• Home>
  • Review>
  • Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Isuzu MU-X? Simak Penjelasan Berikut!
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Isuzu MU-X? Simak Penjelasan Berikut!

Dilihat 3686
Amanda
16 Nov 2021, 17:52
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 1

Otoloka.id - Kelebihan dan kekurangan dari Isuzu MU-X memang menjadi topik yang banyak dibicarakan belakangan ini. Pasalnya, dewasa ini memang banyak mobil-mobil lama yang kembali diminati oleh pecinta mobil Tanah Air.

Isuzu MU-X ini merupakan model mobil penerus Isuzu MU-7. Mobil ini mengisi segmen SUV di Indonesia.

Penyegaran terakhir yang didapatkan oleh mobil ini adalah pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang digelar tahun 2019 lalu. Kendati mendapatkan beberapa ubahan, mobil ini masih mempertahankan mesin seri 4JK1-TC dari model sebelumnya.

Untuk ajang GIIAS 2021, Isuzu juga menghadirkan pembaruan dari MU-X ini dengan menghadirkan varian 4x4.

Sebagai mobil SUV, Isuzu MU-X ini memiliki desain bodi yang bongsor, serta andal dibawa berkendara melewati segala jenis medan jalan. Mobil ini dibangun di atas basis Chevrolet Trailblazer karena merupakan hasil kerjasama dengan General Motors.

Saat ini Isuzu MU-X dipasarkan dalam 3 varian berbeda di Indonesia. Ketiga variannya ini dipasarkan dengan kisaran harga Rp498 jutaan hingga Rp520,6 jutaan.

Kali ini kita akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan Isuzu MU-X. Jika tertarik membeli Isuzu MU-X, wajib tahu informasinya berikut ini!

Kelebihan Isuzu MU-X

1. Fitur Isuzu MU-X Mumpuni

Kelebihan pertama yang akan kita bahas dari Isuzu MU-X ini terletak pada segi fiturnya. Melihat banderol harganya yang cukup tinggi, mobil ini tentu saja diharapkan untuk dapat menawarkan berbagai fitur menarik.

Sebagai fitur keselamatannya, Isuzu MU-X ini sudah dibekali dengan fitur Anti-lock Braking System, Electronic Brake Distribution, Brake Assist, Electronic Stability Control, Traction Control System, hingga Hill Start Assist dan Hill Descent Control. Fitur-fiturnya ini membuat pengemudi dan penumpang tetap aman berkendara di jalanan off-road sekalipun.

Selain itu, ada pula fitur Rear View Camera dan Rear Park Assist untuk memudahkan proses parkir. Ada pula fitur Anti Theft Alarm System dan Engine Immobilizer untuk keamanan tambahan.

Baca juga: Isuzu Luncurkan 3 Model di GIIAS 2021, Termasuk New Mu-X

Bukan itu saja, fitur hiburan pada mobil ini juga sudah cukup baik. Mobil ini mengandalkan sistema audio 8 inci yang dilengkapi fungsi USB Port, AUX-IN, Bluetooth, Radio, serta DVD.

2. Suspensi Empuk, Andal di Medan Off Road

Sebagai mobil yang tergolong ke dalam model SUV (Sport Utility Vehicle), Isuzu MU-X ini dituntut untuk menjadi mobil yang andal dikendarai di segala medan. 

Meskipun bisa difungsikan sebagai mobil keluarga ataupun mobil harian, karakter mobil ini lebih cocok untuk digunakan menjelajah medan off-road.

Hal ini tidak terlepas dari adanya peran suspensi empuk yang disematkan pada mobil ini. Kenyamanan pengemudi maupun penumpang pun lebih terjamin dengan adanya suspensi ini.

Sebagai informasi, Isuzu MU-X ini menggunakan suspensi depan berupa Independent Coil Spring with Gas Shock Absorbers and Stabilizer Bar. Sedangkan suspensi belakangnya adalah suspensi 5-link Coil SPring with as Shock Absorbers and Stabilizer Bar.

3. Versi Facelift Mendapatkan Teknologi Lampu Auto Leveling System

Generasi terbaru Isuzu MU-X yang ada di Indonesia memang diketahui tidak mendapatkan banyak pembaruan dibandingkan dengan model sebelumnya. Kendati demikian, ada pembaruan yang cukup signifikan pada bagian head lamp alias lampu depannya.

Baca juga: Review Toyota All New Avanza dan All New Veloz, Bukan Avanza yang Dulu Kita Kenal!

Lampu depan Isuzu MU-X kini sudah menggunakan lampu LED dan Daytime Running Light untuk penerangan yang lebih baik. Selain itu, lampunya ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi Auto Leveling System.

4. Mesin Diesel Tangguh dan Bertenaga

Seluruh varian Isuzu MU-X dibekali dengan mesin diesel 4 silinder segaris 4JK1-TC Hi-Power DOHC 16 katup dengan electronic common-rail direct fuel injection dan intercooled VGS turbocharger. Mesinnya ini memiliki kubikasi 2.499 cc atau setara dengan sekitar 2.5 liter.

Mesin yang dipadukan dengan sistem transmisi manual 5 percepatan ini bisa dibilang cukup bertenaga. Hal ini menjadi kelebihan tersendiri dari Isuzu MU-X karena sebagai mobil SUV, mesin yang bertenaga dan tangguh merupakan sebuah keharusan.

Di atas kertas, mesin mobil Isuzu MU-X ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 134 HP pada putaran 3.400 rpm. Sedangkan torsi puncaknya berada di angka 319 Nm pada putaran mesin 1.800 hingga 2.800 rpm.

Baca juga: Deretan Mobil Keluarga Paling Irit, Value Utama yang Paling Dicari

5. Konsumsi BBM Cukup Efisien

Selain dibekali dengan mesin yang tangguh dan bertenaga, salah satu kelebihan lainnya dari Isuzu MU-X ini adalah mesinnya yang hemat bahan bakar. Tingkat konsumsi bahan bakar yang dicatatkan oleh mesin mobil ini bisa dibilang cukup efisien untuk sebuah mobil SUV dengan kapasitas mesin yang besar.

Untuk penggunaan di dalam kota, konsumsi BBM Isuzu MU-X mencatatkan angka konsumsi 10 km/liter. Sementara itu, untuk penggunaan di luar kota, mobil ini memiliki angka konsumsi 13,9 km/liter.

Baca juga: Apa Istimewanya Mitsubishi Xpander Rockford Fosgate Black Edition? Ini Ulasannya!

Kekurangan Isuzu MU-X

1. Desain Isuzu MU-X Sudah Usang

Setelah membahas kelebihan, sekarang saatnya kita membahas tentang kekurangan dari Isuzu MU-X. Kekurangan yang paling terlihat pada mobil SUV yang satu ini terletak pada segi desainnya.

Desain eksterior yang dimiliki Isuzu MU-X ini memang terlihat usang dan jadul. Bahkan desain lampu belakangnya pun masih sama dengan model yang pertama kali diluncurkan.

Pada mobil ini, kita hanya bisa melihat beberapa perubahan dari segi warna. Perubahan kecil juga terlihat pada bumper depan dan gril, tetapi selain itu, desainnya secara keseluruhan memang butuh pembaruan agar lebih modern.

Hal ini juga ternyata bisa kita temukan pada bagian interior dari Isuzu MU-X. mobil ini memiliki desain interior yang tampak jadul, hanya saja ditutupi dengan penggunaan warna hitam sehingga tampak sederhana.

Kurang Stabil di Kecepatan Tinggi

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa Isuzu MU-X ini andal digunakan di medan off-road berkat adanya sistem suspensi berkualitas. Suspensinya ini sangat empuk sehingga membuat mobil ini nyaman digunakan walaupun melewati jalan bergelombang.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mesin Diesel, Kenali Biar Paham

Siapa sangkat, ternyata hal ini juga yang menjadi salah satu kekurangan dari mobil ini. Suspensi Isuzu MU-X yang terlalu empuk ini justru menyebabkan mobil ini kurang stabil ketika dikendarai di jalan rata dengan kecepatan tinggi.

Kesimpulan

Sama seperti mobil yang lainnya, ada kelebihan dan kekurangan tersendiri yang bisa kita temukan pada Isuzu MU-X. Mobil SUV pabrikan Jepang ini memang memiliki fitur yang cukup lengkap, memiliki teknologi lampu depan dengan auto leveling system dan suspensi yang empuk, menjadikannya andal dibawa berkendara ke segala medan.

Mesin diesel yang digendongnya pun dikenal tangguh dan bertenaga. Dan yang paling penting, mobil ini juga memiliki efisiensi bahan bakar yang cukup baik.

Namun sayangnya, masih ada beberapa kekurangan yang kita temukan pada mobil ini. Salah satunya adalah dari segi desainnya.

Desain yang dimiliki Isuzu MU-X ini memang terlihat biasa saja, bahkan terkesan jadul. Selain itu, suspensinya yang empuk ini mungkin andal dibawa ke medan off-road, tetapi justru menjadi penyebab kurang stabilnya mobil ini ketika dipacu dalam kecepatan tinggi.

Setelah melihat kelebihan dan kekurangan Isuzu MU-X ini, kita bisa menggunakannya sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli mobil tersebut. Tetapi tentu saja, pertimbangan kembali lagi kepada selera dan kebutuhanmasing-masing konsumen.

Tipe

Harga

Isuzu Mu-X I Series

Rp 459.000.000

Isuzu Mu-X 4x4 M/T

Rp 510.000.000

Isuzu Mu-X 2.5L A/T Premiere

Rp 520.600.000

Spesifikasi Isuzu MU-X 

Mesin

Isuzu MU-X

Tipe

4JK1-TC Hi-Power In-Line 4-Cylinder, DOHC, 16-Valve featuring electronic common-rail direct fuel injection with intercooled VGS turbo changer

Isi Silinder

2.499 cc

Tenaga Maksimum

136 PS / 3.400 rpm

Torsi Maksimum

32,6 kg.m / 1.800 – 2.800 rpm

Transmisi

Manual 5 Speed dan Automatic 5-Speed Triptronic

Sistem Penggerak

4x2 dan 4x4

Dimensi


P x L x T

4825 mm x 1860 mm x 1860 mm

Jarak Poros Roda

2845 mm

Kaki-Kaki dan Suspensi


Rem Depan/Belakang

Ventilated Disc Front & Rear Brake

Suspensi Depan

Independent coil spring with gas shock absorbers and stabiliser bar

Suspensi Belakang

5-link coil spring with gas shock absorbers and stabiliser bar

Velg

16” Alloy Wheels 245/70

  • Suka 1
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Isuzu MuX
    Isuzu MuX
    Isuzu MuX
    Angsuran mulai dari:Rp 8,85 Jt/Bln
  • Isuzu D Max
    Isuzu D Max
    Isuzu D Max
    Angsuran mulai dari:Rp 6,99 Jt/Bln
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya