. Sebagai pelengkap, mobil ini juga mengusung kamera belakang dan Rear Defogger dan kamera belakang. Velg Suzuki Ertiga ditempeli karet bundar berukuran 185/65 R15.

eksterior ertiga belakang

Varian Ertiga terdiri dari GA AT/MT, GL AT/MT dan GX AT dan GX ESP. Mengenai dimensinya, terdapat perbedaan antara Ertiga generasi pertama serta generasi kedua dan seterusnya.

Untuk Suzuki Ertiga generasi pertama (P x L x T) yakni 4.265 mm x 1.695 mm x 1.685 mm. Sedangkan Ertiga generasi kedua (P x L x T) yaitu 4.395 mm x 1.735 mm x 1.690 mm. Jarak sumbu rodanya 2.740 mm.

pelek eksterior ertiga

Sementara dimensi Toyota Calya (P x L x T) yang memiliki varian E MT, G MT dan G AT adalah 4.070mm x 1.655mm x tinggi 1.600mm, dengan jarak sumbu roda mencapai 2.525mm. Kendati demikian, Toyota Calya cukup diminati dengan dimensi kompaknya.

Meskipun Toyota Calya sebagai MPV kompak pula, namun juga sanggup mengangkut 7 penumpang. Dan memang pada dasarnya, baik Toyota Calya maupun Daihatsu Sigra merupakan kategori LCGC versi 7-Seater. Keduanya menjadi alternatif konsumen, dari Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia.

Interior Suzuki Ertiga dan Toyota Calya

interior ertiga

Pada dasarnya terdapat 14 piranti baru dari Suzuki Ertiga yang meliputi eksterior, interior plus fitur-fitur pendukung di dalamnya. Bergeser ke bagian interior, sama seperti eksterior, kesan sporty juga tampak kuat berkat pemilihan warna hitam meliputi dashboard dan jok. Terdapat aksen kayu yang menguatkan kesan elegan, tampak begitu mencuat dari area kabin Ertiga Sport.

Demi memenuhi kebutuhan hiburan penumpang, Suzuki tak ketinggalan menyematkan Head Unit layar sentuh ukuran 6,8 inci pada Ertiga yang dikenal mempunyai kabin yang lapang. Dimana tepiannya dihiasi Flat Garnish motif Black Piano. Selain itu tersedia pula Digital Auto Climate, penunjang kenyamanan para penggunanya. Ertiga juga dilengkapi Electronic Stability Program atau ESP, yang dapat menjadikan mobil tetap stabil ketika dikendarai.

interior calya

Menilik kabin pada Toyota Calya, jok pada Calya dibungkus bahan warna cokelat, seperti kursi Toyota Sienta. Pada baris jok kedua, Toyota Calya dilengkapi fasilitas 3 (tiga) Headrest. Membuat Calya sanggup lebih banyak membawa jumlah penumpang.

Selain itu, untuk melindungi penumpang ketika ada hentakan ke arah depan ketika terjadi insiden atau rem mendadak, bagian tengah jok baris kedua Calya diperkuat sabuk pengaman. Yang posisinya tersedia di langit-langit, dan dapat ditarik.

Fitur Suzuki Ertiga dan Toyota Calya

fitur ertiga

Menilik fitur, All New Suzuki Ertiga tipe GX tidak lagi memanfaatkan anak kunci, alias keyless plus tombol Start and Stop Engine. Lingkar kemudi berlapis kulit, juga berpadu dengan ornamen kayu. Ditambah lagi Seat Height Adjuster. Sedangkan fitur yang ada dan tersedia untuk seluruh tipe All New Ertiga yaitu 4 (empat) buah speaker. Posisinya terletak pada dua di bagian depan dan dua lagi di bagian buritan. Setir, yang sepertinya belum teleskopik, dengan pengaturan tilt, dan desain MID yang baru.

Suzuki All New Ertiga saat ini juga mempunyai fitur ESP pada Ertiga tipe GX. Sayangnya pada model ini belum menyediakan fitur Hill Start Assist (HSA) di segala tipe. Anti-lock Braking System (ABS) juga dipasangkan pada semua tipe Ertiga. Kemudian diperkuat fitur Dual Airbags, pengait ISOFIX sebagai fitur standar, dan rem Electronic Brake Distribution (EBD).

fitur calya

Mobil-mobil masa kini cenderung memiliki beragam fitur. Adapun fitur-fitur yang tersedia pada mobil Toyota Calya antara lain fitur Immobilizer, AC Double Blower, Dual Airbags, dan tak ketinggalan fitur Bluetooth yang terkoneksi bareng perangkat pendukung, untuk mensuplai hiburan bagi para penumpangnya di tengah perjalanan. Rem depan Toyota Calya menggunakan Ventilated Disc Brake, dan rem belakang Drum, serta Leading - Trailing / Mekanis pada Roda Belakang.

Mesin Suzuki Ertiga dan Toyota Calya

mesin ertiga

Mesin Toyota Calya memiliki tipe 3NR-VE 16 Valve, DOHC, 1.2L membawa teknologi Dual VVT-i dengan kapasitas 1.197cc. Mesin tersebut hanya sanggup menggelontorkan tenaga maksimum 88 Hp @ 6.000 rpm serta torsi maksimal mencapai 107 Nm @ 4.200 rpm.

mesin ertiga

Sebelumnya, Suzuki Ertiga tersedia dalam tipe mesin diesel. Tapi saat ini, di Indonesia Ertiga hanya menawarkan mesin K15B 1.5L 4-silinder, DOHC, VVT. Kapasitas Silinder 1.462 cc. Tenaga maksimal pada 102 HP @ 6.000 rpm, dan torsi maksimal mencapai 138 Nm @ 4.400 rpm.

Kesimpulan

Setelah dimensi, interior, eksterior, fitur dan mesin dijabarkan, selanjutnya perbedaan harga dari Suzuki Ertiga dan Toyota Calya. Suzuki Ertiga E MT dipatok harga Rp 148.190.000. Ertiga tipe G MT dipasarkan dengan harga Rp 154.490.000. Serta Ertiga tipe G AT dijual dengan harga Rp 166.690.000.

Mengenai harga Toyota Calya, untuk tipe E M/T dipatok harga Rp 132.450.000, Calya tipe E A/T dipasarkan Rp 145.450.000, tipe G M/T dibanderol Rp 138.000.000, serta Toyota Calya tipe G A/T dijual dengan harga Rp 150.000.000.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya