• Home>
  • Review>
  • Apa Saja Jenis Mobil yang ada di Indonesia, Mana yang Kamu Punya?
  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Apa Saja Jenis Mobil yang ada di Indonesia, Mana yang Kamu Punya?

EKO
7 Des 2021, 18:50
  • Dilihat 4946
  • Suka 0

Otoloka.id- Sejak awal dimunculkan, beberapa brand otomotif memang membuat mobil sesuai dengan kebutuhan. Ada yang tujuannya sebagai mobil penumpang atau mobil pengangkut barang. Selain itu, ada juga mobil yang punya kapasitas sedikit, namun dapat melaju kencang.

Memang setiap mobil memiliki tujuan penciptaannya masing-masing, dan hal itu dapat dicirikan melalui bentuk bodi yang juga beragam. Bentuk bodi tersebut yang akhirnya dijadikan sebagai kategori dari jenis mobil.

Di indonesia, ada beberapa jenis mobil yang dihadirkan oleh produsen otomotif untuk memenuhi setiap kebutuhan. Apa saja itu? Simak ulasan Otoloka berikut ini.

SUV

SUV merupakan singkatan dari Sport Utility Vehicle, yang berarti jenis mobil mengacu pada jenis mobil dengan muatan penumpang yang mampu menjelajah ke medan sulit. Oleh karena itu, mobil berjenis SUV biasanya memiliki ground clearance yang tinggi, penyematan ukuran ban yang lebih besar, dibekali dengan penggerak semua roda AWD, atau 4X4.

Beberapa pabrikan juga membagi lagi kategori SUV dalam lini produk mereka, yaitu berdasarkan dari ukuran. Ada SUV dengan ukuran kecil, medium, dan besar contohnya seperti; Isuzu Mu-XMitsubishi Pajero Sport yang mewakili medium SUV, Toyota Land CruiserLexus LXBMW X7 sebagai SUV berukuran besar, dan Mazda CX-30MG ZS yang termasuk dalam SUV kecil.

Sedan

Jenis mobil sedan merujuk dari bentuknya yang sampai pada pilar C. di belakangnya terdapat bagasi untuk menyimpan barang. Mobil berjenis sedan memang mengutamakan keamanan dan kenyamanan, tak heran kalau mobil sedan identik dengan mobilnya petinggi perusahaan maupun pemerintahan.

Baca juga: 6 Mobil yang Pakai Sunroof di bawah Rp 500 juta, Apa Saja?

Mobil yang masuk dalam kategori sedan, biasanya dibagi lagi menjadi beberapa jenis yang menyesuaikan dengan kelas. Sebagai contoh, ada sedan kelas bawah seperti Toyota Vios, kelas menengah yang diisi oleh Toyota Corolla, dan Toyota Camry yang mengisi segmen sedan premium.

Station Wagon

Kalau sedan hanya sampai pilar C, station wagon merupakan jenis mobil sedan yang dikembangkan lagi dengan penambahan pilar di bagian bagasinya. Secara sepintas memang station wagon seperti mobil MPV, namun dengan bodi sedan.

Mobil berjenis station wagon dikhususkan bagi pecinta kenyamanan mobil sedan, namun membutuhkan akomodasi lebih dalam barang bawaan. Dan di Indonesia, baru sedikit pemain di jenis mobil tersebut, beberapa diantaranya seperti Audi RS4 AvantMercedes-Benz C-Class EstateBMW 3 Series Touring, dan MG 5 EV yang baru diluncurkan.

Coupe

Mobil berjenis coupe, biasanya merujuk pada mobil sedan yang memiliki atap lebih pendek, dan dimensi yang lebih kecil. Coupe lebih sering menggunakan dua pintu saja, dengan konfigurasi bangku 2 atau 2+2, tetapi ada juga coupe dengan bodi empat pintu seperti MG 5 GT.

Kehadiran mobil coupe didasarkan untuk keperluan kecepatan tinggi, kelincahan, serta keamanan dan kenyamanan khas sedan. Tak heran, kalau mobil coupe disebut juga sebagai sports car. Di Indonesia beberapa mobil coupe seperti BMW M4 CoupeMercedes-Benz C-Class Coupe, atau Maserati GranTurismo.

Convertible

Convertible merupakan jenis mobil yang bagian atapnya dapat dibuka secara otomatis, maupun manual. Di beberapa negara, mobil convertible ada yang menyebutnya cabriolet. Mobil berjenis convertible biasanya merupakan pengembangan dari jenis mobil coupe, yang atapnya menyatu dengan bodi mobil.

Baca juga: Mobil-Mobil yang Punya Fitur Jalan Sendiri, Seberapa Canggih?

Adanya mobil yang tanpa atap ini memang punya tujuan untuk memberikan pengalaman berkendara saja, yang pengemudi maupun penumpangnya terkena paparan sinar matahari dan angin. Contoh mobil Covertible di Indonesia seperti Mercedes-Benz C-Class CabrioletMaserati GranCabrio, dan BMW 4 SeriesConvertible.

Hatchback

Mobil berjenis hatchback biasanya mengacu pada mobil-mobil city car, yang juga mengadopsi dari desain sedan, namun bagian bagasinya dihilangkan. Mobil jenis ini memang cocok untuk dipakai di daerah perkotaan yang membutuhkan dimensi ringkas, dan lincah dikendarai.

Seiring perkembangannya, mobil berjenis hatchback tak hanya dipakai untuk mobilitas dalam kota saja, banyak orang yang menjadikannya sebagai ajang untuk berkompetisi seperti rally, drag, maupun slalom atau drift. 

Beberapa hatchback di Indonesia di antaranya; VW Polo, dan MINI Cooper. LCGC seperti Toyota Agya dan Daihatsu Ayla juga masuk dalam kategori hatchback, lho.

MPV

Salah satu jenis mobil yang paling diminati di Indonesia adalah Multi Purpose Vehicle (MPV), yang punya keunggulan daya tampung penumpang banyak, serta bagian dalam kabin yang multifungsi. Karena serba bisa, mobil MPV yang juga disebut sebagai mobil keluarga ini memang mengadopsi bentuk bodi van, yang identik dengan mobil komersial.  

Di Indonesia ada banyak mobil berjenis MPV yang dijual oleh pabrikan, segmentasinya pun beragam, ada yang untuk kelas bawah, menengah, sampai kelas premium. 

Contoh untuk MPV kelas bawah seperti Honda MobilioNissanSerena yang mengisi segmen menengah, dan Toyota Alphard sebagai MPV premium.

Crossover

Saat ini, crossover merupakan jenis mobil yang sedang digandrungi oleh pelanggan di seluruh dunia. Pasalnya mobil crossover menawarkan kepraktisan ala mobil hatchback, namun punya daya jelajah yang lebih mumpuni layaknya seperti mobil SUV.

Baca juga: 7 Pilihan Mobil SUV 7-Penumpang, Mau Beli yang Mana?

Di Indonesia, beberapa pabrikan otomotif sudah mulai banyak yang menawarkan mobil berjenis corossover. Namun salah satu yang menjadi pelopornya adalah Suzuki SX-4, diikuti dengan Renault Kwid, dan Toyota C-HR.

Van

Untuk keperluan komersial, beberapa pabrikan otomotif mengakomodir kebutuhan tersebut melalui mobil berjenis van. Jenis mobil ini biasanya memiliki dimensi yang besar dan panjang, dengan atap tinggi. Sehingga setiap muatan dapat ditampung dalam kendaraan jenis tersebut.

Selain untuk mobil komersial, van juga dijadikan basis untuk mobil berjenis MPV, yang hanya ditambahkan kursi untuk penumpang. Beberapa brand otomotif menghadirkan van di Indonesia, seperti Daihatsu Granmax, Mercedes-Benz Sprinter, dan DFSK Gelora.

Pick Up

Mobil yang dikhususkan untuk keperluan komersial lain adalah pick up. Biasanya mobil jenis tersebut hanya mengadopsi bodi yang hanya sampai pilar B saja, yang berarti hanya menampung sebanyak dua atau tiga penumpang. Di belakangnya, terdapat bak untuk membawa muatan, seperti Suzuki Carry, atau Mitsubishi L-300.

Baca juga: Pilihan Mobil Keluarga yang Patut Dimiliki saat Tahun Baru

Karena pick up merupakan jenis mobil yang berperan penting di Indonesia, terdapat beberapa pengembangan sesuai dengan kebutuhan. 

Salah satunya adalah mobil pick up petualang, yang biasanya dipakai di medan-medan terjal dan berat seperti Toyota Hilux, Isuzu Dmax, dan Mitsubishi Triton. 

Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

    Rekomendasi

    Komentar

    Kirimkan

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      Rekomendasi Populer

      Rekomendasi Mobil

      OTOLOKA Toolkit

      Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan