• Home>
  • Review>
  • Apa Iya Biaya Perawatan Mobil Transmisi Otomatis Lebih Mahal?
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Apa Iya Biaya Perawatan Mobil Transmisi Otomatis Lebih Mahal?

Dilihat 7427
EKO
3 Nov 2021, 11:54
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 2

biaya servis transmisi otomatis lebih mahal dari manual

Otoloka.id- Bicara mengenai mobil dengan transmisi otomatis atau manual, kayaknya sampai saat ini masih menjadi pembahasan yang seru.

Memang sih, tiap pilihan transmisi yang tersedia pada kendaraan, punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Untuk bermanuver misalnya, transmisi manual lebih diunggulkan karena perpindahan gigi dapat diatur oleh pengemudi. Sementara transmisi otomatis terkesan lemot dan walhasil konsumsi bahan bakar makin boros.

Tetapi, transmisi otomatis menawarkan kepraktisan dalam berkendara yang tidak ditemui pada transmisi manual. Tinggal oper tuas ke posisi ‘Drive’, maka mobil akan jalan tanpa perlu injak kopling dan oper tuas persneling lagi.

Harganya juga berbeda antara transmisi manual dengan matic. Ya, mobil bertransmisi otomatis dibanderol lebih mahal dibanding manual.

Ada lagi pembahasan seputar kedua sistem transmisi tersebut yang juga masih menjadi topik hangat, yaitu mengenai biaya servis yang juga lebih mahal dibanding transmisi manual. Benarkah begitu?

Ada baiknya kita gali lebih dalam mengenai biaya perawatan mobil transmisi otomatis dengan manual, supaya bisa mencerahkan dan menjadi pertimbangan.

Transmisi Manual

Transmisi manual memang menjadi sistem perpindahan gigi terlama di dunia otomotif. Pada sistem ini, kinerjanya menggunakan kopling yang dioperasikan oleh pengemudi. Untuk mengatur perpindahan torsi dari mesin menuju transmisi, dilakukan melalui batang persneling.

Setiap gigi pada mobil dirangkai menjadi satu kesatuan yang bernama girboks, yang biasanya berjumlah lima (atau lebih) dan satu untuk gigi mundur. Perpindahan gigi dilakukan sesuai dengan kecepatan dari kendaraan.

Transmisi Otomatis

Transmisi otomatis merupakan sistem transmisi yang melakukan perpindahan gigi secara otomatis. Pada sistem transmisi tersebut, menggunakan mekanisme gesek dan tekanan dari minyak transmisi sebagai pengubah tingkat kecepatannya.

Terdapat beberapa bagian untuk mengubah tingkat kecepatan dan torsi mobil, yaitu dengan adanya roda gigi planetari, pengubah torsi, dan unit kontrol hidrolik yang disatukan dalam sebuah sistem. Dalam sistem transmisi otomatis tersebut, pelumas diperlukan sebagai penggeraknya.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mesin Diesel, Kenali Biar Paham

Biaya Perawatan Mobil Transmisi Otomatis dan Manual

Ketika mobil digunakan, mau bertransmisi otomatis maupun manual, pasti ada saatnya mengalami kerusakan. Hal tersebut memang lumrah terjadi karena mobil terutama komponen mesinnya punya masa pakai.

Apalagi, tiap transmisi pada mobilpunya komponen yang berbeda, sehingga perlakuan dan suku cadang yang dipakai juga berbeda.

Berikut perkiraan rincian biaya yang dihabiskan untuk melakukan perawatan rutin pada mobil dengan transmisi manual dan otomatis.

Biaya Perawatan Mobil Transmisi Otomatis

Untuk merawat mesin dengan transmisi otomatis, kuncinya ada pada oli transmisi saja yang tidak boleh telat ganti. Idealnya, yang dianjurkan oleh pabrikan melalui buku manual adalah mengganti oli transmisi ketika mobil sudah mencapai jarak 80 ribu kilometer.

Namun, untuk amannya, pengguna mobil matik boleh mengganti oli transmisi di 60 ribu kilometer. Hal ini berdasar pada kondisi lalu lintas Indonesia yang sering mengalami kemacetan, sehingga membuat beban kerja komponen di dalam sistem transmisi otomatis lebih berat.

Seiring pemakaian, oli transmisi otomatis juga akan berkurang volumenya. Jika hal tersebut terjadi, dan saat itu jarak tempuh mobil belum dalam masa perawatan, maka pengguna tersebut diharapkan untuk menambah oli transmisi mobilnya.

Perlu diketahui, oli transmisi pada mobil matik berbeda dengan oli transmisi mobil manual. Oli transmisi matik disebut juga sebagai ATF alias Automatic Transmission Fluid.

Untuk perawatan, biasanya mobil bertransmisi otomatis menggunakan jarak tempuh sebagai patokan. Mobil tersebut sebaiknya dilakukan perawatan rutin seperti ganti oli mesin, ganti filter oli, gasket dan sebagainya ketika mobil menempuh jarak 10 ribu, 30 ribu, 50 ribu sampai 100 ribu kilometer.

Ketika mobil bertransmisi otomatis menempuh jarak 40 ribu kilometer, justru biaya servis yang dibebankan lebih murah. Contohnya seperti Toyota Avanza yang bertransmisi manual harus melakukan penggantian oli transmisi dan oli gardan. Sementara yang bertransmisi otomatis hanya mengganti oli gardan saja.

Apabila mobil sudah menginjak angka 80 ribu kilometer, justru biaya yang dibebankan pada mobil bertransmisi otomatis lebih banyak. Seperti Daihatsu Xenia transmisi otomatis, yang harus melakukan penggantian oli transmisi (ATF).

Untuk menguras oli transmisi Xenia dikenakan biaya tambahan berupa membeli oli, yang jumlahnya delapan liter dengan harga satu liternya sebesar Rp300 ribu. Perbedaan biaya servis Xenia otomatis pada jarak ini berkisar Rp2,1 juta.

Baca juga: 10 Mobil Keluarga Termurah di Indonesia, Mau Beli yang Mana?


Biaya Perawatan Mobil Transmisi Manual

Pada mobil dengan transmisi manual, komponennya lebih sedikit dan sederhana dibanding dengan mobil bertransmisi otomatis. Namun untuk penggantian oli transmisi, justru mobil bertransmisi manual lebih sering diganti.

Sama seperti mobil bertransmisi otomatis, mobil bertransmisi manual juga perlu melakukan perawatan rutin setiap 10 ribu, 20 ribu, 30 ribu, 50 ribu kilometer, dan sampai seterusnya.

Ketika mobil mencapai jarak 40 ribu kilometer, maka harus dilakukan penggantian oli transmisi dan oli gardan yang membutuhkan biaya lebih. Sementara pada mobil transmisi otomatis hanya mengganti oli gardan saja.

Selain mengganti oli transmisi, pada jarak tersebut juga perlu dilakukan pengecekan terhadap kampas kopling. Jika sudah ditemukan tanda-tanda aus, maka kampas kopling harus diganti dengan yang baru. Karena, pada mobil manual kampas koplingnya lebih cepat habis dibanding otomatis.

Sementara pada jarak 80 kilometer, biaya servis yang dibebankan pada mobil transmisi manual menjadi lebih murah, karena mobil transmisi otomatis harus mengganti oli transmisi yang jumlahnya lebih banyak.

Pada Toyota Avanza bertransmisi manual misalnya, pada jarak tempuh tersebut, biaya perawatan yang dihabiskan sekitar Rp3,4 juta, biaya tersebut meliputi penggantian oli mesin, filter oli, gasket oli, dan penggantian minyak rem. Sementara Avanza matic, biaya yang dihabiskan sekitar Rp3,6 juta.

Kesimpulan

Untuk biaya perawatan mobil dengan transmisi otomatis maupun manual, sebenarnya tidak begitu jauh berbeda. Memang mobil bertransmisi otomatis lebih mahal sedikit biaya perawatannya, hanya selisih ratusan ribu Rupiah saja.

Meski lebih mahal sedikit, namun mobil transmisi otomatis punya kelebihan dalam penggantian oli transmisi dengan jarak tempuh lebih jauh, dibanding mobil transmisi manual.

Baca juga: 10 Mobil Sedan Terbaik di Indonesia, Pilih Mana?

Seperti contoh di atas, kebanyakan mobil matik mengganti oli transmisi ketika sudah menempuh jarak 80 ribu kilometer. Beda halnya dengan transmisi manual yang sudah perlu diganti ketika sudah memasuki 40 ribu kilometer.

Ketika mobil mencapai jarak 100 ribu kilometer, perlu dilakukan overhaul pada sektor transmisinya supaya kembali prima. Komponen transmisi manual dan otomatis pada jarak tersebut memang sudah mencapai akhir masa pakai, yang perlu untuk dicek atau diganti.

Pada akhirnya, supaya transmisi mobil otomatis maupun manual selalu prima dan punya masa pakai lebih lama, pengguna harus selalu rutin mengganti oli transmisi. 

Khusus untuk pengguna mobil manual, cara berkendara sangat penting untuk menjaga sistem transmisi agar lebih awet dan tidak gampang rusak. Sementara untuk mobil matic kalau tidak benar cara berkendara juga akan mudah merusak transmisi dan menghabiskan kampas rem lebih cepat.

  • Suka 2
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya