• Home>
  • Review>
  • Beberapa Penyakit yang Terdapat pada Nissan March, Jangan Sampai Menyesal!
  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Beberapa Penyakit yang Terdapat pada Nissan March, Jangan Sampai Menyesal!

EKO
7 Des 2021, 11:26
  • Dilihat 5787
  • Suka 1

Otoloka.id- Nissan March merupakan mobil berjenis city car yang punya model unik, karena desainnya membulat dan hadir dengan warna-warna yang eye catching. Tak heran, kalau mobil tersebut banyak digilai oleh kaum hawa.

Pada tahun 2010, PT Nissan Motor Distributor Indonesia menghadirkan March ke Indonesia. Sejak saat itu, model tersebut menjadi salah satu lini produk Nissan yang laku di pasaran, hingga mampu dijual dengan kurun waktu 10 tahun.

Nissan March yang waktu itu dipasarkan dalam generasi ketiga, dibuat di pabrik Nissan di daerah Purwakarta. Selama sepuluh tahun hadir, mobil tersebut hanya mengalami satu kali facelift yang ditandai dengan bentuk grill lebih besar, dengan garis melintang berbentuk ‘V’ khas Nissan.

Selain fascia depan, bagian interior dan kaki-kaki juga dirombak dengan desain yang lebih segar. Namun, hal itu ternyata tak membuat pasar di indonesia tetap antusias, justru malah makin tahun makin menurun penjualannya.

Baca juga: 7 Pilihan Mobil SUV 7-Penumpang, Mau Beli yang Mana?

Di tahun 2020, Nissan March berhenti produksi. Unit yang ada di diler Nissan hanya untuk menghabiskan stok saja, dan Nissan March disuntik mati. 

Hal senada juga dilakukan di beberapa negara lain. Saat ini, yang tersisa hanya untuk pasar Amerika Latin saja, yang hadir dengan versi facelift.

Spesifikasi Nissan March

Nissan March merupakan city car yang menganut model hatchback lima pintu, dengan kode bodi K13. Dengan mengambil platrform Nissan V, Nissan March juga berbagi platform dengan model lain, seperti Latio, Kicks, bahkan Datsun Go.

Karena berbasis city car, Nissan March punya dimensi panjang 3.780 mm, lebar 1.665 mm, dan tinggi 1.514 mm, yang memiliki sumbu roda sebesar 2.440 mm. khusus untuk varian mesin 1.5 liter, lebarnya menjadi 1.667 mm, dengan sumbu roda lebih pendek, yaitu 2.435 mm.

Di Indonesia, Nissan March menawarkan dua pilihan mesin, yaitu 1.2 liter dengan kode HR12DE dan mesin 1.5 liter berkode HR15DE.

Untuk mesin 1.2 liter Nissan March, memiliki silinder berjumlah tiga buah. Mesin ini merupakan hasil pengembangan dengan Datsun, yang akhirnya juga dipakai untuk Datsun Go series. Tapi, terdapat penyesuaian tenaga dan torsi dalam pengaplikasiannya.

Untuk March sendiri, tenaga yang dihasilkan oleh mesin 1.2 liternya sebesar 76 PS/6.000 rpm, dan torsi mencapai 103,9 Nm/4.000 rpm. Sementara Datsun Cross memiliki muntahan tenaga yg lebih besar, yaitu 78 PS di 6.000 rpm.

Baca juga : 6 Mobil yang Pakai Sunroof di bawah Rp 500 juta, Apa Saja?

Pada mesin 1.5 liter Nissan March, keluaran tenaga yang dihasilkan oleh empat silindernya sebesar 102 PS di 6.000 rpm, dan torsi yang mencapai 134,4 Nm di 4.000 rpm. Mesin ini juga yang diaplikasikan pada lini produk lainnya, seperti Nissan Grand Livina, dan Juke.

Kedua mesin yang tersedia di Nissan March, tenaganya diteruskan pada penggerak roda depan. Sementara transmisi yang disediakan adalah manual lima percepatan, dan otomatis CVT empat percepatan.

Untuk varian tipenya, Nissan March hanya membagi sesuai dengan kapasitas mesin dan sistem transmisinya saja. Namun, khusus untuk varian 1.2 liter, ada tipe tertinggi yaitu XS yang sudah dibekali dengan fitur lebih menarik. Tipe ini hanya tersdia dalam transmisi otomatis CVT saja.

Pun dalam sistem keselamatannya, yang dibenamkan ABS, EBD, dan BA hanya pada varian tipe 1.2 liter XS, 1.5 liter M/T, dan varian tipe 1.5 liter A/T.

Baca juga: Cara Merawat Mobil Listrik ala Nissan Supaya Awet

Tak heran kalau city car ini diminati kaum hawa, karena Nissan March pada awal kemunculannya menawarkan sebanyak tiga pilihan warna yang manis, yaitu merah metallik, pink metallik, dan hijau metallik. 

Di tahun 2013 tersedia tambahan warna berupa putih mutiara, silver metallik, dan hitam metallik.

Nissan March

1.2 liter

1.5 liter

Dimensi PxLxT

3.780 mm x 1.665 mm x 1.525 mm

3.780mm x 1.667mm x 1.525mm

Ground Clearance

141 mm

147 mm

Sumbu Roda

2.440mm

2.435mm

Turning Radius

4.500mm

Mesin

HR12DE 1.198cc

HR15DE 1.498cc

Tenaga dan Torsi

76 PS/6.000 rpm dan 103,9 Nm/4.000 rpm

102 PS/6.000 rpm dan 134,4 Nm/4.000 rpm

Sistem Keselamatan

-

ABS+EBD+BA

Ukuran Roda

175/60 R15

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Suspensi Depan

McPherson Strut with Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Penyakit Nissan March

Hadir sebagai city car yang punya tampilan manis dan digilai banyak kaum hawa, nyatanya tak membuat Nissan March luput dari kekurangan.

Beberapa komponen yang sebenarnya dibuat agar mobil ini nyaman dikemudikan, malah berubah menjadi sesuatu yang kurang mengenakkan dan menjadi penyakit dari Nissan March. Apa saja itu?

Kaki-kaki Keempukan

Sudah jadi ciri khas kalau lini produk Nissan memiliki kaki-kaki yang empuk. Tujuannya adalah agar pengguna akan merasa lebih nyaman saat mengemudikan mobil Nissan ketika menemui medan yang tidak rata.

Namun empuknya kaki-kaki Nissan March justru malah membuat mobil tersebut terasa limbung saat bermanuver dan berbelok. Terkadang terdengar juga bunyi berdengung pada kecepatan tertentu, yang mengharuskan untuk mengecek bearing roda.

Baca juga: Ambisi Nissan Bisa Jual Banyak Kendaraan Listrik di 2030

Pun dalam bagian pengereman, yang sering terdengar bunyi mendecit. Jadi pemilik harus rutin mengecek kampas rem untuk membersihkan, dan menggantinya apabila telah aus.

Getaran Mesin Sungguh Terasa

Khusus untuk varian 1.2 liter, karena menggunakan mesin tiga silinder, sudah pasti didesain dengan torsi yang tinggi untuk mengail tenaga bawah. Mesin HR12DE memang dikenal dengan getarannya yang besar, yang terasa sampai ke dalam kabin. Kasusnya sama seperti yang dialami oleh Datsun Go series.

Namun, karena Nissan March punya material bodi yang lebih tebal, membuat bobot mobil juga lebih berat. Dari situ, menjadi masalah lain, karena Nissan March punya tenaga yang lemot. Apalagi saat menemui medan tanjakan atau ingin menyalip, kudu ancang-ancang terlebih dahulu.

Kesimpulan

Tentunya, penyakit pada Nissan March yang terdapat pada kaki-kaki dan bagian mesin dapat dihilangkan. Caranya dengan memodifikasi komponen tersebut dengan produk aftermarket yang tentunya menawarkan kualitas dan performa lebih bagus.

Khusus untuk bagian mesin yang lemot, juga dilakukan dengan melakukan upgrade setiap bagiannya agar menghasilkan performa yang lebih ciamik lagi. Namun, tetap saja hal itu diperlukan kecermatan dalam segi biaya maupun komponen yang akan diganti. 

Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan